Your SlideShare is downloading. ×
Microsoft powerpoint 2007 bab 1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Microsoft powerpoint 2007 bab 1

663
views

Published on


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
663
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
27
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MICROSOFT OFFICE POWERPOINT 2007
  • 2. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SUSUN OLEH ADE LANIA (01) ARI SUSANTI (05) SEKAR AYU N. (28) SHINTA ADE K. (29)
  • 3. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENU SK KD INDIKATOR MATERI EVALUASI KUNCI JAWABAN
  • 4. STANDAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI KOMPETENSI MENGENAL PERANGKAT KERAS DAN SISTEM YANG DIGUNAKAN DALAM PROGRAM PRESENTASI KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PROGRAM PRESENTASI
  • 5. Bab 1 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Mengaktifkan Ms. PowerPoint Menyimpan dokumen Ms. PowerPoint Menutup Presentasi Lembar kerja PowerPoint Fungsi dari Tools dari Ms. PowerPoint
  • 6. Mengaktifkan Power Point Tekan tombol start di pojok kiri bawah layar monitor. Pilih Program, kemudian klik Microsoft Power Point,
  • 7. Fungsi dari Tools dalam Ms. PowerPoint Office Button
  • 8. Office button : berisi perintah yang berkaitang dengan manajemen dokumen  New : membuka lembar kerja baru  Open : membuka file yang tersimpan  Save : menyimpan file  Save as : menyimpan file pertama kali dalam berbagai tipe file  Print : mencetak presentasi ang telah dibuat. Memungkinkan kita untuk cetak, mencetak cepat dan melihat pratinjau cetak  Prepare :menyiapkan presentasi  Send :mengirim presentasi lewat email atau internet fax  Publish :mempublikasikan presentasi  Close :menutup lembar kerja
  • 9. Quick Access Toolbar REPEAT SAVE UNDO
  • 10. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Ribbon Tab Home Home : berfungsi untuk pengoperasian file dan memodifikasi teks, untuk memodifikasi pembuatan presentasi, misalnya penghapusan satu kata atau satu kalimat dan mengganti kata yang salah dalam satu slide, seperti membuat slide baru, membuka file, menentukan ukuran dan jenis teks, dan menentukan paragraf.
  • 11.  Clipboard : terdapat tombol copy, paste, cut, dan format painter.  Slides : terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete. Untuk menambahkan slide pada lembar kerja, mengatur orientasi slide dan menghapus slide.  Font : untuk mengatur font penulisan pada slide, bisa menebalkan font, memilih jenis font, menggaris bawahi teks, member model italic pada teks, dll  Paragraph : terdapat tombol untuk mengatur perataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.  Drawing : terdapat tombol Text Box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects. Yang bias membuat teks, memilih bentuk shape yang diinginkan, dan memberikan efek pada shape.  Editing : terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select
  • 12. Ribbon Tab Insert Insert : berfungsi untuk menyisipkan tabel, nomor halaman, catatan kaki, gambar, teks, dan sebagainya.  Tables : perintah untuk menambahkan tabel pada tampilan slide  Illustrations : terdapat tombol-tombol yang dapat digunakan untuk menyisipkan gambar, seperti clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
  • 13. Links : tombol-tombol pada tool group ini dapat digunakan untuk membuat link pada slide. Text : untuk membuat teks pada tampilan slide dlam text box atau wordart dan bisa menyisipkan simbol-simbol. Media clips : untuk memperkaya tampilan slide, maka dapat menambahkan file sound (suara) atau movie (film).
  • 14. Ribbon Tab Design Design : berfungsi untuk menyisipkan berbagai efek pada slide. Page setup : terdapat tombol untuk mengatur orientasi dari slide, apakah akan menggunakan orientasi portrait atau landscape. Themes : dapat menggunakan pilihan desain yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2007 untuk slide Background : untuk memperindah slide yang dibuat. Dapat menata latar belakang slide dengan menggunakan menu pada toolgroup ini.
  • 15. Ribbon Tab Animations Animation : berfungsi untuk membuat efek animasi pada presentasi yang dibuat, dan fasilitas lain yang digunakan untuk melengkapi hasil presentasi. Preview : tombol ini dipergunakan untuk melihat hasil dari animasi yang diberikan untuk slide. Transition to this slide : dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari Animate dan Custom Animations. Animation : untuk memberikan slide pada perpindahan slide yang di buat.
  • 16. Ribbon Tab Slide Show Slide show : berfungsi untuk menampilkan struktur slide, misalnya apakah struktur slide akan menampilkan identifikasi dan simbol-simbol yang menyertainya . Start slide show : untuk menentukan dari mana slide akan dijalankan, apakah dari awal (from beginning), dari slide yang sedang aktif (from current slide show), atau pilihan sendiri (custom slide show). Set up : pada tool group ini terdapat tombol yang dapat digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration), dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan. Monitors : dapat mengatur resolusi dari slide presentasi pada tool di group ini.
  • 17. Ribbon Tab Review Review : berfungsi untuk men-setting fungsi-fungsi atau mengubah template, dan sebagainya. Proofing : digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang kita buat di slide. Comments : dapat memberikan catatan pada slide yang kita buat. Protect : dapat menggunakannya untuk melindungi slide presentasi yang kita buat.
  • 18. Ribbon Tab View  View : berfungsi untuk memodifikasi layar tampilan dan presentasi.  Presentation view : pada bagian ini kita dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah di buat. Kita dapat melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Selain itu, kita juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang diinginkan.  Show/hide : untuk membantu dalam membuat slide presentasi, kita dapat menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
  • 19. Zoom : untuk membantu dalam membuat slide presentasi, kita dapat menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines). Color/grayscale : pada bagian ini kita dapat menentukan apakah slide yang kita buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale). Window : dapat menata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah ke window lain.
  • 20. Setelah selesai menbuat slide Presentasi TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PowerPoint, sile tersebut dapat disimpan dengan cara : 1. Klik Office Button 2. Pilih Save As 3. Masukan nama File 4. Klik Save Sehingga muncul gambar seperti ini.
  • 21. SOALTEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI 1. Ms.PowerPoint merupakan bagian dari suatu program… a. Microsoft Windows c. Linux b. Microsoft Office d. Correl Draw 2. Untuk merancang desain presentasi Ms.Office memproduksi program yang disebut… a. Word c. Acces b. PowerPoint d. Excel 3. Shortcut untuk menjalankan slide presentasi adalah… a. F1 c. F3 b. F5 d. F4 4. Untuk membuat presentasi apabila anda ingin mengambil design danpola dasar yang sudah disediakan adalah menggunakan perintah… a. ClipArt c. AutoContent Wizard b. Design Template d. Open an existing presentation
  • 22. 5. Start slide show berfungsi untuk…. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI a. menyembunyikan slide c. mengatur resolusi dari slide b. menentukan urutan slide d. menentukan darimana slide di jalankan 6. Untuk memberikan efek animasi pada sebuah slide, ribbon tab yangdiaktifkan adalah… a. animations c. melihat dan mengolah semua presentasi b. design d. menampilkan judul presentasi 7. Untuk memilih desain slide terdapat pada tool group… a. font c. insert b. background d. themes 8. Berikut adalah ribbon tabs yang terdapat pada powerpoint2007, kecuali… a. Design c. Review b. Slide Show d. Windows
  • 23. TEKNOLOGI terdapat pada tool group… 9. Copy, paste, cut, dan format painterINFORMASI DAN KOMUNIKASI a. Clipboard c. Slide b. Drawing d. Editing 10. Lembar kerja pada Ms.PowerPoint disebut juga dengan… a. Workbook c. Slide b. Document d. Layer SOAL isian 1. Sebutkan group name yang terdapat pada ribbon tabreview!…… …… 2. Jelaskan fungsi tool group illustration!………… 3. Sebutkan group yang ada pada Ribbon Tab View!…………… 4. Sebutkan langkah – langkah keluar dari PowerPoint!………… .5. Sebutkan langkah – langkah membuka PowerPoint!…………………
  • 24. TEKNOLOGI INFORMASI Jawaban soal DAN KOMUNIKASI 1. Proofing, Coments, dan Protect. Isian 2. Illustration, terdapat tombol-tombol yang bias anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart ( grafik ). 3. Presentation views, show/hide, zoom, color/ grayscale, dan window. 4. Untuk keluar dari Ms.PowerPoint caranya : klik tanda close (X) di pojok kanan atas. Atau bisa juga dengan menekan tombol Quick Acces Button > Close. 5. Cara 1: klik tombol start > all program > Microsoftoffice > Microsoft office power point 2007 . Cara 2: jika anda sudah membuat shortcut danmenempatkannya pada desktop, maka anda dapatmengaktifkan Ms. Power Point 2007 dengan mengklik 2xicon tersebut. Cara 3: kilik kanan icon shortcut Microsoft PowerPoint 2007 pada desktop, lalu pilih open.
  • 25. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  • 26. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
  • 27. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

×