Bab 3 tik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
289
On Slideshare
246
From Embeds
43
Number of Embeds
5

Actions

Shares
Downloads
3
Comments
0
Likes
0

Embeds 43

http://dianarizkihapsari.blogspot.com 17
http://ayukrismanita.blogspot.com 12
http://dianarizkihapsari11.blogspot.com 11
http://asraf9d.blogspot.com 2
http://www.asraf9d.blogspot.com 1

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. BAB 3 MENAMBAH TABEL, GRAFIK, VIDEO, SOUND, HIPERLINK, ANIMASI DAN DIAGRAM PADA SLIDE
  • 2. Disusun Oleh : KELOMPOK 5 9D 20132014
  • 3. KUNCI JAWABAN MATERI UJI KOMPETENSI
  • 4. SK DAN KD • SK : Mengenal perangkat keras dan sistem yang digunakan dalam program presentasi. • KD : Mengindentifikasi menu dan icon pada perangkat lunak pengolah presentasi
  • 5. MATERI  Slide yang menampilkan data dalam bentuk tabel dapat dibuat dengan cara sebagai berikut : 1. Klik ribbon tab Insert > table > Insert table 2. Pada kotak dialog yang muncul, isikan number columns: 6, number of rows :8, kemudian klik tombol OK. 3. Untuk dapat menggabungkan cel mata pelajaran dan 3 cel disamping kanannya, dapat dilakukan dengan cara: Blok cel, kemudian klik ribbon tab Layout > MergeCells. silakan dicoba untuk menggabungkan No dan Nama Siswa!
  • 6. 4.Agar tampilan tabel menarik, dapat diatur format tabel sebagai berikut: Klik ribbon tab Design > Table Style. Pilih jenis style tabelnya, perhatikan perubahan style tabelnya. Coba Anda ganti sesuai dengan selera Anda.
  • 7. B. MEMBUAT GRAFIK Untuk memasukkan tabel pada slide, dapat dilakukan dengan cara: 1. Klik Ribbon tab Insert > Chart 2. Pada kotak dialog Insert Chart, pilih Coloumn kemudian klik tombol OK. A. NO . PELAJARAN B. RATA-RATA 1. 78 2. 90 85 80 75 70 65 BAHASA INDONESIA MATEMATIKA 88 3. BAHASA INGGRIS 75 4. IPA 83 Setelah selesai klik tombol Close pada pojok kanan atas windows. Dan perhatikan hasilnya
  • 8. untuk menambah keterangan mengenai grafik yang dibuat dapat dilakukan dengan cara aktifkan grafik > klik ribbon tab layout > pilih icon pada group labels atau axes sesuai dengan kebutuhan.
  • 9. C. MEMBUAT DIAGRAM ORGANISASI Untuk membuat diagram organisasi pada microsoft powerpoint dapat dilakukan dengan cara: 1. Klik ribbon tab Insert > SmartArt 2. Pada kotak dialog SmartArt Graphic, pilih Cycle > Basic Radial, kemudian klik tombol OK.
  • 10. 3. Untuk menambahkan hape, dapat dilakukan dengan cara klik ribbon tab design > add shape > pilih add shape > pilih add shape after atau add shape before sesuai kebutuhan. 4. Untuk menghapus shape caranya: aktifkan shape yang akan dihapus, tekan tombol delete. Buatlah diagram berikut:
  • 11. 5. Agar tampilan diagram lebih menarik, dapat dilakukan format diagram, yaitu: klik ribbon tab design > klik tombol group nama More SmartArt Style. kemudian pada kotak dialog yang muncul, coba Anda ganti tylenya euai dengan yang Anda inginkan.
  • 12. D. MENAMBAH ANIMASI DALAM PRESENTASI Untuk menampilkan efek gerak pada content (isi) slide, caranya adalah: a. Aktifkan teks atau gambar yang akan diberi animasi b. Klik ribbon tab animation > custom animation. c. Pada kotak dialog yang muncul, klik icon menu add effect.
  • 13. 3. Exit animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat objek sedang ditampilkan dan objek akan tidak terlihat saat efek gerak selesai dilakukan. 4. Motion Path animasi atau efek gerak ini akan diberikan pada saat objek sedang ditampilkan dan objek akan berubah letak dan posisinya saat efek gerak selesai dilakukan.
  • 14. Kita juga dapat mengganti dengan efek gerak yang lain ataupun dihapus seperti semula (tanpa efek gerak) Tombol gerak, untuk mengganti efek Tombol gerak, untuk menghilangkan efek Kita bisa memodikasi pergerakan efek gerak yaitu:  Start On click, efek gerak akan dimulai setelah menekan mouse sebelah kiri (klik) With previous, efek gerak akan dimulai bersamaan dengan efek After previous, efek gerak akan dimulai setelah efek gerak pada objek sebelumnya selesai dilakukan.  Direction Pergerakan efek gerak ini disesuaikan dg model pilihan. Ada pergerakan efek secara horizontal atau vertikal, in dan out, accross dan down, ataupun left-right-bottom-top. Dan masih ada yang lainnya.  Speed Mengatur pergerakan efek.
  • 15. E. MENGATUR ANIMASI DALAM PRESENTASI BERJALAN SECARA OTOMATIS Digunakan untuk memulai pergantian slide akan dilakukan. Dua pilihan yang tersedia yaitu: On Mouse Klik dan Automatically after. Langkahnya adalah: 1. Klik ribbon tab annimation, kemudian hilangkan centang pada pilihan On Mouse Klik dan centanglah pilihan Automaticaly After 2. Isikan waktu yang akan digunakan 00:00 (menit:detik) F. MENGATUR EFEK PERPINDAHAN SLIDE Cara menggunakan slide transition : Klik ribbon tab animation > klik icon more transition effect > pilih salahsatu tansisi yang dikehendaki > klik tombol apply to all
  • 16. G. Hyperlink Hyperlink dapat digunakan sebagai cara untuk mengacak urutan tampilan. Setelah objek yang akan dihubungkan telah ditentukan, maka pilih ribbon tab insert>hyperlink>cari nama file yang akan dilink>bookmark untuk membuka semua isi slide>pilih slide>ok
  • 17. H. MENAMBAH FILE VIDEO KEDALAM SLIDE Cara menyisipkan file video 1. Aktifkan slide, kemudian klik ribbon tab insert>movie>pilih movie from file/pilih movie from clip organize. 2. Pada kotak dialog yang muncul, double klik file video yang akan diambil.
  • 18. I. Menambah file sound ke dalam slide 1. Klik ribbon tab insert>sound>sound from clip organize. 2. Pada kotak dialog yang muncul, double klik file sound yang akan diambil, misalnya claps cheers, kemudian pada kotak dialog navigasi yang muncul, klik tombol automatecally agar sound berjalan secara otomatis ketika presentasi dijalankan.
  • 19. Uji Kompetensi 1. Icon untuk memasukkan table kedalam slide ditunjukkan oleh… a. b. c. d. 2. Pada jendela insert table terdapat tulisan number of column yang artinya…. a. nomor kolom c. kolom ke b. jumlah kolom d. kolom nomor 3. Pada jendela insert table terdapat tulisan number of rows yang artinya…. a. baris ke c. jumlah baris b. nomor baris d. baris nomor 4. Berikut ini yang bisa disisipkan ke powerpoint, kecuali… a. audio c. mail merge b. table d. diagram 5. Efek sound dapat dibuka melalui menu… a. insert, movies and sound b. format, movies and sound c. file, movies and sound d. view, movies and sound
  • 20. 6. Ribbon tab yang digunakan untuk memulai presentasi adalah…. a. view c. design b. slide show d. insert 7. Slide transisi merupakan animasi pada…. a. peralihan slide c. peralihan background b. peralihan text d. slide khusus 8. Speed pada custom animation merupakan perintah untuk mengatur…. a. kecepatan transisi c. kecepatan presentasi b. kecepatan slide show d. kecepatan animasi object 9. Menghubungkan slide satu dengan slide lainnya dikenal dengan istilah….. a. editing c. sorter b. hyperlink d. formating 10. On click pada custom animation merupakan perintah untuk mengatur mulainya animasi berdasarkan…. a. jika tombol mouse di klik b. berjalan bersamaan dengan animasi sebelumnya c. berjalan setelah animasi sebelumnya d. berjalan sebelum animasi sebelumnya
  • 21. KUNCI JAWABAN  1. 2. 3. 4. 5. A A B C A 6. B 7. A 8. D 9. B 10. A