RETURNIL VIRTUAL SYSTEM PERSONAL 2008 versi 2.01
Salah satu pilihan untuk mengimunkan komputer dari infeksi malware adalah...
Untuk mengaktifkan RVS ini, pada jendela program, pilih change di Protecton Status sehingga
muncul jendela berikut:

Kemud...
Dengan diaktifkannya file protection, maka file dan folder yang terdaftar tidak bisa diakses. Ini
mencegah perubahan yang ...
Setelah itu pilih Enable Anti excute Protection dan beri tanda centang (√) pada opsi yang ada.
Selain Anti Execute, RVS ve...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Rvs2008

93

Published on

untuk pendidiklan

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
93
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Rvs2008

  1. 1. RETURNIL VIRTUAL SYSTEM PERSONAL 2008 versi 2.01 Salah satu pilihan untuk mengimunkan komputer dari infeksi malware adalah dengan cara virtualisasi. Dengan virtualisasi ini, apabila komputer terserang malware, yang terkena bukanlah sistem komputer tersebut secara langsung, tetapi sistem virtual tersebut yang terkena. Software yang memproteksi komputer dengan virtualisasi ada beberapa, namun yang cukup populer adalah Deepfreeze. Software ini banyak dipakai oleh warnet-warnet. Namun, program ini tidaklah gratis. Kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk memakainya. Software yang memiliki fungsi seperti halnya Deepfreeze adalah Returnil Virtual System (RVS). Tidak seperti Deepfreeze, RVS tersedia juga dalam versi gratis yaitu RVS Personal. RVS Personal bias didownload di http://www.returnilvirtualsystem.com/returnil-virtual-system-personal . RVS Personal ini gratis untuk pemakaian pribadi yang berarti tidak diperbolehkan digunakan untuk keperluan komersial, misalnya warnet. Seperti halnya deepfreeze, RVS ini menerapkan teknologi virtualisasi untuk melindungi sistem operasi Microsft Windows dari perubahan yang tidak diinginkan, baik oleh malware maupun kesalahan penggunaan. Bedanya adalah RVS ini hanya bekerja pada drive di mana Microsoft Windows diinstall. Misalnya MS Windows diintall di drive C, ketika RVS ini diaktifkan, maka segala perubahan di drive C akan hilang setelah komputer booting pada waktu berikutnya. Hal ini berlaku pada keseluruhan partisi sistem (misalnya drive C). Jadi segala penambahan dan pengurangan, termasuk instalasi atau perubahan (menyimpan atau menghapus data) di folder My Document (jika folder ini berada di drive C ) akan hilang dan kembali seperti semula seperti sebelum RVS ini diaktifkan. Sedangkan perubahan di partisi lain (misalnya drive D) tetap permanen. Karena itu ketika mengaktifkan RVS, pastikan bahwa data tersimpan di drive selain di drive tempat sistem berada. Apabila komputer hanya memiliki satu partisi, RVS memiliki fasilitas untuk membuat drive virtual, sehingga data bisa disimpan di drive tersebut. Jadi drive virtual ini berfungsi seperti partisi non sistem sehingga kita bisa menyimpan secara permanen data di sini, baik RVS aktif atau tidak.
  2. 2. Untuk mengaktifkan RVS ini, pada jendela program, pilih change di Protecton Status sehingga muncul jendela berikut: Kemudian pilih Turn the Protection Feature On dan tekan OK. Dengan cara ini setiap kali komputer booting, RVS akan aktif. Selain cara di atas, untuk mengaktifkan RVS bisa dengan meng-enable System Lock. Namun dengan cara ini, RVS tidak otomatis aktif kembali ketika komputer booting berikutnya. File Protection Pada versi 2.01 RVS terdapat fitur File Protection.
  3. 3. Dengan diaktifkannya file protection, maka file dan folder yang terdaftar tidak bisa diakses. Ini mencegah perubahan yang tidak diinginkan pada file atau folder tersebut. Returnil Anti Execute. Fitur RVS yang lain adalah anti excute. Dengan diaktifkannya fitur ini, maka file-file yang masuk dalam black list dan file-file selain yang terdapat di white list tidak dapat dijalankan dan muncul pesan berikut: Pengaktifan fitur ini dengan terlebih dahulu menjalankannya melalui Start > All Programs > Returnil > Returnil Tools.
  4. 4. Setelah itu pilih Enable Anti excute Protection dan beri tanda centang (√) pada opsi yang ada. Selain Anti Execute, RVS versi ini memiliki tool Real System Autorun dan System Folder Relocation. SUKSESKAN SENSUS PENDUDUK 2008. Pastikan anda dihitung!!!!!

×