Sentralisasi dan desentralisasi

10,624 views
10,115 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
10,624
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
103
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sentralisasi dan desentralisasi

  1. 1. SENTRALISASI DAN DESENTRALISASI by Sunimah, SE., M.SI
  2. 2. Definisi Sentralisasi: Kadar dimana pengambilan keputusanterkonsentrasi pada tingkat level organisasi yang lebih tinggi Contoh Nobuhiko Kawanoto, Presiden Honda Motor Company, bertindak atas pemikiran mengenai prospek penjualan untuk Honda Accord yang paling laris dengan mengambil pesan langsung dalam mengelola divisi mobil honda. Desentralisasi: Kadar dimana pekerja level bawah bisamemberikan input atau bahkan membuat keputusan Contoh Eksekutif AT & T melakukan desentralisasi pembuatan keputusan di divisi AT & T Universal Card Services guna menghadapi persaingan ketat dalam pasar kartu kredit.
  3. 3. Tantangan: Sentralisasi atau Desentralisasi?Lebih Tersentralisasi Lebih Terdesentralisasi Lingkungan kerja yang stabil • Lingkungan kerja lebih kompleks, tidak pasti. Spt: Manajer level bawah kurang mampu atau karakteristik pasar, tekanan kompetitif, danbberpengalaman dalam membuat keputusan ketersediaan materialdibandingkan manajer level atas • Manajer level bawah mampu dan berpengalaman Manajer level bawah tidak mau memberikan suara dalam membuat keputusandalam membuat keputusan • Manajer level bawah ingin bersuara dalam Keputusan biasanya relatif minor pembuatan keputusan Organisasi cenderung menghadapi krisis atau • Keputusannya signifikanberisiko atas kegagalan perusahaan • Kultur perusahaan terbuka untuk memungkinkan Organisasinya besar para manajer bersuara tentang apa yang sedang Implementasi efektif dari strategi perusahaan terjadibergantung pada manajer yang bersikukuh tentang • Perusahaan tersebar secara geografisapa yang sedang terjadi • Implementasi efektif dari strategi perusahaan Karakteristik lain dari organisasi, seperti biaya & bergantung pada manajer yang terlibat dan fleksibelresiko yang berkaitan dg keputusan , preferensi dalam membuat keputusanindividual manajer dan rasa percaya pada • Karakteristik lain dari organisasi, seperti biayakaryawan, budaya organisasi, dan kemampuan suatu keputusan, preferensi manajemen puncak,manajer tingkat bawah budaya organisasi, dan kemampuan manajer tingkat bawah
  4. 4. Plus Minus Sentralisasi vs DesentralisasiSentralisasi Desentralisasi Keterampilan khusus, bakat, dan teknologi • Kedekatan dengan pasarkadang-kadang tidak mungkin diperoleh &tidak praktis kalau ditempatkan diberbagai • Pengtahuan lokal mengenai masyarakatlokasi dalam pengambilan keputusan perusahaan Efisiensi biaya: biaya umum & • Penerimaan dan pengetahuan pelangganadministrasi, tambahan staf, koordinasi yang lebih baik mengenai kebutuhanproduk, uang dan pengendalian manajemen pelanggan karena kecenderungan ekonomi setempat Perbaikan dalam teknologi komunikasibaru-baru ini mempermudah pergerakan • Kenyamanan penyaluruang, informasi, transportasi, danpemrosesan data dari lokasi sentral.
  5. 5. STUDI KASUS“ITU BUKAN PEKERJAAN SAYA”: BELAJAR DARI CIN-MADE

×