Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply
Published

BAB 1

BAB 1

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
460
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
12
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. 1 BAB I PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang Masalah Perkembangan teknologi internet, IT dan teknologi telekomunikasi diIndonesia saat ini berkembang sedemikian pesat, dan penggunaannya sudahmerambah ke seluruh lapisan masyarakat baik dalam lingkungan bisnis, rumahtangga, sekolah dan pemerintahan. Teknologi komunikasi selular juga berfungsisebagai media untuk mengirim dan menerima pesan singkat yang berbentuk text,yang lebih dikenal dengan nama SMS ( hortMessage Service). Layanan SMS ini Stelah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dalam berkomunikasi dikarenakanmurah, prosesnya cepat dan langsung pada tujuan, dan hal tersebut adalah salah satusebab meningkatnya jumlah pelanggan telepon selular dan volume lalu lintasinterkoneksi telekomunikasi selular saat ini. Adapun jasa atau servis yang menggunakan SMS antara lain adalahperbankan, seperti SMS Banking. Pada Industri, seperti pemanfaatan SMS padaaplikasi GPS, yang dapat memonitor posisi pengguna secara langsung ke ponselnya.Pada industri IT, Data Center yang memanfaatkan SMS untuk mengawasi kinerja dariserver, serta masih banyak lagi jasa dan industri yang menggunakan media ini, sepertipengadaan acara reuni keluarga atau teman.
  • 2. 2 Penulis ingin membuat suatu aplikasi SMS server yang bersifat stand-alone,yaitu aplikasi yang dibuat dengan menggunakan satu atau beberapa ponsel sebagaiterminal dan tidak mengadakan kerjasama secara langsung dengan provider GSMtertentu, serta tidak memerlukan akses internet. Aplikasi ini diharapkan dapatmengirim pesan dari terminal (server) dan menerima pesan dari ponsel lain. Jikamenggunakan ponsel biasa hanya dapat mengirimkan 4 sampai 6 pesan ke beberapanomor dalam 1 menit, maka dengan menggunakan aplikasi ini Penulis berharap dapatmengefisienkan waktu pengiriman pesan, yaitu 6 sampai 10 pesan dalam 1 menit,yang dikirimkan ke nomor ponsel yang berbeda.1.2 Rumusan Masalah Pada kesempatan ini, Penulis ingin membuat suatu aplikasi SMS Gatewayserver dengan memanfaatkan ponsel sebagai terminal sekaligus modem GSM, sertapenggunaan bahasa pemrograman Java dan Microsoft Access 2002. Aplikasi yangakan dibuat ini nantinya akan dapat digunakan untuk mengirim SMS ke lebih darisatu nomor ponsel, baik itu pengiriman ke nomor yang sama maupun ke nomor yangberlainan, dan dapat melakukan manajemen data-data SMS yang disimpan dalamdatabase. Adapun pemilihan menggunakan Java karena semakin hari penggunaanbahasa ini semakin meluas dan memiliki kemampuan untuk dapat dijalankan padaberbagai platform dan gratis sehingga faktor daya jua l sangat kompetitif.
  • 3. 31.3 Batasan Masalah Aplikasi ini didesain untuk bekerja pada sebuah ponsel sebagai terminal untukmengirim dan menerima SMS yang di-koneksi-kan dengan komputer (server) melaluikabel data. Penulis tidak menjelaskan cara meng- install Java dan Microsoft Access,karena perihal meng- install program adalah hal yang umum dikalangan penggunakomputer dan juga karena keterbatasan waktu.1.4 Tujuan Penelitian Penulis ingin membangun sebuah aplikasi komputer s erver berbasis SMSdengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan Ms. Access. Aplikasi ini akandilengkapi dengan beberapa fasilitas, seperti: 1. Mengirim- menerima SMS. 2. Menghentikan sementara dan mematikan server. 3. Aplikasi ini bersifat Stand Alone, yang tidak memerlukan koneksi ke Internet dan tidak memerlukan kerjasama dengan provider GSM di Indonesia. 4. Segala aktivitas server akan ditulis secara otomatis di dalam file log. Penulis berharap untuk dapat memberikan solusi mudah dan murah untukmengembangkan SMS sebagai media komunikasi untuk mendapatkan informasisecara efektif dan efisien.
  • 4. 41.5 Metode Penelitian Penulis banyak melakukan percobaan dan penelitian untuk dapat membuataplikasi ini, diantaranya dengan mengumpulkan berbagai referensi dan informasiyang menunjang Penelitian dan pembuatan progr am, baik dari buku, majalah, tabloidmaupun situs-situs di Internet. Penulis juga mendapat bantuan dari beberapa temandalam menyelesaikan skripsi ini.1.6 Sistematika Penelitian Pembahasan dalam skripsi ini akan dibagi dalam 4 Bab. Pada beberapa babakan terdapat subbab yang saling berkaitan satu sama lain. Berikut adalah gambaransingkat dari sistematika Penelitian: BAB I : PENDAHULUAN Berisi tentang latar belakang dan alasan Penulis dalam mengemukakan topik permasalahan pada pembuatan sms server dan beberapa sumber yang merupakan hasil dari kegiatan penulis dalam mengumpulkan dan menganalisa masukan- masukan yang berhasil diperoleh. BAB II : LANDASAN TEORI Pengertian SMS (Short Message Service), karakteristik dan kelebihannya, penjelasan cara kerja SMS SERVER, penjelasan beserta contoh dalam mengirim dan menerima sms dari/ke SMS SERVER dengan menggunakan mode PDU (Protocol Data Unit), penjelasan
  • 5. 5 singkat mengenai Java dan penggunaan sintax-nya, dan Mircosoft Access 2002.BAB III : PEMBUATAN SMS SERVER Bab ini menjelaskan tentang spesifikasi yang digunakan dalam pembuatan SMS SERVER dan penjelasan tentang bagian-bagian yang dianggap penting tentang cara kerja SMS SERVER, pembuatan serta pengintegrasian dengan Ms. Access 2002, dan pengujian program SMS SERVER.BAB IV: PENGUJIAN SMS SERVER Bab ini menjelaskan tentang cara menjalankan aplikasi SMS serve r, pengujian terhadap beberapa kasus yang disertai dengan beberapa gambar dan tabel hasil pengujian, serta penjelasan file utama yang menjadi dasar pembuatan aplikasi ini.BAB V : PENUTUP Terdiri dari kesimpulan yang berisi tentang jawaban dari masalah yang diajukan Penulis sehubungan dengan hasil pengujian aplikasi SMS server dan saran terhadap aplikasi yang telah dibuat.