• Save
Yoel Immanuella ~ Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional & Cara Penyelesaiannya Oleh Mahkamah Internasional
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Yoel Immanuella ~ Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional & Cara Penyelesaiannya Oleh Mahkamah Internasional

on

  • 5,140 views

Slideshow mengenai : Penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaiannya oleh mahkamah internasional ...

Slideshow mengenai : Penyebab timbulnya sengketa internasional dan cara penyelesaiannya oleh mahkamah internasional

Created by Yoel Immanuella

Contact
Twitter : https://twitter.com/yoeL_immanuella
Facebook : https://www.facebook.com/YoeL.ImmanueLLa

Statistics

Views

Total Views
5,140
Views on SlideShare
5,140
Embed Views
0

Actions

Likes
3
Downloads
0
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Yoel Immanuella ~ Penyebab Timbulnya Sengketa Internasional & Cara Penyelesaiannya Oleh Mahkamah Internasional Presentation Transcript

  • 1. Total Page ViewAdmin ContactTranslateKelompok 3Design by Yoel ImmanuellaAnggota :- Ade Rahmah- Atri Febrina- Yoel Immanuella- Satrio Pambudi- Esra
  • 2. Total Page ViewAdmin ContactTranslateKelompok 3Design by Yoel ImmanuellaPenyebab Timbulnya SengketaInternasional danCara Penyelesaiannya Oleh MahkamahInternasional
  • 3. Total Page ViewAdmin ContactTranslateFaktor Penyebab Timbulnya Sengketa InternasionalDesign by Yoel ImmanuellaSengketa internasional tidak terjadi dengan sendirinya.Ada sejumlah faktor yang menjadi latar belakangnya.Adapun faktor-faktor penyebab terjadinya sengketainternasional seperti berikut.a. Kemiskinan dan ketidakadilan. Kedua hal ini dapatmembatasi kesempatan bagi suatu bangsa untukberkembang dan menjadi negara maju.b. Perbedaan ras dan agama dalam kaitannya denganstatus sosial. Misalnya, sistem kasta dan politik rasial.c. Ekstremisme, yaitu sikap dan tindakan yang selalumemaksakan kehendak kepada bangsa lain yangbahkan dapat merugikan negara.d. Kontroversi sebagai bentuk proses sosial antarapersaingan dan konflik yang merupakan sikap tidaksenang baik secara sembunyi atau terus terang.
  • 4. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePeranan Mahkamah Internasional Dalam MenyelesaikanSengketa InternasionalDesign by Yoel ImmanuellaMahkamah Internasional memiliki kedudukan yangsederajat dengan lembaga-lembaga utama PBB yanglainnya, yaitu Majelis Umum, Dewan Keamanan, Dewanperwalian, Sekretariat Jenderal dan Dewan Ekonomi danSosial. Maka dari itu Mahkamah Internasional bukanmerupakan badan peradilan umum PBB yang bersifatmemaksa terhadap lembaga lainnya. Mahkamah hanyamemiliki kewenangan untuk memberi nasihat apabiladiminta dan pemberian nasihat itu tidak mengikat ataumemiliki kedudukan lebih tinggi dari keputusan MajelisUmum PBB. Demikian juga halnya dalam pemeriksaanberbagai perkara yang diajukan kepada MahkamahInternasioNal maka lembaga-lembaga PBB lainnya tidakboleh mencampuri urusan Mahkamah.
  • 5. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePeranan Mahkamah Internasional Dalam MenyelesaikanSengketa InternasionalDesign by Yoel ImmanuellaSebagai salah satu lembaga utama PBB terbentuknyaMahkamah Internasional tidak terlepas dari tujuandibentuknya PBB. Tujuan diatas menegaskan perlunyadibentuk suatu lembaga atau badan peradilan yangdiberi wewenang menyelesaikan sengketa secara damai.
  • 6. Total Page ViewAdmin ContactTranslateProsedur Penyelesaian Sengketa oleh MahkamahInternasionalDesign by Yoel ImmanuellaPengajuan perkara ke Mahkamah Internasional, dapatmenggunakan 2 cara yaitu :1) Bila pihak-pihak yang berperkara telah memilikiperjanjian khusus (special agreement) maka perkaradapat dimasukkan dengan pemberitahuan melaluipanitera Mahkamah.2) Perkara dapat diajukan secara sepihak (dalam haltidak adanya perjanjian/persetujuan tertulis).Surat pengajuan permohonan yang sudahditandatangani oleh wakil negara atau perwakilandiplomatik yang berkedudukan di tempat mahkamahInternasional berada tersebut kemudian disahkan dansalinanya dikirim kepada negara tergugat dan hakim-hakim Mahkamah.
  • 7. Total Page ViewAdmin ContactTranslateProsedur Penyelesaian Sengketa oleh MahkamahInternasionalDesign by Yoel ImmanuellaPemberitahuan juga disampaikan kepada anggota PBBmelalui Sekretariat Jenderal.Setelah itu dalam acara pemeriksaan dilakukan melaluisidang acara tertulis dan acar lisan. Dalam acara tertulismaka dilakukan jawab menjawab secara tertulsi antarapihak tergugat dan penggugat. Setelah acara tertulisditutup maka dimulai lagi acara lisan atau hearing.Setelah semuanya selesai maka dilakukan pengambilankeputusan yang dilakukan berdasarkan suara mayoritaspara hakim. Keputusan Mahkamah bersifat final dantidak ada banding kecuali untuk hal-hal yang bersifatpenafsiran dari keputusan itu sendiri.
  • 8. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePenyelesaian Sengketa Internasional MelaluiMetode DiplomatikDesign by Yoel Immanuellaa) NegosiasiNegosiasi adalah upaya penyelesaian sengketa yangdilakukan secara langsung oleh para pihak yangbersengketa melalui dialog tanpa ada keikutsertaan daripihak ketiga. Dalam pelaksanaan negosiasi ini, para pihakmelakukan pertukaran pendapat dan usul untuk mencarikemungkinan tercapainya penyelesaian sengketa secaradamai. Negosiasi dapat berbentuk bilateral danmultilateral. Negosiasi dapat dilangsungkan melaluisaluran diplomatik pada konferensi internasional ataudalam suatu lembaga atau organisasi internasional.
  • 9. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePenyelesaian Sengketa Internasional MelaluiMetode DiplomatikDesign by Yoel Immanuellab) Enquiry atau PenyelidikanEnquiry atau penyelidikan adalah suatu prosespenemuan fakta oleh suatu tim penyelidik yang netral.Prosedur ini dimaksudkan untuk menyelesaikan sengketayang timbul karena perbedaan pendapat mengenaifakta, bukan untukpermasalahan yang bersifat hukum murni. Hal ini karenafakta yang mendasari suatu sengketa seringdipermasalahkan.c) MediasiMediasi adalah tindakan negara ketiga atau individuyang tidak berkepentingan dalam suatu sengketainternasional, yang bertujuan membawa ke arahnegosiasi atau memberi fasilitas ke arah negosiasi dansekaligus berperan serta dalam negosiasipihak sengketa tersebut.
  • 10. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePenyelesaian Sengketa Internasional MelaluiMetode DiplomatikDesign by Yoel Immanuellad) KonsiliasiSeperti cara mediasi, penyelesaian sengketa melalui carakonsiliasi menggunakan intervensi pihak ketiga. Pihakketiga yang melakukan intervensi ini biasanya adalahnegara. Namun, bisa juga sebuah komisi yang dibentukoleh para pihak. Konsiliasi juga dapat diartikan sebagaiupaya penyelesaian sengketa secara bersahabat denganbantuan negara lain atau badan pemeriksa yang netralatau tidak memihak, atau dengan bantuan KomitePenasihat.e) Good Offices (Jasa Baik)Good offices (jasa baik) adalah tindakan pihak ketigayang membawa ke arah terselenggaranyanegosiasi, tanpa berperan serta dalam diskusi mengenaisubstansi atau pokok sengketa yang bersangkutan. Goodoffices akan terjadi apabila pihakketiga mencoba membujuk para pihak sengketa untukmelakukan negosiasi sendiri.
  • 11. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePenyelesaian Sengketa Internasional MelaluiMetode Legal (Prosedur Hukum)Design by Yoel Immanuellaa) Arbitrase InternasionalPenyelesaian sengketa internasional melalui arbitraseinternasional adalah pengajuan sengketa internasionalkepada arbitrator (wasit) yang dipilih secara bebas olehpara pihak, untuk memberi keputusan dengan tidakharus terlalu terpaku pada pertimbangan-pertimbanganhukum.b) Pengadilan Internasional (Mahkamah Internasional)Dalam masyarakat internasional, satu-satunya carapenyelesaian sengketa atau kasus internasional melaluipengadilan adalah mengajukan sengketa ke MahkamahInternasional (International Court of Justice).
  • 12. Total Page ViewAdmin ContactTranslatePenyelesaian Sengketa Internasional MelaluiOrganisasi InternasionalDesign by Yoel Immanuellaa) Sengketa yang Membahayakan Perdamaian danKeamanan InternasionalDewan Keamanan PBB dapat merekomendasikan carayang tepat di antara caranegosiasi, mediasi, penyelidikan, dan sebagainya.b) Peristiwa Ancaman Perdamaian, PelanggaranPerdamaian, atau AgresiDewan Keamanan PBB berwenang merekomendasikanhal-hal yang diperlukan untuk mempertahankan ataumemulihkanperdamaian dan keamanan internasional atau memintapihak-pihak yang bersengketa untuk memenuhi aturanatau tindakan yang ditetapkan.
  • 13. Total Page ViewAdmin ContactTranslateKelompok 3Design by Yoel ImmanuellaSekian Dan TerimaKasih…