• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Windows Vista
 

Windows Vista

on

  • 4,567 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,567
Views on SlideShare
4,449
Embed Views
118

Actions

Likes
0
Downloads
35
Comments
0

9 Embeds 118

http://tugasmulokgue.blogspot.com 107
http://tugasmulokgue.blogspot.in 3
http://tugasmulokgue.blogspot.it 2
http://www.tugasmulokgue.blogspot.com 1
http://tugasmulokgue.blogspot.ru 1
http://tugasmulokgue.blogspot.com.br 1
http://tugasmulokgue.blogspot.co.il 1
http://tugasmulokgue.blogspot.de 1
http://tugasmulokgue.blogspot.com.es 1
More...

Accessibility

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Windows Vista Windows Vista Presentation Transcript

    •  Windows Vista adalah sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang digunakan pada komputer pribadi (PC), baik untuk pengguna rumahan maupun bisnis, pada komputer laptop, maupun media center. Sebelum diumumkan dengan nama Windows Vista pada 22 Juli 2005, sistem operasi ini lebih dikenal dengan codename Longhorn (berasal dari nama Longhorn Saloon, sebuah bar terkenal di Whistler, British Columbia, Kanada). Microsoft meluncurkan Windows Vista pada 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari 2007 untuk pengguna rumahan. Dengan demikian, peluncuran Windows Vista ini berjarak lebih dari lima tahun sejak peluncuran Windows XP pada 25 Oktober 2001.
    • Tampilan Tampilan Layar dari Windows Vista Ultimate Pengembang Microsoft Situs web: Official website Informasi keluaranTanggal dikeluarkan: RTM: November 8, 2006; Vol. Lic.: November 30, 2006; Retail: January 30, 2007 info
    • Versi terkini: 6.0 Service Pack 2 (SP2) (Build 6002) (6002.18005.090410-1830[1]) , April 28, 2009; 2 tahun yang lalu (2009-04-28) infoModel sumber: Closed source / Shared source[2]Lisensi: MS-EULAKernel type: HybridMetode pemutakhiran: Windows Update, Windows Server UpdateServices, SCCMDukungan platform: IA-32, x86-64 Status dukungan Mainstream support
    • Microsoft pertama kalinya mengumumkan "Longhorn" pada bulanJuli 2001, bahkan sebelum peluncuran Windows XP pada bulanOktober tahun yang sama. Pada awalnya, Longhorn diharapkanuntuk mulai dijual pada kisaran tahun 2003 sebagai batu loncatandi antara Windows XP dan "Blackcomb" (sekarang dikenal sebagai"Windows 7"). Secara bertahap, "Longhorn" nyatanya dibangundengan banyak fitur-fitur dan teknologi baru dari "Blackcomb",sehingga tanggal peluncurannya pun berkali-kali diundur. Microsoftkemudian mengumumkan pada 27 Agustus 2004 bahwaPerusahaan itu melakukan perubahan yang signifikan.Pembangunan "Longhorn" diulang kembali dan didasarkan padabasis program Windows Server 2003. Beberapa fitur yangsebelumnya diumumkan, seperti WinFS, pun dibatalkan. Setelah"Longhorn" dinamai menjadi Windows Vista, sebuah uji-betaprogram dimulai, melibatkan ratusan ribu sukarelawan danperusahaan. Pada September 2005, Microsoft mulai meluncurkanCommunity Technology Previews (CTP) secara reguler bagi parapenguji-beta. Rilis yang pertama adalah build 5219, didistribusikanbagi undangan yang hadir pada Microsoft Professional DevelopersConference (PDC) 2005, dan juga dirilis bagi para penguji MicrosoftBeta dan para pelanggan MSDN.Dalam CTP-CTP berikutnya, Microsoft telah memperkenalkanbanyak rencana-rencana fitur untuk produk finalnya, sepertisejumlah perubahan untuk antarmuka pengguna, yang didasarkandari usulan balik dari para penguji-beta.
    • Windows Vista dianggap telah memiliki fitur yang lengkapdengan peluncuran build 5308 CRT, yang dirilis pada 22Februari 2006. Pekerjaan yang menunggu para programerMicrosoft hingga tanggal akan dirilisnya versi final nanticenderung difokuskan pada stabilitas, kinerja,kompatibilitas aplikasi dan driver, serta dokumentasi.James Allchin dalam sebuah wawancara menyatakanbahwa tidak akan ada versi "Release Candidate" (RC)seperti yang dilakukan pada versi-versi Windows yangsebelumnya. Microsoft sebaliknya hanya akanmengirimkan CTP hingga produk tersebut siap dipasarkan.Hanya saja dalam peluncuran Windows Vista Beta 2 bagipara penguji pada 23 Mei 2006, dan untuk umum pada 7Juni 2006 melalui Microsofts Customer Preview Program(bisa diunduh langsung ataupun dengan memesan DVD),Microsoft memberikan petunjuk bahwa akan ada releasecandidate untuk Windows Vista dengan menjanjikansebuah Release Candidate 1 DVD kit untuk yangmemesan DVD Beta 2.Dalam roadmap Microsoft tampaknya rencana untuktanggal rilis ke pabrikan adalah pada atau sebelum 25Oktober 2006.
    • Windows Vista memiliki daftar panjanguntuk ratusan fitur-fitur baru, fitur-fitur yangdiubahkan, dan fitur-fitur yang ditingkatkankemampuannya. Pada saat ini daftar fitur-fitur tersebut belum dipublikasikan secaralengkap oleh Microsoft. Namun demikian,berbagai fitur yang akan dimasukkan kedalam Windows Vista tersebut sudah mulaidiperkenalkan melalui beberapa publikasi.
    •  Windows Aero: desain baru antarmuka pengguna, singkatan dari Authentic, Energetic, Reflective, and Open. Antarmuka baru ini dimaksudkan agar lebih estetis dan bersih ketimbang tantarmuka Windows sebelumnya, termasuk jendela-jendela transparan, animasi, dan tampilan yang bagus. Animasi pada Windows Aero dapat nampak pada saat aplikasi ditutup, diminimalisasikan, dimaksimalisasikan, dan juga pada tombol rekomendasi. Windows Shell: Windows shell yang baru ini berbeda sekali dengan Windows XP. Sebagai contoh, Start Menu yang telah diubah, bahkan kata "Start" pun telah digantikan dengan tombol Windows "Pearl" biru yang baru.
    •  Fasilitas Pencarian (Quick Search): Windows Sidebar: Internet Explorer 7+: Windows Media Player 11: Windows Media Center: Windows Live Show : User Account Control: Windows Firewall With advanced security: Windows Defender: Windows Mail: Windows Update: Parental Control: Windows Sideshow: Speech recognition: New Fonts: Games: Windows Calendar: Windows Photo Gallery: Windows DVD Maker: Windows Collaboration: SuperFetch: ReadyBoost: ReadyDrive: Touchscreen: Problem Reports and Solutions: Virtual Folder:
    • Windows Vista dimaksudkan untukdiluncurkan sebagai produk berbasis-teknologi, sebagai sistem yang solidyang mencakup teknologi-teknologibaru tingkat tinggi. Banyak di antaranyamerupakan teknologi yang berkaitandengan bagaimana sistem berfungsi,yang bekerja di belakang layar dantidak terlihat oleh pengguna akhir.
    •  Pembangunan ulang seluruh arsitektur audio, print, tampilan layar (display), dan stack jaringan Protokol IPv6 yang juga bekerja bersama dengan IPv4 Struktur keamanan baru, termasuk BitLocker Drive Encryption Peningkatan kemampuan memory manager dan process scheduler System services dimasukkan sebagai sesi terpisah dan terisolasi, sementara proses User sebagai sesi yang berbeda. Address Space Layout Randomization (ASLR) untuk mencegah serangan Return-to-libc buffer overflow. Kernel Transaction Manager yang baru memungkinkan operasi transaksi atom melintasi berbagai obyek yang berbeda, terutama sekali sistem file (Transactional NTFS) dan operasi registry. Deadlock Detection Technology merupakan teknologi baru yang akan melakukan pengecekan atas kondisi- kondisi deadlock (kebuntuan sistem) untuk pelaporan error Windows.
    • .NET Framework 3.0, sebelumnya WinFX,merupakan sebuah set teknologi yang jugaditujukan untuk tersedia bagi Windows XP danWindows Server 2003. Oleh karenanyateknologi ini bukan merupakan teknologi yangeksklusi hanya untuk Vista, tetapi dirancangselama kurun waktu pembangunan Vista.Alasan agar teknologi ini lebih mudahdiperkenalkan ke para developer dan end-user, mungkin menjadi dasar mengapaMicrosoft melakukan backport teknologi bagisistem operasi yang sebelumnya.Microsoft menyebut teknologi kunci yang barudalam versi Windows ini sebagai "The Pillars ofVista" (Pilar-Pilar Vista).
    •  Presentasi Windows Presentation Foundation atau WPF, sebelumnya diberi nama-kode Avalon; adalah sebuah sub-sistem antarmuka pengguna yang baru dan merupakan kerangka-kerja yang didasarkan pada teknologi Direct3D (DirectX) dan grafik vektor- kerja sama antara perangkat keras komputer grafik 3D dengan teknologi Direct3D. Lihat juga Windows Graphics Foundation. Komunikasi Windows Communication Foundation atau WCF, sebelumnya diberi nama-kode Indigo; adalah sistem komunikasi berorientasi-servis (service-oriented messaging system) yang mengijinkan program untuk berinteroperasi secara lokal maupun remote mirip seperti service jejaring (web).
    •  Workflow Windows Workflow Foundation or WF; pertama kali diumumkan pada Agustus 2005, akan mengijinkan transaksi otomatisasi dan terintegrasi dengan menggunakan arus-kerja (workflows). Selain itu juga ada pembangunan API (Application Program Interface) baru signikan di dalam inti sistem operasi, khususnya penambahan .NET Framework, pembangunan benar-benar baru bagi arsitektur audio, jaringan, pencetakan (print), dan antarmuka video, perubahan besar dalam infrastruktur keamanan, peningkatan bagi instalasi program aplikasi ("ClickOnce" dan Windows Installer 4.0), model baru untuk device driver ("Windows Driver Foundation"), Transactional NTFS, serta pembaruan besar-besaran bagi banyak sub-sistem inti seperti Winlogon dan CAPI.
    • Ada beberapa isu bagi delevoperperangkat lunak dalam menggunakanAPI grafik di Vista. Games maupunprogram-program yang dibangun diatas Direct3D Versi 10 milik Vista, tidakakan bekerja di Windows versisebelumnya, karena Direct3D 10 tidakkompatibel dengan Direct3D 9.
    • Beberapa fitur dan komponen Windows XPyang terkenal juga telah digantikanataupun dihilangkan dari Windows Vista.Mungkin yang paling terlihat signifikanadalah penghilangan Windows Messengerdan MSN Explorer, dan penggantianNetMeeting dengan WindowsCollaboration. Windows Vista juga tidakmemasukkan tema-visual (visual theme)Windows XP "Luna". Fitur "Hardware profiles"juga telah dihilangkan, diikuti denganpenarikan dukungan untuk teknologimotherboard lawas seperti EISA bus danAPM.
    •  WinFS adalah nama-kode untuk sebuah sistem file baru dengan sifat relational database yang dibangun di atas sistem NTFS dan SQL Server 2005. Pada bulan Agustus 2006, Microsoft mengumumkan bahwa WinFS batal dimasukkan dalam Windows Vista. Hal ini dikarenakan belum selesainya pengembangan teknologi ini. Microsoft telah mengerjakan teknologi ini sejak pertengahan tahun 1990an. Sedianya, Microsoft akan meluncurkan WinFS secara terpisah dari Vista, tapi pada 23 Juni 2006 kembali diumumkan bahwa Microsoft memutuskan untuk mengintegrasikan beberapa dari fitur yang telah dikembangkan ini dalam versi selanjutnya dari ADO.NET dan SQL Server, secara efektif sekaligus membatalkan proyek WinFS.
    •  Sehubungan dengan isu penjadwalan, Windows PowerShell, dengan nama-kode Monad juga tidak akan dimasukkan dalam Windows Vista. Namun demikian, Microsoft telah mengumumkan bahwa fitur ini akan tersedia untuk diunduh secara terpisah dalam kuartal keempat 2006. Arsitektur keamanan Next-Generation Secure Computing Base juga diabaikan dari Windows Vista, dikarenakan masih sedikitnya developer pihak-ketiga untuk mendukung sistem ini. Dukungan untuk Intel Extensible Firmware Interface (semacam sistem BIOS baru) juga dibatalkan karena sedikitnya dukungan untuk komputer desktop. PC-to-PC Sync, sebuah teknologi Peer-to-peer untuk sinkronisasi folder antar komputer-komputer yang menjalankan Vista, juga dibatalkan karena masalah kualitas. Kemungkinan teknologi ini tetap akan dikembangkan di masa depan.
    • Antarmuka baru Vista, Windows Aero, dibangun di atas sebuah mesin baru yang bernama Desktop Window Manager. Windows Aero, juga dikenal sebagai Aero Glass, menambahkan dukungan untuk grafik 3D (dikenal sebagai Flip 3D), jendela transparan, animasi, dan efek visual lainnya. Windows Aero membutuhkan kartu grafis high-end dan kapasitas perangkat keras seperti: memori grafis 64MB direkomendasikan untuk set layar 1024x768, dan 128MB untuk 1600x1200+. minimal 32 bit per pixel 3D hardware accelleration yang mendukung DirectX 9.0 memori dengan lebar pita (bandwidth) direkomendasikan 2GB/s mampu menggambar ~1.5 juta segitiga/detik, dengan satu jendela hingga ~150 segitiga mendukung driver Windows Display Driver Model (WDDM).
    • Vista juga menawarkan model Aero lainnya: Mode Standard, adalah varian Windows Aero tanpa tranparan, animasi, dan efek grafis lainnya seperti Flip 3D. Mode Windows Classic, juga tersedia sebagai antarmuka yang paling dasar. Classic memiliki tampilan yang mirip dengan Windows 2000 dan tidak menggunakan Desktop Composition Engine yang baru. Classic memerlukan driver-driver Windows XP Display Driver Model (XPDM) atau WDDM dan kartu grafis yang mendukung Windows 2000.
    • Menurut Microsoft, komputer yang dapat menjalankan Windows Vista diklasifikasikan sebagai "Vista Capable" dan "Vista Premium Ready“ Komputer "Vista Capable" memerlukan minimal prosesor 800MHz, 512MB RAM, dan kartu grafis dengan kelas DirectX 9. Namun klasifikasi ini tidak akan mampu untuk mendukung grafis high-end Vista, termasuk antarmuka Aero. Komputer "Vista Premium Ready" memerlukan setidaknya prosesor 1GHz, 512 MB RAM, dan kartu grafis yang kompatibel dengan antarmuka Aero minimal 128MB serta mendukum WDDM yang baru.
    • Komputer Vista Capable atau sejenis,memerlukan minimal prosesor dengankecepatan 800 MHz, Memory 512 MB RAMdan kartu grafis yang mendukung DirectX 9.Komputer jenis ini tidak mampu mendukunggrafis high-end Vista, termasuk antarmukaAero. Sebaliknya Komputer Vista PremiumReady dapat mendukung fitur "high-end"Vista tetapi, sedikitnya diperlukan prosesor 1GHz , memory utama 1 GB, dan kartu grafisyang kompatibel dengan Aero denganmemory minimal 128 MB dan mendukungWindows Display Driver Model yang baru.
    • Vista Capable Vista CapableProsesor 800 MHz 1 GHz/Dual CoreMemori 512MB RAM 1 GB RAMGPU mendukung DirectX 9 mendukung DirectX 9, dengan Hardware Pixel Shader v2.0, dan driver WDDMGPU Memory 64 MB RAM 128 MB RAMHDD 20GB 40GBArea HDD kosong 15GB 15GBPerangkat lainnya CD-ROM, Mouse dan DVD-ROM, Mouse dan Keyboard PS/2 Keyboard PS/2, Speaker untuk multimedia
    •  Windows Vista Strater Mirip seperti Windows XP Starter Edition,edisi ini masih berteknologi 32-bit, edisi ini dibatasi untuk area lokal, terutama sebagai alternatif legal ketimbang penggunaan kopi bajakan. Pengguna edisi ini akan sangat dibatasi pemakaiannya, misalnya hanya bisa untuk memakai tiga program sekaligus dalam satu waktu, pembatasan koneksi jaringan, dan physical memory dibatasi hanya hingga 256MB.
    •  Windows Vista Home Basic Seperti Windows XP Home Edition,dengan teknologi 64-bit, fiturnya juga bertambah banyak. Tetapi tidak sebanyak edisi yang lain, Home Basic ditujukan bagi pengguna rumahan yang tidak memerlukan fasilitas lebih tinggi. Tema "Aero Glass" dengan efek transparan juga tidak akan termasuk dalam Edisi ini. Home Basic hanya mendukung hingga 8GB physical memory.
    •  Windows Vista Home Premium Didasari Windows Vista Home Basic, edisi ini memiliki tambahan dukungan fitur-fitur lebih tinggi yang ditujukan untuk segmen pengguna rumahan, seperti dukungan HDTV dan pembuatan menu DVD. Tambahan lainnya adalah games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet dan mobile, sistem enkripsi file, serta aplikasi manajemen foto. Edisi ini mirip dengan Windows XP Media Center Edition dan Tablet PC Edition. Home Premium mendukung hingga 16GB physical memory.
    •  Windows Vista Busines Sebanding dengan Windows XP Professional, dan ditunjukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center yang ada dalam Home Premium tidak dimasukkan dalam edisi ini, tetapi memiliki fasilitas IIS web server, dukungan faksimili, offline files, dukungan dual physical processor, Remote Desktop, kolaborasi P2P, dan mampu menangani hingga 128GB memori. Aktivasi produk tidak diperlukan untuk edisi ini.
    •  Windows Vista Enterprise Edisi ini ditujukan untuk segmen enterprise, dan merupakan edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Fitur-fitur tambahannya di antaranya adalah versi sesi-tunggal dari Virtual PC, dukungan antarmuka multibahasa, BitLocker Drive Encryption, dan dukungan untuk aplikasi UNIX. Edisi ini tidak akan tersedia melalui saluran retail ataupun OEM, melainkan melalui Microsoft Software Assurance.
    •  Windows Vista Ultimate Edisi ini menggabungkan seluruh fitur-fitur Home, Premium, dan Enterprise. Dalam edisi ini juga ditambahkan dukungan pembuatan podcast (yang dialihbahasakan oleh Microsoft menjadi "blogcasting"), program peningkat- kinerja game (WinSAT), fasilitas DVD ripping, dan layanan online khusus untuk media yang dapat diunduh, serta opsi layanan pelanggan tambahan lainnya. Edisi Ultimate ditujukan sebagai edisi Vista yang paling impresif, ditujukan bagi para pengguna high-end, pemain game, para profesional multimedia, serta para pecandu PC. Seperti edisi Business dan Enterprise, aktivasi produk juga tidak diperlukan.
    • Ketika anda akan menjalankan Setup program Windows Vista,anda harus mengetahui informasinya bagaimana cara menginstalldan mengkonfigurasi Windows Vista. Perencanaan secaramenyeluruh sebelum menginstall Windows Vista akan lebih efisienuntuk membantu anda mengatasi berbagai masalah selamainstalasi. Pemahaman konfigurasi akan sangat membantu untukmemastikan installasi anda sudah benar atau belum. › Sebelum anda menginstall Windows Vista, anda harus mengetahui beberapa hal yang perlu diketahui : › Periksa terlebih dahulu kebutuhan sistem apakah sudah memenuhi syarat. › Periksa kompatibilitas software dan hardware anda › Tentukan berapa banyak dan besarnya partisi › Tentukan workgroup atau domain untuk setting networknya › Menyelesaikan beberapa setting selama instalasi.
    • Anda dapat menginstall Windows Vistaapabila semua itu sudah valid danbekerja dengan baik. Itu semuatergantung dengan kebutuhan anda.Langkahnya, masukkan DVD WindowsVista anda ke dalam DVD Drive andakemudian Reboot/Restart komputeranda. Kemudian akan tampilan prosesloading sebentar.
    • Tidak seperti di versi windows XP,Windows Vista tidak memiliki fase teksyang terlihat dari proses setup dantampil ketika booting langsung menujuke mode Graphical User Interface (GUI).Setelah beberapa saat, tampilanpertama akan anda lihat seperti ini :
    • Kemudian pilih Next kecuali anda inginmerubah konfigurasi language, time andcurrency format dan jenis keyboard.Kemudian tekan tombol Install Now.Tampilannya seperti berikut ini :
    • Setelah beberapa saat anda akandisuruh untuk mengisi product key/ serialnumber. Tampilannya sebagai berikut :
    • Lewati saja bagian ini apabila andatidak mempunyai serial number WindowsVista. Akan Tetapi, bilamana andamempunyai serial number yang valid (Windows Vista yang asli ) tinggal di isisaja.Apabila anda melewati itu, anda akandiminta untuk Vista mana yang cocokdengan serial number anda.
    • Lewati saja bagian ini apabila andatidak mempunyai serial number WindowsVista. Akan Tetapi, bilamana andamempunyai serial number yang valid (Windows Vista yang asli ) tinggal di isisaja.Apabila anda melewati itu, anda akandiminta untuk Vista mana yang cocokdengan serial number anda.
    • Sekarang anda harus menyetujui linsensipersyaratan seperti dibawah ini :
    • Kemudian anda wajib memilih TipeInstallasi Custom (Advanced) :
    • Tombol upgrade dinonaktifkan terlebihdahulu jika dilakukan pada komputer baruatau tanpa sistem operasi sebelumnya.Tahap berikutnya yaitu proses memilihpartisi untuk installasi. Karena komputerdengan hardisk yang baru apalagi belumdiformat sebelumnya, maka anda akandiberikan pilihan untuk membuat partisibaru. Apakah partisi sebelumnya akandihapus atau membuat tambahan partisiyang lain. Tekan saja tombol advanceduntuk memunculkan pilihan seperti gambardibawah ini :
    • Karena kita tidak melakukan tambahanapapun, sekarang tinggal tekan tombolNext. Selanjutnya installasi akanmembuat partisi di semua ruang diskyang tersedia dan di format.
    • setup akan mulai menyalin data daridata DVD ke hardisk anda. Danmembutuhkan beberapa menit untukmenunggu. Setelah anda menunggubeberapa menit, proses setup akanmenginstall untuk meng-update sistemoperasi. ( waktu yang dibutuhkantergantung dengan spesifikasi hardwareanda ). Setelah itu komputer akansecara otomatis restart.
    • Akhirnya setelah penantian yangpanjang dimana proses installasi sedangmengkonfigurasi sistem. Sekali lagi sistemakan mengkalkulasi waktu ygdibutuhkan sesuai perangkat keraskomputer anda. Sistem akan restartsekali lagi. Anda pasti akan berpikiraninstallasinya sangat lama sekali untukmengkonfigurasi sistem yang hanyamenampilkan layar hitam saja. Ituadalah proses, namanya saja sistem lagikerja. Yang terakhir, nanti akan munculnote kecil.
    • Dibagian ini, anda akan dimintamemasukkan username dan passworduntuk pertama kalinya.
    • Apabila anda melanjutkan tanpamemasukkan password, maka sistem akanmelewati bagian ini. Tapi amat sangatdisarankan untuk memasukkan passworddan pilihan password yang kompleks dansetidaknya minimal 7 karakter atau lebihseperti gabungan huruf dengan angkadengan besar kecilnya huruf sangat sensitif.Jadi jangan sampai anda lupa.Selain itu pilih tampilan foto anda, tapipilihan ini bisa anda lewati dan bisa andasetting nanti. Kalo ingin diganti, pilih salahsatu dengan mengisi nama dari komputeranda. Kemudian secara otomatis programakan membuat pondasi dasar usernameyang anda pilih di pilihan sebelumnyatetapi anda bisa menggantinya nanti.
    • Kategori System and Security Sistem dan Keamanan kategori ini adalah yang pertama di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk melakukan sistem, administrasi, dan tugas-tugas yang berhubungan dengan keamanan. Kategori Jaringan dan Internet Jaringan dan Internet kategori ini adalah yang kedua di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk memeriksa status jaringan, mengubah pengaturan, tetapkan preferensi untuk berbagi file dan komputer, mengkonfigurasi sambungan Internet, dan banyak lagi.
    •  Kategori Hardware dan Sound Perangkat Keras dan Suara kategori ini adalah yang ketiga dalam Control Panel dan berisi semua alat- alat yang akan anda gunakan untuk menambah dan menghapus printer dan perangkat keras lain, sistem perubahan suara, AutoPlay mengkonfigurasi, mengelola kekuasaan, dan update driver. Kategori Program Program kategori yang keempat di Control Panel dan berisi semua alat yang akan anda gunakan untuk meng-uninstall program atau fitur Windows, mengelola gadget, dan banyak lagi. Kategori User Account and Family Safety User Account dan Keluarga Keselamatan kategori ini adalah kelima satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah pengaturan account pengguna dan password, kontrol orangtua mengatur, mengelola identitasnya, dan banyak lagi.
    •  Kategori Penampilan dan Personalisasi Penampakan dan Personalisasi keenam kategori ini adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tampilan desktop item, menerapkan berbagai tema desktop dan screen saver, menyesuaikan menu Start atau Taskbar, dan banyak lagi. Kategori Clock, Language, dan Daerah Jam, Bahasa, dan Daerah ketujuh kategori ini adalah satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk mengubah tanggal, waktu, bahasa, angka, mata uang, dan banyak lagi. Kategori Kemudahan Akses Kemudahan Akses pada kategori ini adalah delapan satu di Control Panel dan berisi semua alat-alat yang akan anda gunakan untuk menyesuaikan pengaturan komputer anda untuk penglihatan, pendengaran, dan mobilitas serta mengkonfigurasi pengenalan suara untuk mengontrol komputer anda dengan perintah suara.
    • SYSTEM AND SECURITY Ketika anda membuka kategori Sistem and Security, anda akan melihat bahwa terdapat 8 alat dalam kategori ini. Berikut ini penjelasannya : Action Center Action Center adalah fitur baru di Windows vista Control Panel yang memeriksa keamanan dan pemeliharaan yang berhubungan dengan item yang menunjukkan kinerja komputer anda. Jika terjadi masalah dengan item yang dipantau, seperti jika database virus dari tanggal, pesan akan muncul di area pemberitahuan Taskbar dan yang terkena item Action Center dalam menampilkan pesan kode warna yang mencerminkan tingkat keparahan masalah bersama-sama dengan direkomendasikan tindakan pemulihan. Seperti yang anda lihat ada dua bagian diperluas di jendela utama: Keamanan dan Pemeliharaan. Action Center – Security Bagian Keamanan ini berisi informasi status tentang Firewall, Windows Update, Virus protection, Spyware perlindungan, Internet Security Settings, User Account Control, dan Network Access Protection (NAP).
    •  Action Center – Maintenance Bagian Maintenance ini berisi informasi status tentang masalah laporan, Windows Backup, Windows Update dan fitur Pemecahan Masalah. Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses Windows vista Platform Mengatasi masalah baru, yang merupakan extensible komprehensif dan alat yang mampu mengidentifikasi dan memecahkan beragam masalah. (The Troubleshooting Platform adalah alat yang sangat rinci berdasarkan koleksi PowerShell script dengan diagnostik canggih, seorang penyihir antarmuka, dan dapat dikonfigurasi melalui Group Policy. Karena itu, saya pasti akan meliputi alat ini secara lebih rinci dalam artikel mendatang.) Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses fitur Recovery Sistem. Klik tombol Open Pemulihan Sistem untuk memulai wizard Recovery Sistem. Dari dalam jendela Recovery, anda dapat mengakses Advanced Recovery Metode, yang memungkinkan anda bisa menggunakan sebuah disk image untuk mengembalikan sistem anda atau untuk menginstal ulang Windows. Kembali ke Action Center, anda dapat mengakses Pusat Aksi Perubahan Pengaturan dan pesan anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan dan mengubah bagaimana solusi untuk setiap masalah- masalah yang muncul.
    • Dan dari dalam Action Center, anda dapat mengakses PesanArchived jendela. Jika anda telah menggunakan fitur laporanmasalah untuk melaporkan masalah ke Microsoft, pesantersebut akan muncul dalam Arsip Pesan jendela.Dari dalam Action Center, anda juga dapat mengakses UbahPengaturan User Account Control kontrol dan menyesuaikantingkat di mana User Account Control akan memerlukan hakadministrator atau tingkat sebelum ada perubahan ke sistem.Serta Dari dalam Action Center, anda dapat mengakses danmelihat Kinerja Informasi, yang menyoroti sistem anda WindowPengalaman Indeks rating. Dari dalam Performance Information,anda dapat mengakses kotak dialog Opsi Kinerja di mana andadapat menyesuaikan kinerja dengan mengubah banyakpengaturan tampilan. (anda juga dapat menyesuaikan sumberdaya prosesor dan memori virtual pada tab Advanced danmengubah pengaturan Pencegahan Eksekusi Data.) anda jugadapat mengakses kotak dialog Opsi Pengindeksan di manaanda dapat menyesuaikan indeks pencarian Windows untukmeningkatkan efisiensi pencarian. Dari dalam PerformanceInformation , anda juga dapat meluncurkan utilitas PembersihanDisk dan anda juga dapat membuka Advanced Tools dan akseskeseluruhan utilitas di sini.
    •  Windows Firewall Kembali di Sistem dan Keamanan jendela, anda dapat mengakses alat Windows Firewall di mana anda dapat melihat status dan mengatur bagaimana sistem operasi built-in firewall bekerja. Dari dalam Windows Firewall perangkat ini, anda dapat memperbolehkan atau melarang program dari mengirim informasi ke atau dari komputer anda melalui firewall. Dan juga anda dapat memblokir semua koneksi masuk, mengubah pengaturan pemberitahuan atau menonaktifkan firewall. Jika setelah anda membuat perubahan pada Windows Firewall setting anda memutuskan untuk melawan mereka, anda dapat dengan mudah mengembalikan semua pengaturan ke nilai standar. Dari dalam Windows Firewall perangkat ini pula, anda dapat mengakses pengaturan keamanan Lanjutan di mana anda dapat fine tune Windows Firewall pada tingkat jauh lebih rinci.
    •  System Dari dalam jendela Sistem, anda dapat mengakses Device Manager, yang memungkinkan anda untuk melihat dan mengendalikan semua perangkat keras yang terpasang di computer anda. Dan dari dalam jendela Sistem, anda juga dapat mengakses tab Remote pada kotak dialog Properti Sistem dan mengkonfigurasi sistem anda akses remote. Dengan setting pada tab ini serupa dengan yang di tab Remote di Windows XP. anda juga dapat mengakses tab System Protection System Properties dan mengkonfigurasi kotak dialog System Restore. Windows Update Kembali di jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses alat Pembaruan Windows di mana anda dapat melihat status dari update sistem operasi. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat secara manual memeriksa update baru kapan saja yang anda inginkan. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat mengkonfigurasi kapan dan bagaimana anda ingin update terjadi. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat melihat semua pembaruan yang telah terinstal di sistem anda dan anda dapat melihat ketika mereka diinstal. Dari dalam perangkat Pembaruan Windows, anda dapat memulihkan pembaruan tersembunyi, yang merupakan pembaruan yang anda meminta Windows tidak menginstal atau memberitahu anda tentanghal tersebut.
    •  Power Options Lalu pada jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses jendela Power Options, di mana anda dapat memilih rencana kekuatan yang sudah tetapkan, yang merupakan kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik. Dan dari dalam jendela Power Options, anda dapat mengkonfigurasi bagaimana tombol power karya maupun sebagai menentukan bahwa password diperlukan ketika anda membangun komputer anda Kemudian dalam jendela Power Options, anda dapat menentukan rencana kekuatan dengan memilih pilihan dari kumpulan perangkat keras dan pengaturan sistem yang mengatur bagaimana komputer anda menggunakan power atau daya listrik. Backup and Restore Kembali di jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses Backup dan Restore jendela di mana anda dapat mengkonfigurasi, jadwal, dan meluncurkan operasi cadangan serta memulai operasi restore. Dari dalam jendela Backup dan Restore, anda dapat membuat gambar sistem, yang merupakan duplikat yang sama persis dengan isi drive. Dari dalam jendela Backup dan Restore, anda dapat membuat perbaikan disk, yang merupakan bootable CD / DVD yang berisi Windows System Recovery Tools.
    •  Bitlocker Drive Encryption Kembali pada jendela Sistem dan Security, anda dapat mengakses alat Bitlocker Drive Encryption, dan mengenkripsi seluruh drive. Ini akan memblokir hacker mengakses file sistem dan menemukan sandi atau mengakses drive anda setelah melepas dan memasangnya di komputer yang berbeda. Administrative Tools Kembali di jendela Sistem dan Secuyti, anda dapat mengakses Administrative Tools folder, yang berisi alat untuk administrator sistem dan pengguna yang mahir. Alat-alat dalam folder mungkin bervariasi tergantung pada versi Windows yang anda gunakan.
    •  NETWORK AND INTERNET Ketika anda membuka Jaringan dan Internet kategori dimana anda akan melihat bahwa ada 3 alat dalam kategori ini. Berikut ini penjelasannya: Network and Sharing Center Network and Sharing Center pada dasarnya adalah jantung dari kategori Jaringan dan Internet dan berisi sebagian besar kontrol yang akan anda gunakan secara teratur. Jika anda terhubung ke wireless network (jaringan nirkabel), anda akan melihat informasi yang berhubungan dengan wireless network dan pilihan tambahan untuk mengelola wireless network. Ketika anda mengklik see full map, anda akan melihat peta jaringan anda, yang merupakan tampilan grafis dari komputer dan perangkat di jaringan anda yang menunjukkan cara mereka terhubung. Ketika anda mengklik Home Network, anda akan melihat jendela Set Lokasi Jaringan tempat anda dapat mengubah jenis jaringan yang anda tersambung. Memilih lokasi yang berbeda secara otomatis set firewall yang sesuai dan pengaturan keamanan untuk jenis jaringan yang anda pilih.
    •  HomeGroup Kembali ke jendela Network dan Internet, anda dapat mengakses alat HomeGroup, di mana anda dapat memilih libraries dan printer anda jika ingin berbagi dengan orang lain dalam homegroup. Ketika anda membuat HomeGroup, ini dilindungi oleh password Windows vista yang lain jika komputer akan digunakan untuk bergabung dengan HomeGroup. Dari jendela ini, anda akan dapat melihat dan mencetak password /sandi HomeGroup. Dan anda dapat mengubah password HomeGroup jika anda inginkan. Jika anda memutuskan bahwa anda tidak lagi ingin menjadi anggota HomeGroup, anda dapat meninggalkan situs ini. Setelah anda meninggalkan HomeGroup, anda tidak akan lagi dapat mengakses file dan printer dalam HomeGroup. Jika anda mengalami masalah dengan HomeGroup anda, anda dapat memulai dan menggunakan Masalah HomeGroup untuk mendiagnosis masalah.
    •  Internet Options Kembali ke jendela Network dan Internet, anda dapat mengakses kotak dialog Internet Options, yang bekerja seperti yang ada di Windows XP dan Windows Vista. Disini anda dapat memilih dan mengatur opsi yang sesuai anda inginkan.
    •  Ketika anda membuka kategori Hardware and Sound dimana anda akan melihat bahwa terdapat 5 bagian dalam kategori ini. Berikut penjabarannya : Devices and Printers Ketika anda mengakses Devices dan Printers anda akan melihat semua perangkat dan printer yang terpasang pada sistem Windows vista anda. Jika anda ingin secara manual menambahkan perangkat, klik Tambah Device dan anda akan melihat sebuah wizard yang akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menambahkan perangkat ke Windows vista. Jika anda ingin secara manual menambahkan printer, klik Add Printer dan anda akan melihat sebuah wizard yang akan memandu anda melalui langkah-langkah untuk menambahkan baik lokal atau sebuah printer jaringan ke Windows vista.
    •  AutoPlay Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware and Sound adalah AutoPlay, yang memberikan anda kemampuan untuk memilih aplikasi apa untuk memulai ketika anda memasukkan atau menghubungkan berbagai jenis removable media atau perangkat multimedia.
    •  Sound Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware dan Sound adalah Sound, yang menyediakan akses ke kotak dialog Sound. Seperti anda dapat melihat tiga tab berisi item konfigurasi sementara tab Komunikasi baru dan memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana Windows mengatur volume perangkat bila anda menggunakan sistem anda untuk panggilan telepon.
    •  Power Options Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware and Sound adalah Power Options, yang juga tersedia dalam kategori Sistem dan Keamanan. Pilihan Power telah dibahas dalam galeri Sistem dan Keamanan Control Panel.
    •  Display Bagian selanjutnya dalam jendela Hardware dan Suara adalah Display dan pada jendela awal memungkinkan anda untuk mengubah ukuran teks dan item lainnya pada layar anda untuk membuat mereka lebih mudah untuk dibaca. Dalam Menggunakan perangkat Manajemen Warna , anda dapat menyesuaikan pengaturan untuk memastikan bahwa konten yang diterjemahkan warna sejelas mungkin pada semua perangkat tampilan seperti monitor dan printer. Di samping menggunakan Manajemen Warna perangkat ini, anda dapat memilih kalibrasi warna dari jendela Display dan meluncurkan Kalibrasi Warna Tampilan wizard, yang akan memungkinkan anda untuk menyesuaikan warna pada monitor dan untuk memastikan bahwa mereka diwakili seakurat mungkin. Dari dalam jendela Display, anda dapat mengakses Teks ClearType Tuner, yang merupakan wizard yang menuntun anda melalui teks ClearType menyesuaikan pengaturan untuk meningkatkan keterbacaan teks pada monitor LCD. Juga pada jendela Display, anda dapat mengakses dan menggunakan pengaturan pada Custom DPI kotak dialog Pengaturan untuk benjolan hingga ukuran teks dan elemen grafis lainnya, seperti ikon, sehingga mereka lebih sesuai DPI asli pada monitor LCD.
    •  PROGRAMS Ketika anda membuka Program kategori yang anda akan melihat bahwa ada 3 bagian dalam kategori ini. Penjelasannya sebagai berikut : Programs and Features Ketika anda mengakses Program dan Fitur, anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang terinstal pada sistem Windows vista termasuk tanggal yang mereka diinstal. anda juga dapat menghapus aplikasi yang ada didalamnya. Jika anda pilih View Installed Updates, anda akan melihat daftar semua pembaruan bahwa Windows Update telah terinstal di sistem anda. anda juga dapat menghapus update. Jika anda memilih Aktifkan atau menonaktifkan fitur Windows, anda akan melihat daftar pohon diperluas menampilkan semua fitur yang tersedia pada Windows vista. anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan fitur dengan memilih atau membersihkan kotak centang yang terkait. Sistem Windows vista memungkinkan anda untuk menonaktifkan fitur tersebut seperti Internet Explorer, Windows Media Player, atau Windows find dan menggunakan alternatif dari pihak ketiga.
    •  Default Programs Ketika anda memilih Program Default item dalam jendela Program, anda akan memiliki akses ke empat item yang dapat anda gunakan untuk mengatur bagaimana program-program anda bekerja. Fitur dalam jendela ini anda dapat menentukan program mana yang akan menjadi program default bahwa Windows akan berjalan bila anda memilih jenis file tertentu. anda kemudian dapat mengasosiasikan semua file program dengan tipe atau hanya memilih jenis file tertentu. Jika anda memilih Pilih default untuk program ini, anda dapat memilih jenis file secara individual asosiasi dari jendela ini. anda juga dapat menggunakan pengaturan pada Program Set Default Komputer Akses dan jendela untuk fine tune lebih lanjut program default yang digunakan untuk kegiatan tertentu, seperti browsing web, mengirim e-mail, memainkan file audio dan video, menggunakan pesan instan, dan menjalankan applet Java.
    • Desktop Gadgets Seperti yang anda ketahui, Windows vista tidak memiliki wadah untuk Windows Sidebar Gadget. Dengan demikian, anda dapat mengakses antarmuka pengguna Gadget dari dalam jendela kategori Program. USER ACCOUNTS AND FAMILY SAFETY Ketika anda membuka kategori Account Pengguna dan Keselamatan Keluarga, dimana anda akan melihat bahwa ada empat bagian dalam kategori ini. Berikut ini penjelasannya :
    •  User Accounts Ketika anda mengakses jendela User Account (Account Pengguna), anda akan melihat account anda dan sejumlah kontrol untuk membuat perubahan dan account lainnya. Dimana dalam jendela User Account ini anda dapat membuat Sebuah atau beberapa account dalam 1 PC, dan dalam pembuatan account tsb anda dapat menentukan profil didalamnya yaitu Nama Account, memberikan Password dan Gambar Account, dan anda dpat juga menentukan type account tsb sebagai type Admin atau Standard account anda juga dapat mengubahnya setiap saat sesuai keinginan anda dan juga anda dapat memanage account standard dan account Guess/tamu denga menggunakan account Administrator dan masih banyak lainnya yang dapat di manage dalam jendela User Account ini.
    •  Parental Controls Jika anda mempunyai anak yang menggunakan komputer keluarga, anda dapat menggunakan Parental Kontrol untuk mengatur bagaimana anak-anak anda menggunakan komputer. Sebagai contoh, anda dapat menerapkan batas waktu, menggunakan peringkat untuk memilih permainan, atau memblokir program tertentu. anda bahkan dapat memilih Sistem Peringkat Game, yang dibentuk oleh berbagai permainan Tinjauan Boards, yang ingin anda gunakan untuk anak-anak anda. Windows CardSpace Seperti yang anda ketahui, Windows CardSpace adalah sebuah sistem yang dikembangkan Microsoft untuk memungkinkan anda untuk membangun hubungan dengan situs Web dan layanan online lainnya dan berbagi informasi rinci sekaligus melindungi identitas anda. Dari dalam jendela user accounts and family safety, anda dapat menambah, mengakses, dan mengelola informasi kartu.
    •  Credential Manager Dari dalam dan Keluarga Account Pengguna jendela Keselamatan anda dapat mengakses Credential Manager, yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengelola mandat anda, seperti nama pengguna dan sandi yang anda gunakan untuk log on ke situs Web atau komputer lain di dalam sebuah jaringan, yang disimpan dalam folder khusus yang disebut kubah. Email Pada Jendela Email ini anda dapat membuat dan mengatur profil yang berguna untuk soal transaksi pengiriman dan penerimaan email di PC anda dan juga dihubungkan pada Microsoft outlook dalam jaringan internet anda.
    • APPEARANCE AND PERSONALIZATION Ketika anda membuka kategori Personalisasi dan Penampilan, dimana anda akan melihat bahwa ada tujuh bagian dalam kategori ini. Berikut ini penjelasannya : Personalization Bila anda mengakses halaman Personalisasi, anda akan menemukan bahwa kontrol utama di sini memungkinkan anda untuk mengubah tema, yang terdiri dari latar belakang desktop, jendela warna, suara, dan screen saver. anda dapat memilih salah satu tema yang tersedia, download tema tambahan, atau menyimpan pengaturan arus sebagai tema baru pada tampilan layar desktop anda. (Perlu diingat bahwa ketika anda dapat menyesuaikan Personalisasi dari halaman, itu mengakses pengaturan yang sama seperti yang tercakup dalam kategori Hardware and Sound galeri.) Dari jendela Desktop Background, anda dapat memilih gambar yang tersedia atau pilih gambar anda sendiri akan digunakan untuk latar belakang. anda juga dapat memilih posisi gambar serta mengkonfigurasi gambar latar belakang untuk mengubah secara teratur seperti slide show.
    • Dari jendela Window Penampilan dan Warna, andadapat memilih warna yang tersedia untuk digunakanuntuk jendela perbatasan, menu Start, dan Taskbar. andajuga dapat mengkonfigurasi transparansi danmenyesuaikan tingkat warna.Jika anda klik Advanced Penampilan Pengaturan, andaakan mengakses Window Warna dan Penampilan kotakdialog, yang berisi jenis kontrol ditemukan dalam versisebelumnya dari Windows. Perlu diketahui bahwapengaturan ini hanya berlaku untuk tema Dasar atauKemudahan Akses tema.Screen Saver Settings dialog box, yang bekerja sepertipada versi sebelumnya dari Windows, memungkinkananda untuk mengubah screen saver dan menyesuaikanjumlah waktu bahwa sistem dalam keadaan idle sebelummengaktifkan screen saver. Sayangnya, sepertipendahulunya, Windows vista tidak menyediakanpengaturan untuk mengatur screen saver apapun kecualiFoto, yang tidak lagi mencakup fitur tema karena faktabahwa Windows Photo Gallery bukanlah bagian darisistem operasi.
    •  Taskbar and Start Menu Bila anda memilih Taskbar dan Start Menu dari dalam Penampilan dan Personalisasi Kategori, anda akan melihat Taskbar dan Start Menu Properties kotak dialog dengan tab Taskbar dipilih. Bersama dengan beberapa pilihan lama, anda akan menemukan host pilihan baru, seperti kemampuan untuk memilih lokasi Taskbar atau mengubah cara kerja tombol Taskbar. Ketika anda memilih tab Start Menu di Taskbar dan Start Menu Properties dialog box, anda dapat mengkonfigurasi baru dibuka apakah file atau program yang disimpan atau ditampilkan pada menu Start serta menyesuaikan menu Start. Ketika anda mengklik tombol Customize, anda akan menemukan kemudahan mencari Customize Start Menu dialog box. Namun, anda akan menemukan banyak pilihan baru termasuk kemampuan untuk memilih jumlah item baru untuk ditampilkan di Langsung Daftar. Folder Options Bila anda pilih Kategori Folder Options dari dalam Penampilan dan Personalisasi, anda akan melihat kotak dialog Folder Options dengan Jenderal, View dan Cari tab. Untuk sebagian besar, dengan setting pada tab ini adalah sama seperti mereka dalam versi sebelumnya sistem operasi Windows.
    •  Fonts Ketika anda mengakses jendela Font, anda akan melihat semua font yang terinstall pada sistem. Font dengan ikon pudar terinstal tapi tersembunyi dan tidak akan muncul dalam aplikasi yang memungkinkan anda untuk memilih font. Bila anda memilih font Pengaturan dari dalam jendela Font, anda akan dapat memilih apakah akan menampilkan dan menyembunyikan font didasarkan pada pengaturan bahasa anda. anda juga dapat memilih bagaimana anda ingin font yang akan diinstal pada komputer anda. Ketika anda klik Get More Huruf Informasi Online, anda akan meluncurkan browser dan anda akan dibawa ke Font untuk Windows halaman di situs Web Microsoft di mana anda akan menemukan segala macam informasi tentang font dan tipografi. Dan anda dapat memilih dan mendownload file font yang anda inginkan. Ketika anda mengklik Cari Karakter, anda akan mengakses Peta Karakter, yang pada dasarnya tidak berubah selama bertahun- tahun, sama saja seperti versi-versi sebelumnya. Yaitu untuk menampilkan karakter-karakter font pada sistem komputer anda, yang dapat dimunculkan pada program aplikasi Ms.office dan lain-lain.
    • CLOCK, LANGUAGE, AND REGION Ketika anda membuka Clock, Language, dan Daerah kategori dimana anda akan melihat bahwa ada dua seksi pada kategori ini. Penjelasannya sebagai berikut : Date and Time Bila anda memilih jendela Tanggal dan Waktu, anda akan melihat kotak dialog ini dengan Tanggal dan Waktu tab yang dipilih. Di sini anda dapat melihat tanggal yang dipilih saat ini, waktu dan zona waktu. Ketika anda memilih tanggal dan waktu Ubah tombol, anda akan melihat Tanggal dan Waktu Pengaturan kotak dialog dan dapat menggunakan kalender control untuk mengubah tanggal dan tombol spin control untuk mengubah waktu. Ketika anda memilih tombol Ubah zona waktu, anda akan melihat dialog Pengaturan Zona Waktu kotak dan dapat menggunakan daftar drop-down untuk memilih zona waktu serta mengatur Daylight Savings Time penyesuaian. Jika anda ingin menampilkan jam tambahan dari zona waktu yang lain dalam pop-up yang muncul di daerah pemberitahuan ketika anda membawa mouse pointer di atas waktu, anda dapat memilih dua jam dari dalam tab Jam Tambahan.
    •  Region and Language Bila anda memilih Region and Language, anda akan melihat kotak dialog ini dengan tab Format yang dipilih. Di sini anda dapat melihat bahasa yang dipilih saat ini serta format tanggal dan waktu. Dan format ini dapat dirubah. Ketika anda mengklik tombol pengaturan tambahan, anda akan melihat kotak dialog Format Customize dan dapat mengubah format regional dengan menggunakan kontrol pada Bilangan, Uang, Waktu, dan Tanggal tab. Pada tab Location, anda akan melihat dan dapat mengubah lokasi default, yang digunakan untuk menyediakan aplikasi dengan informasi tentang lokasi geografis komputer anda. Dari tab Keyboard dan Bahasa anda dapat mengubah bahasa input keyboard serta bahasa tampilan, yang digunakan untuk menampilkan teks dan mengenali pidato dan tulisan tangan. Ketika anda memilih Ubah tombol keyboard, anda akan melihat Input Teks Layanan dan kotak dialog Bahasa dan dapat menggunakan kontrol pada Umum, Bahasa bar, dan Advanced Key tab Pengaturan untuk mengubah bahasa yang dimasukkan dan menyesuaikan keyboard.
    • Ketika anda memilih Instal / uninstal berkas bahasatombol, anda akan melihat Menginstal atau menghapusbahasa tampilan jendela dan dapat menggunakankontrol untuk mengubah bahasa Windows menggunakanuntuk menampilkan teks dalam magic, kotak dialog,menu, dan item lainnya dalam antarmuka pengguna .Dari tab Administratif anda dapat melihat dan menyalinpengaturan internasional juga melihat dan mengubahsistem pengaturan lokal.Ketika anda mengklik tombol Pengaturan Copy, andaakan melihat layar Welcome dan pengaturan akun userbaru kotak dialog yang menampilkan pengaturanbahasa dan lokasi bagi pengguna saat ini dan akanmemungkinkan anda untuk menyalin pengaturan ini keaccount lain. Bila anda memilih pengaturan bahasadaerah dan untuk komputer anda, seperti bahasa ataumasukan default layout keyboard, anda dapatmenerapkan pengaturan tersebut ke rekening khusus diWindows disebut account reserved. Account reservedtermasuk account pengguna default dan account sistem.
    • Ketika anda mengklik tombol Ubah Sistem lokal, anda akanmelihat kotak dialog ini dan dapat menggunakan drop- down untuk memilih sistem yang berbeda pengaturan lokal. Sistem lokal menentukan default set karakter (huruf, simbol, dan angka) dan font yang digunakan untuk memasukkan dan menampilkan informasi dalam program-program yang tidak menggunakan Unicode. Hal ini memungkinkan program non- Unicode untuk berjalan pada komputer anda menggunakan bahasa tertentu. EASE OF ACCESS Ketika anda membuka kategori Kemudahan Akses anda akan melihat bahwa ada dua seksi pada kategori ini. Penjelasannya adalah sebagai berikut : Ease of Access Center Ketika anda memilih Kemudahan Access Center, anda akan menemukan sejumlah alat yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi sistem Windows vista untuk digunakan oleh seorang individu dengan visi, pendengaran, atau keterbatasan mobilitas. Akses Cepat Bagian memberi anda akses mudah ke alat-alat yang paling umum sementara pengaturan Jelajah semua bagian memberi anda lebih individual pengaturan konfigurasi.
    • Ketika anda mengklik Mulai Magnifier, anda akan segeramelihat jendela dan konfigurasi Magnifier kontrol kotak dialog,yang memungkinkan anda untuk memperbesar ataumemperkecil dan memilih pengaturan tampilan anda.Ketika anda mengklik icon pada konfigurasi sprocket kontrolkotak dialog, anda akan melihat kotak dialog Opsi Magnifier,yang memberikan anda kontrol lebih fine tuning.Mengklik tombol Pengaturan Suara memungkinkan anda untukmengkonfigurasi kecepatan volume, dan nada suara. Jika andamemiliki suara-suara tambahan terpasang, anda akan dapatmemilih mereka di sini juga.Ketika anda klik Start On-Screen Keyboard, anda akan segeramelihat keyboard yang berguna untuk mengetikkan sesuatusecara virtual.Ketika anda klik Set Up High Contrast, anda akan menemukanjendela layar komputer lebih mudah untuk melihat, yang selainmengubah pengaturan kontras, menyediakan banyak pilihanuntuk menyesuaikan layar.Jika anda tidak yakin tentang cara untuk melanjutkan, andadapat mengklik Dapatkan rekomendasi untuk membuatkomputer lebih mudah untuk menggunakan link danmenggunakan wizard untuk memandu anda melalui langkah-langkah mengkonfigurasi komputer untuk aksesibilitas.
    • Opsi pada Gunakan komputer tanpa jendela layar memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan untuk pengguna/user dengan keterbatasan penglihatan atau tuna netra (buta). Dan Opsi pada Gunakan komputer tanpa keyboard mouse atau jendela memungkinkan anda mengkonfigurasi perangkat input alternatif. Serta Opsi pada mouse dapat dibuat lebih mudah untuk menggunakan window memungkinkan anda untuk menyesuaikan pengaturan untuk menunjuk mouse dan perangkat lainnya. Speech Recognition Bila anda memilih Ucapan Pengakuan anda akan menemukan sejumlah alat yang dirancang untuk memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi bagaimana pengenalan suara bekerja pada sistem operasi Windows vista. Ketika anda memilih Buka Pidato Reference Card, anda akan mengakses Bantuan layar yang berisi daftar perintah yang umum digunakan serta informasi lainnya untuk membantu anda dengan fitur Speech Recognition. Text to Speech dari kotak dialog Properties Pidato menyediakan anda dengan beberapa pengaturan konfigurasi lanjutan untuk menyesuaikan text to speech.
    • 1. Angel .C2. Arrum .N.A.C3. Ayu Sekar Rini4. Dhika .F5. Gita Arifatunnisa6. Renita Yuniara7. M. Yasykur