Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Kurikulum MTs. N 3 Cibatu 2012 Berbasis Pendidikan Karakter
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Kurikulum MTs. N 3 Cibatu 2012 Berbasis Pendidikan Karakter

  • 10,136 views
Published

 

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
10,136
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
148
Comments
0
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 1 BAB I PENDAHULUAN A. Rasional Indonesia memerlukan sumber daya manusia dalam jumlah dan mutu yang memadai sebagai pendukung utama dalam pembangunan. Untuk memenuhi sumberdaya manusia tersebut, pendidikan memiliki peran yang sangat penting. Hal ini sesuai dengan UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, yang menyebutkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang terangkum dalam tujuannya. Tujuan Pendidikan nasional untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Hal tersebut berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan berinteraksi dengan masyarakat. Karakter merupakan nilai-nilai perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya, dan adat istiadat. Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga madrasah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Allah SWT, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi
  • 2. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 2 manusia insan kamil. Dalam pendidikan karakter di MTs. Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut, semua komponen (stakeholders) dilibatkan, termasuk pada isi kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan dalam pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Materi pembelajaran yang berkaitan dengan norma atau nilai-nilai pada setiap mata pelajaran dikembangkan, dieksplisitkan, dikaitkan dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan peserta didik sehari-hari di masyarakat. Terlepas dari berbagai kekurangan dalam praktik pendidikan di Indonesia, apabila dilihat dari standar nasional pendidikan, namun tetap saja menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum berbasis karakter. Tujuan pendidikan di MTs. Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut baru menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai, belum pada tingkatan internalisasi dan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Tahun pelajaran 2011/2012 melalui kurikulum berbasis pendidikan karakter berusaha semaksimal mungkin agar karakter siswa yang programkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter dikembangkan oleh MTs. Negeri 3 Cibatu mengacu pada Standar Isi (SI), Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) MTs., Standar Proses, Standar Penilaian dan Pedoman Manajemen Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan Nasional, Kewenangan MTs. menyusun kurikulum tersebut, memungkinkan madrasah menyesuaikan dengan tuntutan kebutuhan siswa, keadaan madrasah dan kondisi masyarakat.
  • 3. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 3 Dengan demikian, MTs. dan masyarakat lingkungan madrasah memiliki cukup kewenangan sebagai berikut : 1) Memetakan standar Kompetensi Lulusan/Kompetensi Dasar; 2) Merancang dan mengelola pembelajaran; 3) Merancang dan mengelola metode mengajar; 4) Merancang alat evalusi (soal tes Ulum) sekaligus pengolahan nilai hasil evaluasi Pengembangan Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu berbasis pendidikan karakter memfokuskan pada kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang berbasis karakter, serta dapat didemontrasikan peserta didik sebagai wujud hasil belajar. Oleh karena itu peserta didik perlu mengetahui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang akan dijadikan standard penilaian hasil belajar, sehingga mereka dapat mempersiapkan diri melalui penguasaan terhadap sejumlah kompetensi, sebagai persyaratan melanjutkan penguasaan komptetensi berikutnya. Pengembangan kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan peserta didik untuk : (1) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, (2) belajar untuk memahami dan menghayati, (3) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif, (4) belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, (5) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif, kreatif, efektif, inovatif dan menyenangkan. Komponen Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu berbasis pendidikan karakter terdiri dari : (1). Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan, (2). Program Peningkatan Mutu Pendidikan Bidang Kurikulum, (3). Struktur dan Muatan Kurikulum, (4). Kalender Pendidikan, (5). Silabus, (6). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
  • 4. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 4 B. Landasan Pengembangan Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu 1) Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. 2) Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen 3) Peraturan Pemerintah Nomor : 19 Tahun 2005 Tentang SNP 4) Peraturan Pemerintah Nomor : 74 Tahun 2008 Tentang Guru 5) Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 6) Permendiknas Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk satuan Pendidikan Dasar Menengah. 7) Permendiknas Nomor 6 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Permen Diknas Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 tentang SKL. 8) Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan 9) Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007, Tentang Standar Pengelolaan. 10) Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, Tentang Standar Proses 11) Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. 1) Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 12) Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan 13) Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007, Tentang Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru 14) BNSP, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 15) Penyusunan Program ini merupakan tindak lanjut dari : a. Rencana Strategis Departemen Agama Kantor Kab. Garut tahun 2011 s.d. 2015; b. Visi dan Misi MTs. Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah c. Grand Design Pendidikan Karakter, Kementerian Pendidikan Nasional tanggal 02 Mei 2010 d. Rapat Dinas Guru MTs. N 3 Cibatu dan Majlis Madrasah tanggal 02 Juni 2012.
  • 5. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 5 BAB II PROGRAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BIDANG KURIKULUM MTs. NEGERI 3 CIBATU KECAMATAN KERSAMANAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 A. Visi MTs. Negeri 3 Cibatu Visi Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut dirumuskan sebagai berikut : Terwujudnya MTs. "CERDIK" di Tahun 2015. Cerdik bermakna ganda, makna kata dan makna akronim. Cerdik artinya lekas mengerti dan pandai mencari akal. Secara semantik makna cerdik dalam visi ini adalah cepat tanggap dan bijaksana. Dengan kata lain MTs. Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut mampu menangkap setiap perubahan secara bijaksana. Cerdik tersirat dalam akronim sebagai berikut : Makna Akronim Kata Kunci Pengertian C Cendikia Cerdas, Intelektual, Kompetensi Belajar Mewujudkan pembelajaran yang mengembangkan kecerdasan dan intelektual, sehingga dapat meraih prestasi dan memiliki kompetensi dalam memecahkan masalah secara logis, kritis, dan intelek. E Estetis Akhlak Mulia, Moralitas Mengembangkan kepribadian dan akhlak mulia dalam upaya menciptakan kehidu pan yang harmonis baik dilingkungan internal madrasah maupun dilingkungan eksternal (dengan masyarakat luas).
  • 6. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 6 Makna Akronim Kata Kunci Pengertian R Religius Keimanan, Ketaqwaan, Bernuansa Islami Menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan madrasah sehingga dapat mewujudkan lingkungan yang bernuansa islami. D Dedikasi Pengabdian, Profesionalisme Mewujudkan sikap pengabdian, patriotisme, dan profesionalisme sehingga setiap personal memiliki sifat kepemimpinan yang kredibel dan akuntabel. I Inovatif Evaluasi, Perbaikan, Pembaharuan Melakukan sifat yang selalu melakukan evaluasi diri terhadap kinerja setiap personal dan fasilitas madrasah untuk perbaikan dan pembaharuan. K Kreatif Aktif Berkarya, Terampil Berkarya Mewujudkan sikap aktif dan terampil berkarya melalui sarana dan prasarana yang relevan dengan orientasi pada konsep pendidikan yang berbasis lokal dan global. B. Misi Madrasah 1) Meningkatkan prestasi siswa baik akademik maupun non-akademik 2) Meningkatkan kualitas moral setiap warga madrasah menuju kehidupan yang harmonis baik internal maupun eksternal 3) Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan setiap warga madrasah melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai islam dalam kehidupan madrasah. 4) Meningkatkan kompetensi guru dan karyawan 5) Meningkatkan kualitas sitem evaluasi secara holistik dan akuntabilitas madrasah
  • 7. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 7 6) Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana madrasah sebagai fasilitas untuk berkarya. C. Tujuan Madrasah Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di madrasah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang, sesuai standar kompetensi lulusan. Melalui pendidikan karakter diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Pendidikan karakter pada tingkatan institusi mengarah pada pembentukan budaya madrasah, yaitu nilai-nilai yang melandasi perilaku, tradisi, kebiasaan keseharian, dan simbol-simbol yang dipraktikkan oleh semua warga madrasah dan masyarakat sekitar sebagai berikut : 1) Meningkatnya prestasi siswa baik akademik maupun non-akademik. 2) Meningkatnya kualitas moral setiap warga madrasah menuju kehidupan yang harmonis baik internal maupun eksternal 3) Meningkatnya keimanan dan ketaqwaan setiap warga madrasah melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai islam dalam kehidupan madrasah. 4) Meningkatnya kompetensi guru dan karyawan 5) Meningkatnya kualitas sitem evaluasi secara holistik dan akuntabilitas madrasah. 6) Meningkatnya kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana madrasah .
  • 8. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 8 D. Nilai-nilai Karakter Berdasarkan kajian nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan/hukum, etika akademik, dan prinsip-prinsip HAM, telah teridentifikasi butir-butir nilai yang dikelompokkan menjadi lima nilai utama, yaitu nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan serta kebangsaan. Berikut adalah daftar nilai-nilai karakter : 1) Nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan a. Religius artinya pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya. 2) Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri a. Jujur yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain b. Bertanggung jawab yaitu Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan YME. c. Bergaya hidup sehat yaitu Segala upaya untuk menerapkan kebiasaan yang baik dalam menciptakan hidup yang sehat dan menghindarkan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan. d. Disiplin yaitu Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
  • 9. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 9 e. Kerja keras yaitu perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan guna menyelesaikan tugas (belajar/pekerjaan) dengan sebaik-baiknya. f. Percaya diri yaitu Sikap yakin akan kemampuan diri sendiri terhadap pemenuhan tercapainya setiap keinginan dan harapannya. g. Berjiwa wirausaha yaitu sikap dan perilaku yang mandiri dan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. h. Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif yaitu berpikir dan melakukan sesuatu secara kenyataan atau logika untuk menghasilkan cara atau hasil baru dan termutakhir dari apa yang telah dimiliki. i. Mandiri yaitu sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas. j. Ingin tahu yaitu sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar. k. cinta ilmu, Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap pengetahuan. 3) Nilai karakter dalam hubungannya dengan sesama a. Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain yaitu sikap tahu dan mengerti serta melaksanakan apa yang menjadi milik/hak diri sendiri dan orang lain serta tugas/kewajiban diri sendiri serta orang lain. b. Patuh pada aturan-aturan sosial yaitu sikap menurut dan taat terhadap aturan-aturan berkenaan dengan masyarakat dan kepentingan umum.
  • 10. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 10 c. Menghargai karya dan prestasi orang lain yaitu sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain. d. Santun yaitu sifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang. e. Demokratis yaitu cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. 4) Nilai karakter dalam hubungannya dengan lingkungan a. Peduli sosial dan lingkungan yaitu sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi dan selalu ingin memberi bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan. 5) Nilai kebangsaan yaitu cara berpikir, bertindak, dan wawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya. a. Nasionalis yaitu cara berfikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya. b. Menghargai keberagaman yaitu sikap memberikan respek/ hormat terhadap berbagai macam hal baik yang berbentuk fisik, sifat, adat, budaya, suku, dan agama.
  • 11. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 11 E. Garis – Garis Besar Program Peningkatan Mutu Madrasah Bidang Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu NO SASARAN INDIKATOR CARA PENCAPAIAN BENTUK KEGIATAN OUTPUT OUTCOMES KEBIJAKAN PROGRAM 1.1 Meningkatnya hasil belajar siswa Prestasi hasil belajar siswa meningkat Stakeholders puas Meningkatkan hasil belajar siswa meningkat Peningkatan prestasi hasil beajar siswa 1. Bimbel siswa 2. Evaluasi akurat 3. Remidial dan pengayaan 4. Cerdas Cermat 5. Bimbel UN Kls. 9 6. Try Out UN 1.2 Tersedianya buku paket mata pelajaran Tersedianya buku paket mata pelajaran Stakeholders puas Meningkatkan prestasi akademik siswa Pengadaan buku paket mata pelajaran Pengadaan buku paket mata pelajaran 1.3 Berkembangnya Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Kurikulum yang relevan Perkembangan kompetensi siswa sesuai kebutuhan Mengembangkan kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Mengembangkan kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu 1. Workshop pengembangan dokumen 1 KTSP 2. Workshop pemetaan SI dan SKL 3. Workshop pengembangan Silabus, RPP, KKM dan Analisis SK/SD serta Alalisis butir Soal. 1.4 Meningkatnya peran bimbingan dan penyuluhan Peran BP meningkat Kesulitan belajar siswa teratasi Meningkatkan peran BP Peningkatan kualitas PBM 1. Bimbingan belajar 2. Bimbingan Personal dan kelompok
  • 12. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 12 NO SASARAN INDIKATOR CARA PENCAPAIAN BENTUK KEGIATAN OUTPUT OUTCOMES KEBIJAKAN PROGRAM 1.5 Optimalisasi kegi- atan Ekskul untuk mengembangkan bakat & minat siswa Bakat dan minat siswa berkembang Orang tua dan siswa merasa puas Mengoptimalkan kegiatan ekstrakurikuler Optimalisasi kegiatan ekstrakurikuler Optimalisasi kegiatan : 1. M3ECC (MTs. N 3 Cibatu English Conversation Club) 2. Halaqah Al-lughah Al- ‘arabiyah 3. PMR 4. Pramuka 5. Qiro’at 6. Degung/Marawis 7. Padsu/Qasidah 8. Seni tari daerah 9. Bola Volly 10. Futsal 11. Basket 12. Drumband 2.1 Meningkatnya kualitas moral guru dan karyawan Kualitas guru dan karyawan meningkat Kehidupan organisasi harmonis Meningkatkan kualitas moral guru dan karyawan Meningkatkan kualitas moral guru dan karyawan 1. Pembiasaan akhlak mulia dalam kehidupan masrasah (5S = senyum, salam, sapa, sopan, santun) 2. Pelaksanaan Tata Tertib guru dan karyawan. 3. Kunjungan antar guru dan karyawan.
  • 13. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 13 NO SASARAN INDIKATOR CARA PENCAPAIAN BENTUK KEGIATAN OUTPUT OUTCOMES KEBIJAKAN PROGRAM 2.2 Terbinanya karakter siswa melalui pembinaan budaya daerah. Karakter siswa terbina Budaya daerah dapat dilestarikan Membina karakter siswa melalui budaya daerah Pembinaan karakter siswa melalui budaya daerah 1. Latihan Padsu 2. Kasidahan /karawitan 3. Seni Tari daerah 4. Degung 5. Upacara adat 6. Pidato Bahasa Sunda 3.1 Meningkakan wawasan keislaman warga MTs. Wawasan keislaman meningkat Keimanan menjadi mantap Meningkatkan wawasan keislaman Peningkatan wawasan keislmanan 1. Pengajian rutin 2. Sanlat 3. PHBI 3.2 Meningkatkan aplikasi nilai-nilai keislaman Aplikasi nilai-nilai keislaman Kehidupan bernuansa islami Meningkatkan aplikasi nilai-nilai islam Peningkatan aplikasi nilai-nilai Islam 1. Shalat berjamaah 2. Tadarus Al-qur’an 3. Penataan ruangan kls bernuansa islami 4.1 Meningkatnya kualifikasi akademik guru dan karyawan Kualifikasi akademik guru dan karyawan meningkat Guru dan karyawan lebih profesional Meningkatkan kualifikasi akademik guru dan karyawan Peningkatan kualifikasi akademik guru dan karyawan 1. Memberikan motivasi guru dan karyawan yang belum memnuhi kualifikasi akademik 2. Memberikan kesem- patan belajar bagi gu ru dan karyawan yg melanjutkan pendidikan 4.2 Meningkatnya kompetensi psedagogik guru Paedagogik guru meningkat PBM menjadi lancar Meningkatkan kompetensi paedagogik guru Meningkatkan kompetensi paedagogik guru 1. Pelatihan 2. Seminar 3. Lesson Study
  • 14. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 14 NO SASARAN INDIKATOR CARA PENCAPAIAN BENTUK KEGIATAN OUTPUT OUTCOMES KEBIJAKAN PROGRAM 4.3 Meningkatnya profesional psedagogik guru Profesional guru meningkat PBM lebih efektif Meningkatkan kompetensi profesionalisme guru Meningkatkan kompetensi profesionalisme guru 1. Simulasi PBM 2. MGMP 3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 4.4 Meningkatnya kompetensi kepribadian dan sosial guru dan karyawan Kompetensi kepribadian dan sosial guru dan karyawan meningkat Kepribadian dan sosial guru dan karyawan lebih stabil dan mantap Meningkatkan kompetensi kepribadian dan sosial guru dan karyawan Peningkatan kompetensi kepribadian dan sosial guru dan karyawan 1. Peningkatan guru dan karyawan Tenaga Administratif 2. Pengiriman pelatihan ESQ 3. Pengajian rutin bulanan 5.1 Meningkatnya kualifikasi evaluasi hasil belajar siswa Kualitas evaluasi meningkat Kompetensi siswa terukur Meningkatkan kualifikasi evaluasi hasil belajar siswa Peningkatan kualifikasi evaluasi hasil belajar siswa Melaksanakan Evaluasi : 1. Harian 2. Tengah semester 3. Akhir semester 4. UN/US/UAMBN 5. LHBS 6.1 Meningkatnya sarana dan prasarana pendidikan Jumlah sanpras pendidikan meningkat Setiap kegiatan lancar Meningkatkan sanpras pendidikan Peningkatan sanpras pendidikan Pengadaan : 1. Buku tek mapel. 2. ATK PBM 3. Alat kesenian 4. Alat olah raga 5. Bahan praktek lab. IPA
  • 15. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 15 F. Jadwal Kegiatan Bidang Kurikulum NO SASARAN BENTUK KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER JANUARI PEBRUARI MARET APRIL MEI JUNI 1.1 Meningkatnya hasil belajar siswa  Bimbel siswa              Evaluasi akurat              Remidial dan pengayaan              Cerdas Cermat              Bimbel UN Kls. 9              Try Out UN             1.2 Tersedianya buku paket mapel Pengadaan buku paket mapel             1.3 Berkembangnya Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu  Workshop pengembangan dokumen 1 KTSP              Workshop pemetaan SI dan SKL              Workshop pengembangan Silabus, RPP, KKM dan Analisis SK/SD serta Alalisis butir Soal.             1.4 Meningkatnya peran bimbingan dan penyuluhan  Bimbingan belajar              Bimbingan Personal dan kelompok             1.5 Optimalisasi kegiatan Ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat siswa Optimalisasi kegiatan :              M3ECC (MTs. N 3 Cibatu English Conversation Club)              Halaqah Al-lughah Al-‘arabiyah              PMR              Pramuka              Qiro’at            
  • 16. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 16 NO SASARAN BENTUK KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER JANUARI PEBRUARI MARET APRIL MEI JUNI  Qaridah dan Marawis              Degung              Paduan Suara              Seni tari daerah              Bola Volly              Futsal              Basket              Drumband             2.1 Meningkatnya kualitas moral guru dan karyawan  Pembiasaan akhlak mulia dalam kehidupan masrasah (5S = senyum, salam, sapa, sopan, santun              Pelaksanaan Tata Tertib guru dan karyawan              Kunjungan antar guru dan karyawan             2.2 Terbinanya karakter siswa melalui pembinaan budaya daerah  Latihan Padsu              Kasidahan /karawitan              Seni Tari daerah              Degung              Upacara adat              Pidato Bahasa Sunda             3.1 Meningkakan wawasan keislaman warga MTs. Melaksanakna kegiatan :            
  • 17. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 17 NO SASARAN BENTUK KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER JANUARI PEBRUARI MARET APRIL MEI JUNI  Pengajian rutin              Sanlat              PHBI             3.2 Meningkatkan aplikasi nilai-nilai keislaman  Shalat berjamaah              Tadarus Al-qur’an              Penataan ruangan kelas bernuansa islami             4.1 Meningkatnya kualifikasi akademik guru dan karyawan  Memberikan motivasi guru dan karyawan yang belum memnuhi kualifikasi akademik              Memberikan kesempatan belajar bagi guru dan karyawan yang melanjutkan pendidikan             4.2 Meningkatnya kompetensi psedagogik guru  Pelatihan              Seminar              Lesson Study             4.3 Meningkatnya profesional psedagogik guru  Simulasi PBM              MGMP              Penelitian Tindakan Kelas (PTK)             4.4 Meningkatnya kompetensi kepribadian dan sosial guru dan karyawan  Peningkatan guru dan karyawan Tenaga Administratif              Pengiriman pelatihan ESQ              Pengajian rutin bulanan            
  • 18. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 [ 18 NO SASARAN BENTUK KEGIATAN WAKTU PELAKSANAAN JULI AGUSTUS SEPTEMBER OKTOBER NOPEMBER DESEMBER JANUARI PEBRUARI MARET APRIL MEI JUNI 5.1 Meningkatnya kualifikasi evaluasi hasil belajar siswa  Melaksanakan kegiatan :              Evaluasi harian              Evaluasi tengah semester              Evaluasi akhir semester              UN/US/UAMBN              LHBS             6.1 Meningkatnya sarana dan prasarana pendidikan  Pengadaan :              Buku tek mapelajaran              ATK PBM              Alat kesenian              Alat olah raga              Bahan praktek lab. IPA            
  • 19. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 19 BAB III STRUKTUR MUATAN KURIKULUM MTs. NEGERI 3 CIBATU KECAMATAN KERSAMANAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013 A. Kerangka Dasar Kurikulum Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dan tujuan pendidikan. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu terdiri atas : (1) kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; (2) kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; (3) kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; (4) kelompok mata pelajaran estetika; (5) kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. Setiap kelompok mata pelajaran tersebut dilaksanakan secara holistik, sehingga pembelajaran masing-masing kelompok mempengaruhi pemahaman dan penghayatan peserta didik, dan semua kelompok mata pelajaran sama pentingnya dalam menentukan kelulusan. Ruang lingkup kelompok mata pelajaran di atas adalah sebagai berikut : KELOMPOK MATA PELAJARAN RUANG LINGKUP 1. Pendidikan Agama Islam Kelompok mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Qur'an Hadist, Aqidah Akhlaq, Fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab) dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  • 20. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 20 KELOMPOK MATA PELAJARAN RUANG LINGKUP serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama. 2. Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia. Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme. 3. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada MTs. Negeri 3 Cibatu dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.
  • 21. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 21 KELOMPOK MATA PELAJARAN RUANG LINGKUP 4. Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis. 5. Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada MTs. Negeri 3 Cibatu dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat. B. Struktur Kurikulum 1. Mata Pelajaran Penyusunan struktur kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga tahun mulai Kelas VII sampai dengan Kelas IX. Struktur kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran yang telah ditetapkan BSNP dengan ketentuan sebagai berikut :
  • 22. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 22 1) Substansi mata pelajaran IPA dan IPS adalah Terpadu 2) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur kurikulum. muatan lokal Bahasa Sunda dan BTQ masing-masing dialokasikan 2 jam pelajaran 3) Alokasi waktu satu jam pembelajaran adalah 40 menit. 4) Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 34-41 minggu. Tabel Struktur Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Tahun Pelajaran 2012/2013 KOMPONEN KELAS DAN ALOKASI WAKTU VII VIII IX A. Mata Pelajaran 1. Pendidikan Agama : a. Qur'an Hadits 2 2 2 b. Fiqih 2 2 2 c. Aqidah Akhlaq 2 2 2 d. Sejarah Kebudayaan Islam 2 2 2 e. Bahasa Arab 3 3 3 2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2 3. Bahasa Indonesia 4 4 4 4. Bahasa Inggris 4 4 4 5. Matematika 4 4 4 6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4 7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4 8. Seni Budaya/Keterampilan 2 2 2 9. Pendidikan Jasmani 2 2 2 10. Tehnikom 2 2 2 B. 11. Muatan Lokal : a. Bahasa Sunda 2 2 2 b. Baca Tulis Qur'an 2 2 2 C. 12. Pengembangan Diri/Pembiasaan 2*) 2*) 2*) J U M L A H 43 43 43 *) Ekivalen 2 jam pelajaran
  • 23. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 23 2. Distribusi Butir-butir Karakter Utama ke Dalam Mata Pelajaran Pada Bagian I disebutkan bahwa ada banyak nilai yang perlu ditanamkan pada siswa. Apabila semua nilai tersebut harus ditanamkan dengan intensitas yang sama pada semua mata pelajaran, penanaman nilai menjadi sangat berat. Oleh karena itu perlu dipilih sejumlah nilai utama sebagai pangkal tolak bagi penanaman nilai- nilai lainnya. Selain itu, untuk membantu fokus penanaman nilai-nilai utama tersebut, nilai-nilai tersebut perlu dipilah-pilah atau dikelompokkan untuk kemudian diintegrasikan pada mata pelajaran-mata pelajaran yang paling cocok. Dengan kata lain, tidak setiap mata pelajaran diberi integrasi semua butir nilai tetapi beberapa nilai utama saja walaupun tidak berarti bahwa nilai-nilai yang lain tersebut tidak diperkenankan diintegrasikan ke dalam mata pelajaran tersebut. Dengan demikian setiap mata pelajaran memfokuskan pada penanaman nilai-nilai utama tertentu yang paling dekat dengan karakteristik mata pelajaran yang bersangkutan seperti pada tabel di bawah ini, menyajikan distribusi nilai-nilai utama ke dalam mata pelajaran. Tabel Distribusi Nilai-Nilai Utama ke Dalam Mata Pelajaran Mata Pelajaran Nilai Utama 1. PAI Religius, jujur, santun, disiplin, bertanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan social, bergaya hidup sehat, sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, peduli 2. PKn Nasionalis, patuh pada aturan sosial, demokratis, jujur, menghargai keragaman, sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
  • 24. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 24 Mata Pelajaran Nilai Utama 3. Bah. Indonesia Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, percaya diri, bertanggung jawab, ingin tahu, santun, nasionalis 4. IPS Nasionalis, menghargai keberagaman, Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, peduli social dan lingkungan, berjiwa wirausaha, jujur, kerja keras 5. MIPA ingin tahu, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, jujur, bergaya hidup sehat, percaya diri, menghargai keberagaman, disiplin, mandiri, bertanggung jawab, peduli lingkungan, cinta ilmu 6. Bah. Inggris Menghargai keberagaman, santun, percaya diri, mandiri, bekerjasama, patuh pada aturan sosial 7. Seni Budaya Menghargai keberagaman, nasionalis, dan menghargai karya orang lain, ingin tahu, jujur, disiplin, demokratis 8. Penjasorkes Bergaya hidup sehat, kerja keras, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, menghargai karya dan prestasi orang lain 9. TIK Berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif, mandiri, bertanggung jawab, dan menghargai karya orang lain 10. Muatan Lokal Menghargai keberagaman, menghargai karya orang lain, nasionalis, peduli
  • 25. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 25 3. Muatan Lokal Substansi muatan lokal ditentukan oleh MTs. Negeri 3 Cibatu, bentuk kegiatannya kurikuler yang bertujuan untuk mengembangkan ciri khas madrasah dan kompetensi yang disesuaikan potensi lingkungan madrasah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya dikelompokkan ke dalam mata pelajaran. Bahasa Sunda termasuk muatan lokal keunggulah daerah yang wajib di adopsi oleh madrasah. Penyusunan dan pengembangan SK dan KD Bahasa Sunda berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Bahasa Sunda dari Provinsi Jawa Barat. Untuk mengembangkan ciri khas madrasah menetapkan muatan lokal Baca Tulis Qur'an (BTQ) dimana Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar disusun berdasarkan hasil musyawarah sekolah dengan Komite Sekolah. Kurikulum Baca Tulis Qur’an (BTQ) MTs. Negeri 3 Cibatu merupakan bagian dari kokurikuler atau kurikulum muatan lokal, Penyusunannya diadopsi dari Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 khususnya Standar Kompetensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Selanjutnya dikembangkan dengan pendekatan sebagai berikut : 1) Menitik beratkan target kompetensi dari pada penguasaan materi. 2) Mengakomodasi keragaman kebutuhan dan dan sumber daya pendidikan yang tersedia di madrasah. 3) Disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi kondisi lingkungan madrasah. Kurikulum BTQ pada Standar Kompetensi terbagi menjadi standar kompetensi yang menyangkut teori dan standar kompetensi yang menyangkut praktek. Sasarannya peserta didik dapat benar-benar menguasai dan menerapkan Al-
  • 26. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 26 qur’an dalam kehidupan sehari-hari (terinternalisasinya teori dan praktek dalam diri peserta didik). Kurikulum ini diharapkan dapat membantu guru sebagai pelaksana pendidikan karena dilengkapi dengan Standar kompetensi, dan Kompetensi Dasar sebagai acuan untuk mengembangkan perencanaan proses pembelajaran dan evaluasi proses pembelajaran sesuai kebutuhan madrasah. Nilai karakter yang diharapkan dari muatan lokal BTQ adalah sebagai berikut : 1) Religius artinya pikiran, perkataan, dan tindakan seseorang yang diupayakan selalu berdasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan dan/atau ajaran agamanya. 2) Jujur yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan, baik terhadap diri dan pihak lain 3) Bertanggung jawab yaitu Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagaimana yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara dan Allah SWT. 4) Cinta Al-qur’an, cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap Al-qur’an. 5) Sadar akan hak dan kewajiban sebagai muslim yaitu paseh membaca Al-qur’an. 6) Santun yaitu sifat yang halus dan baik dari sudut pandang tata bahasa maupun tata perilakunya ke semua orang. Secara fungsional pelajaran BTQ memiliki fungsi sebagai berikut: 1) Pengajaran, yaitu penyampaian ilmu pengetahuan yang merupakan informasi cara membaca Al-qur’an dengan baik dan benar.
  • 27. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 27 2) Sumber nilai, pengajaran BTQ dapat melandasi nilai sikap, nilai keyakinan dan akhlak untuk terbentuknya insan yang utuh dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat kelak. 3) Sumber motivasi, memberikan dorongan dan semangat yang kuat dalam beramal dan lebih meyakini akan makna perbuatan yang dilakukannya 4) pengembangan, yaitu pengembangan daya pikir dan nalar peserta didik melalui proses pendidikannya (membaca, menghafal Al-Qur’an dan Hadits, sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut daya nalar dan kemampuan sesuai dengan tingkat perkembangannya. 5) Perbaikan, yaitu dapat memberikan kesadaran dan kecerdasan dalam memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam keyakinan, pemahaman dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. 6) Pencegahan, yaitu dapat memberikan kekuatan dan kemantapan diri dalam mencegah segala hal yang datang dari berbagai sisi kehidupannya yang dapat membahayakan dan menghambat peserta didik dalam perkembangannya menuju keimanan dan ketaqwaan 7) Pembiasaan, yaitu pemahaman ilmu pengetahuan, penanaman dan pengembangan nilai-nilai Al-Qur’an dalam konteks lingkungan fisik dan sosial. 4. Pengembangan Diri Program pengembangan diri di MTs. Negeri 3 Cibatu berpedoman pada Program Layanan Bimbingan dan Konseling yang mencakup bidang pribadi, social, belajar, dan karir sekaligus berorientasi pada tugas-tugas perkembangan siswa MTs. Negeri 3 Cibatu.
  • 28. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 28 Nilai karakter pengembangan diri yang ditanamkan terhadap peserta didik di MTs. Negeri 3 Cibatu secara garis besar adalah sebagai berikut : 1) Meyakini, memahami, dan mengamalkan ajaran agama yang dianut dalam kehidupan. 2) Memahami dan menjalankan hak serta kewajiban untuk belajar dan mempersiapkan karir, sera memamfaatkan dan memelihara lingkungan secara bertanggung jawab. 3) Berpikir logis, kritis, kreatif, inovatif, memecahkan masalah, serta berkomunikasi melalui berbagai media. 4) Menyenangi dan menghargai seni. 5) Menjalankan pola hidup pribadi dan sosial yang bersih, bugar, dan sehat. 6) Berpartisipasi dalam kehidupan sebagai cerminan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa dan tanah air Adapun Kompetensinya adalah sebagai berikut : 1) Memiliki keterampilan mengalihkan agresivitas 2) Memiliki keterampilan mengelola stress 3) Memiliki keterampilan merencanakan Jika kita kaji lebih dalam tentang kompetensi yang diharapkan di MTs. N 3 Cibatu, Visi dan Misi Bimbingan dan Konseling, Kompetensi Tugas-tugas perkembangan Siswa dan Kompetensi yang dikembangkan melalui Program Pengembangan Diri, maka kesemuanya memiliki muara yang sama yaitu : “Membina para siswa sebagai peserta didik yang harus senantiasa menyadari perannya sebagai makhluk individu, makhluk social, dan sebagai makhluk
  • 29. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 29 ciptaan Tuhan dengan kata lain sama-sama mengembangkan siswa agar menjadi manusia yang akhlakul karimah.” Pada prinsipnya, peserta didik dalam tugas perkembangannya akan berhasil apabila mampu menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki sikap positif dan dinamis terhadap keadaan perkembangan fisik dan psikisnya, memiliki sikap mandiri secara emosional dan social ekonomi, memiliki pola hubungan social yang baik di dalam keluarga, sekolah dan di masyarakat, memiliki prestasi belajar yang baik serta dapat merencanakan dan mengembangkan karirnya. 5. Pengaturan Beban Belajar Beban belajar disajikan sistem paket, di mana system ini mewajibkan peserta didik mengikuti seluruh program pembelajaran dan beban belajar yang sudah ditetapkan untuk setiap kelas sesuai dengan struktur kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu yang telah ditetapkan. Bentuk satuan waktu untuk mengikuti program pembelajaran dilaksanakan dengan cara tatap muka, penugasan terstruktur, dan kegiatan mandiri tidak terstruktur. Kegiatan tersebut dirancang oleh guru dan dilaksanakan oleh peserta didik, untuk tatap muka dilaksanakan di kelas sesuai jam pelajaran, dan kegiatan penugasan terstruktur maupun kegiatan mandiri tidak terstruktur dapat dilaksanakan di kelas, di luar kelas maupun di rumah, dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi mata pelajaran peserta didik. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan 40 menit per jam mata pelajaran. Selanjutnya MTs. Negeri 3 Cibatu menambah untuk pelajaran Muatan lokal 2 jam pelajaran yaitu untuk pelajaran Baca Tulis Qur'an (BTQ) ditambah 2 jam pelajaran Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan
  • 30. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 30 peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain dan dianggap penting (mulok pilihan), dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi. Alokasi waktu untuk penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur dalam sistem paket untuk MTs. Negeri 3 Cibatu adalah 0% - 50% dari waktu kegiatan tatap muka mata pelajaran yang bersangkutan. Pemanfaatan alokasi waktu tersebut mempertimbangkan potensi dan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi. Beban belajar kegiatan tatap muka keseluruhan di MTs. Negeri 3 Cibatu sebagaimana tertera pada Tabel berikut : Tabel Beban Belajar Kegiatan Tatap Muka di MTs. Negeri 3 Cibatu KELAS 1 JAM TTM (MENIT) JUMLAH JAM TTM PERMINGGU MINGGU EFEKTIF 1 TAHUN JAM EFEKTIF BELAJAR 1 TAHUN VII - IX 401 43 41 401 x 43 x 41 = 705201 Penugasan terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kompetnsi mata pelajaran siswa, dapat berupa pendalaman materi pembelajaran atau bentuk penugasan /Pekerjaan rumah untuk peserta didik yang dirancang oleh pendidik untuk mencapai standar kompetensi. Waktu penyelesaian penugasan terstruktur dapat dilaksanakan di sekolah, di luar sekolah atau di rumah, misalnya : (1) Kegiatan Pendalaman Materi (PM), (2) Mengerjakan Pekerjaan Rumah, (3) Dan lain-lain Kegiatan mandiri tidak terstruktur adalah kegiatan pembelajaran yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan pendalaman materi pembelajaran peserta didik, dirancang oleh pendidik dan dilaksanakan oleh peserta didik, untuk mencapai
  • 31. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 31 standar kompetensi. Waktu penyelesaiannya dapat di sekolah, di luar sekolah atau di rumah atau diatur sendiri oleh peserta didik, misalnya : (1) Melakukan tugas penelitian / observasi, (2) Membuat kliping, (3) Mengumpulkan foto kopi materi pembelajaran, (4) Dan lain-lain. 6. Ketuntasan Belajar Ketuntasan belajar setiap indikator, kompetensi dasar, maupun mata pelajaran yang telah ditetapkan dalam standar isi berkisar antara 0 - 100%. Kriteria ideal ketuntasan untuk masing- masing mata pelajaran adalah 75%. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di susun dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intek siswa). kompleksitas kompetensi, sarana pendukung dalam penyelenggaraan pembelajaran. Selanjutnya Kepala MTs. Negeri 3 Cibatu Kecamatan Kersamanah Kabupaten Garut, menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal yang disusun oleh guru mata pelajaran/kelompok mata pelajaran tertentu sebagaimana di simpulkan dalam tabel di bawah ini, Tabel Standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Tahun Pelajaran 2012/2013 NO MATA PELAJARAN KKM KELAS VII VIII IX 1. Qur'an Hadist 70 72 75 2. Aqidah Akhlaq 72 75 78 3. F i q i h 72 75 78 4. Sejarah Kebudayaan Islam 70 72 75 5. Bahasa Arab 70 72 75 6. Pendidikan Kewarganegaraan 70 72 75 7. Bahasa dan Sastra Indonesia 72 74 75 8. Bahasa Inggris 70 72 75 9. Matematika 70 72 75 10. Ilmu Pengetahuan Alam 70 72 75
  • 32. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 32 NO MATA PELAJARAN KKM KELAS VII VIII IX 11. Ilmu Pengetahuan Sosial 70 72 75 12. Seni Budaya/Keterampilan 72 74 75 13. Pendidikan Jasmani 75 76 78 14. T I K 70 72 75 15. Bahasa Sunda 74 75 78 16. B T Q 75 76 78 7. Kriteria Kenaikan Kelas dan Kelulusan Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun, Siswa dinyatakan naik kelas apabila yang bersangkutan telah mencapai criteria ketuntasan minimal pada semua indicator hasil belajar, Kompetensi Dasar (KD), Standar Kompetensi (SK) pada semua mata pelajaran. Siswa dinyatakan harus mengulang dikelas yang sama bila : 1) Memperoleh nilai kurang dari katagori baik sikap beragama pada kelompok mata pelajaran Agama Islam; 2) Pada semester genap, Jika peserta didik tidak menuntaskan SK dan KD lebih dari 3 mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran sampai pada ahir batas tahun ajaran; 3) Pada semester genap, Jika peserta didik tidak memenuhi kahadiran 85 %. 4) Jika karena alasan yang kuat, misalnya karena gangguan kesehatan fisik (sakit selama 1 semester), emosi atau mental sehingga tidak mungkin berhasil dibantu mencapai kompetensi yang ditargetkan; 5) Ketika mengulang dikelas yang sama, nilai siswa untuk semua Indicator, KD, dan SK yang ketuntasan belajar minimumnya sudah dicapai, minimal sama dengan yang dicapai pada tahun sebelumnya.
  • 33. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 33 6) Mata pelajaran yang belum tuntas pada semester ganjil diharuskan untuk melakukan remedial sehingga mencapai KKM yang ditetapkan. Adapun Kriteria Kelulusan di MTs. Negeri 3 Cibatu, jika yang bersangkutan : 1) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran sesuai dengan Permendiknas nomor 23 tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). 2) Memiliki nilai dengan kategori minimal baik pada mata pelajaran agama, 3) Lulus ujian sekolah dan ujian nasional; 8. Pendidikan Kecakapan Hidup (LIFE SKILL) Pendidikan kecakapan hidup yang diterapkan di MTs. Negeri 3 Cibatu merupakan bagian integral dari pembelajaran pada setiap mata pelajaran. Dengan demikian materi kecakapan hidup akan diperoleh peserta didik melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari dari setiap mata pelajaran. Pendidikan kecakapan tersebut meliputi kecakapan pribadi, kecakapan sosial, kecakapan akademik dan/atau kecakapan vokasional, dapat dirinci sebagai berikut : 1) Kecakapan personal, yang terdiri dari kesadaran diri, meliputi : sadar sebagai makhluk Tuhan, kesadaran akan eksistensi diri dan kesadaran akan potensi diri; 2) Kecakapan berpikir rasional : menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, memecahkan masalah. 3) Kecakapan sosial : bekerjasama, berkomunikasi lisan dan tertulis Materi atau bahan ajar yang mengandung kecakapan personal, kecaka pan sosial dan kecakapan akademik terintegrasi dalam mata pelajaran. sedangkan yang mengandung kecakapan vokasional terdapat pada jenis mata pelajaran keterampilan atau muatan lokal. Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup di MTs. Negeri 3 Cibatu terintegrasi dalam setiap mata pelajaran, yaitu :
  • 34. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 34 1) Pada mata pelajaran bahasa Indonesia , siswa dapat mengarang, berpuisi atau berprosa yang nantinya siswa dapat menjadi wartawan atau sastrawan yang profesional. 2) Pada pelajaran matematika, siswa mampu menghitung berbagai bentuk kegiatan usaha, baik dalam keuangan, menghitung besarnya modal usaha, keuntungan dan besarnya penjualan barang, dan lain-lain. 3) Pada mata pelajaran Bahasa Inggris, siwa mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dengan baik, apalagi pada masa era globalisasi mendatang Bentuk kecakapan hidup yang terintegrasi pada mata pelajaran ke muatan lokal, seperti pada mata pelajaran : Teknologi Integrasi dan Komunikasi (TIK), Keterampilan menulis indah (Kaligrafi), Keterampilan Baca Tulis Al-qur'an dan Pembiasaan. Pada mata pelajaran TIK, siswa memiliki keterampilan dan mampu mengoperasikan komputer dan jaringan internet dan pada masa mendatang. Sehingga siswa memiliki kemampuan dan bekal untuk hidup dan kehidupan mendatang. Pada mata pelajaran baca tulis Al-qur'an, dan Hafidz Qur'an dalam pembiasaan, diharapkan siswa dapat hidup bermasyarakat; 9. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global adalah pendidikan yang memanfaatkan keunggulan lokal dan kebutuhan daya saing global dalam aspek ekonomi, budaya, bahasa, teknologi informasi dan komunikasi, ekologi, dan lain-lain, yang semuanya bermanfaat bagi pengembangan kompetensi peserta didik. Pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu terintegrasi dalam kegiatan ekstrakurikuler seperti dalam jadwal berikut ini :
  • 35. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 35 JADWAL KEGIATAN ESTRAKURIKULER TAHUN PELAJARAN 2012/2013 NO NAMA KEGIATAN H A R I SN SL RB KM JM SB 1. M 3 ECC (English Conversation Club)       2. Qiroat       3. Paduan Suara       4. Marawis       5. Drum Band       6. Volley Ball       7. Futsal       8. Basket       9. Pramuka       10. PMR       11. Paskibra       10.Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Standar Kompetensi Lulusan adalah kompetentesi minimal yang harus dikuasai peserta didik, setelah mereka lulus dari satuan pendidikan Adapun Standar Kompetensi Lulusan mata pelajaran di MTs. Negeri 3 Cibatu, berpedoman pada Permendiknas Nomor : 23 tentang Standar Kompetensi Lulusan Mata untuk Pelajaran umum, sedangkan untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berpedoman Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah Departemen Agama RI sebagai berikut : 1. Pendidikan Agama Islam : a. Qur'an Hadits  Mampu menerapkan kaidah ilmu tajwij dalam bacaan Al-Qur'an;  Mampu memahami ayat-ayat Al-Qur'an tentang akhlaq terhadap ibu bapak dan sesame manusia, dan memahami hadits tentang perintah taqwa dan berbuat baik terhadap sesame manusia;
  • 36. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 36  Mampu memahami sejarah turunnya Al-qur'an, memahami ayat-ayat Al- qur'an tentang persatuan dan persaudaraan, memahami arti hadits dan meyakini kebenaran serta istiqomah;  Mampu memahami ayat-ayat Al-qur'an tentang syaitan sebagai musuh manusia, berlaku dermawan, dan memahami hadits-hadits tentang cinta kepada Allah dan Rasul;  Mampu memahami ayat-ayat Al-qur'an tentang semangat keilmuan, tentang makanan yang halal dan baik, dan memahami hadits-hadits tentang perintah menuntut ilmu dan keutamaan orang yang berilmu;  Mampu memahami ayat-ayat Al-qur'an tentang sabar dan tabah menghadapi cobaan, tentang bersikap konsekuen dan jujur, serta memahami hadist-hadist tentang ta'at kepada Allah, Rasul dan Pemerintah. b. Aqidah - Akhlaq  Meyakini sifat-sifat wajib dan mustahil Allah yang nafsiyah dan salbiyah, berakhlaq terpuji kepada Allah dan menghidari aklhlaq tercela kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari;  Meyakini kitab-kitab Allah yang diturunkan kepda para Nabi dan Rasul serta mempedomani dan mengamalkan Al-qur'an dalam kehidupan sehari-hari;  Meyakini dan mengamlakan sifat-sifat wajib dan mustahil Allah yang ma'ani/ma'nawiyah serta sifat jaiz bagi Allah, berakhlaq terpuji kepada diri sendiri, menghindari akhlaq tercela kepada diri sendiri, serta meneladani perilaku kehidupan Rasul/Sahabat/Ulama dalam kehidupan sehari-hari;  Meyakini Nabi dan Rasul Allah serta sifat-sifat dan mu'jizatnya dan meneladini akhlaq Nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari;
  • 37. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 37  Meyakini adanya hari akhir dan alam ghoib dalam kehidupan sehari-hari , berakhlaq terpuji dan menghindari akhlaq tercela terhadap lingkungan sosial/sesame manusia dalam masyarakat;  Berakhlaq terpuji terhadap lingkungan flora dan fauna serta menghindari akhlaq tercela terhadap lingkungan flora dan fauna serta meneladani akhlaq para Rasul/sahabat atau ulul amri dalam kehidupan sehari-hari. c. Fiqih  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang tata cara thaharah, pelaksanaan shalat (shalat wajib, jama'ah, jama', qashar, darurat, jenazah, shalat sunnah) serta mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari;  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang sujud, dzikir dan do'a, puasa, zakat, haji dan umrah, makanan minuman yang halal dan haram, qurban dan aqiqah, serta mampu mengamalkannya;  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang muamalah, muamalah selain jual beli, kewajiban terhadap sesame (orang sakit, jenazah dan ziarah kubur), tata pergaulan remaja, jinayat, hudud dan sanksi hukumnya, kewajiban mematuhi undang-undang Negara dan syari'at Islam, kewajiban mengelola lingkungan untuk kesejahteraan sosial. d. Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang sejarah pembentukan dinasti Umayah,
  • 38. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 38 biografi dan kebijakan Khalifah-khalifah dinasti Umayah (Muawiyah bin Abu Sofyan, Abdul Malik bin Marwan, Walid bin Abdul Malik, Umar bin Abdul Aziz dan Hisyam bin Abdul Malik), kemajuan dinasti Umayah (bidang politik dan militer);  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang dinasti Umayah bidang (ilmu agama Islam) dan mengkaji sebab-sebab keruntuhannya, sejarah terbentuknya dinasti Abbasiyah, geografi dan kebijakan Khalifah-khalifah Abbasiyah yang terkenal (Abu Ja'far al Mansur, Harun Al-Rasyid dan Abdulah Al-Makmur), kemajuan dinasti Abbasiyah (bidang sosial budaya, politik dan militer).  Kemampuan membiasakan untuk mencari, menyerap, menyampaikan dan menggunakan informasi tentang kemajuan-kemajuan dinasti Abbasiyah (bidang ilmu pengetahuan dan bidang agama Islam), dan mengkaji sebab- sebab keutuhannya serta kemajuan-kemajuan dinasti Al-Ayubiyah. e. Bahasa Arab  Berkomunikasi lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Arab serta pola kalimat yang tepat sesuai dengan kontek dan wacana internasional dan atau monolog yang informative, naratif dan deskriftif;  Kosa kata yang perlu dikuasai secara kumulatif berjumlah 700 kata dan ungkapan/idiom, dengan rincian 100 kata pada masing-masing semester kelas VII, 250 kosa kata pada masing-masing kelas VIII dan kelas IX. 2. Kewarganegaraan  Memahami dan menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
  • 39. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 39  Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia sesuai dengan suasana kebatinan konstitusi pertama  Menghargai perbedaan dan kemerdekaan dalam mengemukakan pendapat dengan bertanggung jawab  Menampilkan perilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945  Menunjukkan sikap positif terhadap pelaksanaan kehidupan demokrasi dan kedaulatan rakyat  Menjelaskan makna otonomi daerah, dan hubungan antara pemerintahan pusat dan daerah  Menunjukkan sikap kritis dan apresiatif terhadap dampak globalisasi  Memahami prestasi diri untuk berprestasi sesuai dengan keindividuannya 3. Bahasa Indonesia  Mendengarkan Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara, pelaporan, penyampaian berita radio/TV, dialog interaktif, pidato, khotbah/ceramah, dan pembacaan berbagai karya sastra berbentuk dongeng, puisi, drama, novel remaja, syair, kutipan, dan sinopsis novel  Berbicara Menggunakan wacana lisan untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, pengalaman, pendapat, dan komentar dalam kegiatan wawancara, presentasi laporan, diskusi, protokoler, dan pidato, serta dalam berbagai karya sastra berbentuk cerita pendek, novel remaja, puisi, dan drama
  • 40. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 40  Membaca Menggunakan berbagai jenis membaca untuk memahami berbagai bentuk wacana tulis, dan berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerita pendek, drama, novel remaja, antologi puisi, novel dari berbagai angkatan  Menulis Melakukan berbagai kegiatan menulis untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk buku harian, surat pribadi, pesan singkat, laporan, surat dinas, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan, poster, iklan baris, resensi, karangan, karya ilmiah sederhana, pidato, surat pembaca, dan berbagai karya sastra berbentuk pantun, dongeng, puisi, drama, puisi, dan cerpen 4. Bahasa Inggris  Mendengarkan Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari  Berbicara Mengungkapkan makna secara lisan dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari  Membaca Memahami makna dalam wacana tertulis interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative,
  • 41. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 41 procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari  Menulis Mengungkapkan makna secara tertulis dalam wacana interpersonal dan transaksional sederhana, secara formal maupun informal, dalam bentuk recount, narrative, procedure, descriptive, dan report, dalam konteks kehidupan sehari-hari 5. Matematika  Memahami konsep bilangan real, operasi hitung dan sifat-sifatnya (komutatif, asosiatif, distributif), barisan bilangan sederhana (barisan aritmetika dan sifat- sifatnya), serta penggunaannya dalam pemecahan masalah  Memahami konsep aljabar meliputi: bentuk aljabar dan unsur-unsurnya, persamaan dan pertidaksamaan linear serta penyelesaiannya, himpunan dan operasinya, relasi, fungsi dan grafiknya, sistem persamaan linear dan penyelesaiannya, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah  Memahami bangun-bangun geometri, unsur-unsur dan sifat-sifatnya, ukuran dan pengukurannya, meliputi: hubungan antar garis, sudut (melukis sudut dan membagi sudut), segitiga (termasuk melukis segitiga) dan segi empat, teorema Pythagoras, lingkaran (garis singgung sekutu, lingkaran luar dan lingkaran dalam segitiga dan melukisnya), kubus, balok, prisma, limas dan jaring- jaringnya, kesebangunan dan kongruensi, tabung, kerucut, bola, serta menggunakannya dalam pemecahan masalah  Memahami konsep data, pengumpulan dan penyajian data (dengan tabel, gambar, diagram, grafik), rentangan data, rerata hitung, modus dan median, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah
  • 42. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 42  Memahami konsep ruang sampel dan peluang kejadian, serta memanfaatkan dalam pemecahan masalah  Memiliki sikap menghargai matematika dan kegunaannya dalam kehidupan  Memiliki kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta mempunyai kemampuan bekerja sama 6. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)  Melakukan pengamatan dengan peralatan yang sesuai, melaksanakan percobaan sesuai prosedur, mencatat hasil pengamatan dan pengukuran dalam tabel dan grafik yang sesuai, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikannya secara lisan dan tertulis sesuai dengan bukti yang diperoleh  Memahami keanekaragaman hayati, klasifikasi keragamannya berdasarkan ciri, cara-cara pelestariannya, serta saling ketergantungan antar makhluk hidup di dalam ekosistem  Memahami sistem organ pada manusia dan kelangsungan makhluk hidup  Memahami konsep partikel materi, berbagai bentuk, sifat dan wujud zat, perubahan, dan kegunaannya  Memahami konsep gaya, usaha, energi, getaran, gelombang, optik, listrik, magnet dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari  Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya 7. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)  Mendeskripsikan keanekaragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan  Memahami proses interaksi dan sosialisasi dalam pembentukan kepribadian
  • 43. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 43 manusia  Membuat sketsa dan peta wilayah serta menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan  Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di geosfer dan dampaknya terhadap kehidupan  Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan sejak Pra-Aksara, Hindu Budha, sampai masa Kolonial Eropa  Mengidentifikasikan upaya penanggulangan permasalahan kependudukan dan lingkungan hidup dalam pembangunan berkelanjutan  Memahami proses kebangkitan nasional, usaha persiapan kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia  Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya dan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan, serta mengidentifikasi berbagai penyakit sosial sebagai akibat penyimpangan sosial dalam masyarakat, dan upaya pencegahannya  Mengidentifikasi region-region di permukaan bumi berkenaan dengan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera, keterkaitan unsur-unsur geografi dan penduduk, serta ciri-ciri negara maju dan berkembang  Mendeskripsikan perkembangan lembaga internasional, kerja sama internasional dan peran Indonesia dalam kerja sama dan perdagangan internasional, serta dampaknya terhadap perekonomian Indonesia  Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi serta mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi
  • 44. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 44 dalam memenuhi kebutuhannya  Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi berupa kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan 8. Seni Budaya a. Seni Rupa  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar bentuk obyek tiga dimensi yang ada di daerah setempat  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa terapan melalui gambar/ lukis, karya seni grafis dan kriya tekstil batik daerah Nusantara  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni rupa murni yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara dan mancanegara. b. Seni Musik  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu daerah setempat secara perseorangan dan berkelompok.  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu tradisional nusantara secara perseorangan dan kelompok  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik lagu mancanegara secara perseorangan dan kelompok c. Seni Tari  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari daerah setempat  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari Nusantara
  • 45. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 45  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni tari tunggal dan berpasangan/kelompok terhadap keunikan seni tari mancanegara d. Seni Teater  Mengapresiasi dan bereksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater terhadap keunikan dan pesan moral seni teater Nusantara  Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni teater tradisional, modern dan kreatif terhadap keunikan dan pesan moral seni teater daerah setempat, Nusantara dan mancanegara 9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan  Mempraktekkan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan, olahraga serta atletik dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya  Mempraktekkan senam lantai dan irama dengan alat dan tanpa alat  Mempraktekkan teknik renang dengan gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung  Mempraktekkan teknik kebugaran dengan jenis latihan beban menggunakan alat sederhana  Mempraktekkan kegiatan-kegiatan di luar kelas seperti melakukan perkemahan, penjelajahan alam sekitar dan piknik  Memahami budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari seperti perawatan tubuh serta lingkungan, mengenal berbagai penyakit dan cara pencegahannya serta menjauhi narkoba
  • 46. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 46 10. Teknologi Informasi dan Komunikasi  Memahami penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, dan prospeknya di masa datang  Menguasai dasar-dasar ketrampilan komputer  Menggunakan perangkat pengolah kata dan pengolah angka untuk menghasilkan dokumen sederhana  Memahami prinsip dasar internet/intranet dan menggunakannya untuk memperoleh informasi 11.Kalender Pendidikan Kalender pendidikan MTs. Negeri 3 Cibatu adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup hari pertama masuk, minggu efektif, waktu efektif belajar dan hari libur yang diatur sebagai berikut : NO KEGIATAN ALOKASI WAKTU KETERANGAN 1. Minggu efektif belajar 41 minggu Digunakan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan ketentuan KTSP MTs. Negeri 3 Cibatu 2. Jeda tengah semester 1 minggu Satu minggu setiap semester 3. Jeda antar semester 2 minggu Antara semester 1 dan 2 4. Libur ahir tahun pelajaran 2 minggu Digunakan untuk penyiapan kegiatan dan administrasi akhir dan awal tahun pelajaran 5. Hari libur keagamaan 3 minggu Libur yang diadakan untuk memperingati peristiwa keagamaan sesuai ketentuan yang ditetapkan oleh Menteri Agama. 6. Hari libur umum / nasional 1 minggu Libur yang diadakan untuk memperingati peristiwa nasional disesuaikan dengan peraturan pemerintah.
  • 47. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 47 KALENDER PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 MTs. NEGERI 3 CIBATU KECAMATAN KERSAMANAH Semester 1 Tahun 2012 JULI AGUSTUS Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 4 5 6 7 1 2 3 4 5 6 8 9 10 11 12 13 14 7 8 9 10 11 12 13 15 16 17 18 19 20 21 14 15 16 17 18 19 20 22 23 24 25 26 27 28 21 22 23 24 25 26 27 29 30 31 28 29 30 31 HK : 31 16 = Masuk Sekolah Sm. 1 HK : 31 1 - 2 = Libur awal Ramdhan HL : 21 10 – 14 = MOS HL : 17 22 - 31 = Libur Idul Fitri HE : 10 20 – 24 = Libur awal Ramadhan HE : 14 17 = Hari kemerdekaan RI SEPTEMBER OKTOBER Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 1 4 5 6 7 8 9 10 2 3 4 5 6 7 8 11 12 13 14 15 16 17 9 10 11 12 13 14 15 18 19 20 21 22 23 24 16 17 18 19 20 21 22 25 26 27 28 29 30 23 24 25 26 27 28 29 30 31 HK : 30 1 - 10 Sep = Libur Idul Fitri HK : 31 10 - 15 = Perkiraan UTS HL : 10 HL : 5 HE : 20 HE : 26 NOPEMBER DESEMBER Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 4 5 1 2 3 6 7 8 9 10 11 12 4 5 6 7 8 9 10 13 14 15 16 17 18 19 11 12 13 14 15 16 17 20 21 22 23 24 25 26 18 19 20 21 22 23 24 27 28 29 30 25 26 27 28 29 30 31 HK : 30 HK : 31 12 - 17 Des = Perkiraan UAS HL : 4 HL : 11 24 Des = Pembagian Rapor HE : 26 HE : 20 26 - 31 Des = Libur Smt. 1
  • 48. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 48 Semester 2 Tahun 2013 JANUARI PEBRUARI Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 4 5 6 7 1 2 3 4 8 9 10 11 12 13 14 5 6 7 8 9 10 11 15 16 17 18 19 20 21 12 13 14 15 16 17 18 22 23 24 25 26 27 28 19 20 21 22 23 24 25 29 30 31 26 27 28 29 HK : 31 09 Januari = Masuk Sekolah 2012 HK : 29 HL : 11 HL : 6 HE : 20 HE : 23 M A R E T APRIL Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 1 2 3 4 5 6 7 4 5 6 7 8 9 10 8 9 10 11 12 13 14 11 12 13 14 15 16 17 15 16 17 18 19 20 21 18 19 20 21 22 23 24 22 23 24 25 26 27 28 25 26 27 28 29 30 31 29 30 HK : 31 14 - 22 Maret = Perkiraan UAM MTs HK : 30 02 - 07 April = Perkiraan UTS HL : 12 HL : 5 25 - 28 April = Perkiraan UN MTs HE : 19 HE : 25 M E I J U N I Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb 1 2 3 4 5 1 2 6 7 8 9 10 11 12 3 4 5 6 7 8 9 13 14 15 16 17 18 19 10 11 12 13 14 15 16 20 21 22 23 24 25 26 17 18 19 20 21 22 23 27 28 29 30 31 24 25 26 27 28 29 30 HK : 31 HK : 30 11 - 16 Juni = Perkiraan UKK HL : 5 HL : 5 21 Juni = Pelepasan Kls 9 HE : 26 HE : 25 30 Juni Pembagian rapor
  • 49. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 49 BAB IV P E N U T U P A. Kesimpulan Berdasarkan uraian sebelumnya maka kami simpulkan sebagai berikut : 1) Proses penyusunan dan cakupan isi Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu dikembangkan berdasarkan Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan oleh BNSP dan model-model pembelajaran atau program yang dihasilkan oleh Direktorat Depdiknas, Departemen Agama (khusus mata pelajaran ciri khas madrasah) dan Pusat Kurikulum. 2) Landasan hukum penyusunan Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu adalah Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 dan Nomor 23 Tahun 2006. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 3) Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu dijadikan pedoman untuk segala kegiatan, baik kegiatan kurikuler maupun kegiatan ekstrakurikuler dalam kurun waktu jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Sekaligus sebagai kendali atas segala jenis kegiatan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Cibatu, agar kegiatan berjalan dengan teratur, terarah, sistimatis, berdaya guna dan berhasil guna, baik yang menyangkut administrasi maupun edukatif. 4) Visi MTs. Negeri 3 Cibatu adalah Terwujudnya MTs. “C E R D I K” di tahun 2015.
  • 50. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 50 5) Misi MTs. Negeri 3 Cibatu merupakan aspirasi yang akan dijadikan elemen fundamental dalam melaksanakan kegiatan untuk mewujudkan MTs. Negeri 3 Cibatu "Cerdik", sehingga proses kegiatan madrasah jelas dan kosisten. 6) Struktur kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu meliputi 5 kelompok yaitu : kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi, kelompok mata pelajaran estetika, kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan. 7) Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan 40 menit per jam mata pelajaran baik pada semeter ganjil maupun genap . Selanjutnya MTs. Negeri 3 Cibatu menambah untuk pelajaran Muatan lokal 2 jam pelajaran yaitu untuk pelajaran Baca Tulis Qur'an (BTQ) dan Hafidz Qur'an (Pembiasaan) masing- masing 2 jam pelajaran Pemanfaatan jam pembelajaran tambahan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik dalam mencapai kompetensi, di samping dimanfaatkan untuk mata pelajaran lain dan dianggap penting (mulok pilihan), dan tidak terdapat di dalam struktur kurikulum yang tercantum di dalam Standar Isi. 8) Bentuk Bentuk kecakapan hidup yang terintegrasi pada mata pelajaran ke muatan lokal, seperti pada mata pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Keterampilan menulis indah (Kaligrafi), Keterampilan Baca Tulis Al-qur'an dan Pembiasaan. Pada mata pelajaran TIK, siswa memiliki keterampilan dan mampu mengoperasikan komputer dan jaringan internet dan pada masa mendatang. Sehingga siswa memiliki kemampuan dan bekal untuk hidup dan kehidupan mendatang.
  • 51. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 51 9) Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal MTs. Negeri 3 Cibatu adalah Bola Volly, Tenis Meja, Karawitan Sunda, Qiro'at, Hafidz Qur'an, dan Pidato. Sedangkan pendidikan berbasis keunggulan global menyelenggarakan kegiatan English Club. B. Saran-saran 1) Untuk para guru dan Warga Madrasah a. Dalam upaya meningkatkan kinerja , guru dan warga sekolah lainnya perlu memahami berbagai informasi tentang kurikulum, tugas pokok dan fungsinya, serta mengikuti dan melaksanakan perkembagan ilmu pengetahuan. b. Sesuai dengan perkembangan kurikulum yang berlaku saat ini,maka guru dan warga sekolah harus memahami dan beradaptasi serta melaksanakan Kurikulum Tingkat MTs. Negeri 3 Cibatu secara konsekwen dan bertanggung jawab, serta berusaha menjalankan tugas pokok dan fungsi (TUPOKSI) kita sesuai porsi masing-masing dan berpegang pada KBK (Kinerja Berbasis Keikhlasan) 2) Saran untuk kepala Madrasah : a. Ada baiknya memberikan kesempatan dan bimbingan kepada guru untuk menjalankan fungsi dan kewajibannya terutama dalam menyusun kisi-kisi dan soal UAS, sehingga pada akhirnya guru akan terpanggil untuk menganalisis soal. b. Menerapkan Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu secara konsekwen, memfasilitasinya dan mempertanggung jawabkannya (akuntabel) Semoga Allah akan memberi kekuatan, petunjuk dan hidayahnya serta limpahan rahmat serta kemudahan dalam melaksanakan tugas ini, Amin ya rabbal’alamin.
  • 52. Kurikulum MTs. Negeri 3 Cibatu Berbasis Pendidikan Karakter 2012 52 DAFTAR PUSTAKA BNSP, Panduan Penyusunan KTSP Jenjang pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta, 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin PNS. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 Tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008, Tentang Standar Pembiayaan Pendidikan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Standar Isi. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006, Tentang SKL. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, Tentang Standar Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru. Peraturan Pemerintah Nomor : 74 Tahun 2008 Tentang Guru Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007, Tentang Standar Pengelolaan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007, Tentang Standar Penilaian. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007, Tentang Standar Sarana dan Prasarana. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007, Tentang Standar Proses. Peraturan Menteri Agama RI Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 39 Tahun 2009 Tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. Kementerian Pendidikan Nasional 02 Mei 2010 Tentang Pedoman Pendidikan Berkarakter