Your SlideShare is downloading. ×
Pp tik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Pp tik

2,016

Published on

waya ppt

waya ppt

Published in: Education, Business, Technology
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
2,016
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
95
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. POWER POINT TUGAS TIK
    “INTERNET”
  • 2. Nama Kelompok :
    NOVITA DYAH K. (23)
    WAYA PIYADISI (38)
  • 3. Internet(interconnectionnetworking) : jaringan komputer yang menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga terbentuk ruang maya jaringan komputer dimana antara satu komputer dengan komputer lain dapat saling berhubungan.
    FASILITAS DAN LAYANAN INTERNET
  • 4. Manfaat penggunaan internet :
    Media dalam mendapatkan informasi
    Media untuk melakukan promosi
    Media komunikasi interaktif
    Media pembantu kegiatan bisnis,pendidikan,atau perdagangan online
  • 5. * Fasilitas dan layanan internet :
    1. Mailling list : fasilitas yang digunakan oleh sekelompok orang pengguna sbg sarana menukar informasi lewat e-mail.
    2. E-mail : fasilitas untuk menerima atau mengirim pesan dalam bentuk surat elektronik.
    3. IRC (internet relay chat) : fasilitas untuk berkomunikasi secara interaktif antar pengguna komputer yang saling terhubung dalam jaringan internet.
  • 6. 4. FTP (file transfer protocol) : fasilitas yang digunakan untuk bertukar,menyalin,dan mendapatkan file,data yang tersimpan dalam internet.
    5. VOIP (voice over internet protocol) : fasilitas untuk melakukan pembicaraan telephon melalui jaringan internet.
    6. Newsgroup : fasilitas untuk mendistribusikan artikel,berita,atau surat ke pemakai internet lain yg tergabung dalam kelompok tertentu.
  • 7. 7. Ghoper : fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protokol ghoper.
    8. Telnet : fasilitas untuk mengakses remote komputer yang berada di tempat lain.
    9. HTTP (hyper text transfer protocol) : fasilitas berbasis www.
  • 8. PERANGKAT KERAS PENGAKSES INTERNET
    KOMPUTER
    Adalah suatu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk mengakses internet. Adapun spesifikasi minimal sebuah komputer dalam akses internet :
    * Processor : otak dari komputer untuk menjalankan aplikasi dalam komputer. Processor minimal yg digunakan adalah pentium III 500 MHz.
    * RAM (random access memory) : berfungsi sbg media penyimpanan sementara. Spesifikasi minimal untuk mengakses internet adalah 64 MB.
  • 9. * Hardisk : berfungsi sbg media penyimpan data secara magnetik. Spesifikasi minimal yg digunakan adalah 20 GB.
    * VGA Card : perangkat keras untuk menampilkan gambar pd layar monitor. Spesifikasi minimal 4 MB.
    * Monitor : perangkat output untuk menampilkan proses kerja dari komputer.
  • 10. 2. MODEM (modulator demodulator)
    Digunakan untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem terbagi menjadi :
    * AM (amplitude modulation) : rangkaian elektronik yang mengubah amplitudo gelombang pembawa sesuai amplitudo sinyal informasi.
    * FM (frequency modulation) : rangkaian elektronik yang mengubah frekuensi gelombang pembawa sesuai perubahan frekuensi sinyal informasi.
  • 11. * PM (pulse modulation) dapat dibedakan menjadi :
    - PAM (pulse amplitude modulation)
    - PPM (pulse position modulation)
    - PWM (pulse width modulation)
    - Digital modulation
  • 12. Beberapa jenis modem berdasarkan kegunaanya :
    Modem dial up
    Adalah modem yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon.
    * modem internal : modem yang dapat langsung dipasang ke slot komputer.Rata-rata kecepatan modem 56Kbps. Keuntungan modem ini adalah lebih hemat tempat, harga ekonomis, dan tidak membutuhkan adaptor.
  • 13. Sedangkan kelemahannya adalah sulit untuk memantau status modem,dan modem ini membutuhkan daya dari power supply yang mengakibatkan suhu kotak CPU bertambah panas.
    *)modem eksternal :
    modem yang letaknya di luar CPU. Modem ini dihubungkan pd komputer dgn USB. Keuntungan modem ini adalah portabilitas yg cukup baik, dan dilengkapi dengan lampu indikator. Sedangkan kelemahannya adalah harga lebih mahal, dan membutuhkan tempat tersendiri untuk penaruhan modem ini.
  • 14. b) Modem kabel
    Adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatan modem kabel maksimum 27 Mbps downstream dan 2,5 Mbps upstream. Agar modem ini dapat terkoneksi, maka pengguna diharuskan mendaftar kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP.
    c) Modem 3G
    Adalah modem yang digunakan untuk mengakses internet menggunakan kabel selular. Karakter dari modem ini :
  • 15. - diperlukan perangkat lunak tambahan untuk menggunakan modem ini pd komputer.
    - kecepatan akses internet yg dapat diperoleh sangat bergantung pd lokasi tower seluler.
    - untuk lokasi tower dekat (100-200m) user mungkin akan memperoleh akses internet 1-2 Mbps, dan untuk lokasi yang lebih jauh lagi userpun akan memperoleh kecepatan lebih pelan.
  • 16. d) Modem ADSL
    Adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Cirikhas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda.
    Kelebihan dari modem ADSL : adanya pembagian frekuensi tinggi dan rendah, frekuensi tinggi untuk browsing internet dan yang rendah untuk saluran telepon biasa.
    Kelemahan modem ADSL : dipengaruhi oleh jarak pada kecepatan pengiriman data, tidak semua software dapat menggunakan modem ini.
  • 17. e)Modem Wi-Fi
    Adalah modem yg secara internal dapat langsung dipakai di ruangan yg telah tersedia hotspot. Kecepatan akses internet menggunakan Wi-Fi cukup cepat dgn kecepatan minimal 1 Mbps – 54 Mbps.
  • 18. 3. SALURAN TELEPON, TV KABEL, ISDN, SATELIT, HANDPHONE
    Saluran telepon : perangkat keras yg penting dan diperlukan untuk menghubungkan komputer dengan internet, seperti penggunaan saluran telepon dengan modem dial up.
    TV kabel : perangkat keras untuk mengakses internet dengan menggunakan modem kabel.
    ISDN : suatu sistem telekomunukasi dimana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan.
  • 19. d) Satelit : satelit yg digunakan adalah VSAT,adalah stasiun penerima sinyal dr satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dgn diameter 3m.
    e) Handphone : protokol yang digunakan disebut WAP (wirless application protocol), selain WAP dikembangkan pula teknologi GPRS (general packet radio service).
  • 20. Router
    Adalah sebuah perangkat khusus yang digunakan untuk keperluan routing dan penyimpanan paket di jaringan komputer seperti internet. Router berfungsi sbg penghubung antara dua jaringan atau lebih untuk meneruskan data ke jaringan lain, atau dapat berfungsi untuk mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan diantara dua buah protokol, mengatur pesan diantara dua buah protokol,mengatur pesan diantara topologi jaringan bus dan star, dan mengatur pesan yg melewati media trasmisi kabel.
    * PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET DALAM JARINGAN
  • 21. Repeater
    Adalah sebuah stasiun yang menerima sinyal pada suatu frekuensi dan memancarulangkannya kembali pada frekuensi yang lain secara otomatis pada saat yang sama.
    Konektor RJ-11 dan RJ-45
    Konektor RJ-11 adalah standart konektor yang digunakan pada pasangan 2-4 kabel telepon. Sedangkan konektor RJ-45 adalah kabel ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun yang lain. Ada dua macam konektor RJ-45 yang konfigurasinya dapat disesuaikan perangkat yang ingin dihubungkan yaitu straight through configuration,dan cross over configuration.
  • 22. Ethernet Card
    Adalah sebuah hardware komputer yang memungkinkan komputer untuk berkomunikasi melalui jaringan komputer. Topologi yang digunakan adalah topologi bus.
    Kegunaan ethernet card yaitu, dapat memberikan akses fisik ke media komunikasi jaringan komputer, menyediakan mekanisme komunikasi di lapisan bawah melalui alamat MAC, dan merupakan salah satu kunci dalam membangun LAN.
  • 23. Sedangkan bila ingn menambahkan ethernet card yaitu dengan, terintegrasi, melalui sambungan PCL slot, atau melalui sambungan ISA slot.
    Bridge
    Merupakan perangkat untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protokol sejenis. Bridge berguna untuk mengirimkan paket-paket data sehingga memiliki kemampuan lebih baik dibanding dengan hub atau switching.
  • 24. Jaringan Lokal
    Atau yang sering disebut dengan LAN adalah sebuah jaringan komputer yang melingkupi sebuah wilayah kecil seperti rumah,kantor,atau bangunan lain. LAN memiliki perbedaan dengan WAN antara lain, kecepatan LAN lebih tinggi, wilayah yang dicakup lebih kecil, dan tidak membutuhkan sarana komunikasi dari operator telekomunikasi.
    Hub/Swich
    Adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel network dari tiap workstation,server,atau perangkat lain. Ciri-ciri hub antara lain, biasanya terdiri dari 8,12,24 prot RJ-45, digunakan pada topologi bintang, biasanya dijual dengan aplikasi khusus, dan biasanya dipasang pada rak khusus.

×