Sejarah Perkembangan bahasa melayu sebagai bahasa indonesia

30,017 views
29,592 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
30,017
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
11
Actions
Shares
0
Downloads
219
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Sejarah Perkembangan bahasa melayu sebagai bahasa indonesia

  1. 1. Enie Rusmalina (292008174)Putri Wahyu H. (292008202)Agustina S.W. (292008204)Dwi Kurnia A. (292008501)Abdul Wahab (292008503)
  2. 2. 1. KETERANGAN BERDASARKAN ILMU BAHASA LINGUISTIK Kata Melayu berasal dari kata “Malaya” , dari kata Himalaya yang berarti tempat salju. Kata Malaya dan Melayu sering dikacaukan dengan kata “mlaya” yang berarti pergi kemana-mana atau mengembara, dan kata “mlayu” yang berarti orang yang mengungsi. Jadi orang-orang melayu setelah pindah ke selat Malaka dan mendarat di salah satu tempat di pulau Sumatra, kemudian menyebar dan menempati salah satu dataran tinggi di pulau itu.
  3. 3. Pengertian Lingua Franca “Lingua Franca” yakni bahasa yang digunakan sebagai alat komunikasi umum di Nusantara atau sebagai bahasa persatuan dan bahasa penghubung. Istilah “Lingua Franca” sebenarnya berasal dari nama yang diberikan kepada bahasa Prancis, yang pernah menjadi bahasa umum di Eropa pada abad pertengahan. Dalam bahasa latin, “Lingua Franca” adalah bahasa Prancis.
  4. 4. a. Bahasa Melayu bersifat sederhana. Bahasa melayu berkembang dengan cepat, hal ini disebabkan karena bahasa melayu termasuk bahasa yang mudah. Bahasa yang mudah berarti bahasa yang dengan cepat dapat dipelajari.b. Bahasa Melayu mengalami perkembangan Bahasa- Melayu kuno .- Melayu Klasik.- Bahasa Indonesia.
  5. 5. c. Bahasa Melayu berkerabatdengan Bahasa Nusantaralainnya. Puncak dan pernyataan bahwa Bahasa Melayu dijadikan sebagai bahasa persatuan bangsa adalah diikrarkannya sumpah pemuda di Jakarta, yang dicetuskan oleh para pemuda dari berbagai penjuru nusantara, pada saat itulah lahir Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nusantara.
  6. 6. 2. PERKEMBANGAN LINGUAFRANCA Menurut Prof .Dr. Slamet Mulyana, ada 4 faktor yang menjadi sebab diangkatnya Bahasa Melayu menjadi bahasa persatuan, yaitu :1. Sejarah telah membantu penyebaran bahasa melayu.2. Bahasa melayu mempunyai sistem yang sederhana ditinjau dari segi fonologi, morfologi, dan sintaksis.3. Faktor psikologi, yaitu bahwa suku bangsa jawa dan sunda telah suka rela menerima bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.4. Kesanggupan bahasa itu sendiri.
  7. 7.  Periode-periode bersejarah dalam perkembangan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia:a. Periode pertama: Bahasa Melayu tertua yang masih dapat diselidiki sebagai peninggalan masa lampau.b. Periode kedua: Pada saat Malaka mengalami masa kejayaan (abad 15), yaitu ketika Malaka menjadi pusat perdagangan, bahasa kesastraan Melayu sangat pesat berkembang.
  8. 8. c. Periode ketiga: Masa dibangunnya kembali kesusastraan Melayu di Johor, sebagai gantinya kesusastraan yang lama dihilangkan.d. Periode keempat: Permulaan abad ke 19, dimasa pujangga Abdullah Bin Abdul Kadir Munsi bersama ayahnya, mempunyai perhatian besar terhadap bahasa dan kesusastraan Melayu.e. Periode kelima: Memasuki abad ke 20, boleh dikatakan bermulanya masa perkembangan Lingua franca menuju ke bahasa Indonesia.
  9. 9. 3. AWAL MULA BAHASA MELAYUMENJADI BAHASA INDONESIA Bahasa Indonesia yang kini dipakai oleh bangsa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan, dan bahasa komunikasi antara suku-suku bangsa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu. Bahasa Melayu pada mulanya digunakan di kawasan nusantara, oleh penduduk di sekitar gugusan pulau nusantara yang terdekat di wilayah asia yaitu pantai timur Sumatra, semenanjung Malaka, dan pantai Camppa di Vietnam.
  10. 10.  Pada abad 1950 SM- 115 SM berdiri kerajaan Saba (Arabia selatan ), dan dilanjutkan dengan kerajaan Himiar. Diantara 2 kerajaan Saba dan Sumatra, telah ada hubungan langsung yaitu hubungan perdagangan rempah-rempah dari Maluku dan pulau –pulau lainnya. Semenjak terjadinya hubungan perdagangan tersebut, maka penduduk nusantara mempergunakan Bahasa Melayu.
  11. 11. Guru Panturahttp://wahabkhoter.blogspot.com/

×