Your SlideShare is downloading. ×

HSE

159
views

Published on

Tugas HSE, SMTI

Tugas HSE, SMTI


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
159
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Nama : Risqi AprilianaNo/Kelas : X KI C no absen 32Upaya Pemerintah dan Perusahaan dalam Mengurangi Beban Terhadap LingkunganTindakan yang dapat dilakukan oleh pemerintahHampir tidak ada orang yang tertarik, dan seringkali dampak yang terjadi tidak diketahui orang.Namun, hal ini mulai berubah pada tahun 1980an.Pada saat itu sejumlah bencana lingkungan yangterjadi telah menarik perhatian orang terhadap lingkungan, seperti bencana yang terjadi padareaktor nuklir di Chernobyl. Hal ini meningkatkan perhatian pemerintah terhadap lingkungan.Pemerintah telah mengembangkan berbagai macam cara untuk memastikan bahwa masyarakatmenyadari keadaan lingkungan dan melakukan tindakan instrumen pemerintah yang sesuai untukmelindungi lingkungan. Cara-cara ini disebut instrumen pemerintah. Contoh-contoh instrumenpemerintah adalah:PendidikanPemerintah menggunakan beberapa pendekatan untuk memberitahu masyarakat tentanglingkungan, seperti brosur mengenai lingkungan dan kampanye kesadaran lingkunganmelalui televisi.Peraturan yang mendukungPerusahaan bisa mendapatkan bantuan keuangan dari pemerintah untuk menginvestasikannyakedalam tindakan terhadap lingkungan; perusahaan yang tidak dapat membayar peralatan merekasendiri, masih bisa mengurangi beban yang mereka limpahkan pada lingkungan.Surat PerjanjianPeraturan yang Instrumen pemerintah yang ke dua berhubungan dengan peraturan yangmendukung mendukung. pemerintah membuat suatu perjanjian dengan perusahaan yangmenetapkan bagaimana mereka akan mengatasi masalah-masalah lingkungan. Perjanjianyang dibuat secara sukarelasurat perjanjian ini disebut surat perjanjian (covenant). Contohnya adalah surat perjanjiandengan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan daur ulang botol danpenggunaan fosfat pada bubuk pencuci. Surat perjanjian mempunyai kekurangan yangdisebabkan karena pembuatannya dilakukan secara sukarela ,sehingga pemerintah tidakdapat memberikan hukuman bagi perusahaan yang tidak menepati perjanjian.
  • 2. Undang-undang dan peraturan.Peraturan suatu cara yang penting dalam menyelenggarakan suatu perbaikan lingkungan.Undang-undang dan peraturan lingkungan lebih tegas daripada surat perjanjian, dan bisadiaplikasikanm kepada siapa saja. Misalnya, pemerintah dapat melarang perusahaanmembuang zat beracun melebihi jumlah yang telah ditentukan; dan juga melarang parapetani untuk menyebarkan pupuk ke lahan pertaniannya pada waktu-waktu tertentu.Pemerintah propinsi dan setempat menjaga agar semua orang mematuhi undang-undangyang berlaku.Tindakan dapat dilakukan oleh perusahaanPerusahaan sudah memberikan perhatian yang lebih untuk melakukan tindakan terhadap lingkungansejak tahun 1990-an di Indonesia, hasil dari pembuatan undang-undang lingkungan yangpenerapannya diperkenalkan pada periode itu.Manajemen lingkungan dipahami sebagai semuatindakan yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengatasi beban yang mereka limpahkan padalingkungan. Hal ini telah membuat banyak perusahaan melaksanakan suatu sistem jaminanlingkungan.Sistem jaminan lingkungan perusahaan meliputi semua tindakan organisasi, administrasi, dan teknikyang dilakukan oleh perusahaan untuk melindungi lingkungan. Pelajaran “Sistem jaminan lingkunganperusahaan” memberikan informasi tentang isi dari sistem tersebut.perusahaan juga dapat melakukan berbagai macam tindakan lain untuk mengurangi beban yangmereka limpahkan kepada lingkungan. Tindakan yang dapat memastikan bahwa lebih sedikit atautidak ada limbah berbahaya yang dihasilkan selama proses pengolahan yaitu :1. Good HouskeepingGood Houskeeping berkenaan dengan tindakan perusahaan yang memperhatikan lingkungan danmenghindari pembuangan beban yang tidak diperlukan oleh lingkungan.Good houskeeping tidakmeliputi pengubahan proses atau produk.Contoh good houskeeping adalah memastikan bahwapemanas ruangan hanya dinyalakan pada ruanagn yang benar-benar memerlukannya, memeriksaapakah para pegawainya telah mematikan keran air dengan benar dan meminta agar bahan bakudibungkus dalam bungkusan yang kuat.2. Tindakan Source-OrientedTindakan source-oriented berurusan dengan sumber masalah yang terjadi di lingkungan.Tindakan ini mengurangi atau menghilangkan limbah berbahaya yang dihasilkan selamaproses. Karena itu, pilihan seharusnya diberikan pada tindakan source-oriented dari padalainnya. Tindakan source-oriented bisa dilakukan dengan cara mengubah produk ataumengubah proses.
  • 3. Tindakan terhadap lingkunganmengubah produk Cara pertama, produk dapat diubah agar bisa menjadi lebih ramahlingkungan.Di masa lalu, krat bir berwarna kuning menggunakan pigmen kuning yangmengandung kadmium, yang merupakan zat yang sangat berbahaya bagilingkungan. Pigmenini telah digantikan oleh pigmen lainnya yang dapat menghasilkan produk lebih ramahlingkungan.mengubah proses Cara kedua, proses juga dapat diubah. Dalam contoh 3, sebuahperusahaan memberikan pertimbangan untuk melakukan perubahan proses yang dapatteknologi bersih mengurangi zat polusi. Tipe teknologi ini disebut teknologi bersih (cleantechnology).3. Tindakan Post-ProcessSeringkali sulit untuk mengambil tindakan source-oriented pada pabrik yang ada, karenahampir tidak mungkin untuk mengubah proses yang sudah ada tanpa mengeluarkan biayabesar. Perusahaan yang berada di posisi ini tetap bisa memenuhi persyaratan lingkungandengan cara mengambil tindakan post-Teknologi end-of-pipe process. Cara ini juga disebutsebagai teknologi end- of-pipe, yaitu memberikan tambahan minimal satu tahap proses padaakhir dari proses produksi yang sudah ada. Tahap-tahap proses tambahan ini mengubah zatberbahaya yang biasanyaTindakan terhadap lingkunganlangsung dibuang ke lingkungan, menjadi zat yang tidak terlalu berbahaya. Cara inimenghasilkan penurunanyang besar pada pembuangan zat berbahaya ke Teknologipembersihan lingkungan. Teknologi end-of-pipe juga disebut sebagai teknologi pembersihan(cleaning technology) (cleaning technology).4. Tindakan Effect-OrientedPada beberapa kasus, tidak mungkin mencegah pembuangan zat polusi ke lingkungan.Tindakan effect oriented dapat dilakukan untuk memastikan bahwa zat-zat polusi ini tidakmenyebabkan bahaya teknologi dekontaminasi. Satu teknologi dekontaminasi contohtentang tindakan ini adalah teknologi dekontaminasi, yaitu dengan nitrat berkadar tinggi,dengan air dari mata air, dengan serta nitrat berkadar rendah. Dekontaminasi tanah (soildecontamination) adalah satu contoh lain teknologi dekontaminasi. Di beberapa area, tanahyang berada dibawah rumah, di tempat pembuangan sampah, dan di kawasan industri,sudah tercemar polusi, dan tanah. Tindakan terhadap lingkungan yang tercemar ini harusdipindahkan untuk menghindari masalah yang dapat disebabkan oleh polusi.

×