Hewan yang mendekati kepunahan

9,561 views
9,148 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
9,561
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
219
Actions
Shares
0
Downloads
157
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hewan yang mendekati kepunahan

  1. 1. Oleh :Ulfiatu Rohmah
  2. 2. Hewan dan tumbuhan langka yaitu hewan dantumbuhan yang sudah jarang ditemui. Keberadaanhewan dan tumbuhan tersebut sangat sedikit. Bila tidakada upaya perlindungan dan pelestarian, maka hewandan tumbuhan tersebut dapat mengalami kepunahan. Indonesia merupakan negara yang sangat kaya akansumber daya alam hayati. Tumbuhan dan hewannyasangat banyak macamnya karena Indonesia terdiri ataspulau-pulau yang masing-masing memiliki ciri khas.
  3. 3. Hewan yang mendekati kepunahan Bekantan KomodoBurung Jalak Ikan Gergaji Bali Bergigi Besar
  4. 4. Bekantan Bekantan (Nasalis larvatus), yaitu kera denganpenampilan sangat unik. Pejantannya mempunyai hidungyang panjang dan sangat besar. Hidung yang panjangdan besar ini merupakan daya tarik seksual utama bagibetina. Bekantan hanya terdapat di Pulau Kalimantan,Indonesia.Buaya Siam Buaya Siam (Crocodylus siamensis). Buaya siamatau Siamese Crocodile tersebar di Cambodia, Indonesia(Jawa, Kalimantan), Malaysia, Vietnam, dan Thailand.Termasuk satwa yang dilindungi di Indonesia.
  5. 5. Burung Jalak bali Jalak Bali memiliki penampilan yang indah dan elok.Karena keindahannya, banyak orang yangmenginginkannya untuk dijadikan koleksi. Jumlahnyasemakin berkurang. Sesuai dengan namanya, burung inihanya ditemukan di Pulau Bali. Selain itu, faktor lain yangmenyebabkan berkurangnya populasi burung ini adalahhabitatnya yang semakin sempit akibat penebangan hutan.Ikan Gergaji Bergigi Besar Ikan gergaji bergigi besar ditemukan diLautan ndonesia Timur. Kondisinya pun sama,keberadaannya semakin berkurang. Hewan inidimanfaakan untuk makanan.
  6. 6. Badak Badak merupakan hewan paling langka dan paling terancam punah. Mempunyai masa hidup 33 tahun dengan panjang kira-kira 2,5 m dan tinggi 1,3 m. Badak termasuk hewan mamalia yang mengalamiperkembangbiakan yang lama, dalam satu tahun hanya dapat melahirkan anak1-2 individu. Perkembangbiakannya pun dapat berlangsung jika kondisilingkungannya stabil. Badak bercula satu ditemukan didaerah ujung kulonBanten sedangkan Badak bercula dua habitat aslinya di Taman Nasional KerinciSelat Sumatera. Populasi Badak kian hari semakin menurun karena banyaknyapemburuan liar untuk mengambil culanya.
  7. 7. Harimau Banyak sekali macam-macam hewan langka untuk jenis harimau ini. Ada harimau kumbang, loreng atau belang, tutul atau yang polos saja. Kebanyakanbinatang jenis pemakan daging dan suka memburu binatang lain ini hidup dipulau Jawa, Sumatera serta di pulau dewata Bali. Saat ini jumlah binatang inisangat terbatas. Yang masih di alam liar kebanyakan hidup di tengah hutan yangbelum terjamah oleh manusia dan di lereng bukit atau gunung. Burung Caerulean Paradise Burung Caerulean Paradise. Burung ini sekarang jumlahnya tidak lebih dari 100 ekor. Kerusakan tempat hidupnya di Sangihe, Sulawesi, menjadi penyebab burung ini terancam punah.
  8. 8. Anoa Anoa adalah hewan khas Sulawesi. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal dalamhutan yang tidak dijamah manusia. Penampilan mereka mirip dengan rusa denganberat 150-300 kg. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi, Indonesia.Sejak tahun 1960-an berada dalam status terancam punah. Diperkirakan saat initerdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. Anoa sering diburu untukdiambil kulitnya, tanduknya dan dagingnya. Burung Kakatua Jambul Kuning Burung itu banyak diperdagangkan di Jawa, Bali, bahkan di Singapura. Jumlahnya semakin hari semakin berkurang. Burung itu memiliki jambul yang khas sehingga banyak dicari.
  9. 9. 1. Balaenoptera Musculus (Paus Biru) Paus Biru diyakini sebagai hewan terbesar yang ada saat ini. Panjangnya bisa mencapai 33,59 m dan beratnya 181 ton, atau lebih. Paus Biru dapat berenang dengan kecepatan 50 km/jam, ketika berenang untuk perjalanan, kecepatannyasekitar 20 km/jam, sedangkan ketika sedang makan, mereka memperlambatkecepatannya sampai sekitar 5 km/jam. Mulut Paus Biru dapat menampung 90 tonmakanan dan air. Umurnya bisa mencapai 80 tahun. Populasi di seluruh dunia padatahun 2002 diperkirakan hanya sekitar 5.000 sampai 12.000 ekor saja. Termasukdalam spesies yang terancam punah. Dilarang untuk diburu sejak tahun 1966.

×