Pengantar Teknologi Informasi (PTI)

9,723
-1

Published on

1 Comment
4 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
9,723
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
390
Comments
1
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar Teknologi Informasi (PTI)

  1. 1. Pengantar Teknologi Informasi COMPONENTS OF COMPUTER
  2. 2. Pengertian Komputer Menurut Fuori, berpendapat bahwa “komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia”.
  3. 3. Hamacher, “komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi”.
  4. 4. Blissmer, “komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi”.
  5. 5. Kesimpulannya Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang terdiri dari peralatan input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.
  6. 6. • Melihat evolusi komputer dari waktu kewaktu sampai seperti yang kita ketahui saat ini. • Bagaimana kebutuhan yang berhubungan dengan pekerjaan telah membantu perkembangan perangkat keras dan lunak komputer Kita akan :
  7. 7. Berdasarkan Generasinya 1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959) 2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964) 3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) 4. Komputer Generasi Keempat (1970-1980an) 5. Komputer Generasi Kelima (1980an – Sekarang) 6. Komputer Generasi Keenam
  8. 8. >>Generasi Pertama (1940 -1959) • Komponen elektronikanya dari Tabung Hampa (Vacuum Tube) • Program dibuat dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer. Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  9. 9. 1. Ukurannya besar dan memerlukan tempat yang sangat luas 2. Memerlukan banyak Pendingin (AC) karena banyak mengeluarkan panas 3. Prosesnya relatif lambat 4. Kapasitas untuk menyimpan data kecil Sifat -Sifatnya
  10. 10. >>Generasi Kedua (1959-1964) • Menggunakan teknologi sirkuit berupa transistor dan diode untuk menggantikan tabung vakum. • Sudah menggunakan operasi bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti FORTRAN (Formula Translator) dan COBOL (Common Business-Oriented Language). • Kapasitas memori utama dikembangkan dari Magnetic Core Storage.
  11. 11.  Kemampuan melakukan proses real time dan real-sharing.  Ukuran fisiknya sudah lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.  Proses operasi sudah lebih cepat, yaitu jutaan operasi perdetik.  Kebutuhan daya listrik lebih kecil.
  12. 12. Komputer generasi ke dua Perbedaan Tabung Vakum dan Transistor
  13. 13. >>Generasi Ketiga (1964-1970) Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
  14. 14. • Karena menggunakan IC maka kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. • Kecepatannya hampir 10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama. • Peningkatan dari sisi software. • Kapasitas memori lebih besar, dan dapat menyimpan ratusan ribu karakter ().
  15. 15. • Menggunakan media penyimpanan luar disket magnetik (external disk) yang sifat pengaksesan datanya secara acak ( random access) dengan kapasitas besar (jutaan karakter). • Penggunaan listrik lebih hemat.
  16. 16. Generasi Kedua I/C
  17. 17. >>Generasi Keempat (1970 – 1980an) Komputer generasi keempat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration.
  18. 18. Komputer Generasi Keempat
  19. 19. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC.
  20. 20. >>Generasi Kelima (1980an - sekarang) • Komputer generasi ini masih dalam tahap pengembangan dan pemakainya belum banyak. Pengembangan komputer generasi ini dipelopori oleh negara Jepang • Komponen elektronikanya menggunakan bentuk paling baru dari chip VLSI • Program dibuat dalam bahasa PROLOG (Programming Logic) dan LISP (List Processor)
  21. 21. >>Generasi Keenam (Masa Depan) Secara prinsip ciri-ciri komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki kemampuan diantaranya melihat, mendengar, berbicara, dan berpikir serta mampu membuat kesimpulan seperti manusia.
  22. 22. Ini berarti komputer memiliki kecerdasan buatan yang mendekati kemampuan dan perilaku manusia. Kelebihan lainnya lagi, kecerdasan untuk memprediksi sebuah kejadian yang akan terjadi, bisa berkomunikasi langsung dengan manusia, dan bentuknya semakin kecil.
  23. 23. KOMPETENSI DASAR Mahasiswa mampu mengetahui perkembangan teknologi informasi masa kini dan prospek masa depan dan mampu memanfaatkannya dalam berbagai bidang.
  24. 24. Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses,menyimpan, memanipu- lasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas.
  25. 25. Pengantar Teknologi Informasi COMPONENTS OF COMPUTER
  26. 26. SISTEM KOMPUTER CPU ALU CU Pengenal lainnya Pengenal tulisan Pengenal suara Penunjuk Pengetikan Piranti Masukan Piranti Keluaran Memori Utama CACHE RAM ROM Pita Magnetik Piringan Magnetik Piringan Optik Storage Secunder
  27. 27. Definisi Komputer Komputer berasal dari kata “to compute” yang berarti menghitung. Jadi secara umum dapat disebutkan bahwa komputer sebagai mesin hitung.. 29
  28. 28. DEFINISI KOMPUTER 30 to compute menghitungcomputer Menggunakan suatu program yang tersimpan dimemori Komputer Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan Dapat mengolah data Dapat memberikan Informasi Dapat menerima Input data Alat Elektronik Bekerja secara otomatis
  29. 29. Jadi bila diperhatikan pada definisi komputer, terlihat bahwa ada empat (4) hal penting yang harus ada pada suatu komputer yaitu :  Alat dengan konstruksi elektronika  Storage Internal (Media Penyimpanan)  Sistem Operasi  Program
  30. 30. Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya a. Komputer Mikro (Personal Computer) Pada awalnya, komputer jenis ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan per-orangan (personal). Kebutuhan per-orangan dalam hal menyimpan ataupun memproses data, tentunya tidak sebanyak kebutuhan sebuah perusahaan. Dikarenakan hal tersebut,kemampuan dan teknologi yang dimiliki oleh Personal Komputer pada awalnya memang sangat terbatas.
  31. 31. 33 IBM PC, 1981 IBM PC, 1997 PC-Tower Casing
  32. 32.  Mudah dibawa bepergian  Menggunakan baterai sbg. Pengganti listrik IBM ThinkPad
  33. 33. Pengertian Komputer Menurut Kapasitasnya b. Komputer Mini Komputer mini mempunyai kemampuan berapa kali lebih besar jika dibanding dengan personal komputer. Hal ini disebabkan karena micro-pocessor yang digunakan untuk memproses data memang mempunyai kemampuan jauh lebih unggul jika dibanding dengan micropocessor yang digunakan pada personal komputer. Ukuran pisiknya dapat sebesar almari kecil. 35
  34. 34. Komputer mini pada umumnya dapat digunakan untuk melayani lebih dari satu pemakai (multi user). Dalam sistem multi user ini, pada akhirnya personal komputer banyak digunakan sebagai terminal yang berfungsi untuk memasukkan data. Contoh Komputer mini: IBM AS-400 36
  35. 35. Contoh Komputer Mini 37
  36. 36. c. Komputer Mainframe Ciri utama yang membedakan pengertian antara mini komputer dengan mainframe adalah, mainframe memiliki processor lebih dari satu. Dengan demikian, dari segi kecepatan proses mainframe jauh lebih cepat jika dibanding dengan mini komputer. 38
  37. 37. Contoh Komputer Mainframe 39
  38. 38. mainframe terminal
  39. 39. d. Super-komputer Sesuai dengan namanya, super komputer memiliki ciri khas, yaitu kecepatan proses yang tinggi serta memiliki kemampuan menyimpan data yang jauh lebih besar apabila dibanding dengan main-frame. Harga super komputer sangatlah besar dan mahal. Salah satau contoh super komputer adalah Cray-2. 41
  40. 40. Contoh Super-komputer 42
  41. 41. 43
  42. 42. Struktur Komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen yang menyusun komputer saling berkaitan. Komponen-Komponen komputer disusun sesuai dengan alur-alur bus yang mengalirkan data, alamat, dan mengendalikan antar komponen tersebut
  43. 43. Struktur Komputer Input Device I/O Port Output Device CPU ( CU + ALU ) Address Bus Memori RAM ROM Control Bus Control Bus Data Bus
  44. 44.  Piranti masukan (Input Device), berfungsi sebagai media komputer untuk menerima masukan atau perintah dari luar . Input/Output (I/O) port, berfungsi sebagai media penghubung (interface) untuk menerima dan mengirim data Piranti Keluaran ( Input Device ) berfungsi sebagai media Komputer untuk memberikan atau menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data
  45. 45. Central Processing Unit (CPU), merupakan unit pusat pengolahan data. CPU memiliki dua fungsi utama yaitu sebagai Aritmetic Logic Unit (ALU) dan Control Unit (CU). ALU sebagai unit untuk melakukan perhitungan-perhitungan Aritmatika seperti ADD, Substract,- Multiply dan Divide.:
  46. 46. CU berfungsi untuk mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer. Ada satu lagi unit berfungsi membantu pelaksanaan operasi prosesor terhadap akses memori yang disebut register.
  47. 47. post  Memori (Memory) berfungsi untuk menyimpan data dan program. Jenis memori dibagi dua bagian Yaitu ROM dan RAM. Sifat penyimpanan ROM nonvolitile, sedangkan penyimpanan RAM bersifat volatile.
  48. 48. Isi data pada ROM misalnya adalah program BIOS) yang berfungsi untuk mengendalikan perpindahan data antar mikroprosesor ke komponen lain. Data bus, merupakan jalur-jalur (bus) perpindahan data antar modul dalam desain komputer. Jalur bus biasanya terdiri 8, 16, 32, atau 64 saluran paralel
  49. 49. Bus Alamat (Address Bus) digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan pada proses transfer data. CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan dibaca atau ditulis. Bus alamat terdiri atas 16, 20, 24 atau 32 saluran paralell. Bus kendali (Control Bus) untuk mengontrol penggunaan serta akses ke data bus dan address bus.
  50. 50. Konsep Dasar Komputer a. Input Device Input device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke-dalam komputer. Jenis input device yang dimiliki oleh komputer cukup banyak. 52
  51. 51. •Input Device 53
  52. 52. Dalam kehidupan sehari-hari, mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukkan data (kedalam otak manusia) melalui mata 54
  53. 53. b. Central Processing Unit (CPU) Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan berbagai pengolahan data. 55
  54. 54. Central Processing Unit (CPU) Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi : • Internal Memory / Main Memory, berfungsi untuk me- nyimpan data dan program. • ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan. • Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer 56
  55. 55. c. Output Device Output device bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Jenis output device yang dimiliki oleh komputercukup banyak. 57
  56. 56. 58
  57. 57. d. External Memory External memory bisa diartikan sebagai memory yang berada diluar CPU. Juga disebut sebagai Secondary Storage ataupun Backing Storage ataupun Memory Cadangan yang berfungsi untuk menyimpan data dan program.
  58. 58. Data dan program yang tersimpan didalam external memory, agar bisa berfungsi data dan program tersebut harus dipindahkan terlebih dahulu kedalam internal memory. Jenis external memory cukup banyak
  59. 59. External Memory 61
  60. 60. Komputer Modern Input Sistem Memory Processor Control Unit Output
  61. 61. Sistem Komputer • Hardware • Software • Brainware, humanware
  62. 62. Hardware
  63. 63. Brainware • Komputer Operator :mengoperasikan komputer secara keseluruhan • Data Entry Operator: petugas penginputan data. • Librarian : bertanggungjawab atas penyimpanan file data/ program • Computer Programmer : pembuat program berdasar spesifikasi dari system analyst
  64. 64. • Network manager/ system manager: bertanggungjawab atas kelancaran sistem. • System analyst:merancang sistem komputer secara keseluruhan (analog spt. Arsitek) • Chief Information Officer (Manager Dept. Sistem Informasi)
  65. 65. Elemen sistem Komputer Hardware Software Brainware
  66. 66. Tahap Pengolahan Data Dasar Dalam melakukan pengolahan data terdiri dari 3 tahap, yaitu input, processing dan output. Input Processing Output
  67. 67. Pengembangan Pengolahan Data Pengembangan dari Pengolahan Data Dasar ditambah dengan perangkat penyimpanan data (storage device) Input Processing Output Penyimpanan
  68. 68. Tugas PTI • Tugas dilakukan perkelompok masing- masing 3 orang • Materi tentang perangkat input/output sertakan gambarnya, minimal 3 lembar, kemudian upload ke blog masing- masing • Bentuk tugas diskusi • Tugas dilaksanakan pada pertemuan minggu depan
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×