Hukum dan Peradilan di Indonesia

1,098 views
925 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,098
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
526
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Hukum dan Peradilan di Indonesia

  1. 1. Hukum dan Peradilan di Indonesia  A.Hakikat hukum 1. Pengertian Hukum 2. Penggolongan Hukum
  2. 2. Penger tian Hukum   Hukum adalah sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan. Dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi, dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana.
  3. 3. Penger tian hukum, menurut para ahli hukum   E. Utrecht Hukum adalah himpunan peraturan (perintahdan larangan) yang mengurus tata tertib masyarakatsehingga harus ditaati.  J.C.T. Simorangkir Hukum adalah peraturan yang bersifat memaksa dan menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat dan dibuat oleh lembaga berwenang.
  4. 4.  Mr. E.M. Meyers Hukum adalah semua aturan yang mengandung pertimbangan kesusilaan.  S.M. Amin  Hukum dirumuskan sebagai kumpulan-kumpulan peraturan yang terdiri atas norma dan sanksisanksi. Tujuannya adalah mengadakan ketertiban dalam pergaulan manusia sehingga keamanan dan ketertiban terpelihara.  P. Borst Hukum adalah keseluruhan peraturan bagi kelakuan atau perbuatan manusia di dalam masyarakat.
  5. 5.  Prof. Dr. Van Kan Hukum adalah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia di dalam masyarakat.   Mocht ar Kusumaatmaja Hukum adalah keseluruhan kaidah-kaidah serta asasasas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat yang bertujuan memelihara ketertiban yang meliputi lembaga-lembaga dan proses-proses guna mewujudkan berlakunya kaidah itu sebagai kenyataan dalam masyarakat.
  6. 6. Beberapa pendapat dari para ahli hukum   A . Aristoteles (teori etis dalam buku The Etchics of Aristoteles. Tujuan hukum artinya memberika kepada setiap orang apa yang menjadi haknya disebut teori etis karena isi hukum semata-mata ditentukan oleh kesadaran etis mengenai apa yang adil dan apa yang tidak adil  Jeremy Bentham (teori Utilitis) Artinya hukum bertujuan menjamin kebahagiaan bagi sebanyak-banyaknya orang atau masyarakat
  7. 7.  Geny Bertujuan untuk mencapai keadilan dan sebagai unsur keadilan adalah “kepentingan daya guna dan kemanfaatan”.   Van Apeldorn Tujuan hukum ialah mengatur pergaulan hidup manusia cara damai. perdamaian diantara manusia dipertahankan oleh hukum dengan melindungi kepentingan-kepentingan hukum manusia.
  8. 8. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa hukum memiliki unsur sebagai berikut :   Peraturan tentang perilaku manusia dalam pergaulan di lingkungan masyarakat.  Peraturan tersebut dibuat oleh lembaga resmi yang berwenang.  Peraturan tersebut memiliki sifat memaksa.  Sanksi atau hukuman pelanggaran bersifat tegas.
  9. 9.  Berdasarkan Wujudnya  •Hukum Tertulis, yaitu hukum yang dapat kita temui dalam bentuk tulisan dan dicantumkan dalam berbagai peraturan Negara. Contoh: UUD 1945, Undang-Undang, dan lain-lain. •Hukum Tidak Tertulis, yaitu hukum yang masih hidup dan tumbuh dalam keyakinan masyarakat tertentu (hukum adat). Dalam praktik ketatanegaraan, hukum tidak tertulis disebut konvensi. Contoh: pidato kenegaraan presiden setiap tanggal 16 Agustus.
  10. 10. Berdasarkan ruang at au wilayah berlakunya  • Hukum Lokal, yaitu hukum yang hanya berlaku di daerah tertentu saja (hukum adat ManggaraiFlores, hukum adat Batak, Jawa, Minangkabau, dan sebagainya). • Hukum Nasional, yaitu hukum yang berlaku di negara tertentu (hukum Indonesia, Malaysia, Mesir, dan sebagainya). • Hukum Internasional, yaitu hukum yang mengatur hubungan antara dua negara atau lebih (hukum perang, hukum perdata internasional dan sebagainya).
  11. 11. Berdasarkan waktu yang  diaturnya • Hukum yang berlaku saat ini (ius constitutum); disebut juga hukum positif. • Hukum yang berlaku pada waktu yang akan datang (ius constituendum). • Hukum antar waktu, yaitu hukum yang mengatur suatu peristiwa yang menyangkut hukum yang berlaku saat ini dan hukum yang berlaku pada masa lalu.
  12. 12.  Berdasarkan pribadi  yang diaturnya   Hukum satu golongan, yaitu hukum yang mengatur dan berlaku hanya bagi golongan tertentu saja.  Hukum semua golongan, yaitu hukum yang mengatur dan berlaku bagi semua golongan.  Hukum antar golongan, yaitu hukum yang mengatur dua orang atau lebih yang masingmasing tunduk pada hukum yang berbeda.
  13. 13. Berdasarkan isi  yang diaturnya  Berdasarkan isi masalah yang diaturnya, hukum dapat dibedakan menjadi hukum publik dan hukum privat.
  14. 14.  SEKIAN TERIMA KASIH 

×