Koloid ppt

6,164 views
6,009 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
6,164
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
323
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Koloid ppt

  1. 1. Apakah sistem koloid itu?Untuk dapat memahamitentang sistem koloidperhatikanlah campuranberikut ini.
  2. 2. Gula yang dicampur dengan air menghasilkan campuranyang jernih, yaitu air gula. Pada campuran air gula ini zatgula sudah tidak tampak lagi dalam campuran itu. Halini berarti, gula bercampur dengan air secara merata(homogen). Campuran seperti ini disebut larutan. Dalamlarutan tersebut, air merupakan pelarut dan gula sebagaizat terlarut.
  3. 3. Susu yang dicampurkan dengan air akan menghasilkancampuran yang keruh. Campuran susu dengan air inisepintas memberi kesan merupakan campuranhomogen. Ternyata, susu setelah dicampur dengan airmasih terlihat bisa dibedakan antara susu dengan air.Campuran seperti inilah yang disebut koloid.Campuran koloid merupakan bentuk (fase) peralihanantara campuran homogen menjadi campuranheterogen.
  4. 4. Hasil campuran tanah liat dengan air adalah suatu campuranyang tidak dapat merata (heterogen). Dengan mudah matakita dapat membedakan antara tanah liat dengan air, danhasih campuran tersebut; karena jika campuran tersebutdidiamkan, maka tanah liat akan terpisah dari air. Campuranseperti inilah yang disebut suspensi.
  5. 5. No Larutan Koloid Suspensi1 1 fase 2 fase 2 fase2 jernih keruh keruh3 homogen antara homogen dan heterogen heterogen4 diameter partikel diameter partikel: diameter partikel: < 1 nm 1 nm < d < 100 nm > 100 nm5 tidak dapat disaring tidak dapat disaring dapat disaring dengan penyaring biasa6 tidak memisah jika tidak memisah jika memisah jika didiamkan didiamkan didiamkan7 Contoh: larutan Contoh: susu, kanji, Contoh: campuran pasir gula, larutan cat, asap, kabut, buih dengan air, air dengan kopi, garam sabun, dan busa minyak dengan air,
  6. 6. Sistem koloid terdiri atas dua fase (bentuk).Hal itu yang disebut komponen-komponenkoloid .1. Fase zat terdispersi, yaitu zat yang fasenyaberubah; kecuali jika zat yang dicampurmempunyai fase yang sama.
  7. 7. a. Koloid solKoloid sol adalah koloid dengan zat terdispersinya berfasepadat.b. EmulsiEmulsi adalah koloid dengan zat terdispersinya berfase cair.c. BuihBuih adalah koloid dengan zat terdispersinya berfase gas.
  8. 8. 1) Sol padat (padat-padat)Sol padat adalah jenis koloid dengan zat fase padat terdispersidalam zat fase padat. Contoh: logam paduan, kaca berwarna,intan hitam, dan baja.2) Sol cair (padat-cair)Sol cair atau disebut sol saja adalah jenis koloid dengan zat fasepadat terdispersi dalam zat fase cair. Artinya, zat terdispersiberfase padat dan zat pendispersi (medium) berfase cair.Contoh: cat, tinta, dan kanji.3) Sol gas (padat-gas)Sol gas (aerosol padat) adalah koloid dengan zat fase padatterdispersi dalam zat fase gas. Artinya, zat terdispersi berfasepadat dan zat pendispersi (medium) berfase gas. Contoh: asapdan debu.
  9. 9. 1) Emulsi padat (cair-padat)Emulsi padat (gel) adalah koloid dengan zat fase cair terdispersidalam zat fase padat. Artinya, zat terdispersi berfase cair dan zatpendispersi (medium) berfase padat. Contoh: mentega, keju,jeli, dan mutiara.2) Emulsi cair (cair-cair)Emulsi cair (emulsi) adalah koloid dengan zat fase cairterdispersi dalam zat fase cair. Artinya, zat terdispersi berfasecair dan zat pendispersi (medium) berfase cair. Contoh: susu,minyak ikan, dan santan kelapa.3) Emulsi gas (cair-gas)Emulsi gas (aerosol cair) adalah koloid dengan zat fase cairterdispersi dalam zat fase gas. Artinya, zat terdispersi berfase cairdan zat pendispersi (medium) berfase gas. Contoh: insektisida(semprot), kabut, dan hair spray .
  10. 10. 1) Buih padat (gas-padat)Buih padat adalah koloid dengan zat fase gasterdispersi dalam zat fase padat. Artinya, zatterdispersi berfase gas dan zat pendispersi (medium)berfase padat. Contoh: busa pada jok mobil dan batuapung.2) Buih cair (gas-cair)Buih cair (buih) adalah koloid dengan zat fase gasterdispersi dalam zat fase cair. Artinya, zat terdispersiberfase gas dan zat pendispersi (medium) berfase cair.Contoh: buih sabun, buih soda, dan krim kocok.
  11. 11. Untuk zat berfase gasterdispersi dalam zat berfasegas bukan merupakan koloid,melainkan merupakanlarutan. Contohnya, larutan-larutan dalam udara bersih.
  12. 12. Koloid merupakan satu-satunya bentuk campuran bukanlarutan yang komposisinya (susunannya) merata dan stabil(tidak memisah jika didiamkan). Pada umumnya, produkindustri untuk kebutuhan manusia dibuat dalam bentukkoloid. Koloid sangat diperlukan dalam industri cat,keramik, plastik, tekstil, kertas, karet, lem, semen, tinta,kulit, film foto, bumbu selada, mentega, keju, makanan,kosmetika, pelumas, sabun, obat semprot insektisida,detergen, selai, gel, perekat, dan sejumlah besar produk-produk industri lainnya.
  13. 13. TERIMA KASIH

×