• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Teknik Membaca SQ3R
 

Teknik Membaca SQ3R

on

  • 10,184 views

Mata kuliah membaca di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mata kuliah membaca di program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Statistics

Views

Total Views
10,184
Views on SlideShare
10,145
Embed Views
39

Actions

Likes
1
Downloads
146
Comments
0

3 Embeds 39

http://tiansarwoyo.blogspot.com 31
http://www.tiansarwoyo.blogspot.com 5
http://www.tiansarwoyo.co.cc 3

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Teknik Membaca SQ3R Teknik Membaca SQ3R Presentation Transcript

    • STRATEGI MEMBACA PEMAHAMAN SQ3R
    • STRATEGI MEMBACA SQ3R
    • Pengertian SQ3R Lankah-langkah Manfaat
      • Agar setiap aktivitas membaca yang dilakukan dapat berjalan efektif dan efisien, kiranya diperlukan teknik tertentu. Dalam hal ini, Francis P. Robinson dari Universitas Negeri Ohio Amerika Serikat telah mengembangkan sebuah teknik membaca yang dikenal dengan sebutan SQ3R. Teknik ini bersifat praktis dan dapat diaplikasikan dalam berbagai pendekatan belajar.
      • SQ3R pada prinsipnya merupakan singkatan dari langkah-langkah mempelajari teks atau buku yang terdiri dari : (1) Survey ; (2) Question ; (3) Read ; (4) Recite ; dan (5) Review .
    • READ RECITE QUESTION REVIEW SURVEY Back to
      • Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
      • Baca JudulHal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab. Baca PendahuluanMemberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab. Baca kepala judul/subbabMemberikan gambaran mengenai kerangka pemikiranPerhatikan grafik, diagramAdanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks. Perhatikan alat Bantu bacaTermasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.
      • Langkah kedua adalah menyusun pertanyaan-pertanyaan yang jelas, singkat, dan revelan dengan bagian-bagian teks yang telah ditandai pada langkah pertama. Jumlah pertanyaan bergantung pada panjang-pendeknya teks, dan kemampuan dalam memahami teks yang sedang dipelajari. Jika teks yang sedang dipelajari berisi hal-hal yang sebelumnya sudah diketahui, mungkin hanya perlu membuat beberapa pertanyaan. Sebaliknya, apabila latar belakang pengetahuan tidak berhubungan dengan isi teks, maka perlu menyusun pertanyaan sebanyak-banyaknya.
      • Mulailah membaca dengan menyimpan banyak pertanyaan yang kamu buat sebelumnya. Ini akan membuat kita lebih antusias lagi dalam membaca. Pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab membuat pembaca akan bersemangat untuk menemukan banyak hal dari buku/bacaan yang ia baca.
      • Pada masing-masing bab, cobalah untuk mencari masing-masing jawaban dari pertanyaan yang telah dibuat dalam pikiran kita. Ada beberapa saran ketika kita membaca: 1. Usahakan melatih kebiasaan yang tidak efektif dalam membaca seperti bersuara, menggerakkan kepala, membaca ulang kalimat? atau kata-kata yang tidak terlalu penting. 2. Ada yang menyarankan untuk tidak memberi catatan untuk kata atau kalimat yang tidak kita pahami. Namun berilah suatu tanda, misalnya untuk kata-kata atau kalimat yang tidak dipahami berilah tanda tanya (?), untuk ketidak setujuan pada isi kalimat berilah tanda (X) atau tanda check (v) untuk hal-hal yang kita setujui. Atau tanda arah (-->) untuk paragraf atau kata atau kalimat yang harus kita tinjau ulang, serta tanda peti ("...") sebagai isyarat/kalimat kunci.
      • Langkah keempat adalah menyebutkan atau menceritakan kembali jawaban-jawaban atas pertanyaan yang telah tersusun. Sedapat mungkin diupayakan tanpa membuka catatan jawaban sebagaimana telah dituliskan dalam langkah ketiga. Jika sebuah pertanyaan tidak terjawab, diusahakan tetap terus melanjutkan untuk menjawab pertanyaan berikutnya. Demikian seterusnya, hingga seluruh pertanyaan, termasuk yang belum terjawab, dapat diselesaikan dengan baik.
      • Langkah terakhir adalah me-review apa-apa saja yang telah kita baca. Begitu banyaknya informasi yang datang ke kita setiap harinya, membuat informasi yang lama akan cenderung mudah dilupakan. Dan informasi yang baru justru akan lebih mudah diingat. Untuk itulah perlu dilakukan review setelah kita membaca, terutama bila kita membaca sebuah buku yang sarat akan informasi ilmiah dan membutuhkan pemahaman secara mendalam. Melakukan review bukan berarti kita membaca ulang seluruh isi buku, namun kita menelusuri kembali secara global judul-judul, sub judul, kata-kata kunci dan hal-hal yang sudah kita tandai pada waktu kita membaca buku. Dengan melakukan review akan sangat menolong kita dalam meningkatkan daya ingat serta menemukan hal-hal penting dari bacaan yang telah kita baca. Selain itu, hal ini akan menambah keyakinan kita bahwa dengan membaca dapat memberikan manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah pengetahuan baru yang kita simpan dalam otak kita.
      • Manfaat secara umum metode ini adalah membantu Anda untuk mengambil sikap, bahwa buku yang akan Anda baca tersebut sesuai keperluan/kebutuhan atau tidak. Metode ini bertujuan untuk membekali Anda dengan suatu pendekatan sistematis terhadap jenis-jenis membaca. Tujuan tersebut mencerminkan bekal untuk keperluan peningkatan cara belajar sistematis, efektif, dan efisien.
    • .Terima Kasih.