Your SlideShare is downloading. ×
Presentation1
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Presentation1

1,044
views

Published on

tugas tik oleh tania angelica smp it ulil albab batam

tugas tik oleh tania angelica smp it ulil albab batam


0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,044
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
18
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. BY:TANIA ANGELICA
  • 2. 1.KEYBOARD 2.MOUSE 3.SCANNER4.WEBCAM 5.CAMCORDER 6.CAMDIG
  • 3. KEYBOARD ADALAH ALAT UNTUK MENULISKAN PERINTAHMELALUI AKSARA DAN ANGKA KE DALAM LAYAR MONITOR YANGSEBELUMNYA PERINTAH TERSEBUT DIOLAH SECARAELEKTRONIS OLEH CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU). BENTUKKEYBOARD SECARA UMUM SAMA DENGAN TOMBOL PADA MESINKETIK, PERBEDAANNYA ADALAH JUMLAH TOMBOL KEYBOARDUNTUK AKSARA, ANGKA DAN PERINTAH LAINNYA LEBIH BANYAKDARI PADA YANG TERDAPAT PADA MESIN KETIK. DATA ATAUPERINTAH DAPAT DIMASUKKAN KE DALAM KOMPUTER MELALUIKEYBOARD. JADI KEYBOARD MERUPAKAN PENGHUBUNGANTARA MANUSIA DAN KOMPUTER.
  • 4. MOUSE ADALAH PERANGKAT YANG BERFUNGSI MENGGERAKANPOINTER,MENUNJUKAN PERINTAH ATAU PROGRAM PADA LAYAR MONITOR.PADAMOUSE TERDAPAT KLIKAN KIRI DAN KLIKAN KANAN.PADA KLIK KIRI 1XBERFUNGSI UNTUK MEMILIH MENU ATAU ICON DAN KLIK KIRI 2X UNTUKMEMBUKA MENU YANG DITUJU.
  • 5. SCANNER ADALAH SUATU ALAT ELEKTRONIK YANG FUNGSINYA MIRIP DENGAN MESINFOTOKOPI. MESIN FOTOCOPY HASILNYA DAPAT LANGSUNG KAMU LIHAT PADA KERTASSEDANGKAN SCANNER HASILNYA DITAMPILKAN PADA LAYAR MONITOR KOMPUTERDAHULU KEMUDIAN BARU DAPAT DIRUBAH DAN DIMODIFIKASI SEHINGGA TAMPILANDAN HASILNYA MENJADI BAGUS YANG KEMUDIAN DAPAT DISIMPAN SEBAGAI FILETEXT, DOKUMEN DAN GAMBAR.BENTUK DAN UKURAN SCANNER BERMACAM-MACAM,ADA YANG BESARNYA SEUKURAN DENGAN KERTAS FOLIO ADA JUGA YANG SEUKURANPOSTCARD, BAHKAN YANG TERBARU, BERBENTUK PENA YANG BARU DILUNCURKANOLEH PERUSAHAAN WIZCOM TECHNOLOGIES INC. SCANNER BERUKURAN PENATERSEBUT BISA MENYIMPAN HINGGA 1.000 HALAMAN TEKS CETAK DAN KEMUDIANMENTRANSFERNYA KE SEBUAH KOMPUTER PRIBADI (PC). SCANNER BERUKURANPENA TERSEBUT DINAMAKAN QUICKLINK. PENA SCANNER ITU BERUKURAN PANJANGENAM INCI DAN BERATNYA SEKITAR TIGA ONS. SCANNER TERSEBUT MENURUTWIZCOM DAPAT MELAKUKAN PEKERJAANNYA SECARA ACAK LEBIH CEPAT DARISCANNER YANG BERBENTUK DATAR.
  • 6. WEBCAM (SINGKATAN DARI WEB CAMERA) ADALAH SEBUTAN BAGI KAMERA REAL-TIME (BERMAKNA KEADAAN PADA SAAT INI JUGA) YANG GAMBARNYA BISA DIAKSESATAU DILIHAT MELALUI WORLD WIDE WEB, PROGRAMINSTANT MESSAGING, ATAUAPLIKASI VIDEO CALL. ISTILAH WEBCAM MERUJUK PADA TEKNOLOGI SECARAUMUMNYA, SEHINGGA KATA WEB KADANG-KADANG DIGANTI DENGAN KATA LAINYANG MENDESKRIPSIKAN PEMANDANGAN YANG DITAMPILKAN DI KAMERA,MISALNYA STREETCAM YANG MEMPERLIHATKAN PEMANDANGAN JALAN. ADA JUGAMETROCAM YANG MEMPERLIHATKAN PEMANDANGAN PANORAMA KOTA DANPEDESAAN, TRAFFICAM YANG DIGUNAKAN UNTUK MEMONITOR KEADAAN JALANRAYA, CUACA DENGAN WEATHER CAM, BAHKAN KEADAAN GUNUNG BERAPI DENGANVOLCANOCAM. WEBCAM ATAU WEB CAMERA ADALAH SEBUAH KAMERAVIDEO DIGITAL KECIL YANG DIHUBUNGKAN KE KOMPUTER MELALUI (BIASANYA)PORT USB ATAUPUN PORT COM.
  • 7. UNTUK MENGHASILKAN SUARA YANG BAIK DIPERLUKAN MIKROFON YANG TEPAT. UNTUKPRODUKSI ACARA VIDEO JUGA DIPERLUKAN JENIS MIKROFON YANG TEPAT PULA. DALAM ARTIMUDAH DIBAWA KE SEGALA TEMPAT DAN PEKA TERHADAP SUARA, TETAPI DAPAT MEREDAMGANGGUAN SUARA DARI LUAR. DI SAMPING ITU, MIKROFON HARUS DAPAT DIGUNAKAN DI DALAMMAUPUN DI LUAR STUDIO. ADA BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAMMEMPERSIAPKAN DAN MEMILIH JENIS MIKROFON. DEKATKAN MIKROFON YANG AKANDIGUNAKAN DENGAN SUMBER SUARA DAN PERHATIKAN ARAH MIKROFONNYA. HATI-HATI DANPERHATIKAN SAAT PEMASANGAN MIKROFON AGAR TIDAK ADA SUARA YANG TIDAK DIPERLUKANMASUK KE DALAM MIKROFON, DAN JANGAN LUPA GUNAKAN WIND SCREEN UNTUK KEPERLUANMENUTUP SUARA AKIBAT GANGGUAN ANGIN. PERHATIKAN PULA KEMUNGKINAN TIMBULNYAGEMA DI DALAM RUANGAN. DISARANKAN AGAR LEBIH BAIK MENGIKUTI GERAKAN SUMBERSUARA. UNTUK KEPERLUAN INI GUNAKAN MIKROFON DENGAN POLE BOOM ATAU FISH POLE. DITEMPAT YARIG BANYAK GANGGUAN SUARA, PERGUNAKAN MIKROFON JENIS UNIDIRECTIONAL,YAITU JENIS MIKROFON YANG HANYA DAPAT MENANGKAP SUARA DARI SATU ARAH SAJA.SEDANGKAN UNTUK TEMPAT YANG TENANG, GUNAKAN JENIS NONDIRECTIONAL, YAITU JENISMIKROFON YANG DAPAT MENANGKAP SUARA DARI SEGALA ARAH. UMUMNYA, UNTUK PRODUKSIVIDEO DIPERGUNAKAN JENIS MIKROFON SINGLE DIRECTIONAL, YAITU MIKROFON YANG HANYADAPAT MENANGKAP SUARA YANG DATANG DARI SATU SUMBER SUARA SAJA, SEDANGKAN UNTUKACARA SEPERTI WAWANCARA.,SAATREADMORE
  • 8. KAMERA DIGITAL ADALAH ALAT UNTUK MEMBUAT GAMBAR DARI OBYEK UNTUKSELANJUTNYA DIBIASKAN MELALUI LENSA KEPADA SENSOR CCD (ADA JUGA YANGMENGGUNAKAN SENSR CMOS) YANG HASILNYA KEMUDIAN DIREKAM DALAMFORMAT DIGITAL KE DALAM MEDIA SIMPAN DIGITAL.KARENA HASILNYA DISIMPAN SECARA DIGITAL MAKA HASIL REKAM GAMBAR INIHARUS DIOLAH MENGGUNAKAN PENGOLAH DIGITAL PULA SEMACAM KOMPUTER ATAUMESIN CETAK YANG DAAT MEMBACA MEDIA SIMPAN DIGITAL TERSEBUT.KEMUDAHAN DARI KAMERA DIGITAL ADALAH HASIL GAMBAR YANG DENGAN CEPATDIKETAHUI HASILNYA SECARA INSTAN, KEMUDAHAN MEMINDAHKAN HASIL(TRANSFER), DAN PENYUNTINGAN WARNA, KETAJAMAN, KECERAHAN DAN UKURANYANG DAPAT DILAKUKAN DENGAN RELATIF LEBIH MUDAH DARIPADA KAMERAMANUAL.
  • 9. 1.PROSESSOR2.MOTHERBOARD 3.VGA4.SOUND 5.NIC 6.MODEM CARD
  • 10. BAGI KAMU YANG INGIN MEMBELI SEBUAH NOTEBOOK TAPI MASIH BINGUNG INGIN MEMBELINOTEBOOK YANG DITENAGAI DENGAN PROSESOR APA, DI BAWAH INI SAYA SAJIKAN TIPSMEMILIH PROSESOR PADA NOTEBOOK MULAI DARI PENGERTIAN PROSESOR, JENIS JENISPROSESOR YANG SESUAI DENGAN KEBUTUHAN KOMPUTASI KAMU.PENGERTIAN PROSESOR, ATAU YANG BIASANYA DISEBUT DENGAN CPU, ADALAH OTAK DARINOTEBOOK ANDA. INI ADALAH KOMPONEN YANG MENGEKSEKUSI PERHITUNGAN KOMPLEKSYANG MEMUNGKINKAN ANDA UNTUK MEMULAI MENJELAJAH INTERNET, MEMUTAR LAGU DIITUNES, DAN MENJALANKAN SISTEM OPERASI ANDA. PROSESOR DATANG DALAM TIGA JENIS:SINGLE CORE, DUAL-CORE, DAN QUAD-CORE. BERIKUT ADALAH HAL-HAL YANG PERLU ANDAPERTIMBANGKAN KETIKA MENGEVALUASI CPU NOTEBOOK.CLOCKSPEEDSEMUA CPU DITUGASKAN CLOCK SPEED DALAM MEGAHERTZ (MHZ) ATAU GIGAHERTZ (GHZ),NAMUN YANG LEBIH SERING DIJUMPAI PADA KOMPUTER MODERN SAAT INI ADALAH YANGGIGAHERTZ (GHZ). UMUMNYA, SEMAKIN CEPAT CLOCK SPEED, KINERJA BAIK ANDA AKANMELIHAT.
  • 11. MOTHERBOARD ATAU MAINBOARD MERUPAKAN PAPAN UTAMA DIMANA TERDAPATKOMPONEN-KOMPONEN SERTA CHIP CONTROLLER YANG BERTUGAS MENGATURLALU LINTAS DATA DALAM SISTEM MOTHERBOARD. PADA MOTHERBOARD JUGATERDAPAT SOCKET UNTUK PROCESSOR, SLOT-SLOT YANG DIGUNAKAN UNTUKPEMASANGAN KOMPONEN KARTU SEPERTI VGA CARD, SOUND CARD, INTERNALMODEM, DAN LAIN-LAIN.SAAT INI BANYAK MEREK DAN JENIS MOTHERBOARD. BAGI ANDA YANG INGINMERAKIT SENDIRI KOMPUTERNYA, SAYA SARANKAN AGAR BERHATI-HATI DALAMMEMILIH MEREK DAN JENIS MOTHERBOARD. PERMASALAHAN MOTHERBOARD YANGUMUM TERJADI AKAN DIBAHAS SELANJUTNYA SESUAI DENGAN KASUSNYA.
  • 12. PENGERTIAN VGA ADALAH SEBUAH ANTARMUKA ANALOG PADA KARTU GRAFIS YANGUMUMNYA DIGUNAKAN UNTUK MENGHUBUNGKAN ANTARA KOMPUTER DENGANMONITOR YANG MENGGUNAKAN PLUG 15-PIN DAN SOKET. STANDAR VGA AWALNYADIKEMBANGKAN OLEH IBM PADA TAHUN 1987 DAN MEMUNGKINKAN UNTUKRESOLUSI LAYAR 640×480 PIKSEL. SEJAK ITU, BANYAK REVISI DARI STANDAR TELAHDIPERKENALKAN. YANG PALING UMUM ADALAH SUPER VGA (SVGA), YANGMEMUNGKINKAN UNTUK RESOLUSI YANG LEBIH BESAR DARI 640×480, 800×600 ATAUSEPERTI 1024×768. SEBUAH KONEKSI VGA STANDAR MEMILIKI 15 PIN DANBERBENTUK SEPERTI SEBUAH TRAPESIUM.
  • 13. SOUND CARD ADALAH PERANGKAT KERAS COMPUTER YANG BERFUNGSI UNTUKMENGOLAH DATA BERUPA AUDIO ATAU SUARA. SOUND CARD DIBEDAKAN MENJADIDUA JENIS BERDARSARKAN FISIKNYA. SOUND CARD MEMILIKI FORMAT TATA SUARAYANG MENDUKUNG SYSTEM KELUARAN SUARA, MISALNYA SOUND YANG MEMILIKI 4CHANEL HARUS MENGGUNAKAN SPEAKER AKTIF DENGAN 4 SPEAKER DAN 1SUBWOVER UNTUK MENDAPATKAN HASIL YANG OPTIMAL.
  • 14. KARTU JARINGAN (INGGRIS: NETWORK INTERFACE CARD DISINGKAT NIC ATAUJUGANETWORK CARD) ADALAH SEBUAH KARTUYANG BERFUNGSI SEBAGAIJEMBATAN DARIKOMPUTER KE SEBUAH JARINGAN KOMPUTER. JENIS NIC YANGBEREDAR, TERBAGI MENJADI DUA JENIS, YAKNI NIC YANG BERSIFAT FISIK, DAN NICYANG BERSIFAT LOGIS. CONTOH NIC YANG BERSIFAT FISIK ADALAHNIC ETHERNET, TOKEN RING, DAN LAINNYA; SEMENTARA NIC YANG BERSIFAT LOGISADALAH LOOPBACK ADAPTER DAN DIAL-UP ADAPTER. DISEBUT JUGASEBAGAI NETWORK ADAPTER. SETIAP JENIS NIC DIBERI NOMOR ALAMAT YANGDISEBUT SEBAGAI MAC ADDRESS, YANG DAPAT BERSIFAT STATIS ATAU DAPATDIUBAH OLEH PENGGUNA.
  • 15. PENGERTIAN MODEM MODEM BERASAL DARI SINGKATAN MODULATOR DEMODULATOR.MODULATOR MERUPAKAN BAGIAN YANG MENGUBAH SINYAL INFORMASI KEDALAMSINYAL PEMBAWA (CARRIER) DAN SIAP UNTUK DIKIRIMKAN, SEDANGKANDEMODULATOR ADALAH BAGIAN YANG MEMISAHKAN SINYAL INFORMASI (YANG BERISIDATA ATAU PESAN) DARI SINYAL PEMBAWA (CARRIER) YANG DITERIMA SEHINGGAINFORMASI TERSEBUT DAPAT DITERIMA DENGAN BAIK. MODEM MERUPAKANPENGGABUNGAN KEDUA-DUANYA, ARTINYA MODEM ADALAH ALAT KOMUNIKASI DUAARAH. SETIAP PERANGKAT KOMUNIKASI…
  • 16. 1.MONITOR 2.PROYEKTOR3.PRINTER 4.PLOTTER
  • 17. PENGERTIAN DAN JENIS MONITORMONITOR ADALAH OUTPUT DEVICE / ALAT KELUARAN YANG BERFUGSI UNTUKMENAMPILKAN GAMBAR PADA LAYAR. GAMBAR YANG DITAMPILKAN BERASAL DARIPROSES GRAFIS YANG DILAKUKAN OLEH VGA CARD. BERDARSARKAN TEKNOLOGIYANG DIGUNAKAN MONITOR MEMILIKI 2 JENIS YAITU CRT (CATHODE RAY TUBE) DANLCD (LIQUID CRYSTAL DISPLAY)
  • 18. PROYEKTOR LCD ADALAH SUATU JENIS PROYEKTOR VIDEO UNTUK MENAMPILKAN VIDEO, GAMBAR ATAU DATA KOMPUTER DI LAYAR ATAUPERMUKAAN DATAR LAINNYA. INI ADALAH ANALOG MODERN DARI PROYEKTOR SLIDE ATAU PROYEKTOR OVERHEAD. UNTUK MENAMPILKANGAMBAR, LCD (LIQUID CRYSTAL DISPLAY) PROYEKTOR BIASANYA MENGIRIM CAHAYA DARI LAMPU HALIDA LOGAM MELALUI PRISMA YANGMEMISAHKAN CAHAYA UNTUK TIGA PANEL SILIKON POLI - MASING-MASING UNTUK KOMPONEN MERAH, HIJAU, DAN BIRU DARI SINYAL VIDEO.SEBAGAI CAHAYA TERPOLARISASI MELEWATI PANEL (KOMBINASI POLARIZER, PANEL LCD DAN ANALYZER), PIKSEL INDIVIDU DAPAT DIBUKAUNTUK MEMUNGKINKAN CAHAYA UNTUK LULUS ATAU TERTUTUP UNTUK MEMBLOKIR CAHAYA. KOMBINASI PIKSEL TERBUKA DAN TERTUTUPDAPAT MENGHASILKAN BERBAGAI MACAM WARNA DAN NUANSA PADA GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN.METAL HALIDE LAMPU DIGUNAKAN KARENA MEREKA KELUARAN TEMPERATUR WARNA YANG IDEAL DAN SPEKTRUM WARNA YANG LUAS.LAMPU INI JUGA MEMILIKI KEMAMPUAN UNTUK MENGHASILKAN JUMLAH YANG SANGAT BESAR CAHAYA DALAM AREA KECIL: PROYEKTORSAAT INI RATA-RATA SEKITAR 2,000-15,000 ANSI LUMENS.TEKNOLOGI LAIN, SEPERTI DLP DAN LCOS JUGA MENJADI LEBIH POPULER DI PROYEKSI VIDEO SEDERHANA HARGA.PROYEKSI PERMUKAANKARENA MEREKA MENGGUNAKAN LAMPU METAL HALIDA KECIL DAN KEMAMPUAN UNTUK MEMPROYEKSIKAN GAMBAR PADA SETIAPPERMUKAAN DATAR, PROYEKTOR LCD CENDERUNG LEBIH KECIL DAN LEBIH PORTABEL DARIPADA BEBERAPA JENIS SISTEM PROYEKSI LAIN.MESKIPUN DEMIKIAN, KUALITAS GAMBAR TERBAIK ADALAH DITEMUKAN DENGAN MENGGUNAKAN PUTIH KOSONG, ABU-ABU, ATAU HITAM(YANG BLOK MEMANTULKAN CAHAYA AMBIENT) PERMUKAAN, LAYAR PROYEKSI BEGITU BERDEDIKASI SERING DIGUNAKAN.PERSEPSI WARNA DALAM GAMBAR YANG DIPROYEKSIKAN ADALAH FAKTOR DARI KEDUA PERMUKAAN PROYEKSI DAN KUALITASPROYEKTOR. KARENA PUTIH LEBIH MERUPAKAN WARNA NETRAL, PERMUKAAN PUTIH PALING COCOK UNTUK NADA WARNA NATURAL DANTIMBUL, PERMUKAAN PROYEKSI PUTIH LEBIH SERING TERJADI PADA BISNIS PALING DAN LINGKUNGAN SEKOLAH PRESENTASI.NAMUN, GELAP HITAM DI DALAM GAMBAR PROYEKSI TERGANTUNG PADA BAGAIMANA GELAP LAYAR. KARENA ITU, BEBERAPA PRESENTER
  • 19. PENGERTIAN PRINTER, PRINTER MERUPAKAN SEBUAH PERANGKAT KERASYANG DIHUBUNGKAN PADA KOMPUTER YANG BERFUNGSI UNTUKMENGHASILAN CETAKAN BAIK BERUPA TULISAN ATAUPUN GAMBAR DARIKOMPUTER PADA MEDIA KERTAS ATAU YANG SEJENISNYA. JENIS PRINTERADA TIGA MACAM, YAITU JENIS PRINTER DOT METRIX, PRINTER INK JET, DANPRINTER LASER JET.
  • 20. 1.harddisk 2.compactdisk 3.disket 4.flashdisk
  • 21. PLOTTER ADALAH PRINTER GRAFIS YANG MENGGAMBAR DENGANMENGGUNAKAN PENA-PENA TINTA, PLOTTER JUGA MERUPAKAN PERANGKATOUTPUT PERTAMA YANG MAMPU MENCETAK GAMBAR BERUKURAN GAMBARSEBESAR GAMBAR ARSITEKTUR DAN ENGINEERING.• ADAPUN PENGERTIAN LAIN PLOTTER ADALAH SEBUAH MESIN YANGSECARA OTOMATIS AKAN MENGGAMBAR GRAFIK BERDASARKAN DATA YANGDIMASUKKAN.• SEDANGKAN PLOTTER MASIH DIBAGI YAITU ADA PLOTTER AUTO,YAITUSEBUAH MESIN YANG SECARA OTOMATIS AKAN MENGGAMBAR GRAFIKBERDASARKAN DATA YANG DIMASUKKAN.
  • 22. HARDISK MERUPAKAN PIRANTI PENYIMPANAN SEKUNDER DIMANA DATA DISIMPAN SEBAGAI PULSA MAGNETIK PADA PIRINGANMETAL YANG BERPUTAR YANG TERINTEGRASI. ATAU DAPAT DIARTIKAN DENGAN CAKRAM KERAS. DATA DISIMPAN DALAMLINGKARAN KONSENTRIS YANG DISEBUT TRACK. TIAP TRACK DIBAGI DALAM BEBERAPA SEGMENT YANG DIKENAL SEBAGAISECTOR. UNTUK MELAKUKAN OPERASI BACA TULIS DATA DARI DAN KE PIRINGAN, HARDDISK MENGGUNAKAN HEAD UNTUKMELAKUKANNYA, YANG BERADA DISETIAP PIRINGAN. HEAD INILAH YANG SELANJUT BERGERAK MENCARI SECTOR-SECTORTERTENTU UNTUK DILAKUKAN OPERASI TERHADAPNYA. WAKTU YANG DIPERLUKAN UNTUK MENCARI SECTOR DISEBUT SEEK TIME.SETELAH MENEMUKAN SECTOR YANG DIINGINKAN, MAKA HEAD AKAN BERPUTAR UNTUK MENCARI TRACK. WAKTU YANGDIPERLUKAN UNTUK MENCARI TRACK INI DINAMAKAN LATENCY. HARDDISK MERUPAKAN MEDIA PENYIMPAN YANG DIDESAINUNTUK DAPAT DIGUNAKAN MENYIMPAN DATA DALAM KAPASITAS YANG BESAR. HAL INI DILATAR BELAKANGI ADANYA PROGRAMAPLIKASI YANG TIDAK MEMUNGKINKAN BERADA DALAM 1 DISKET DAN JUGA MEMBUTUHKAN MEDIA PENYIMPAN BERKAS YANGBESAR MISALNYA DATABASE SUATU INSTANSI. TIDAK HANYA ITU, HARDDISK DIHARAPKAN JUGA DIIMBANGI DARI KECEPATANAKSESNYA. KECEPATAN HARDDISK BILA DIBANDINGKAN DENGAN DISKET BIASA, SANGAT JAUH. HAL INI DIKARENAKAN HARDDISKMEMPUNYAI MEKANISME YANG BERBEDA DAN TEKNOLOGI BAHAN YANG TENTU SAJA LEBIH BAIK DARI PADA DISKET BIASA. BILATANPA HARDDISK, DAPAT DIBAYANGKAN BETAPA BANYAK YANG HARUS DISEDIAKAN UNTUK MENYIMPAN DATA KEPEGAWAIANSUATU INSTANSI ATAU MENYIMPAN PROGRAM APLIKASI. HAL INI TENTU SAJA TIDAK EFISIEN. DITAMBAH LAGI WAKTUPEMBACAANNYA YANG SANGAT LAMBAT BILA MENGGUNAKAN MEDIA PENYIMPANAN DISKET KONVENSIONAL TERSEBUT. JIKADIBUKA, TERLIHAT MATA CAKRAM KERAS PADA UJUNG LENGAN BERTUAS YANG MENEMPEL PADA PIRINGAN YANG DAPATBERPUTAR DATA YANG DISIMPAN DALAM HARDDISK TIDAK AKAN HILANG KETIKA TIDAK DIBERI TEGANGAN LISTRIK. DALAMSEBUAH HARDDISK, BIASANYA TERDAPAT LEBIH DARI SATU PIRINGAN UNTUK MEMPERBESAR KAPASITAS DATA YANG DAPATDITAMPUNG.
  • 23. PENGERTIAN CD-ROM CD-ROM(SINGKATAN DARI COMPACT DISC - READ ONLY MEMORY) ADALAH SEBUAH PIRINGAN KOMPAKDARI JENIS PIRINGANOPTIK (OPTICAL DISC) YANG DAPAT MENYIMPAN DATA. UKURAN DATA YANGDAPAT DISIMPAN SAAT INI BISAMENCAPAI 700MB ATAU 700 JUTA BITA. CD-ROM BERSIFAT READONLY (HANYA DAPAT DIBACA, DAN TIDAK DAPATDITULISI). UNTUK DAPAT MEMBACA ISI CD-ROM,ALAT UTAMA YANG DIPERLUKAN ADALAH CD DRIVE. PERKEMBANGANCD-ROM TERKINIMEMUNGKINKAN CD DAPAT DITULISI BERULANG KALI (RE WRITE / RW) YANG LEBIHDIKENALDENGAN NAMA CD-RW.PENGERTIAN CD-ROM CD-ROMKEPANJANGAN DARI COMPACT DISK READ ONLY MEMORI YANG ARTINYA BAHHWA CD-ROM DRIVEHANYA BISADIGUNAKAN UNTUK MEMBACA SEBUAH CD SAJA. SECARA GARI BESAR CD-ROMDIBEDAKAN MENJADI 2 MENURUTTIPENYA YAITU : ATA/IDE DAN SCSI. YANG PALING MENDASARIDARI PERBEDAAN TERSEBUT ADALAH KECEPATANNYA.KALAU ATA MEMILIKI KECEPATAN 100-133MBPS SEDANGKAN SCSI MEMILIKI KECEPATAN KIRA-KIRA 150 MBPS.UNTUK TIPE SCSIBIASANYA DITEMUKA PADA CR RW DRIVE. PADA CD ROM TERDAPAT TULISAN 56XARTINYAKEMAMPUAN MEMBERIKAN KECEPATAN TRANSFER DATA SEBESAR 56 X150 KBPS. TIPECD RW JUGA BIASANYADIBEDAKAN BERDASARKAN KEMAPUAN MEMBAKAR DAN MEMBACA. CDRW TIPE 12X8X32 ARTINYA MEMILIKIKEMAMPUAN MEMBAKAR PADA CD R SECCEPAT 12X,MEMBAKAR PADA CD RW SECEPAT 8X, DAN MEMBACA CDR/CD RW/DENGAN KECEPATANMAKSIMAL 32X
  • 24. CAKRAM LIUK ATAU DISKET (BAHASA INGGRIS: FLOPPY DISK) ADALAH SEBUAH PERANGKATPENYIMPANAN DATA YANG TERDIRI DARI SEBUAH MEDIUM PENYIMPANAN MAGNETIS BULATYANG TIPIS DAN LENTUR DAN DILAPISI LAPISAN PLASTIK BERBENTUK PERSEGI ATAU PERSEGIPANJANG.CAKRAM LIUK "DIBACA" DAN "DITULIS" MENGGUNAKAN KANDAR CAKRAM LIUK (FLOPPY DISKDRIVE, FDD). KAPASITAS CAKRAM LIUK YANG PALING UMUM ADALAH 1,44 MB (SEPERTI YANGTERTERA PADA CAKRAM LIUK), MESKI KAPASITAS SEBENARNYA ADALAH SEKITAR 1,38 MB.FLOPPY DISK DRIVE YAITU SUATU PERANGKAT YANG ADA DI DALAM KOMPUTER SEBAGAIASESORIS DAN PELENGKAP YANG DAPAT MENYIMPAN DATA DI DALAM DISKET DENGANKAPASITAS RENDAH. SELAIN DAPAT MENYIMPAN DATA DIDALAM DISKET FLOPPY DISK JUGADAPAT UNTUK BOOTING COMPUTER, DI DALAM COMPUTER TERDAPAT MAXIMAL DUA FLOPPYDISK YAITU FLOPY “A” DAN FLOPY “B” TETAPI BIASANYA YANG TERPASANG HANYA FLOPY “A “SAJA KARENA KEGUNAANNYA SANGATLAH TERBATAS.
  • 25. FLASH DISK/ FLASH MEMORY ATAU DINAMAKAN MEMORI STIK ADA YANGMENYEBUTNYA USB DRIVE ADALAH TEKNOLOGI PENYIMPANAN SEKUNDER. FLASHMEMORY MERUPAKAN MEDIA PENYIMPANAN YANG SANGAT PRAKTIS, KARENASELAIN BENTUKNYA YANG KECIL DAN RAMPING JUGA MEMILIKI KAPASITASPENYIMPANAN YANG LUMAYAN BESAR, SELAIN ITU JUGA PEMASANGANNYA SANGATMUDAH YAITU MENGGUNAKAN PORT UNIVERSAL SERIAL BUS (USB). APABILA KITAMENGGUNAKAN SYSTEM OPERASI WINDOWS 2000 ATAU YANG LEBIH BARU BEGITUFLASH MEMORY DITANCAPKAN PADA PORT USB MAKA AKAN MENGENALI ATAUMENDETEKSI DRIVE FLASH MEMORY TERSEBUT. KAPASITAS YANG UMUM BEREDAR DIPASARAN SAAT INI ANTARA LAIN 32 MB, 64 MB, 128 MB, 1GB, 2GB, DAN 4GB.KARENA KEPRAKTISANNYA BANAK PENGGUNA KOMPUTER MELAKUKANPENYIMPANAN MAUPUN BACKUP DATA MENGGUNAKAN FLASHDISK INI.
  • 26. BY:TANIA ANGELICA