Latar Belakang Perang Dingin
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Latar Belakang Perang Dingin

on

  • 4,414 views

 

Statistics

Views

Total Views
4,414
Slideshare-icon Views on SlideShare
4,414
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
100
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • woi parui den lapa
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Latar Belakang Perang Dingin Latar Belakang Perang Dingin Presentation Transcript

    • TUGAS SEJARAH SEMESTER IINAMA:SYAHRUL RAMADHAN KELAS:XII IPA D NIS:9940026051SMA NEGERI 2 SENGKANG KAB.WAJO/KEC.TEMPE
    • STANDAR KOMPETENSIKompetensi Dasar 2.1• Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan dunia internasional setelah perang dinginIndikator :• Menjelaskan faktor penyebab terjadinya perang dingin• Hubungkan perkembangan tekhnologi persenjetaan dan ruang angkasa dengan kondisi keamanan dunia pada masa perang dingin• Jelaskan perkembangan teknologi, informasi, komunikasi menuju proses globalisasi
    • A. Pengertian Perang Dingin• Peran dingin atau peran dunia ketiga(3) yaitu peran urat saraf yang terjadi antara blok barat (Amerika Serikat) dengan blok timur (Uni Soviet). Sering terjadi ketegangan karena selalu ingin menguasai dunia.
    • B. Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin• Latar Belakang terjadinya perang dingin adalah sebagai berikut :• Munculnya Amerika Serikat sebagai negara pemenang perang di pihak Sekutu (Inggris,Perancis, dan AS). AS berperan besar dalam membantu negara-negara Eropa Barat untuk memperbaiki kehidupan perekonomiannya.• Munculnya Rusia (Uni Soviet) sebagai negara besar dan berperan membebaskan Eropa bagian Timur dari tangan Jerman dan membangun perekonomian negara-negara di Eropa Timur. Uni Soviet meluaskan pengaruhnya dengan mensponsori terjadinya perebutan kekuasaan di berbagai negara Eropa Timur seperti Bulgaria, Albania, Hongaria, Rumania,Polandia, dan Cekoslowakia sehingga negara-negara tersebut masuk dalam pemerintahan komunis Uni Soviet.• Munculnya negara-negara yang baru merdeka setelah Perang Dunia II di luar wilayah Eropa.Dampaknya muncul 2 kelompok negara di dunia yaitu negara- negara maju dengan negara-negara berkembang, yang memberikan pengaruh bagi perkembangan politik dan ekonomi dunia.
    • C. Faktor Terjadinya Perang Dingin1. Penyebaran Ideologi Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai pemenangPerang Dunia II memiliki paham/ ideologi yang berbedaAmerika Serikat memiliki ideologi liberal-kapitalissedangkanUni Soviet berideologi komunis. Paham Liberal-Kapitalis (AS) yang mengagungkan kebebasan individu yangmemungkinkan kapitalisme berkembang dengan suburbertentangan dengan paham Sosialis-Komunis (US) yangberkeyakinan bahwa paham itu dapat lebih mempercepatkesejahteraan buruh maupun rakyatnya karena negara-negara yang mengendalikan perusahaan akan memanfaatkankeuntungannya untuk rakyat.
    • 2. Keinginan untuk Berkuasa AS dan US mempunyai keinginan untuk menjadipenguasa di dunia dengan cara-cara yang baru. AS sebagainegara kreditor besar membantu negara-negara yang sedangberkembang berupa pinjaman modal untukpembangunan dengan harapan bahwa rakyat yang makmurhidupnya dapat menjadi tempat pemasaran hasilindustrinya dan dapat menjauhkan pengaruh sosialiskomunis. Masyarakat miskin merupakan lahan subur bagipaham sosialis komunis. Uni Soviet yang mulai kuatekonominya juga tidak mau kalah membantu perjuangannasional berupa bantuan senjata atau tenaga ahli. Hal inidilakukan untuk mempengaruhi negara-negara tersebut.
    • 3. Berdirinya Pakta Pertahanan Guna mengatasi berbagai perbedaan yang ada dan kepentingan untukdapat berkuasa maka negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat mendirikanpakta pertahanan yang dikenal dengan nama NATO (North Atlantic TreatyOrganization) atau Organisasi Pertahanan Atlantik Utara. Sementara untukmengimbangi kekuatan NATO pada tahun 1955 Uni Soviet mendirikan paktapertahanan yaitu PAKTA WARSAWA. Anggota Pakta Warsawa yaitu UniSoviet, Albania, Bulgaria, Cekoslowakia, Jerman Timur, Hongaria, Polandia, danRumania. Berdirinya kedua pakta tersebut menyebabkan muncul rasa salingcuriga, ketidakpercayaan, dan kesalahpahaman antara kedua blok baik blok baratmaupun blok timur. Amerika dituduh menjalankan politik imperialis untukmempengaruhi dunia sementara Uni Soviet dianggap melakukan perluasanhegemoni atas negara-negara demokrasi melalui ideologi komunisme. Keadaan tersebut memicu ketegangan kian memuncak sehinggamuncullah persaingan senjata di antara kedua belah pihak. Masing-masing pihaksaling diliputi oleh suasana Perang Dingin yang bahkan mengarah pada terjadinyaPerang Dunia III.
    • D. Perkembangan Tekhnologi Persenjetaan DanRuang Angkasa Dengan Kondisi Keamanan DuniaPada Masa Perang Dingin• Teknologi Pada masa perang dingin sains dan teknologi yang terpautdengan kegiatan militer mendapat sorotan yang lebih daripemerintah. Pemerintah bersedia mengeluarkan dana yang besardemi kemajuan iptek di negara mereka. Pada periode ini tumbuhdisiplin-disiplin ilmu yang mempelajari dampak sains padamasyarakat. Di negara-negara maju, teknologi di era modernbukan lagi urusan individu atau komunitas berskala kecil.Teknologi modern mempunyai tujuan-tujuan nasional padawilayah ideologi, militer, ataupun ekonomi dan bentuk kesadarannasional untuk menggali sumber-sumber alam yang ada. Ini jugabertujuan untuk mewujudkan produksi barang dengan skala yangbesar.
    • • Bidang Militer Perebutan pengaruh antara AS dan US dalam paktapertahanan. Negara-negara barat membentuk North AtlanticTreaty Organization (NATO) tahun 1949 sebagai suatuorganisasi pertahanan. Bila salah satu anggotanya diserang makadianggap sebagai serangan terhadap NATO. Awalnya bermarkasdi Paris tetapi kemudian Perancis keluar karena mengganggapNATO didominasi oleh AS dan markasnya berpindah di Brussel.Hubungan Perancis dengan Uni Soviet dan RRC jauh lebih baikjika dibandingkan hubungan dengan negara Barat lainnyameskipun Perancis tidak menjadi anggota Blok Timur. Di Asia Tenggara dibentuk South East Asia TreatyOrganization (SEATO) athun 1954 atas dasar South East AsiaCollective Defence Treaty. Anggota utamanya adalah negara-negara barat sementara negara-negara di Asia Tenggara sepertiIndonesia justru tidak ikut serta. Pakta pertahanan tersebutditujukan terhadap komunis di Asia Tenggara khususnya diVietnam. SEATO bubar pada tahun 1975.
    • Sementara Uni Soviet dengan negara-negara blok Timur membentukPakta Warsawa (1955) atas dasar “Pact of Mutuaal Assistance and UnifiedCommand”. Di Asia Tenggara Uni Soviet memberikan bantuan peralatanmiliter dan teknisi kepada Vietnam yang akhirnya dapat mendesak AmerikaSerikat keluar dari negara tersebut(1975). persaingan senjata semakin majudan berkembang pesat. Itu semua memacu tiap negara untuk terusmengembangkan pertahanan negaranya masing-masing. Dengan adanya senjata nuklir yang dikembangkan secara pesat olehkedua negara, maka masyarakat dunia mengalami ketakutan yang luar biasaakan adanya kemungkinan perang nuklir yang sebenarnya oleh kedua negarayang bersengketa itu. Saat itu memang sempat beredar rumor bahwa unisoviet sudah meletakkan nuklir-nuklirnya di kuba dan diarahkan ke Amerika.Mendapat ancaman nuklir seperti itu Amerika tidak tinggal diam. Amerikakemudian menandatangani terbentuknya NATO. Ini adalah suatu organisasipertahanan yang kira-kira menyetujui tentang perjanjian bahwa apabila salahsatu negaranya diserang maka dianggap sebagai serangan terhadap NATO.Setelah mengetahui hal ini maka pemerintah Uni Soviet menarik kembalirudal-rudal nuklirnya dari Kuba.
    • • Bidang Ruang Angkasa Perang dingin ini juga membawa pengaruh besar pada perkembangankeruangangkasaan yang kita miliki. Mungkin jika tidak ada perang dingin, kitatidak akan tahu bagaimana bentuk tata surya kita. Pada saat itu kedua negarayang bersengketa saling berlomba-lomba menunjukkan kepada dunia bahwanegara merekalah yang paling baik dengan menyebarkan doktrin-doktrin yangmereka miliki. Amerika Serikat dan Uni Soviet saling berebut menguasai ruang angkasakarena dunia dirasa terlalu sempit untuk diperebutkan. Karena untukmeningkatkan gengsi negara mereka maka mereka sama-sama berlomba untukmeluncurkan roket ke luar angkasa. Hasilnya, kita semua menjadi tahu bahwasebenarnya kita ada pada tata surya apa, kemudian bagaimana bentuknya.Terlepas dari siapa yang pertama kali mengabarkan berita ini, namun denganadanya perang dingin ini secara tidak langsung juga berdampak padaperkembangan ilmu pendidikan keruang angkasaan kita.
    • · Berawal dari upaya Uni Soviet meluncurkan pesawatSputnik I dan Sputnik II yang ditandingi AS denganmeluncurkan pesawat Explorer I dan Explorer II, Discoveredan Vanguard.· Diikuti dengan usaha Uni Soviet untuk mendaratkan Lunikdi bulan serta astronot pertamanya Yuri Gagarin denganpesawat Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108menit. Sementara Amerika Serikat mengirim astronotpertamanya yaitu Alan Bartlett Shepard yang berada di luarangkasa selama 15 menit.· Uni Soviet menunjukkan kelebihannya denganmeluncurkan Gherman Stepanovich Titov yang mengitaribumi selama 25 jam dengan Vostok II. Disusul AmerikaSerikat meluncurkan WSJohn H. Glenn dengan pesawatFriendship VII yang berhasil mengitari bumi sebanyak 3 kali.
    • E. PerkembanganTeknologi, Informasi, KomunikasiMenuju Proses Globalisasi• . GLOBALISASI Globalisasi adalah jaringan kerja global yang secara bersamaanmenyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasike dalam saling ketrgantungan dan persatuan dunia. Globalisasi tidak dapat dihindarkan bagi setiap bangsa dannegara, sementara globalisasi mengandung fenomena sebagai berikut.1 Homogenisasi Homogenesis merupakan sebuah fenomena globalisasi yangdisebabkan oleh kemajuan teknologi komunikasi yang dapatmenyebar ke masyarakat global. Dampaknya nilai-nilaibudaya, vitalitas, dan potensi yang asli ditinggalkan dan nilai-nilaiyang telah dipaket dan diproduksi secara massal (seperti melaluiTV, Radio,dkk), diiklankan dan dijual ke pasar lalu diadopsi beramai-ramai.
    • 2 Ketergantungan Negara-negara yang masih mengimpor teknologikomunikasi dan informasi kebanyakan negara-negaraberkembang yang akan selalu mengalami masaketergantungan yang berkepanjangan pada negara maju yangmembuat peralatan teknologi informasi dan komunikasi.3 Keterbukaan dan Integrasi Kemajuan teknologi informasi dan komunikasimenjadikan dunia semakin terbuka dan terintegrasi. Jaraktidak lagi menjadi hambatan untuk melakukan komunikasidan segala informasi dunia dapat diketahui denganmudah, arus globalisasi terus berkembang tanpa dapatdikendalikan bahkan ditolak.
    • SEKIAN PRESENTASE DARI SAYA ASSALAMU ALAIKUMWARAHMATULLAHI WABARAKATUH