Menulis Petunjuk

3,560 views
3,352 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
5 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
3,560
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
201
Comments
1
Likes
5
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Menulis Petunjuk

  1. 1. Susana Devi Anggasari, S.Pd.
  2. 2. PETUNJUK Petunjuk  ketentuan yang memberi arah atau bimbingan untuk menggunakan, membuat, atau melakukan sesuatu. Tujuan  agar pembaca petunjuk tidak mengalami kesalahan saat melakukan suatu yang diinginkan sesuai dengan petunjuk.
  3. 3. MELAKUKAN SESUATU PETUNJUK MEMBUAT SESUATU MENGGUNAKAN SESUATU
  4. 4. SYARAT PETUNJUK 1. 2. 3. Jelas  maksudnya tidak membingungkan dan mudah diikuti. Logis  menjelaskan urutan-urutan tersebut harus berhubungan secara praktis dan logis, tidak menimbulkan salah langkah; Singkat  hanya mencantumkan hal-hal yang penting saja.
  5. 5. BAHASA PETUNJUK Kalimat perintah halus Panaskan air sebanyak 3 gelas.  Kupas buah nanas dan potong tipis-tipis.  Tidak menimbulkan keraguan Jelas Kurang Jelas Tuangkan satu sendok teh garam dapur. Tuangkan sedikit garam dapur lembut. Rebuslah adonan selama 5 menit Rebuslah adonan sebentar.  Singkat, Padat, Jelas
  6. 6. LANGKAH MENULIS PETUNJUK MELAKUKAN SESUATU 1. 2. 3. 4. 5. 6. Tuliskan petunjuk melakukan sesuatu secara urut sesuai urutan yang harus dilakukan, apabila perlu berikan penomoran. Tuliskan petunjuk secara rinci dan detail, sehingga pembaca petunjuk tidak mengalami kebingungan saat mengikuti tutorial tersebut. Cantumkan keterangan dengan lengkap berkaitan dengan hal yang akan dilakukan. Cantumkan hal-hal yang harus dihindari apabila hal yang akan dilakukan berkaitan dengan sesuatu yang dapat berdampak negatif dan berbhaya. Gunakan bahasa yang singkat, jelas dan komunikatif. Jika diperlukan, sertakan ilustrasi pendukung seperti gambar dan sebagainya.

×