bab 5

325 views
218 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
325
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
58
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

bab 5

  1. 1. Http://Dandy-ORG.Blogspot.Com
  2. 2. SK & KD iNDIKATOR Peta Konsep Materi Uji Kompetensi Kunci Jawaban
  3. 3. • SK : MEMAHAMI DASAR-DASAR INTERNET KD : 1.Mengidentifkasi perangkat keras yang digunakan dalam akses internet 2.Mengenal kecepatan akses internet 3.Melakukan berbagai cara untuk memperoleh sambungan internet 4.Fasilitas dan aplikasi internet
  4. 4. • 5.1 PERANGKAT KERAS /HARDWARE UNTUK • MENGAKSES INTERNET • 5.2 PERANGKAT KERAS TABAHAN UNTUK MENGAKSES • INTERNET • 5.3 CARA MELAKUKAN KONEKSI INTERNET • 5.4 FASILITAS DAN APLIKASI DALAM INTERNET
  5. 5. PERANGKAT KERAS/HARDWARE NTUK MENGAKSES INTERNET PERANGKAT KERAS TAMBAHAN UNTUK MENGAKSES INTERNET Peta Konsep CARA MELAKUKAN KONEKSI INTERNET FASLITAS DAN APLIKASI INTERNET
  6. 6. 1. Komputer Perangkat keras yang paling utama untuk mengakses jaringan internet adalah computer. Selain komputer masih terdapat perangkat lain yang dapat digunakan untuk mengakses jaringan komputer, seperti notebook, PDA, handphone dan lain-lain. Sebuah komputer dapat digunakan untuk mengakses jaringan internet harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti kecepatan processor, kapasitas harddisk, dan masih banyak yang lain.
  7. 7. 2. Modem Modem merupakan suatu perangkat keras untuk komunikasi tambahan bagi computer, berfungsi untuk mengkonversikan signal analog (telepon) menjadi signal digital (komputer) dan demikian juga sebaliknya. Signal digital ialah signal elektronik, yang diwakili oleh angka 0 dan angka 1, angka 1 mewaili signal hidup dan angka 0 mewakili signal mati. Dengan demikian signal kombinasi angkalah sebuah komputer mampu mengkonversi data menjadi bentuk teks, grafik dan sebagainya. Sedangkan signal analog merupakan bentuk gelombang bunyi melalui kabel elektrik/telepon. Jenis-jenis modem adalah sebagai berikut ini :
  8. 8. a. Modem Internal Modem Internal terpasang langsung di dalam CPU. Secara fisik modem internal berupa sebuah card yang tertancap pada salah satu slot ekspansi pada mainboard, biasanya pada slot ISA atau PCI. b. Modem Eksternal Modem Eksternal merupakan alat yang diletakkan di luar system unit computer. Dengan modem inilah computer dapat terhubung ke internet dan berkomunikasi dengan orang lain di tempat yang berbeda. Kelebihan modem jenis ini jika kalian ingin memutuskan sambungan internet tidak harus mematikan system unit computer, hanya dengan mematikan modem yang ada di luar. Modem eksternal dihubungkan ke CPU melalui port COM atau USB. Keuntungan penggunaan modem jenis ini adalah portabilitasnya yang cukup baik sehingga gampang dipindah-pindah untuk digunakan di computer lain.
  9. 9. 3. Jaringan Komunikasi Selain peralatan diatas, satu hal yang tak kalah penting untuk dapat mengakses jaringan internet adalah jaringan komunikasi. Jaringan komunikasi yang dapat digunakan untuk akses internet yaitu : a. Kabel Telepon Telepon merupakan saluran komunikasi untuk mentransfer data. Sarana komunikasi ini penting untuk menghubungkan computer dengan jaringan internet. b. Jaringan seluler GSM (Global System for Mobile Communications) dan CDMA (Code Division Multiple Access)selain digunakan untuk keperluan telepon, hamper semua jaringan seluler GSM dan CDMA dapat digunakan untuk mengakses internet. c. Jaringan kabel optic (TV Kabel) d. Satelit (VSAT)
  10. 10. PERANGKAT KERAS PENDUKUNG AKSES INTERNET Selain ketiga perangkat utama di atas (computer, modem, saluran telpon) terdapat juga beberapa perangkat keras pendukung akses internet. Antara lain: 1. Hub/Switch Hub merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menggabungkan beberapa computer. Hub menjadi saluran koneksi sentral untuk semua computer dalam jaringan. Hub dibedakan menjadi dua yaitu, active hub merupkan sebuah repeater elektrik yang dilenggkapi dengan 8 konektor yang berfungsi untuk membentuk sinyal digital yang dikirim dan menyesuaikan impedensinya untuk memelihara data sepanjang jalur yang dilaluinya, yang kedua adalah passive hub merupakan sebuah repeater elektrik yang memiliki 4 konektor yang berfungsi untuk menerima sinyal pada salah satu konektor dan meneruskannya pada tiga konektor lain.
  11. 11. 2. Repeater Repeater merupakan perangkat yang digunakan untuk menerima sinyal dan memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli, singkatnya repeater berfungsi untuk menguatkan sinyal agar sinyal dikirim sama dengan sinyal aslinya. 3. Brige Berige merupakan perangkat lunak menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama/sejenis. Dengan bridge sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. 4. Router Router merupakan perangkat yang berfungsi hamper sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda Cara koneksi internet
  12. 12. 1. Koneksi internet dengan menggunakan Dial-up Untuk bisa melakukan koneksi internet dengan menggunakan dialup, setidaknya anda harus memiliki computer, modem,dan sambungan telepon rumah. Prosesnya, pertama kali computer yang di hubungkan dengan modem melakukan panggilan telepon(Dial-up) ke penyelenggara internet atau ISP(Internet sevice Provider), setelah terhubung, anda baru bisa melakukan akses internet. Kecepatan akses menggunakan tipe ini adalah maksimum 56 Kbps(Kilo bite per second). 2. Koneksi internet dengan TV kabel Koneksi dengan TV kabel memiliki beberapa kelebihan di bandingkan dengan menggunakan saluran telepon. Salah satunya adalah kita bisa menggunakan internet selama 24 jam tanpa harus terganggu oleh sibuknya telepon. Jika kita menggunakan koneksi internet jenis ini, kita bisa menikmati variasi kecepatan akses antara 64 Kbps, 384 Kbps, 512 Kbps, 1024 Kbps, dan 1536 Kbps. Tentu saja sesuai dengan layanan yang di pilih.
  13. 13. 3. Koneksi internet dengan menggunakan ADSL( Asymmetric Digital Subscriber Line) Koneksi ini menghubungkan computer dengan modem khusus dengan salura telepon biasa, seperti hal nya koneksi dial up, tetapi ada frekuensi yang berbeda sehingga keuntungan line telepon bias di gunakan bersama-sama dengan internet. Untuk mendapat koneksi internet ADSL anda harus menghubungi costumer service masingmasing ISP untuk pemesanan instalasinya. Jika nada memakai koneksi ini kecepatan aksesnya antara 350-600 Kbps. 4.Koneksi internet dengan wireless Hotspot merupkan wireless LAN, yang biasanya di pasang di pusat ke ramai ataupun di tempat public. Selain ditempat ini anda juga bias memasngnya di rumah, tentunya kita harus berlangganan dengan ISP yang koneksinya bisa di sharing. Biasanya koneksi internet yang bisa di sharing menggunakan koneksi ADSL atau TV kabel, setelah koneksi tersedia, maka kita bisa menggunakan wireless router untuk di sharing ke kompuer/laptop lainnya. Kecepatan akses dengan menggunakan wireless LAN yaitu 54 Mbps tapi kecepatan aslinya tergantung pada penyedia layanan ini.
  14. 14. 5. Koneksi internet dengan menggunakan GPRS (General packet Radio Service ) Koneksi GPRS adalah koneksi yang menggunakan handphone GSM sebagai modem. Namun tidah semua HP bisa di jadikan sebuah modem. Hanya HP yang memiliki fasilitas WAP saja yang bisa di gunakan. Untuk bisa mengakses internet dengan GPRS, maka kita harus mengaktifkan fasilitas GPRS terlebih dahulu. Kecepatan yang tersedia sekitas 60 Kbps, tetapi umumnya hanya mencapai kecepatan 12 Kbps. Itu pun kalau sinyalnya penuh 6. Koneksi internet dengan menggunakan 3G (UMTS) 3G merupakan pengembangan dari GPRS yang aksesnya dengan keceptan tinggi. System saat ini yang di gunakan adalah UMTS (jaringan 3G). kecepatan aksesnya mencapai 384 Kbps. Kecepatan realnya adalah 22 Kbps.
  15. 15. Fasilitas-fasilitas Aplikasi yang ada dalam Internet Word Wide Web (www) www adalah sebuah bagian terpenting dalam Internet, www adalah dokumenter yang disimpan di server-sever yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen tersebut dibuat dengan menggunakan hypertext dan hypermedia, yakni hypertext markup language (html), html mempunyai kemampuan untuk menghubungkan (link) sebuah dokumen denganokumen yang lain. Dokumen trsebut memuat berbagi hal, yakni text, gambar, animasi, audio, video atau yang lainya. elektronik Mail (e-Mail) email adalah sebuah aplikasi internet yang bertujuan untuk berkomunikasi berupa text dan media. email juga berfungsi untuk pengganti SMS (Sort Message Service). email merupakan aplikasi hampir semua penyedia ,melayani gratis.Penyedia email Gratis: Yahoo! Gmail Mail.comAol Aim dan masih banyak lagi …
  16. 16. Mailing List (Milis) Milis adalah aplikasi Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau informasi dalam suatu kelompok. Bedanya dengan email adalah, jika email untuk mengirim dari satu orang ke seseorang saja, namun mailis sekali kirim, surat akan terkirim kepada semuat teman yang tergabung dalam milis. Milis bisa juga di gunakan untuk nge-Gosip di dunia maya atau bertukar pengalaman pribadi. Newsgroup Newsgroup adalah alat yang digunakan oleh seseorang untuk berkomunikasi melalui sebuah forum. Biasanya anggota Newsgroup membahas topik-topik yang sama dalam sebuah komunitas persatuan. Newsgroup juga di anggap sebagai bulletin board, dimana seorang anggotanya bisa bebas membuat topik dan menyampaikan pendapatnya. Sarana yang mungkin digunakan dalam Newsgroup dapat berupa multimedia (audio visual).
  17. 17. Internet Relay Chat (IRC) IRC merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk bercakap-cakap di internet (Chatting). IRC umumnya aplikasi Website Jejaring Sosial, di antaranya. Facebook KasKus Twitter Yahoo! Messanger IRC juga mendukung Video Chat, dimana Video Chat tersebut bisa menonton antarmuka pengobrol dengan menggunakan perangkat WebCamp. File Transfer Protokol (FTP) FTP adalah fasilitas yangndigunakan untuk mentransfer informasi dari sebuah komputer ke komputer server mealui internet (upload) atau menyalin file dari komputer server ke komputer pengakses (download). Contoh dari FTP adalah WS FTP dan Leaf FTP.
  18. 18. 1. Berikut ini yang termasuk perangkat keras untuk mengakses internet, kecuali... a. Komputer c. Modem b. Satelit d. WWW 2. Selain komputer masih terdapat masih banyak lagi perangkat lain yang dapat mengakses internet kecuali.... a. Notebook c. Modem b. PDA d. Handphone 3. Jaringan komunikasi yang dapat mengakses internet adalah.... a. Kabel telepon c. Jaringan kabel optik b. Satelit d. a, b, c benar 4. Ada berapa perangkat keras tambahan untuk mengakses internet... a. Dua c. Empat b. Tiga d. Lima
  19. 19. 5. Salah satu perangkat tambahan untuk mengakses internet adalah... a. Repeater c. Handphone b. Komputer d. Modem 6. Apa saja cara melakukan koneksi internet adalah.... a. TV kabel c. wireless b. Menggunakan ADSL d. Semuanya benar 7. Berapa variasi yang dapat dinikmati jika menggunakan hardware tambahan TV kabel, kecuali... a. 12 Kbps c. 384 Kbps b. 64 Kbps d. 512 Kbps
  20. 20. 8. Ada berapa sajakah fasilitas yang ada pada dalam internet... a. Empat c. Enam b. Lima d. Tujuh 9. Aplikasi apa yang digunakan untuk bercakap-cakap.... a. Newsgroup c. WWW b. IRC d. FTP 10. FACEBOOK merupakan salah satu dari aplikasi yang disediakan oleh.... a. Milis c. IRC b. Newsgroup d. FTP
  21. 21. Click To Continue >>

×