Pengantar Sosiologi

5,658 views
5,479 views

Published on

Published in: Education
1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
5,658
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
124
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pengantar Sosiologi

  1. 1. PENGANTAR SOSIOLOGI
  2. 2. MUHAMAD YOGI41032161121007Faculty of Education And Teachering ScienceIslamic University of NusantaraBandung2013
  3. 3. PENGANTAR SOSIOLOGIPENDAHULUANSosiologi? Ilmu tentang masyarakat (?)Socious berteman, berkawanLogos/logia IlmuJadi Sosiologi Ilmu tentang berteman bermasyarakat.Apa dari masyarakat itu yang dibahas dalam sosiologi?Kodrat manusia :- Ingin bergaul, berteman- Ingin memenuhi kebutuhan hidup- Ingin bertahan hidup- Ingin dihormati/menghormati- Ingin dicintai/mencintai- Ingin melindungi/melindungi- dll
  4. 4. Kunci dari semua itu apa?Kuncinya adalah interaktsi/hubungan obyek sosial.Tanpa ada interaksi tak ada masyarakat.Ada 3 macam hubungan :- Hubungan primer- Hubungan sekunder- Hubungan tersierHubungan/Interaksi bisa :- Antar individu- Antar kelompok- Individu dengan kelompokSosiologi mempelajari jaringan interaksi dalam masyarakat.Jaringan meliputi :- Proses sosial stratifikasi sosial- Struktur sosial lembaga-lembaga sosial, organisasisosial- Perubahan sosial mobilitas sosial dengan segalakonsekuensinya
  5. 5. Mengapa belajar sosiologi ?Manusia terdiri dari 3 aspek pokok:- Manusia sebagai makhluk biologis- Manusia sebagai makhluk budaya- Manusia sebagai makhluk sosialDari ke-3 aspek diatas muncul teori :- Individualisme- KolektivismeIndividualisme bersifat :- Individual, bertanggung jawab pada diri sendiri- Sifat sosial adalah faktor sekunder- Utamakan kepentingan dan kebebasan pribadi- Mempunyai hak mutlak yang harus dipenuhi masyarakat- Hak individu tak boleh dikorbankan untuk kepentinganmasyarakat
  6. 6. Tokoh : Epicurus manusia sebagai makhlukkebutuhan (need creatures)Kolektivisme bersifat :- Individu sekedar sarana bagi masyarakat secarakeseluruhan- Prioritas ada pada kepentingan masyarakat- Individu mempunyai kebebasan yang bertanggung jawabdemi kepentingan masyarakat, bangsa, negara- Berkorban demi kepentingan masyarakat, bangsa dannegaraTokoh : Aristoteles manusia sebagai makhluk sosial(zoon-politicon)
  7. 7. Epicurus berpendapat :- Manusia sebagai makhluk individu yang harus terpenuhikebutuhannya- Masyarakat sebagai sarana untuk memenuhikebutuhannyaAristoteles berpandapat :- Manusia sebagai makhluk sosial yang tak lepas darikebersamaan dengan manusia yang lain.- Masyarakat sebagai tujuan untuk membentuk kepribadiansecara utuh.
  8. 8. DEFINISI SOSIOLOGI:1. William G. SumnerIlmu tentang gejala-gejala sosial2. George SimmelMempelajari tentang hubungan antar manusia3. Emile DurkheimMempelajari tentang lembaga-lembaga sosial (the scienceof institutions)4. M. KovalevskyIlmu tentang organisasi dan perubahan sosial (the scienceof organization and social change)5. Max WeberIlmu tentang tindakan-tindakan sosial (sosial actions)Tindakan Sosial :Tindakan individu/kelompok yang berpengaruh padatindakan dan sikap orang / kelompok lain.
  9. 9. 6. Albion W. SmallIlmu yang mempelajari tentang proses-proses sosial(social Processes)7. Robert E. ParkIlmu tentang perilaku kolektif (collective behaviour)8. Astrid S. SusantoIlmu yang meneliti dan menjelaskan tindakan-tindakansosial manusia (tindakan keluar)Kesimpulan :Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubunganantar manusia baik ia sebagai individu maupunsebagai anggota kelompok.
  10. 10. Materi Penelitian Sosiologi :Realitas tentang kehidupan manusia sebagaimana adanya,hidup dan kehidupannya, perkembangan sertakeruntuhannya.Tugas Sosiologi :Memperoleh dan menafsirkan fakta-fakta tentanghubungan antar manusia, dan bukan bermaksud untukmemecahkan masalah-masalah yang ada.Tujuan Sosiologi :Meningkatkan daya kreatifitas manusia dalammenyesuaikan diri dengan kehidupan danmengembangkan pengetahuan yang obyektif tentanggejala kemasyarakatan yang dapat digunakan denganefektif terhadap problema sosial.
  11. 11. Sifat-Sifat Sosiologi1. Empirik : Berdasarkan pada observasi dan akal,bukan wahyu supranatural2. Teoritis : Sosiologi hanya membuat summary saja darihasil observasi sehingga bersifat abstrak.3. Kumulatif : Teori-teori yang ada berdasar pada teori-teoriterdahulu, yang sifatnya adalah perbaikan,sehingga teori yang baru lebih lengkap, luasdan sempurna.4. Non etik : Sosiologi tidak membahas tentang socialethic, tidak memasalahkan baik/burukmasyarakat. Tapi mengungkap dan menjelaskanrealitas-realitas sosial.
  12. 12. Madzab-Madzab Sosiologi1. M. Geografi & LingkunganEdward Buckle membuktikan bahwa ada hubungan eratantara tingkah laku manusia (penduduk) denganlingkungan geografi (tempat tinggal).Artinya : ada korelasi antara faktor alam denganstruktur serta organisasi sosial (karakteristiksosial masyarakat).2. M. Organis EvolusionerHerbert Spencer menyatakan :Suatu organisma akan bertambah sempurna denganadanya diferensiasi. Ini terjadi karena proses evolusi.
  13. 13. 3. M. FormalGeorge Simmel berpendapat bahwa elemen-elemenmasyarakat mencapai kesatuan melalui bentuk yangmengatur hubungan antar manusia.contoh :Manusia hidup bermasyarakat diatur oleh folkways /lembaga-lembaga sosial.Dengan demikian masyarakat akan teratur, meskisebenarnya bentuk (lembaga) itu yang membuat manusiaitu sendiri.
  14. 14. 4. M. PsikologiGabriel Tarde berpendapat :Gejala sosial mempunyai sifat psikologis yang terdiri dariinteraksi antar jiwa-jiwa individu, dimana jiwa tersebutmengandung unsur kepercayaan dan keinginan-keinginan.Bentuk utama interaksi sosial adalah :- Imitasi peniruan- Oposisi menentang- Adaptasi penyesuaianDalam masyarakat :Imitasi berhadapan dengan oposisi ini bisa menujupada bentuk adaptasi atau non adaptive (konflik)Misal : invention / penemuan baru.
  15. 15. 5. M. EkonomiKarl Marx berpendapat bahwa dalam masyarakat selaluterjadi perbedaan kelas yaitu kelas atas (borjuis) dankelas bawah (proletar).Kelas atas selalu berkuasa, kelas bawah tertindasselalu konflik.Konflik akan hilang kalau kelas bawah / buruh yangmenang sehingga dalam masyarakat tidak ada kelaslagi (clasless society).Tujuan utama : tercipta keadilanKelemahan : dalam masyarakat tak mungkintanpa kelas.
  16. 16. 6. M. HukumEmile Durkheim berpendapat bahwa hukum adalahkaidah-kaidah yang bersanksi.Berat ringan sanksi tergantung pada :- Sifat pelanggaran- Anggapan-anggapan serta keyakinan masyarakatterhadap baik buruknya suatu tindakan.Ada korelasi antara hukum dengan solidaritas sosial.

×