• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
kepemimpinan dan pengambilan keputusan
 

kepemimpinan dan pengambilan keputusan

on

  • 5,475 views

arti kepemimpinan dan beberapa hal mengenai pengambilan keputusan :)

arti kepemimpinan dan beberapa hal mengenai pengambilan keputusan :)

Statistics

Views

Total Views
5,475
Views on SlideShare
5,475
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
113
Comments
2

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

12 of 2 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • Individual decisionKebaikan :KeputusandapatdiambilsecaracepatPenanggungjawabkeputusanitujelasKecakapanseorangmanajerdapatdimanfaatkanKeburukan :Keputusanitukurangbaik, sebabkemampuan decision maker terbatasPrestisemanajerakanberkurang, jikakeputusannyaternyatasalahGroup decision :Kebaiakan :Keputusanrelatiflebihbaik, logis,sebabmerupakanhasilpemikirandaribeberapa orangKerjasamarelatifakandapatditingkatkanKeburukan :Pengambilankeputusanrelatif lama, bahkanseringbertele-teleBiayapengambilankeputusanrelatiflebihbanyak
  • Keyakinan :Manajerdalampengambilankeputusannyadidasarkanataskeyakinanbahwa “keputusan” inilah yang terbaiksetelahdiperhitungkandandianalisisfaktor-faktor internal daneksternalsertadampakpositifdannegatifdarikeputusantersebut.b. Intuisi :Manajerdalampengambilankeputusandidasarkanatassuarahatinya, bersifatilhamdanperasaan-perasaannya. Sasaran-sasara, pengaruh, preferensi-preferensi, danpsikologisindividupengambilkeputusanmemegangperananpenting. Disniilmusubjektifsangat vital. Pengambilankeputusanberdasarkanintuisimempunyaikebaikandankeburukan, sebagaiberikut.Kebaikan : - Keputusandapatditetapkandengancepat - Kecakapan decision maker dapatdimanfaatkanKeburukan : - Keputusanmungkinterbuktisalah, karena feeling bisasajasalah - Resikokeputusancukupbesar, sebabtidakberdasarkanilmiah.Fakta-fakta :Pengambilankeputusandidasarkanatashasilanalisis data, informasi, danfakta-fakta, sertadidukungolehkemampuanimajinasi, pengalaman, perspektif yang tepat, dandayapikiruntukmengimplementasikansituasidankondisimasadepan.Basis fakta-fakta (ilmiah) dalampengambilankeputusanmempunyaikebaikandankeburukan, sebagaiberikut :Kebaikan : - Keputusanditetapkandenganmenggunakandanmemanfaatkansaranadanprasarana, analisis data, informasi, danfakta, misalnyakomputer - ResikokeputusanrelatifkecilKeburukan : - Keputusanseringterlambat - Biayauntukpengambilankeputusanrelatifbesard. PengalamanManajerdalampengambilankeputusannyadidasarkankepadapengalamannyadanpengalamanpihak-pihak lain. Pengalamansangatberharga, memberikanpetunjukdanmemberikanjawabanataspertanyaan.Kebaikan : - Pengalamanmanajerdapatdimanfaatkandenganmenggunakanpengetahuanpraktisnya - KeterampilanterbaikdanlatarbelakangmanajerdapatdigunakanKeburukan : - Keputusan yang ditetapkanmungkintelahketinggalanzamansertatidaksesuaidengansituasidankondisisekarang - JikapengalamanmanajersangatterbatasmakakeputusannyasangatsempitKekuasaanDecision maker dalampengambilankeputusanharusberpedomanataskekuasaan yang dimilikinya, supayakeputusanitusahdan legal untukdiberlakukan. Hal inidisebabkankekuasaanmerupakandasarhukumuntukbertindakdanberbuatsesuatu.Kebaikan : - Keputusan yang ditetapkanbersifatresmidanmengikat - KeputusanharusditerimadanditaatisepenuhnyaKeburukan : - Keputusandapatmenjadirutindankecenderungan decision maker untukmenjadidiktatorial

kepemimpinan dan pengambilan keputusan kepemimpinan dan pengambilan keputusan Presentation Transcript

  • NAMA KELOMPOK : DIAH PRATIWIHESTI NUR MADANIAH LUTFIAH NURMA ISTIROKHAH MIFTAKHUL MIA
  • PEMIMPIN DANPENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • Istilah pemimpin adalah terjemahan leader/head/manager, yangjuga disebut manajer/kepala/ketua/direktur/presiden. Pemimpin merupakan salah satu intisari manajemen, sumberdaya pokok, dan titik sentral dari setiap aktivitas yang terjadi dalamsuatu perusahaan. Bagaimana kreativitas dan dinamikanya seorangpemimpin dalam menjalankan wewenang kepemimpinannya akansangat menentukan apakah tujuan perusahaan dapat dicapai atautidak. Pemimpin yang dinamis dan kreatif maka organisasi yangdipimpinnya juga akan semakin dinamis dan aktivitas-aktivitas yangakan dilakukan akan semakin banyak.
  • MANAJERManajer adalah sumber aktivitas dan mereka harusmerencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, danmengendalikan semua kegiatan, agar tujuan tercapai.Manajer harus memikirkan secara tuntas misiperusahaan, menetapkan sasaran-sasaran, strategi, danmengorganisasi sumber daya untuk tujuan yang telahdigariskan dalam anggaran dasar (AD) dan anggaran rumahtangga (ART).
  •  Tugas-tugas manajer :1. Pengambilan keputusan, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, penilaian, dan pelaporan.2. Memotivasi, artinya seorang manajer harus dapat mendorong para bawahannya untuk bekerja giat dan membina bawahan dengan bauk, sehingga tercipta suasana kerja yang baik dan harmonis.3. Manajer harus berusaha memenuhi kebutuhan bawahannya, supaya loyalitas dan partisipasinya meningkat.4. Manajer harus berusaha agar bawahannya bersedia memikul tanggung jawab dalam menyelesaikan tugasnya dengan baik.5. Manajer harus berusaha membina bawahannya, agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
  • Definisi Decision MakingMacamKeputus -an Teknik Decision Making
  • Pengambilan keputusan sangat penting dalam manajemendan merupakan tugas utama dari seorang pemimpin.Pengambilan keputusan ( decision making) diproses olehpengambil keputusan yang hasilnya keputusan. Keputusan-keputusan ini akan menimbulkan aktivitas-aktivitas, sehinggaproses manajemen dapat terlaksana. Keputusan akanmenimbulkan aktivitas dan atau mengakhiri aktivitas.Pengambilan keputusan merupakan tugas utama seorangmanajer sehari-hari, bahkan manajer diberi gaji olehperusahaan justru untuk mengambil keputusan yangbaik, tepat, dan menguntungkan perusahaan yangdipimpinnya. Setiap pengambil keputusan harus bertanggungjawab terhadap resiko keputusan yang diambilnya.
  •  Keputusan Auto Generated Keputusan semacam ini diambil dengan cepat dan kurang memperhatikan, mempertimbangkan data, informasi, fakta, dan lapangan keputusannya. Keputusan auto generated ini kurang baik, sebab resikonya besar. Tetapi jika seorang decision maker dapat melakukannya dan berhasil baik maka pemimpin tersebut akan cepat maju. Keputusan auto generated ini biasanya diambil dalam keadaan gawat, misalnya sekompi tentara telah dikepung musuh, pimpinannya harus secepatnya mengambil keputusan sebelum terlambat dan hancur.
  • Keputusan Induced Keputusan induced diambil berdasarkan scientific management atau manajemen ilmiah, sehingga keputusan itu logis, ideal, rasional untuk dilaksanakan dan resikonya relatif kecil, hanya proses pengambilan keputusan lebih lambat. Pada dasarnya tujuan kedua macam keputusan itu sama, yakni untuk mencapai hasil yang terbaik dan resiko yang sekecil-kecilnya
  • Pengambil keputusan adalah manajer baik secara “ Individual decision maupun Group decision”
  • Individual decisionkeputusan hanya ditetapkan oleh seorang manajer, sedangkan peranbawahan hanya dapat berpartisipasi memberikan saran-saran, pendapat, dan informasi saja, tetapi tidak berhak untuk ikutmemutuskannya.Group decisionkeputusan itu ditetapkan oleh para anggota grup, baik atas hasilmufakat dan musyawarah, maupun atas voting. Dalam prosespengambilan keputusan anggota grup ikut berperan aktifmembicarakan tujuan dari “keputusan, resiko, dan dampak keputusanserta ikut menetapkan keputusan tersebut”.
  • DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSANBasis pengambilan keputusan yang dilakukan oleh manajerbiasanya didasarkan atas : a. Keyakinan b. Intuisi (suara hati) c. Fakta-fakta d. Pengalaman e. Kekuasaan
  • TEKNIK-TEKNIKPENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • 1. Operation Research, yaitu dengan penggunaan metode-metode scientific (yang meliputi teknik-teknik matematis) dalam analisis dan pemecahan suatu masalah tertentu, penerapan teknik ini adalah usaha inventarisasi.2. Linear Programming, yaitu dengan menggunakan rumus-rumus matematik yang disebut juga vector analysis.3. Gaming War Games, yaitu dengan teori yang biasanya digunakan untuk menentukan strategi.4. Probability, yaitu dengan teori kemungkinan yang dapat diterapkan pada kalkulasi rasional atas hal-hal yang tidak normal, mengenai sebuah keputusan yang dipertimbangkan dan diperhitungkan.5. Ranking And Statistical weighting, yaitu dengan cara : 1). Melokalisasi berbagai faktor yang akan mempengaruhi keputusan terakhir 2). Menimbang faktor-faktor yang dapat dibandingkan dan yang tercakup di dalam setiap alternatif.
  • TEKNIK TERJITU ANALISIS SWOT (STRENGTH, WEAKNESSES, OPPORTUNITIES, THREATS)