Your SlideShare is downloading. ×
0
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Transaksi ekonomi dalam islam
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Transaksi ekonomi dalam islam

12,280

Published on

1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
12,280
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
258
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TRANSAKSI EKONOMI DALAM ISLAM
  • 2. Pengertian MuamalahMuamalah adalah bagian dari hukum Islamyang berkaitan dengan hak dan harta yangmuncul dari transaksi antara seseorang denganorang lain, atau antara seseorang dengan badanhukum atau antara badan hukum yang satudengan badan hukum yang lainnya.
  • 3. Asas-asas Transaksi Ekonomi dalam Islam Prinsip dasar (asas-asas) yang diterapkan syara’ dalam setiap transaksi,yaitu:1. Pihak-pihak yang bertransaksi harus memenuhi kewajiban yang telah disepakati dan tidak boleh saling mengkhianati. Surah Al-Maidah, 5: 1                                                                                                                                                        Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, penuhilah aqad-aqad itu. dihalalkan bagimu binatang ternak, kecuali yang akan dibacakan kepadamu. (yang demikian itu) dengan tidak menghalalkan berburu ketika kamu sedang mengerjakan haji. Sesungguhnya Allah menetapkan hukum-hukum menurut yang dikehendaki-Nya
  • 4. 3. Setiap transaksi dilakukan secara sukarela, tanpa ada paksaan dari pihak mana pun. Surah An-Nisa, 4: 29                                                                                                                                   Artinya:“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu.”4. Islam mewajibkan agar setiap transaksi, dilandasi dengan niat yang baik dan ikhlas karena Allah SWT, sehingga terhindar dari segala bentuk penipuan, kecurangan, dan penyelewengan.
  • 5. Penerapan Transaksi Ekonomi Dalam Islam1. Jual Belia. Pengertian Dasar Hukum dan Hukum Jual Beli Jual beli adalah persetujuan saling mengikat antara penjual (yakni pihak yang menyerahkan/ menjual barang) dan pembeli (pihak yang membayar/ membeli barang yang dijual). Mengacu pada Al-Quran dan hadist, hukum jual beli adalah mubah (boleh).b. Khiyar Khiyar ialah hak memilih bagi penjual dan pembeli untuk meneruskan jual-belinya atau membatalkan karena adanya suatu hal. Macam-macam Khiyar :1. Khiyar majelis2. Khiyar syarat3. Khiyar ‘aib (khiyar cacat)
  • 6. c. Macam-macam Jual Beli Jual beli dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, antara lain :1. Jual beli yang sah dan tidak terlarang yaitu jual beli yang terpenuhi rukun-rukun dan syaratnya.2. Jual beli yang terlarang dan tidak sah (batil) yaitu jual beli yang salah satu atau seluruh rukunnya atau jual beli itu pada dasr dan sifatnya tidak disyariatkan.3. Jual beli yang sah tapi terlarang (fasid), terjadi karena sebab-sebab berikut:• Merugikan si penjual• Mempersulit peredaran barang• Merugikan kepentingan umum
  • 7. 2. Simpan Pinjam Rukun dan syarat pinjam meminjam menurut hukum Islam adalah sebagai berikut :1. Yang berpiutang dan yang berutang, syaratnya sudah balig dan berakal sehat.2. Barang (uang) yang diutangkan atau dipinjamkan adalah milik sah dari yang meminjamkan.3. Ijarah Definisi ijarah menurut ulama mazhab Syafi’i adalah transaksi tertentu terhadap suatu manfaat yang dituju, bersifat mubah dan bisa dimanfaatkan dengan imbalan tertentu. Ada dua macam Ijarah, yaitu :1. Ijarah yang bersifat manfaat, seperti sewa-menyewa. Apabila manfaat itu termasuk manfaat yang dibolehkan syarat untuk dipergunakan, maka ulama fikih sepakat boleh dijadikan objek sewa-menyewa.2. Ijarah yang bersifat pekerjaan ialah dengan cara mempekerjakan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan.
  • 8. Kerjasama Ekonomi dalam Islam1. Syirkah Syirkah berarti perseroan atau persekutuan, yaitu persekutan antara dua orang atau lebih yang bersepakat untuk bekerjasama dalam suatu usaha, yang keuntungan atau hasilnya untuk mereka bersama. Syirkah dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu:a. Syarikat harta (syarikat ‘inan)b. Syarikat kerja2. Mudarabah Menurut istilah, mudarabah atau qirad adalah pemberian modal dari pemilik modal kepada seseorang yang akan memperdagangkan modal dengan ketentuan bahwa untung-rugi ditanggung bersama sesuai dengan perjanjian antara keduanya pada waktu akad.
  • 9. 3. Muzara’ah, Mukhabarah, dan Musaqaha. Muzara’ah dan Mukhabarah Muzara’ah ialah paruhan hasil sawah atau ladang antara pemilik dan penggarap, sedangkan benihnya berasal dari pemilik. Jika benihnya berasal dari penggarap disebut mukhabarah.b. Musaqah Musaqah adalah paruhan hasil kebun antara pemilik dan penggarap yang besar bagian masing-masingnya sesuai dengan perjanjian pada saat akad.4. Sistem Perbankan yang Islami Sistem perbankan yang Islami maksudnya adalah system perbankan yang berdasar dan sesuai dangan ajaran Islam yang dapat dirujuk pada Al-Qur’an dan Hadist. Sistem perbankan yang Islami dikelola oleh Bank Syariah.5. Sistem Asuransi yang Islami Menurut bahasa, kata asuransi (Arab : At-Ta’min) berarti pertanggungan. Sedangkan menurut istilah asuransi adalah akad antara penanggung dan yang mempertanggungkan sesuatu.

×