Peradaban china
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Peradaban china

on

  • 5,455 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,455
Views on SlideShare
5,455
Embed Views
0

Actions

Likes
2
Downloads
132
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Peradaban china Peradaban china Presentation Transcript

  • Dari penemuan arkeologi dan antropologi, daerah Cina telah didiami olehmanusia purba sejak 1,7 juta tahun yang lalu. Peradaban Cina berawal dariberbagai kota di sepanjang lembah Sungai Kuning pada zaman Neolithikum.Sejarah peradaban Cina kuno disebut-sebut dimulai pada tahun 2100 SM, dimana ketika itu Cina dikuasai oleh Dinasti Xia di bawah pimpinan Kaisar Yu.Dinasti Xia berkuasa hingga tahun 1766 SM, dan kemudian dijatuhkan olehKaisar T’ang yang mendirikan sebuah dinasti baru bernama Dinasti Shang. Sejarah tertulis Cina dimulai sejak Dinasti Shang. Cangkang kura-kuradengan tulisan Cina kuno yang berasal dari Dinasti Shang memiliki peninggalanradiokarbon hingga 1500 SM. Budaya, sastra, dan filsafat Cina berkembangpada zaman Dinasti Zhou yang melanjutkan Dinasti Shang. Dinasti inimerupakan dinasti yang paling lama berkuasa dan pada zaman dinasti inilahtulisan Cina modern mulai berkembang. Pada masa kekuasaan Dinasti Shangjugasudah ditemukan penggunaan perunggu, batu giok, kereta berkuda untukperang, serta praktik pemujaan leluhur.
  • Pada dasarnya pandangan berpikir orang Cina selalu mengembalikanhakekat keharmonisan antara kehidupan “langit” (alam gaib) dan kehidupan dibumi (alam dunia nyata). Mereka percaya bahwa alam semesta ini sebagaiakibat dari inkarnasi kekuatan alam. Alam dikuasai oleh spirit-spirit yangkekuatannya luar biasa. Alam semesta semata-mata hanyalah ekspresi darikekuatan alam yang dipengaruhi oleh spirit-spirit yang mendiami alam. Menurut dasar pikiran orang Cina, seluruh fenomena alam itu dapatdibagi dua klasifikasi yaitu yang dan yin. Orang Cina beranggapan bahwamanusia harus dapat menyesuaikan diri dengan ritme alam semesta.kehidupan harus harmonis dengan tiga dasar yaitu: kehidupan langit, bumi,dan kehidupan manusia itu sendiri.
  • Taoisme merupakan ajaran pertama bagi orang Cina yang dikemukakanLao Tse. Dikisahkan, Lao Tse merasa amat kecewa akan kehidupan dunia,sehingga ia memutuskan untuk pergi mengasingkan diri dengan tidakmencampuri urusan keduniawian. Ia kemudian menulis kitab Tao Te Chingyang kelak menjadi dasar pandangan ajaran Taoisme. Kitab Tao Te Chingmemuat ajaran bahwa seharusnya manusia mengikuti hukum alam, yaitudengan berpasrah kepada nasib, karena suka atau duka itu sama saja. DenganTao, manusia dapat menghindarkan diri dari segala keadaan yangbertentangan dengan irama alam semesta. View slide
  • Ajaran dari Kong Fu Tse memiliki pandasaran yang sama dengan ajaranTao. Menurut ajaran ini, Tao adalah sesuatu yang memiliki kekuatan untukmengatur alam semesta. Tujuan masnusia seharusnya diluruskan dengan Taoagar tercipta kedamaian dan keseimbangan. Ajaran ini percaya bahwabencana alam berasal dari ulah manusia yang menyalahi aturan Tao. Ajaran inijuga mencakup bidang pemerintahan dan keluarga. Masyarakat adalahkeluarga dengan ayah sebagai pemimpin (pemerintah) yang harus mengurusanaknya (rakyat) dengan memberi perintah atau yang lainnya sehingga sistemini dapat kita sebut juga dengan pemerintahan. View slide
  • Salah satu murid Kong Fu Tse, Meng Tse tidak setuju dengan pendapatajaran gurunya dalam beberapa hal. Menurutnya, Kong Fu Tse terlalumemperhatikan bangsawan, sehingga Meng Tse membawa ajaran yang lebihmemihak rakat kecil. Karena menurutnya, rakyat adalah komponen utamadalam suatu pemerintahan.
  • Bangsa Cina sejak zaman dahulu kala telah terkenal keahlianya dalamIlmu astronomi, Pembuatan Keramik, serta pemproduksi kain sutera. Dalamperdagangan internasional keramik dan kain sutera selalu menjadi barangkomoditas Cina yang paling utama. Dalam bidang lain, seperti pembuatan kertas dan mesin cetaksederhana, Cina merupakan pionirnya. Jauh sebelum kertas dipakai di duniaBarat. TsaiLun telah mengembangkan kertas di Cina. Demikian pula mesincetak sederhana, juga pertama kali dibuat oleh orang-orang Cina. Masa initerjadi saat pemerintahan Dinasti Han. Cina juga dikenal sebagai bangsa yang sudah mengenal kompas,sebelum bangsa Barat menggunakannya. Demikian pula dengan mesiu, danroket. Cina telah mengenalnya sejak jaman kuno, namun yangmengembangkan kemudian justru orang-orang Barat.
  • Dalam bidang pertambangan Cina telah mampu mengolah logam sepertibesi, emas, tembaga menjadi keperluan rumah tangga, perhiasan, dan senjata.Kemudian barang tersebut ada yang dipasarkan ke tempat lain. Cina memiliki seni arsitektur yang sangat hebat, seperti kuil Dewa Langit diPeking dan Pagar tembok Besar Cina. Seni arsitektur lain yang juga terkenaladalah istana-istana kaisar Cina. Ketika pengaruh Cina telah sampai di Korea danJepang, maka seni arsitektur Cina juga diadopsi oleh bangsa Jepang. Hal initerlihat dari tipe dan corak bangunan kuil dan istana raja atau kaisar, baik diKorea maupun Jepang yang jelas-jelas meniru arsitektur Cina Orang Cina juga telah mengenal gastronomi atau ilmu tentang tata boga.Mereka paham tentang pengaruh makanan terhadap tubuh manusia, apa yangboleh dimakan dan apa yang tidak, bagaimana harus mengolah makanan danbagaimana cara penyajiannya. Selain masakan, orang Cina juga pandai meramu obat-obatan yang bahandasarnya berasal dari alam. Obat-obatan ini dapat menyembuhkan penyakittertentu. Serain meramu, teknik pijat, akupuntur, tusuk jari juga berkembang
  • Orang Cina juga menguasai ilmu bela diri. Jenis-jenis beladiri dari Cinayaitu, kung fu, tai chi, wu shu. Kemampuan ini datang akibat banyaknyatantangan yang dihadapi masyarakat Cina kuno, seperti invasi dari negara luar,pergantian dinasti yang menimbulkan peperangan, kekacauan, keributan yangmengancam, shingga diperlukan keterampilan untuk mempertahankan diridari musuh.