Your SlideShare is downloading. ×
0
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
MURID SEJATI
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

MURID SEJATI

1,528

Published on

Tidak akan ada pengalaman tanpa pemuridan …

Tidak akan ada pengalaman tanpa pemuridan
Di sinilah letak keindahan dari pemuridan. Tentu saja, jika Anda mengikut Yesus, maka Anda akan ada bersama dia dan dia bersama Anda. Banyak orang Kristen yang tidak mau mengikut Yesus dan karena itu mereka tidak mengalami hadirat Yesus. Tapi mereka malah bertanya, "Mengapa Yesus tidak datang dan menyertai saya?" Jika Anda ingin agar Yesus menyertai Anda, maka Anda yang harus menyertai dia terlebih dahulu.

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
1,528
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
111
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. CIRI – CIRI SEORANG MURID : 1. Para Murid Tuhan Yesus ( 12 – Matias ) 2. Masa Kini : Anda dan saya Murid Adalah Orang Yang Mengikuti Orang Lain, Hidup dan Tinggal Bersama ,Belajar Dari Gurunya, Banyak Sekali Orang Menjadi Kristen, Tetapi Sedikit Sekali Yang Membuat Keputusan Untuk Menjadi Murid
  • 2. Bagaimana menjadi seorang murid? 'murid' adalah kata yang sangat sering muncul di dalam Perjanjian Baru. Kata ini muncul sebanyak 262 kali. Lalu apa arti kata ini? Kata murid ini pada dasarnya berarti seseorang yang belajar dari orang lain,magang. Orang yang tidak sekadar belajar secara jarak jauh melainkan orang yang hidup bersama dengan gurunya, seperti seorang santri. Pada zaman itu, jika Anda ingin belajar suatu keahlian Anda tidak datang ke sebuah kampus untuk mempelajari keahlian tersebut. Anda akan pergi ke seorang ahli yang akan mengajari Anda keterampilan itu, orang yang mengetahui seluk beluk urusan tersebut.
  • 3. (penganut sesuatu ajaran). Para pengikut Kristus, Matius 10: 24 . murid-murid Yohanes; Matius 9 : 14. murid-murid orang farisi, Matius 12:16. teristimewa keduabelas murid Tuhan, Matius 10:1-,11:1,20:17. dalam arti kata yang luas, ialah orang yang percaya pada Kristus dan pengajaranNya. MURID (Ibrani limmud; Yunani mathetes; Latin discipulus, = 'murid' atau 'pelajar') di PL 1 Taw 25:8; Yes 8:16; 50:4; 54:13. hubungan guru murid termasuk ciri umum dunia kuno; di situ para filsuf Yunani dan para rabi Yahudi mengumpulkan sejumlah murid baginya. Pada zaman PB kebiasaan seperti itu masih berlangsung, dan kata itu pada umumnya mengacu pada orang-orang yg menerima ajaran dari orang lain, ump ajaran Yohanes Pembaptis (Mat 9:14; Yoh 1:35), ajaran Farisi (Mrk 2:18; Luk 5:33), dan ajaran Musa (Yoh 9:28).
  • 4. Seorang murid mengikuti, memerhati dan belajar dari gurunya Sudah tentu, kata kunci dari hal pemuridan di dalam Perjanjian Baru adalah kata 'mengikut'. Inilah sebabnya mengapa kata 'ikut' sering muncul di dalam Perjanjian Baru. Pokok yang diajukan selalu tentang hal mengikut Yesus. Demikianlah, para murid mengikut Yesus kemanapun dia pergi.
  • 5. Jadi, arti murid adalah orang yang mengikuti gurunya di sepanjang hidupnya, di mana dalam masa pendidikan itu dia hidup bersama dengan gurunya. Anda bisa belajar bidang teknik atau kedokteran tanpa harus tinggal bersama dengan guru Anda. Anda bisa mengikuti kuliah. Namun, saya rasa, jika Anda berkesempatan untuk tinggal bersama dengan professor teknik ataupun profesor kedokteran, maka Anda akan belajar jauh lebih banyak tentang bidang-bidang tersebut dibandingkan dengan jika Anda belajar dari ruang kuliah.
  • 6. (1) Dibaptiskan ke dalam nama Yesus dan mengikut jalan tersebut Baptisan berarti putus hubungan dengan cara hidup yang lama dan melangkah maju untuk mengikuti jalan hidup baru bersama Kristus Yohanes 14:6. Ini adalah firman yang sangat terkenal, "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup." Akulah jalan, itulah pokok yang pertama. Apa arti jalan itu? Jalan berarti hal yang harus Anda ikuti. Untuk apa jalan itu ada? Untuk diikuti. Jika tidak ada jalan, maka tidak ada hal yang harus diikuti. Jika Anda berdiri di tengah padang pasir, di mana tidak ada jalan sama sekali, tentunya tidak ada hal yang bisa
  • 7. Anda tidak tahu sedang berada di mana, dan juga tidak tahu harus melangkah ke mana. Akan tetapi jika Anda ingin sampai ke tujuan, Anda harus mengikuti jalan - dan ini menunjukkan pergerakan. Jika Anda tidak bersedia meninggalkan cara hidup Anda yang lama, berarti Anda tidak bisa menjadi seorang murid dan memasuki jalan hidup baru bersama Kristus. Jadi, jika Anda tidak bersedia meninggalkan cara hidup Anda yang lama, berikut dosadosanya, maka Anda tidak akan dibaptiskan. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa baptisan itu berarti pemutusan hubungan dengan hidup lama Anda.
  • 8. Saya sampaikan hal ini kepada Anda yang akan dibaptiskan, jika Anda tidak bersedia memutuskan hubungan Anda dengan dosa-dosa Anda, tidak memutuskan hubungan dengan dunia, tidak memutuskan hubungan dengan ego Anda, janganlah menipu diri Anda sendiri dengan mengikuti baptisan. Jika Anda ingin memasuki jalan tersebut, maka Anda harus meninggalkan hal-hal yang memang harus ditinggalkan - dunia, dosa dan ego Anda.
  • 9. Apa artinya 'dibaptiskan ke dalam nama' Yesus? Tentunya pertanyaan yang akan muncul adalah yang berkenaan dengan makna dibaptiskan ke dalam nama Yesus. Terjemahan yang pantas untuk kalimat tersebut adalah baptiskan ke dalam nama, akan tetapi kita terbiasa dengan terjemahan, 'baptiskan dalam nama'. Makna kata aslinya secara harfiah berarti 'ke dalam nama.' Apa artinya? Salah satu cara untuk membantu kita memahami artinya adalah dengan mengamati seorang wanita yang telah menikah. Dia menikah dan kemudian mengemban nama suaminya. Itulah sebabnya, dia lalu disebut sebagai 'Nyonya Anu,' sedangkan nama aslinya tidak dipakai lagi.
  • 10. (2) Mengajarkan murid-murid untuk mentaati dan dikendali oleh semua yang diajarkan Yesus Apakah arti mengikuti Yesus? mengikut Yesus berarti mengikuti semua ajarannya. Mengikuti Tuhan secara rohani, selanjutnya secara harfiah Artinya, kita harus mengikuti urutan yang benar. Bukannya mengikut dia secara harfiah dulu dan selanjutnya berharap agar kita bisa mengikuti dia secara rohani.
  • 11. 1 Timotius 6:3,4 dia berkata, "Jika ada orang yang tidak sepaham, tidak terima, tidak mau taat ajaran Yesus, maka dia adalah orang yang berlagak tahu padahal tidak tahu apa-apa." Demikianlah, Paulus sendiri mendefinisikan murid sebagai seorang pengikut, yang taat kepada ajaran Yesus. Dan Anda bisa melihat bagaimana Paulus sendiri mendidik murid-muridnya, contohnya Timotius untuk mentaati semua ajaran Yesus (1 Timotius 6:3 dan 4.)
  • 12. (3) Tinggal di dalam Yesus (Aku selalu menyertaimu selalu) Demikianlah, kita bisa melihat bahwa seorang murid adalah orang yang mengikuti jalan kebenaran, yang taat pada semua kebenaran yang ada di dalam Yesus, dan dia mengalami kehidupan di dalam Yesus. Dia mengalami hadirat Yesus tinggal di dalam dirinya. Seperti yang dikatakannya, "Aku selalu menyertaimu." Itu adalah suatu janji. Suatu pernyataan. "Aku selalu menyertaimu."
  • 13. Tidak akan ada pengalaman tanpa pemuridan Di sinilah letak keindahan dari pemuridan. Tentu saja, jika Anda mengikut Yesus, maka Anda akan ada bersama dia dan dia bersama Anda. Banyak orang Kristen yang tidak mau mengikut Yesus dan karena itu mereka tidak mengalami hadirat Yesus. Tapi mereka malah bertanya, "Mengapa Yesus tidak datang dan menyertai saya?" Jika Anda ingin agar Yesus menyertai Anda, maka Anda yang harus menyertai dia terlebih dahulu.

×