• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Pemetaan materi bab 1 (nia)
 

Pemetaan materi bab 1 (nia)

on

  • 689 views

 

Statistics

Views

Total Views
689
Views on SlideShare
689
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
2
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • inter

Pemetaan materi bab 1 (nia) Pemetaan materi bab 1 (nia) Presentation Transcript

  • Pemetaan Materi Bab 1 Mengenal Internet dan World Wide Intranet Mengerti definisi Web Electronic internet dan Mail intranet serta aktivitas Mailing List didalamnya Mengetahui perkembangan Internet internet Relay Chat Mengetahui sumber daya File Transfer di internet Protocol Memahami pemanfaatan VolP internet dan intranet
  • Layanan SDM Intranet Layanan Bahan Dan logistik Internet Layanan SIKesehat Perbank Perdaga Pendidik Pariwis Jurnalis an an ngan an ata tik
  • Bidang KesehatanDalam bidang kesehatan, pemanfaatan teknologi informasi atau internet biasadisebut dengan e-health. Pemanfaatan e-health yang saat ini menjadi trendadalah telemedecine. Telemedenecine didefinisikan sebagai layanan kesehatan yangdilaksanakan dari jarak jauh atau dapat juga dikatakan transfer data medikelektronik dari suatu lokasi ke lokasi lainnya.Transfer data yang dilakukan telemedecine ini dapat berupa:1) Data teks dan numerik. Contohnya: laporan, korespodensi, catatan dengan pasien dalam bentuk rekam medik2) Data audio. Contohnya rekaman pembicaraan, sinyal audio dari stetoskop elektronis.3) Citra diam. Contohnya: foto rontgen, citra mikroskopik patologi, citra dermatologi, hasil CT-Scan.4) Data video. Contohnya: sinyal biologis ultrasound gerakan fetus.
  • Bidang PendidikanInternet memiliki peran yang besar bagi perkembanagan dunia pendidikan.Dengan adanya internet, penyebaran dan pertukaran informasi dapat berlangsungsangat mudah dan singkat. Informasi dan pengetahuan yang mengalir melaluiinternet ini tentu saja sangat menguntungkan banyak pihak. Kini kita dapatmengetahui berbagai macam hal tanpa perlu bersusah payah mencarinya kesanakemari. Cukup dengan menjelajahi internet, kita dapat menemukan beranekamacam informasi dan pengetahuan baru yang kita inginkan.Selain itu, internet juga memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi secaralangsung bersama para pakar yang ahli di bidangnya. Interaksi tersebut dapatdilakukan melalui email, chatting, video conference, dan beberapa mediakomunikasi lainnya. Bahkan, dengan adanya internet, seorang guru dan pesertadidiknya tidak harus bertatap muka secara langsung dalam menjalankan prosesbelajar mengajar.
  • BidangPerdaganganAkhir-akhir ini, proses jual beli barang dan jasa melalui internet bukanlah sesuatuyang asing lagi bagi banyak pengguna internet. Ratusan bahkan ribuan websitetelah bermunculan untuk menawarkan beraneka produk dengan berbagaikemudahan proses transaksi. Proses perdagangan mulai dari dunia internet inidikenal dengan nama e-commerce. Dengan kata lain e-commerce adalah kegiatanjual/beli barang atau jasa yang dijalankan secara elektronik melalui jaringaninternet.Perdagangan secara elektronik memberikan banyak manfaat baik bagi per-usahaan maupun bagi konsumen. Adapun manfaat yang diperoleh perusahaan,antara lain:1) Perusahaan dapat menjual produknya kepada lebih banyak konsumen sebab area cakupan internet meliputi wilayah yang sangat luas.2) Perusahaan dapat mengurangi biaya operanasional karena tidak memerlukan tambahan kantor cabang maupun karyawan.3) Adanya efisiensi biaya memungkinkan perusahaan untuk menurunkan harga produk, sehingga menarik lebih banyak konsumendan tentunya akan meningkatkan daya saing perusahaan.Manfaat yang diperoleh konsumen dengan adanya e-commerce, antara lain:1) Konsumen dapat melakukan transaksi pembelian kapan saja dan dimana saja, asalkan tersedia internet.2) Konsumen dapat membeli barang dari negara lain, jika belum tersedia di dalam negeri.3) Konsumen dapat mengurangi biaya transportasi dan menghemat waktu.Proses pembayaran pada transaksi elektronik pada umumnya dilakukan denganmenggunakan kartu kredit atau account paypal. Dengan adanya sistem pembayaranini, transaksi jual beli melalui internet dapat berjalan dengan mudah dan efektif.Tidak heran jika kini telah banyak perusahaan yang secara khusus menjalankan bisnisnyamelalui internet. Beberapa website yang didirikan khusus menjual produk-produknya
  • Internet Relay ChatInternet Relay Chat merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bercakap-cakap dengan lawan bicara melalui internet. Percakapan melalui internet inidikenaldengan sebutan chatting. Untuk melakukan chatting, kita cukup mengetikan kata-kata yang ingin kita ucapkan pada lawan bicara kemudian menggirimkannya. Saatini, aplikasi internet memungkinkan kita melakukan chatting sekaligus menyisipkangambar dan suara. Bahkan adanya fasilitas webcam, kita dapat melakukanchatting sambil melihat lawan bicara melalui layar monitor.
  • Layanan bahan Dan Logistikorganisasi kerja dapat berupa sebuah swalayan,perusahaan, pabrik dan lain-lain. Informasiyang dapat diletakkan di intranet sehinggamemungkinkan untuk di akses para pekerja,seperti citra yang dapat di-klik, yang menerangkangambaran fasilitas, ruangan pada suatukantor, peta kantor, buku telepon suatu perusahaan, atauform yang dapat diisi yangdigunakan untuk mencari informasi mengenai katalog.
  • Internet mulai dikembangkan pada tahun 1958 melalui sebuahlembaga riset di Amerika Serikatbernama ARPA (Advanced Research Projects Agency) dengan tujuanmengadakan penelitianterkait untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimilikioleh Dapartemen Pertahanandalam suatu jaringan komputer. Pada tahun 1969, ARPA berhasilmembuat jaringan komunikasidata antar-komputer dari berbagai universitas di Amerika Serikat.Jaringan ini kemudian disebutARPANET . Dengan semakin besarnya jaringan ARPANET, maka padatahun 1982 dibentuklahsebuah protokol pengiriman data di jaringan komputer yang disebutdengan TCP/IP. Ditahun 1990,seorang peneliti bernama tim Berners Lee menemukan program editordan browser yang memungkinkanuntuk menjelajah satu komputer dengan komputerlain dalam jaringan.
  • World Wide WebWorld Wide Wibe (WWW) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan web/websiteadalah fasilitas internet yang dapat menampilkan kumpulan informasi, gambar,suara, bahkan video. Melalui website, kita dapat memperoleh berbagai macaminformasi, hiburan, pengetahuan dan masih banyak lagi. Website dapat diumpamakan sebagai sebuah buku yang mengandung beberapahalaman yang disebut dengan web pages. Web pages merupakan sebuah bagiankhusus dari website tertentu. Dalam hal ini, kita juga mengenal istilah homepage,yaitu halaman muka dari sebuah situs web, atau ibarat sampul halaman sebuahbuku. Homepage biasanya berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web sehinggamemudahkan pengunjung menelusuri apa isi didalam web tersebut. Untuk dapat mengakses sebuah website, kita membutuhkan suatu programaplikasi yang disebut web browser. Adapun beberapa web browser yang cukuppopuler, antara lain Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Opera. Saat inginmengunjungi website tertentu kita cukup mengetikan URL (Uniform ResourceLocator) websitetersebut pada webbrowser. URLmerupakan alamatdimana sebuahweb diletakkan.
  • Bidang PerbankanSalah satu pemanfaatan internet dalam dunia perbankan adalah melaluiinternet banking. Internet banking juga dikenal dengan istilah electronicbanking (e-banking), virtual banking, maupun online banking. Internetbanking merupakan kegiatan perbankan yang dilakukan melalui internet.Dengan adanya internet banking, nasabah tidak perlu pergi ke bank yangbersangkutan untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengantransaksi perbankan, asalkan tersedia internet.Internet banking memungkinkan nasabah untuk melakukan transaksiperbankan dirumah, kantor, dan berbagai tempat lain. Beberapa transaksiyang dapat dilakukan melalui internet banking, antara lain pengecekan saldo,pembayaran tagihan-tagihan, transfer antar rekening, transaksi-transaksi, danlain sebagainya. Kegiatan seperti mengambil dan menyetor uang tetap harusdilakukan melalui ATM atau bank yang bersangkutan.
  • Adanya internet banking memberi banyak keuntungan bagi berbagai pihak.Keuntungan yang di peroleh nasabah, yaitu kemudahan untuk melakukanTransaksi perbankan dengan cepat dan mudah tanpa terhalang oleh kendalatempat dan waktu. Sedangkan keuntungan pada pihak bank, yakni adanyaefisiensi kinerja operasional bank serta pengurangan jumlah nasabah yangdatang ke bank sehingga bank yang bersangkutan tidak memerlukan banyakPegawai dan dapat menggunakan kantor yang lebih kecil. Dengan demikian,pihak bank dapat melakukan penghematan biaya sewa tempat dan gajikaryawan.DiIndonesia, pengguna internet banking sudah bukan sesuatu hal yang asingbagi sebagian masyarakat. Beberapa bank yang telah memanfaatkan teknologiinternet banking, antara lain BCA, bank Mandiri, BNI, Bank Lippo, dan masihbanyak lagi.
  • Internet adalah kumpulan komputer-komputerdiseluruh dunia yang saling berhubungan dalam suatujaringan yang sangat luas. Intranet adalah kumpulan komputer yang salingberhubungan dalam sebuah jaringan khusus/privat (privatecomputer network) pada lingkup sebuah institusi atauperusahaan
  • Layanan Sumber DayaManusiaLayanan sumber daya manusia dapat dimanfaatkanoleh para pekerja dalam organisasi atau perusahaan ituuntuk mendapatkan informasi pekerja, misalnya tatatertib, pengumuman terbaru, informasi pelatihanjadwal kegiatan ekstra, informasi liburan, atau bahkanmenu kafetaria hari itu. Selain itu, layanan yang dapatdiberikan intranet sehubungan dengan sumber dayamanusia adalah rekaman pekerja, misalnya daftarkehadiran, informasi pegawai, atau untuk menyimpanunjuk kerja pekerja yang bersangkutan.
  • Mailing ListMailing list atau yang biasa disingkat milis merupakanfasilitas email secara berkelompok. Saat kita bergabungdalam anggota milis, kita dapat bertukar informasimelalui email yang beredar dalam kelompok tertentu.Pada saat kita menggirimkan sebuah email ke alamatmilis, maka semua anggota milis tersebut akanmendapatkan email yang kita kirimkan. Adanya milis inisangat memudahkan komunikasi kelompok sehinggainformasi dapat tersebar dengan cepat dan merata.
  • Internet mempunyai beberapa sumber dayayang dapat dimanfaatkan, yaitu World WideWeb, E-mail, Mailing List, Internet RelayChatting, File Transfer Protocol (FTP), danVolP.
  • VolPVolP (Voice Over Internet Protocol) adalah suatu teknologi yangmemunggkinkan percakapan suara melalui internet. Dengan menggunakanteknologi ini, seseorang dapat menggunakan telepon tanpa harus membayarbiaya sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) jika ia berhubungan denganorang lain yang berada pada kota atau negara lain. Konsepnya seperti berikut:pada sumber suara, suara yang berupa isyarat analog di ubah menjadi isyaratdigital. Data suara ini dikirim melalui internet dalam bentuk paket-paket. Padabagian penerima, paket-paket dirakit kembali dan data diubah menjadi isyaratanalog. Selain menggunakan Internet Protocol (IP), VolP juga memanfaatkanRTP (Real Time Protocol) untuk memastikan pagar paket-paket sampai padapenerima secara tepat waktu. keuntungan menggunakan VolP adalah membuat biaya komunikasisuara jarak jauh (interlokal) menjadi lebih murah, dengan kualitas suara yangbaik.
  • Bidang Jurnalistik Bagi para jurnalis atau pencari berita seperti , wartawan dan reporter, internet telah memegang peranan yang sangat penting dalam pengiriman berita. Berita yang diliput di suatu tempat, harus segera dikirimkan ke kantor pusat sesegera mungkin untuk disampaikan kepada masyarakat. Bukan hanya untuk peliputan berita saja, namun saat seorang jurnalias memerlukan data penelitian tertentu untuk menunjang berita yang sedang diliputnya, jurnalis tersebut dapat melakukan pencarian melalui media internet. Selain dari sisi peliputan berita, internet juga dimanfaatkan untuk menampilkan berita. Saat ini ada banyak situs dalam bahasa Indonesia yang menampilkan berita-berita terbaru. Media cetak seperti koran atau majalah, juga memberikan fasilitas untuk mengakses berita-berita terbaru melalui internet. Media televise pun melakukan hal sama, sehingga para pengguna internet dapat melihat berita terbaru kapan saja dan dimana saja melalui media internet. Saat ini, diperkirakan ada 1.700 lebih stasiun siaran TV dan radio di internet. Jumlah pendengar/permisanya telah mencapai sekitar 60 juta orang dari seluruh dunia.
  • Bidang Pariwisata.Pemerintah Indonesia telah mencanangkan bahwa sektor pariwisata dapat menjadipenyumbangan devisa tertinggi. Kebutuhan untuk meningkatkan jumlah wisatawan tentunyamenjadi kebutuhan yang harus dipenuhi untuk menjadikan sektor pariwisata sebagaipenyumbang devisa.Internet dapat dimanfaatkan untuk menjaga industri pariwisata. Kemampuan internet untukmenampilkan multimedia (teks, suara, gambar, video) tentunya menjadi sarana yang efektifuntuk promosi ke mancanegara.suatu daerah dengan industri pariwisata yang luas seperti pulauBali,dapat menampilkan keindahan tempat-tempat wisata melalui sebuah halaman web.lewathalaman web terebut,calon wisatawan baik maupun mancanegara,dapat terlebih dulu melihattempat-tempat yang dapat dikunjungi.Perusahaan-perusahan penerbangan di Indonesia saat ini, seperti Garuda Indonesia dan Merpatidan Nusantara, sudah mulai memakai tiket elektronik. Tiket elektronik ini memungkinkanpenumpang untuk tidak memegang tiketnya sebelum dating ke Bandara untuk memulaiperjalanannya. Dengan tiket elektronik, seorang wisatawan bisa membeli tiketnya melalui internetdan langsung menuju Airport di hari keberangkatannya. Sewaktu melapor ke perusahaanpenerbangan, wisatawan tinggal menunjukan indentitas diri dan boarding pass –nya akandiberikan. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan wisatawan ketika hendak melakukankunjungan wisata dibandingkan harus antri
  • Electronic Mail ( Email)Email atau surat elektronik merupakan salah satu fasilitas internetyang paling banyak digunakan. Dengan fasilitas ini, kita dapatmengirim surat dari dan ke pengguna internet di seluruh dunia. Kitajuga dapat menyertakan dokumen maupun gambar dalam suratelektronik yang kita kirimkan. Jika dibandingkan dengan pengirimansurat melalui pos, pengiriman email ini jauh lebih cepat denganmenggunakan email, surat yang kita kirimkan dapat tiba di tempattujuan sesaat setelah kita mengirimkannya.
  • File Transfer Protocol ( FTP )FTP merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengirimdata dari komputer yang satu ke computer yang lain. Dengan adanyaFTP, proses pengiriman data menjadi lebih mudah dan cepat. Prosespengiriman data dari komputer kita ke computer lain disebut upload,sedangkan pengambilan data dari computer lain ke computer kitadownload. FTP juga sering digunakan untuk pengambilan data darisuatu website. Data ini dapat berupa lagu, dokumen, foto, dansebagainya, yang memang diizinkan untuk diambil oleh pihak-pihakyang membutuhkan.
  • Layanan Sistem InformasiPada model organisasi seperti perusahaanbesar, internet dapat digunakan untukmenyediakan informasi computer-komputerpara pekerja, serta meletakkan informasi yangdapat digunakan para pekerja yang berkaitandengan pengetahuan umum dan manual kerja.
  • Pemanfaatan internet telah banyakdimanfaatkan dalam berbagai bidang,antara lain perbankan, perdagangan ,pendidikan, pariwisata, kesehatan danjurnalistik. Pemanfaatan intranet dapatdimanfaatkan untuk layanan sumberdaya manusia, layanan bahan danlogistik , serta layanan systeminformasi
  • Internet adalah kumpulan komputer-komputer diseluruh dunia yang salingberhubungan dalam suatu jaringan yang sangat luas. Aktivitas yang dapatdilakukan dalam internet adalah :•Mencari informasi•Pertukaran informasi melalui E-mail•Bercakap-cakap dengan pengguna lain di tempat yang saling berjauhan•Berbagi cerita melalui blog•Bergabung dengan grup pertemanan•Berbelanja•Bermain game•Menonton film Intranet adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dalamsebuah jaringan khusus/privat (private computer network) pada lingkup sebuahinstitusi atau perusahaan.