Your SlideShare is downloading. ×
  • Like
Ppt tugas pa ajat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Now you can save presentations on your phone or tablet

Available for both IPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

Ppt tugas pa ajat

  • 286 views
Published

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
No Downloads

Views

Total Views
286
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
12
Comments
0
Likes
1

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. NAMA : LENI ARIYANINIM : 2011031076KELAS : II-C PENDIDIKAN EKONOMI
  • 2. AKHMAD SUDRAJAT PARAMITRA PUBLISHING APRIL 2011
  • 3. BAB IPETA KONSEP Pengertian Kurikulum Kedudukan Organisasi Kurikulum Kurikulum dalam KONSEP Pendidikan DASAR KURIKULUM Hubungan Kurikulum Fungsi dengan Kurikulum Pendidikan
  • 4. Kurikulum mempunyai 4 dimensi untuk rumusan kurikulum yaitu :kurikulum sebagai ide, sebagai rencana tertulis, sebagai kegiatan, dansebagai hasil. Kurikulum dalam pendidikan merupakan komponen utama dalamsistem pendidikan yang dilaksanakan oleh guru bersama siswa untukmencapai tujuan pendidikan. Guru menjadi tikoh kunci dalampelaksanaan dan pengembangan kurikulum. Kurkulum juga memiliki fungsi Bagi Guru, Sekolah, Masyarakat,dan Siswa. Ada 4 jenis Hubungan kurikulum dengan teori pendidikanyaitu : Pendidikan klasik, Pribadi, Teknologi, dan Internasional. Ditinjau dari sudut Organisasi kurikulum, terdapat beberapa modelkurikulum yaitu : Mata pelajaran terpisah-pisah, Mata pelajaranberkolerasi,semua mata pelajaran telah terpadu, dan Mode coreprogram.
  • 5. KOMENTAR : Dalam BAB I tentang ‘KONSEP DASAR KURIKULUM’menurut pendapat saya ada 2 pemahaman tentang pengertiankurikulum dimana ada arti kalsik dan dinamis . Arti klasik menurutpendapat orang-orang Pada masa lampau bahwa kurikulum adalahrencana pembelajaran, Sedangkan menurut arti dinamis kurikulumsebagai kegiatan. Kurikulum juga memiliki fungsi dan berperan baik bagi kalanganguru,sekolah,masyarakat,dan siswa. Kurikulum juga memilikiKonsep yang baik bagi pendidikan . Dengan adanya kurikulum kitadapat membuat dan memperbaiki kualitas belajar siswakedepannya, dan dengan kurikulum kita mempunyai acuan untukpembelajaran di Sekolah. Serta disesuaikan dengan kemampuansiswanya sendiri.
  • 6. BAB II LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Landasan Pengembangan Prinsip-prinsip Pengembangan Kurikulum Kurikulum Landasan Filosofis Prinsip Relevan Landasan Pikologis Prinsip Fleksibilitas Landasan Sosiologis Prinsip Kontinutinitas Landasan IPTEK Prinsip Efisiensi Prinsip Efektivitas
  • 7. Landasan dan Prinsip Pengembangan Kurikulum dapat diuraikanMenjadi :1. Landasan pengembangan kurikulum mencakup : yang pertama Landasan Filosofis dimana mempunyai aliran Perenialisme, Progresifme, Essensialisme,Rekontruksionisme,dan Eksistensialisme. Kedua Landasan Psikologis, ketiga Landasan Sosiologis, keempat Landasan IPTEK.2. Prinsip –prinsip Pengembangan Kurikulum mencakup : Prinsip Pleksibilitas, Prinsip Kontinuitas, Prinsip Efisiensi, Prinsip Efektivitas.
  • 8. Landasan Pengembangan Kurikulum terdapat 5 Landasan yaituPerenialisme, Progresivme, Essensialisme, Rekontuksionisme, danEksistensialisme. Dalam 5 landasan tersebut tidak semuanya digunakandalam pembuatan kurikulum, diseleksi dengan bai setara denganperkembangan zaman serta di sesuaikan dengan kemampuan siswa. Landasan Psikologis berhubungan dengan prilaku individu dalampengembangan kurikulum dan proses pendidikan. Mempelajari tentangmotif,watak,konsep diri,pengetahuan,dan keterampilan. Landasan Sosiologis berhubungan dengan kehidupan sosial budayadalam pengembangan kurikulum. Sedangkan Landasan IPTEKberkaitan dengan Teknologi . Prinsip Pengembangan Kurikulum digunakan dalam kegiatanpengembangan kurikulum. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulummerupakan jiwa atau ruh dari kurikulum, prinsip pengembangankurikulum menjadi penting dan merupakan salah satu indikator darikeberhasialan penerapan kurikulum itu sendiri.
  • 9. BAB III KOMPONEN-KOMPONEN KURIKULUM KOMPONEN KOMPONEN EVALUASI TUJUAN Komponen Komponen METODE MATERI
  • 10. Komponen-komponen Kurikulum mencakup KomponenTujuan, Komponen Materi, Komponen Metode dan KomponenEvaluasi. dalam komponen tujuan ada tujuan pendidikannasional yaitu : Tujuan institusional, Tujuan Kurikuler, TujuanPembelajaran. Komponen Materi mempunyai Kriteria khusus yaitu : Valid(sahid), Tingkat Kepentingan, Kebermaknaan, Layakdipelajari, dan Menarik Minat.
  • 11. Dalam komponen kurikulum ini memiliki aspek Tujuan, Materi,Metode, dan Evaluasi. Dimana komponen tujuan memiliki perananpenting dan stategis yang akan mewarnai keseluruhan komponen-komponen lainnya. Kurikulum memiliki tujuan pendidikan agar siswamencapai kedewasaan, manusia yang bertanggungjawab dll.Perumusan kurikulum pendidikan terkait erat dengan filsafat,dikembangkan menggunakan dasar flsafat klasik. Komponen materi merupakan salah satu komponen sistempembelajaran yang memegang peranan penting dalam membantu siswamencapai tujuan pembelajaran. Komponen metode dimana guru adalah tikoh sentral dalam prosesPembelajaran dan siswa sebagai objek yang secara pasif menerimainformasi dari guru. Komponen evaluasi bertujuan untuk memeriksa tingkat kecapaiantujuan-tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan melalui kurikulum
  • 12. KOMENTAR : Dengan adanya komponen kurikulum , pembelajaran dapat ditatadan di atur dengan sebaik mungkin. Guru dapat memperbaiki nilai-nilaisiswanya dan guru dapat menilai kemampuan siswa. Komponen-komponen kurikulum mencakup tentang komponentujuan, komponen materi, komponen metode, dan komponen evaluasi. 4 Komponen ini memiliki tujuan bagi proses pembelajaran dankurikulum. Tujuannya : dapat memperbaiki kualitas pendidikan di sekolah Meningkatkan kualitas siswa dan guru Memperbaiki proses pembelajaran dikelas
  • 13. BELAJAR : KONSEP & TEORIHAKIKAT TEORI POKOK PILAR BELAJARBELAJAR BELAJAR BELAJAR TEORI BELAJAR MENGETAHUI BEHAVIORISME BELAJAR BERKARYA TEORI KOGNITIVISME PIAGET BELAJAR HIDUP BERSAMA TEORI BELAJAR BELAJAR GESTALT BERKEMBANG UTUH
  • 14. Belajar adalah suat proses yang dilakukan oleh individu untukmempeeroleh perubahan prilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasildari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi denganlingkungannya. Pilar belajar mempunyai 4 rumusan yaitu : Belajar mengetahui(learning no know),Belajar berkarya (learning to do),belajar hidupbersama (learning to live together),belajar berkembang utuh(learning to be). Teori pokok belajar menemukan banyak teori belajar yangbersumber dari aliran-aliran psikologi. Yaitu teori behaviorisme bersifatobjektife, pasti, tetap, tidak berubah. Teori kognitivisme piaget yangmempunyai 4 tahapan yaitu sensori-motor,pra-operasional,konkritoperasional,formal-operaional. Teori gestalt adalah bahwa objek atauperistiwa tertentu akan dipandang sebagai sesuatu keseluruhan yangterorganisasikan.
  • 15. KOMENTAR : Belajar meupakan sesusatu yang wajib bagi semua manusia,Terutama kita sebagai penerus bangsa . Dan dapat diambil kesimpulandari beberapa pendapat tentang pengertian belajar bahwa belajar adalahproses perubahan prilaku sebagai hasil belajar atau prestasi belajar. Ada 4 Pilar belajar dalam pendidikan membantu kita untukberkembang dalam menjalankan proses belajar pendidikan. YaituBelajar mengetahui, belajar berkarya, belajar hidup bersama, danbelajar berkembang utuh. Dalam teori belajar dari beberapa teori seperti behaviorisme,kognitivisme dan teori gestalt tidak semuanya teori tersebut dipakaiatau dipergunakan dalam konteks pembelajaran.
  • 16. BAB V PEMBELAJARAN : KONSEP DASAR DAN RAGAM KONSEP DASAR RAGAM PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN • PENGERTIAN • PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME • PRINSIP-PRINSIP • PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL • KOMPONEN-KOMPONEN • PEMBELAJARAN AKTIF PEMBELAJARAN • PEMBELAJARAN KOOPERATIF • PEMBELAJARAN TUNTAS • PEMBELAJARAN REMEDIAL • PEMBELAJARAN PENGAYAAN
  • 17. Pembelajaran adalah menyiratkan adanya iteraksi dan komunikasitransaksional yang bersifat timbal balik antara guru dengan siswa untukmencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pembelajaran mempunyain7 prinsip menurut Athur W.Chickeringdan Zelda.F : adanya kontak guru dengan siswa di dalam maupun di luar kelas. Adanya tim untuk meningkatkan belajar siswa melalui perpacuan individual. Siswa harus aktif di kelas. Adanya umpan balik siswa terhadap pelajaran yang diberikan guru dan dapat mengambil manfaatnya. Memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya bagi siswa. Adanya usaha dari siswa terhadap prestasinya sendiri Belajar dengan bakat dan kemampuan siswa masing-masing, dan guru harus memberi metode pembelajaran yang berbeda.
  • 18. Komponen pembelajaran mempengaruhi proses dan kualitaspembelajaran,yang berpengaruh terhadap pencapaian yujuan atau hasilBelajar. Adapun komponen pembelajaran yaitu: Raw input,siswa mengikuti kegiatan pembelajaran Instrumental input, adanya sarana dan prasarana disekolah Evironmental input, situasi dan keberadaan lingkungan fisik,sosial Expected output/outcomes, merujuk pada siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sekaligus dapat memberikan efek belajar untuk jangka panjang. Ragam pembelajaran ditekankan pada konteks gradasi yang bersifatkomplementer, bukan ragam yang yang bersifat exhaustive (habisdalam pemilihan). Yaitu : adanya pembelajaran konstruktivisme dimana siswa harus aktif secara mental dan sosial membangun stuktur pengetahuannya. memiliki tujuan menghasilkan individu atau siswa yang memiiki kemampuan berfikir untuk menyelesaikan setiap persoalan yang dihadapi.
  • 19.  Pembelajaran kotekstual merupakan konsep pembelajaran yang membentu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiikinya dengan penerapannyadalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pembelajaran aktif dimana siswa berperan secara aktif dalam proses pembelajaran Pembelajaran Kooperatif strategi belajar dengan sejumlah siswa sebagai anggota kelompok kecil yang tingkat kemampuannya berbeda. Tujuannya agar menciptakan situasi dimana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan kelompok. Pembelajaran Tuntas , dimana siswa mampu belajar dengan baik. Dan memperoleh hasil yang maksimal terhadap seluruh materi yang dipelajari. Agar semua siswa memperoleh hasil belajar secara maksimal, pembelajaran dilaksanakan dengan sistematis. Pembelajaran Remedial merupakan layanan pembelajaran yang diberikan kepada siswa untuk memperbaiki prestasi belajarnya sehingga mencapai kriteria ketuntasan. Pembelajaran Pengayaan adalah pembelajaran tambahan bagi siswa
  • 20. KOMENTAR : Dengan adanya konsep pembelajaran siswa disekolah, pembelajaransiswa akan lebih tertata dan baik kedepannya untuk kemajuanbangsa. Dengan adanya keragaman pembelajaran siswa dapatdiarahkan kedalam pendidikan yang aktif secara sosial,fisik danbudaya. Banyak guru yang tidak paham akan kebutuhan siswanya itusendiri, maka dengan adanya konsep dan keragaman pembelajaranSiswa dan guru dapat menerapkan,melaksanakan, dan memperbaikipendidikan. Pembelajaran disekolah bagi siswa mengacu pada kurikulum, gurudapat menyesuaikan pembelajaran bagi siswa dari kurikulum dan darikempuan siswanya itu sendiri. Dengan adanya ragam pembelajaran,siswa yang kurang aktif dalam proses belajar, kurangnya kemampuandaya tangkap, adanya nilai yang kurang. Maka guru dapat memberikanpembelajaran-pembelajaran yang konstruktivisme,kontekstual,kooperatif, tuntas, remedial, dan pengayaan.
  • 21. BAB VIPERANAN DAN KOMPETENSI GURU • Keterampilan membukapelajaran KOMPETENSI • Keterampilan GURU memerikan Variasi Stimulus • Peran guru • Ketrampilan • Kompotensi bertanya sebagai Profesional menejer • Ketrampilan pembelajaran • Kompetensi memberi isyarat Kemasyarakata • Keterampilan • Peran guru n sebagai memberikan Pasilitator • Kompetensi ilusi/contoh Personal • Ketrampilan • Peran guru sebagai berkomunikasi Motivator • Keterampilan menutup pelajaran • Ketrampilan PERAN GURU mengelola kelas DALAM PEMBELAJARAN KETERMPILAN DASAR MENGAJAR
  • 22. Peran guru dan kompetensi guru membantu siswa dalam pembelajaransehari-hari. Dimana guru berperan sebagai : Manajer Pembelajaran diman guru mengatur Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, penilaian Pembelajaran, Sebagai Fasilitator dimana guru berperan memberikan pelayanan untuk memudahkan siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. Sebagai Motivator dimana guru membangkitkan motivasi belajar siswanya. Sebagai Pembimbing upaya membantu siswa agar dapat mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya melalui hubungan interpersonal yang akrab dan saling percaya. Kompetensi guru, dimana guru harus berkompeten dalam mengelolasiswanya seperti :Pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, guru bisaberkomuni lisan maupun tulisan dalam bagian masyarakat. Ketrampilan Dasar mengajar dimana guru harus benar-benar mempunyaiketerampilan dalam Membuka Pelajaran, memberikan variasi stimulus,keterampilan bertanya, keterampilan memberikan isyarat, keterampilanmemberikan ilusi/contoh, keterampilan berkomunikasi, keteramplan menutuppelajaran, dan ketrampilan mengelola kelas .
  • 23. KOMENTAR : Peranan dan kompetensi guru sangat membantu siswa dalam prosesbelajar . Pendidikan di indonesia mengacu pada kurikulum disetiapsekolah dimana guru dapat melihat kemampuan siswanya masingMasing. Guru membantu siswa dalam belajar, siswa diarahkan kepadakemampuan serta keterampilan yang dimilikinya . Guru harus bisamengelola kelas apalagi mengelola siswanya itu sendiri. Adapun kemampuan guru yang harus dimiliki yaitu : keterampilanDalam Membuka Pelajaran, memberikan variasi stimulus, keterampilanbertanya, keterampilan memberikan isyarat, keterampilan memberikanilusi/contoh, keterampilan berkomunikasi, keteramplan menutuppelajaran, dan ketrampilan mengelola kelas .
  • 24. BAB VII PROSES PEMBELAJARAN PENGERTIAN STRATEGIPENDEKATAN,STR METODE PEMBELAJARANATEGI,MODEL,MET PEMBELAJARAN INKUIRI ODE,SKILL MEDIA SUMBER BELAJAR PEMBELAJARAN
  • 25. Dalam proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memilikikemiripan makna,sehingga seringkali orang merasa bingung untukmembedakannya. Istilah tersebut adalah pendekatan pembelajaran,strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran, danskill. Dalam strategi pembelajaran inkuiri menekankan kepada prosesmencari dan menemukan. Dan bisa diartikan dengan proses berpikirKritis dan analitas untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban darisuatu masalah yang dipertanyakan, intinya siswa harus mandiri. Adanya metode pembelajaran dapat membantu siswa belajar denganbaik, seperti adnya diskusi, simulasi, belajar untuk memecahkanMasalah, metode kerja kelompok, metode karya wisata, metodepenugasan, dan metode eksperimen. Metode-metode ini merupakanVariasi, kombonasi dan generik dari metode-metode standar, yangdiciptakan dan dikembangkan agar pembelajaran dapat berjalan lebihEfektif dan menyenangkan.
  • 26. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu guru untukMengajar, yang digunakan adalah alat bantu visual. Mediapembelajaran memungkinkan adanya interaksi langsung antara siswadengan lingkungannya. Kriteria yang paling utama dalam pemilihanmedia bahwa media harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran ataukompetensi yang ingin dicapai. Sumber belajar memiliki fungsi meningkatkan produktivitaspembelajaran , memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadappembelajaran dan lain-lain. Dalam memilih sumber belajar harusmemperhatikan kriteria sebagai berikut : Ekonomis Praktis Mudah Fleksibel Sesuai dengan tujuan
  • 27. KOMENTAR : Proses pembelajaran adalah titik tolak atau sebagai sudut pandangkita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangantentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Pembelajaran sangat penting dalam dunia pendidikan, dimana kitasebagai pelajar membutuhkan pengajaran dan pembelajaran yangdiberikan oleh guru. Pembelajaran tidak didapatkan dari sekolahmelalui guru saja, tetapi pembelajaran juga dapat kita dapatkan darikeluarga terutama dari didikan orang tua, dari lingkungan , media,teman dan lain-lainnya. Zaman sekarang ini banyak sekali strategi-strategi yang baik bagiproses pembelajaran. Staregi belajar dapat merubah proses belajarYang jenuh menjadi sangat menyenangkan. Guru perlu mencariBanyak stategi pembelajaran agar siswa dapat dengan mudah mengertiDalam pembelajaran.
  • 28. Metode pembelajaran dibutuhkan dalam proses pembelajarandisekolah, tanpa adanya metode pembelajaran proses pembelajaranakan tidak maksimal. Banyak sekali metode-metode yang akan bisadipelajari, dipraktikan kepada siswa dalam proses belajar. Ini akanmemperbaiki proses pembelajaran . Zaman sekarang ini teknologi sangatlah penting bagi duniapendidikan, banyak hal informasi mengenai pendidikan . Apalgisekarang pendidikan semakin maju. Sejalan dengan perkembanganIPTEK penggunaan media, baik yang bersifat visual,audial, projectedskill media maupun projected motion media bisa dilakukan secarabersama dan serempak melalui satu alat saja yang disebut Multi Media. Sumber belajar dapat kita peroleh dari guru, buku, IPTEK,lingkungan dan lain-lain. Sumber belajar berfungsi meningkatkanProduktivitas pembelajaran.
  • 29. KURIKULUM & PEMBELAJARAN KONSEP LANDASAN & PRINSIP KOMPONEN DASAR PENGEMBANGAN KURIKULUMKURIKULUM KURIKULUM BELAJAR: PEMBELAJARAN PERAN & KONSEP & KONSEP RAGAM KOMPETENSI TEORI & RAGAM GURU PROSESPEMBELAJARAN