Tugas presentasi mulok

  • 272 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
272
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
8
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. TUGAS PRESENTASI MULOK Disusun Oleh: -Aristyo Mayong (6) -Devega Maharini (8) -Hillery Briliani (18) -Putri Sakinah (28) -Selvy Nurkhayati (31) -Sumandi Juliyanto (34)
  • 2. MOTHERBOARD
  • 3. PENJELASAN1. Soket Prosesor. Soket ini merupakan tempat dimana prosesor dipasang. Jenis soket menentukan prosesor apa yang bisa dipasang pada soket tersebut. Jadi soket tertentu hanya bisa dipasang prosesor tertentu saja. Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau opular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu.
  • 4. 2. Slot MemorySlot ini digunakan untuk memasang memori utamakomputer. Jenis slot memori juga berbeda-beda,tergantung sistem yang digunakannya. Juga ada dua tipesocket memori yang kini beredar di masyarakatkomputer. Memang ada juga socket terbaru untukRambus-DRAM tetapisampai kini belum banyak pengguna yang memakainya.Socket lama yangmasih cukup populer adalah SIMM. Socket ini terdiri dari72 pin modul.Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yang dirancangsatu arah.Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karena galur dimotherboardsudah disesuaikan dengan socket memori tipe DIMM
  • 5. 3. Northbridgemerupakan sebutan bagi komponen utamayang mengatur lalu lintas data antaraprosesor dengan sistem memori dan saluranutama motherboard. Northbridge itu adalahbenda yang mengatur jalannya CPU danRAM istilahnya northbridge ini controlnyaCPU dan RAM.
  • 6. Setiap mainboard bentuk northbridgenya pasti beda-beda, tapi fungsinya tetap sama , rata-rata northbridge ini terletak di antara CPU dan RAM. VIA VT8751A yang memberikan interface prsessor dengan frekuensi 533/400MHz, yang mensupport intel Hypertheading Tecnologi, interface system memory yang beropersi pada 266MHz, dan interface AGP 1.5V yang mendukung spesifikasi AGP 2.0 termasuk write protocol dengan kecepatan 4X
  • 7. 4. Southbridgesebutan untuk komponen pembantu northbridge yang menghubungkan northbridge dengan komponen atau periferal lainnya. Southbridge adalah tempat pengaturnya input output device. Jadi semua yang berhubungan dengan input output diatur oleh southbridge. Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbagai I/O fungsi termasuk 2- channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, nterface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI 2.2.
  • 8. 5. Slot PCI Express x16, merupakan slot khusus yang bisa dipasangi kartu VGA generasi terbaru.6. Slot PCI Express x1, merupakan slot untuk memasang periferal (kartu atau card) lainnya selain kartu VGA.
  • 9. 7. Slot AGPSingkatan dari Accelerated Graphics Port. Fungsinyaadalah menyalurkan data dari kartu graphis ke CPUtanpa harus melalui memory utama, dengan demikianproses pengolahan data grafis dapat di percepat.Kelebihan AGP lain adalah kemampuannya untukmengeksekusi texture maps secara langsung dari memoryutama.Datang dengan berbagai cita rasa, saat inikebanyakan motherboard menyertakan AGP 4X yangbekerja pada frekuensi 266MHz. Untuk sekarang ini,port AGP ini baru digunakan untuk memasang kartugrafis yang notabene lebih cepat ketimbang memakaiPCI. Akan tetapi, beberapa motherboard terbaru sudahmenyertakan port AGP pro yang bisa dipasangi baikkartu grafis berbasis AGP 4X maupun yang berbasisAGP pro sendiri.
  • 10. 8. Slot PCImerupakan slot umum yang biasa digunakan untumemasang kartu atau card dengan kecepatan dibawah slot AGP dan PCI Express. Pegembanganslot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCIcart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaranmaksimum 133MB/s.
  • 11. 9. BIOSBasic Input-Ouput System). Merupakan program kecil yang dimasukkan ke dalam IC ROM atau Flash yang digunakan untuk menyimpan konfigurasi dari sebuah motherboard. Kegunaan bios battery itu buat menyimpan settingan bios kita teman-teman.bila bios kita ingin di restart atau   kembali ke tampilan pabrikan battery bios bisa di lepas dulu, lalu dipasang kembali.
  • 12. 10. Baterai CMOSBaterai khusus untuk memberikan daya pada BIOS.Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga padamotherboard dalammengenali konfigurasi yang terpasang, ketika iatidak/belummendapatkan daya dari power supply.
  • 13. 11. Port STAmerupakan antarmuka untuk media penyimpanangenerasi terbaru. Port SATA bisa digunakan untukmenghubungkan Hard Disk dengan sistemkomputer. Evolusi dari Paralel ATA pada interfacepenyimpanan data yang menggunakan kpmunikasiserial. SATA terhubung secara point-to-pointsehingga mencapai kecepatan transfer hingga 150Mbps.
  • 14. 12. Port IDEKonektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpancomputerseperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuahmotherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE danyang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDEmenghubungkanmotherboard dengan primary master drive dan piranti secondarymaster.Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan denganpirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave.Bagaimanamenyambungkan pin dengan kabel? Mudah sekali. Pita kabel IDEmemilikitanda strip merah pada salah satu sisinya. Strip merah tersebutmenandai, sisi kabel berstrip merah ditancapkan pada pin bernomor 1dikonektornya. Bila menancap terbalik, piranti yang terpasang tidakakandikenali oleh omputer. Hal yang sama berlaku untuk menyambungkankabel floppy dengan pin di motherboard.
  • 15. 14. Port Power, yaitu port untuk memberikan daya kepada sistem komputer.15. Back Panel, merupakan kumpulan port yang biasanya diletakkan di belakang casing atau wadah komputer PC. Port atau colokan yang biasanya ada di belakang casing komputer PC16. Port PS/2 Mouse, untuk menghubungkan mouse dengan komputer port ini berwarna hijau.17. Port PS/2 Keyboard untuk menghubungkan Keyboard port ini berwarna ungu.
  • 16. 18. Port parallel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel  untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.19.   Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.20. S/PDIF adalah Sony/Phillips Digital Interface.
  • 17. 21. Port Firewire adalah bentuk-bentuk port serial yang menggunakan teknologi FireWire untuk mentransfer data dengan cepat dari satu perangkat elektronik ke dalam komputer.22.Port RJ45, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan jaringan LAN.23.USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya.24.Port Audio, digunakan untuk menghubungkan komputer dengan sistem audio seperti speaker, mikrofon, line-in dan line-out
  • 18. Keterangan:1. Port power suply2. Port ps/2 mouse3. Port ps/2 keyboard4. Port USB5. Port serial6. Port parallel7. Port video (monitor)8. Port parallel9. Port network10. Port sound card (line in, out, mic)11. Port serial12. Port modem line
  • 19. SEKIAN