Modul psb 1 j2 me

371 views

Published on

Dosen : Yasdinul Huda M.Pd

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
371
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Modul psb 1 j2 me

  1. 1. 1MODUL PSB_1Memulai Program J2ME (Java 2 Micro Edition)A. Tujuan :1. Memahami pemrograman berbasis J2ME2. Membuat MIDlet sederhana3. Membuat sebuah project menggunakan NetBeans Mobility Pack4. Menjalankan MIDlet di emulatorB. Dasar TeoriSekilas tentang J2METeknologi Java merupakan sebuah teknologi yang berkembang sangat pesat akhir-akhirini. Bahkan belakangan ini dikabarkan berusaha mengalahkan Microsoft yang terkenalsebagai kampiun dari produsen operating system dimuka bumi ini. Teknologi Java yang padaawalnya dikenal untuk aplikasi pada desktop (J2SE) ataupun pada application server (J2EE),kini hadir dengan teknologi terbarunya, J2ME™ Platform, untuk pembangunan aplikasi padamobile device seperti mobile phone dan PDA.J2ME and The Java 2 PlatformGambar 1. Perbandingan antara CLDC dan CDC
  2. 2. 2MIDletIDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah lingkungan pemrograman(programming environment) yang memiliki GUI builder, text atau code editor, compilerdan/atau interpreter dan debugger. Dalam hal ini, NetBeans Mobility Pack juga memilikidevice emulator. Fasilitas ini bisa membuat kita melihat program kita pada device yangsesungguhnya.Kita sudah mempelajari pada bagian sebelumnya tentang daur hidup MIDlet (MIDletslife cycle). MIDlet mulai hidup ketika MIDlet dibuat oleh Application Management System(AMS) pada device.Agar kita dapat membuat MIDlet, kita harus membuat subclass dari MIDlet class darijavax.microedition.midlet package. Kita juga harus melakukan override atau implementpada method: startApp(), destroyApp() dan pauseApp(). Method-method tersebut adalahmethod yang diperlukan oleh AMS untuk menjalankan dan mengkontrol MIDlet.Gambar 2. MIDlets Life CycleTidak seperti program Java pada umumnya dimana method main() hanya digunakansekali pada jalannya program, method startApp() mungkin akan dipanggil lebih dari sekalidalam daur hidup MIDlet. Sehingga Anda diharuskan tidak membuat satu inisialisasi codepada method startApp(). Daripada, anda dapat membuat MIDlet consturctor dan melakukaninisialisasi di situ.
  3. 3. 3Bagian-bagian MIDLETSelanjutnya kita akan mempelajari MIDlet pertama kita, difokuskan pada line yangpenting dari code di atas:public class MyApp extends MIDlet { ... }Kita harus membuat subclass dari MIDlet untuk membuat MIDP program. Pada lineini, kita sudah membuat subclass dari MIDlet dengan memberikan turunan kelas induk danmenamakannya MyApp.public void startApp() { ... }public void destroyApp(boolean unconditional) { ... }Code di atas adalah bagian awal dari program kita ketika program kita sudah siapuntuk ditampilkan oleh AMS. Perlu diingat bahwa method startApp() mungkin / bisadimasukkan lebih dari sekali seperti pada daur hidup MIDlet. Jika MIDlet berhenti /dihentikan, seperti bila ada telepon masuk, program akan masuk ke state berhenti(pausedApp). Jika panggilan sudah selesai AMS akan kembali ke program dan memanggilmethod startApp() lagi.NetBeans Mobility Pack secara otomatis membuat Java Application Descriptor JAD)untuk program Anda. NetBeans Mobility Pack menaruh file JAD pada folder "dist" darifolder project.import javax.microedition.midlet.*;import javax.microedition.lcdui.*;public class MyApp extends MIDlet {public void startApp() {// start up code}public void pauseApp() {// we arent showing any more}public void destroyApp(boolean unconditional) {// clean up}}
  4. 4. 4C. Tugas PendahuluanLakukan Instalasi Netbeans, jika belum di Instalasi pada Komputer Anda !Gambar 3. Instalasi Netbeans IDE 6.0 versus Netbeans IDE 7.2.1Menggunakan NetBeans Mobility PackLangkah 1: Membuat “Project Baru” Langkah 2: Memilih kategori "Mobile" dan"Mobile Application"Langkah 3: Beri nama project dan tentukan lokasinyaCatatan: (Hilangkan tanda pada "Create Hello MIDlet", kita akan membuat MIDlet kitasendiri nantinya), ~ganti nama projek dengan kode group anda, ex: “P1Program3F1”~
  5. 5. 5Langkah 4: Memilih Platform (optional), CLDC-1.1 dan MIDP-2.0/MIDP-2.1 (“support HP target”)Gambar 4: Mobile Project yang baru (“P1Program3F1”) dibuat (NetBeans Mobility Pack)Langkah 5: Membuat sebuah “MIDlet baru”
  6. 6. 6Langkah 6: Memilih MIDP "Category" dan MIDlet "File Type", Langkah 7: Memberi namaMIDlet “HelloWorld.java”Langkah 8, Tampilan awal pemrogram J2ME dengan MIDlet Name: “HelloWorld”Langkah 9: Mengganti code yang dibuat secara otomatis dengan code program kita.
  7. 7. 7Langkah 10: Mengcompile dan Menjalankan (Run) MIDlet di Emulator dan Menjalankan MIDletkita di EmulatorD. PercobaanD.1. LatihanLatihan 1 :Simpanlah sebagai HelloWorld.java pada folder ”src” pada project yang telah andaBuat, lalu conpilasi program anda di Emulator.
  8. 8. 8Latihan 2: Menampilkan data per baris menggunakan „n‟, lalu conpilasi program anda diEmulator.
  9. 9. 9Latihan 3: Menampilkan gambara. Simpanlah terlebih dahulu gambar yang akan ditampilkan di folder “res”b. Gunakan code program berikut untuk menampilkan gambar.lalu conpilasi program anda di Emulator.
  10. 10. 10Latihan 4: Melakukan debugging.AMATI :Amati pada console, jika keluar masuk program, apa yang terjadi dan hubungkandengan pesanyang ditampilkan di atas.import javax.microedition.midlet.*;import javax.microedition.lcdui.*;public class hello extends MIDlet {public hello() {System.out.println("Loading the application...");}public void startApp() {System.out.println("in the startApp()");Form form = new Form( "First Program" );form.append( "Hello World" );Display.getDisplay(this).setCurrent( form );}public void pauseApp() {System.out.println("in the pauseApp()...");}public void destroyApp( boolean unconditional ) {System.out.println("in the destroyApp()... ");}}
  11. 11. 11Copy HelloMidlet.java kedalam direktori "src": Pada jendela ini berada di direktori:C:WTK23appsHelloMidletsrc (dimana C:WTK23 adalah lokasi Anda menginstallwireless toolkit). Click "Build" dan "Run":D.2. PermasalahanUntuk permasalahan dalam praktikum, lakukan langkah-langkah berikut :a. Buatlah sebuah tampilan semenarik mungkin yang memberikan informasi tentangdiri anda.b. Tambahkan gambar-gambar untuk mendukung tampilan anda.c. Tambahkan juga aplikasi “ticker”.c. Download ke handphone anda (dengan mengirim via bloetoth file .JAR) dan lihat hasilnya.E. Laporan ResmiBuatlah seperti pada permasalahan D.2., tetapi informasi yang diberikan adalah tentangsekolah anda masing-masing.

×