Your SlideShare is downloading. ×
0
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Tugas periferal komp
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Tugas periferal komp

1,382

Published on

Published in: Education, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,382
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
30
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. “Periferal Komputer” Kelompok V :Ketua : Kartika PantoiaAnggota : Hariyati R Basiru Maryam Badoe Marsalina Kidam Siti Pahira Padidik Julianto Hulopi Bayu Arifin Sugaga
  • 2. Sekilas Info Tentang “Periferal Komputer” Peripheral adalah hardware tambahan yang disambungkan kekomputer, biasanya dengan bantuan kabel ataupun sekarangsudah banyak perangkat peripheral wireless. Peripheral inibertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yang tidakdapat dilakukan oleh hardware yang sudah terpasang didalamcasing. Berdasarkan sifatnya periferal dibedakan menjadi 2,yaitu : 1. Peripheral utama (main peripheral)Yaitu peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.Contoh periferal utama yaitu: monitor, keyboard dan mouse. 2. Peripheral pendukung (auxillary peripheral)Yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikankomputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnyayaitu: printer, scanner, modem, web cam dan lain-lain.
  • 3. Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalammendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi : 1. Perangkat masukan (input)Adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan dataatau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebutantara lain keyboard, mouse, scanner, digitizer, kameradigital, microphone, dan periferal lainnya 2. Perangkat keluaran (output)Adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkanhasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan olehkomputer. Perangkat tersebut antara lain monitor, printer,plotter, speaker, dan lain lainnya.
  • 4. Berikut ini contoh jenis-jenis peripheral dengan berbagai tugasnya: Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
  • 5. Jenis-Jenis Keyboard : 1.) QWERTY 2.) DVORAK 3.) KLOCKENBERGKeyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
  • 6. 1. typewriter key • Back Space • Caps Lock • Delete • Esc • End • Enter • Home • Insert • Page Up • Page Down • Tab2. Numeric Key3. Function Key •dari F1 s/d F124. Special Function Key •ctrl •shift •alt
  • 7.  Mouse Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
  • 8. USB MouseMouse wireless
  • 9.  LIGHTPEN Mirip bolpoin biasa, hanya ujungnya memiliki sensor elektromagnetik. Bisa digunakan untuk menulis, tetapi juga mampu membaca kode-kode khusus yang kemudian diterjemahkan oleh komputer.
  • 10.  TRACKBALL Fungsinya sama persis dengan mouse, hanya tampilannya berbeda. Pada trackball, bola yang menggerakkan kursor/pointer berada diluar dan harus digerakkan oleh jari kita kearah yang kita inginkan. Jika badan mouse harus kita gerakkan seluruhnya diatas meja, badan trackball tetap diam ditempat. Seperti halnya keyboard dan mouse, trackball wireless juga telah ada di pasaran. Bermain game dengan trackball agak lebih sulit dibandingkan mouse.
  • 11.  MONITOR berfungsi menampilkan proses dan hasil pekerjaan komputer. Monitor komputer jaman dulu hanya hitam putih atau monochrome (terkadang dengan tulisan hijau atau orange dan latar belakang hitam). Sekarang monitor semuanya sudah berwarna dan beresolusi tinggi, sehingga kualitas gambar yang dihasilkannya juga jauh lebih bagus. Monitor juga sudah banyak berubah dari bentuk awalnya, yang berupa CRT Monitor (berbentuk tabung), sekarang sudah menjadi LCD Monitor, bahkan produksi terbaru sekarang sudah menggunakan teknologi LED, yang dinamakan LED LCD Monitor. Daya yang digunakan juga sudah semakin rendah dan ukuran layarnya juga bervariasi dari kecil sampai besar.
  • 12. Jenis lainnya yaitu touch screen monitor, yaitu monitor yangdilengkapi dengan teknologi untuk bisa menangkap sentuhandilayar, jadi pemakai semakin dimanjakan untuk bisamengoperasikan. Biasanya digunakan untuk tujuan khusus,misalnya di restourant ataupun sebagai media promisi untukmenampilkan informasi, sehingga untuk berinteraksi, pemakaicukup menyentuh layar monitor saja, tanpa perlu menggunakankeyboard atau mouse
  • 13.  PRINTER Digunakan untuk mencetak hasil proses komputer keatas kertas sehingga bisa dibaca. Ada tiga jenis printer yang dikenal luas yaitu dot-matrix printer, inkjet printer, dan laser printer.
  • 14.  PLOTTER Sama fungsinya dengan printer tetapi khusus untuk mencetak gambar. Kertas yang dipergunakan juga lebih besar dari kertas biasa. Plotter generasi pertama harus dipasangi rapido (pena khusus untuk menggambar), namun sekarang plotter juga terdiri dari inkjet dan laser.
  • 15.  Scanner Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
  • 16. Ada dua jenis scanner, handy scanner (dipegang dan digerakkandengan tangan), dan flatbed scanner (serupa mesin fotokopi).
  • 17.  MICROPHONE DAN SPEAKER Untuk memasukkan dan merekam suara serta mendengarkan hasil rekaman yang sudah disimpan didalam komputer, atau mendengarkan musik dan suara dari CD, MP3 atau game.
  • 18.  Joy Stick dan Games Paddle Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat (biasanya dilengkapi beberapa tombol dengan fungsi yang bisa diatur) untuk memudahkan bermain game, misalnya mengendalikan pesawat atau mobil. Dapat juga berfungsi sebagai mouse., sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer
  • 19.  Barcode Reader Terdapat beberapa jenis barcode scanners yang dibedakan sebagai berikut:Berdasarkan sumber cahaya: 1. LED scanner Dikenal juga sebagai CCD scanner – meskipun faktanya CCD adalah foto konduktor. 2. Laser scanner Lebih mahal ketimbang LED scanner tapi dapat menscan barcode sampai jarak 25 cm.Berdasarkan cangkang: 1. handheld scanner Menggunakan pegangan dan tombol pemicu untk kontak sumberdaya cahaya. 2. pen scanner (atau wand scanner) Scanner pena yang digeser melintang barcode. 3. stationary scanner Scanner yang dipasangkan didinding atau di meja dan barcode dilewatkan didekatnya atau di bawahnya. Scanner seperti ini dapat ditemukan di counter-counter toko swalayan atau toko retail lainnya.

×