Power point tik
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
942
On Slideshare
942
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
24
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. Praktik tikSaila awalia Ix-5
  • 2. MENGIDENTIFIKASI PERANGKAT KERAS YGDIGUNAKAN DALAM AKSES INTERNET/INTRANETPerangkat keras internet ke-1 Modem (ModulatorDemodulator)Perangkat keras internet yang pertama inimemegang peranan penting agar peralatanelektronik yang anda miliki bisa terhubung denganjaringan internet dunia. Sesuai dengan namanyaModem yang merupakan kependekan dariModulator Demodulator ini berfungsi untukmengubah sinyal-sinyal analog yang di pancarkanmelalui kabel atau gelombang radio menjadi sebuahsinyal-sinyal digital yang bisa diolah dan dibaca olehperangkat elektronik semacam komputer. Setelahsinyal-sinyal digital yang berupa deretan kode 0 dan1 tersebut di olah baru bisa ditampilkan sebagai
  • 3. Perangkat keras internet berupa modem dari tahunketahun mengalami perkembangan yang luar biasasekali, hal ini terkait erat dengan teknologitelekomunikasi dan komunikasi data yang dari hari kehari kian maju saja. Berbagai jenis modem yang bisadigunakan sebagai perangkat keras internet bisa andatemui saat ini. Berikut ini adalah beberapa jenis modemyang sering digunakan.
  • 4. 1. Modem analogModem analog merupakan perangkat keras internetyang mampu memberikan kecepatan transfer datasampai dengan 56 Kbps. Modem analog ini biasanyadigunakan sebagai perangkat keras internet jika andamenggunakan jaringan kabel telepon untuk mengaksesinternet. Ada dua jenis modem analog yang bisadigunakan yaitu yang berjenis internal dan eksternal.Jika anda menggunakan modem analog internal, makamodem tersebut harus anda tancapakan pada slot PCIdikomputer anda.
  • 5. Contoh modem analog:
  • 6. 2. Modem Digital (ADSL)Seiring dengan berkembangnya teknologi komunikasipenggunaan modem analog sebagai perangkat kerasinternet mulai banyak ditinggalkan, karena saat ini sudahberkembang teknologi ADSL (Asymmetric DigitalSubscriber Line) yang menawarkan kecepatan transferdata sampai dengan 5 Mbps. Perangkat keras berupamodem digital/ADSL ini biasanya digunakan jika andaberlangganan paket internet cepat dari Speedy.
  • 7. Contoh modem ADSL:
  • 8. 3. Modem MobilePerangkat keras internet berupa modem mobileini memiliki keunggulan sendiri jika dibandingkandengan kedua jenis perangkat keras internetmodem diatas. Modem mobile lebih unggulkarena memiliki tingkat mobilitas yangtinggi, yang artinya adalah modem mobile inibisa anda bawa kemana saja karenamemanfaatkan sinyal dari jaringan teleponseluler seperti CDMA dan GSM. Kecepatan datayang ditawarkan oleh modem mobile ini jugabervariasi tergantung dari kualitas sinyal yang
  • 9. 4. Modem CDMAModem CDMA adalah modem nirkabel ygbekerja pada jaringan CDMA. Modem CDMAberperilaku seperti Hayes compatible dial-upmodem. Perbedaan utama antara modemHayes standar dan modem CDMA adalahbahwa modem hayes mengirim dan menerimadata melalui saluran telepon tetap sementaramodem CDMA mengirim dan menerima datamelalui gelombang radio.
  • 10. Contoh modem CDMA:
  • 11. Perangkat keras internet ke-5 Modem GSMModem GSM adalah modem yg menggunakan teknologisistem telepon selular (GPRS, UMTS, HSPA, EVDO,WiMax, dll) dikenal sebagai modem nirkabel (kadang-kadang juga disebut modem selular). Modem nirkabeldapat tertanam didalam laptop atau type alat eksternal.Modem nirkabel eksternal berupa: connect card (kartukoneksi), modem usb untuk mobile broadband danrouter selular. Sebuah kartu koneksi adalah PC Cardatau ExpressCard ditanamkan dislot PCMCIA/PCCard/ExpressCard slot pada komputer . USB modemnirkabel menggunakan port USB pada laptop. Sebuahrouter selular mungkin memiliki datacard eksternal(AirCard) yg dimasukkan ke dalamnya.
  • 12. Contoh modem GSM:
  • 13. Perangkat keras internet ke-2 LAN Card (NIC)Perangkat keras internet yang kedua dan masihsering digunakan adalah LAN (Local Area Network)Card atau NIC (Network Interface Card). LAN cardberfungsi untuk menghubungkan komputer ataunotebook yang anda miliki ke dalam jaringankomputer yang sudah memiliki akses internetmelalui media transmisi kabel. Biasanya untukmenghubungkan LAN card dengan jaringan komuteryang sudah ada di butuhkan sebuah kabel denganjack bernama RJ 45. Keuntungan darimenggunakan perangkat keras internet berupa LANCard ini adalah anda tidak perlu memiliki jalur aksesinternet pribadi. Anda tinggal mencolokkan jack RJ45 yang disediaka ke komputer atau laptopanda, maka secara otomatis anda akan bisa
  • 14. Perangkat keras internet LAN Card atau NIC ini jugamemiliki kelemahan, kelemahan utamanya adalahbersifat statis dan terbatas. Artinya adalah anda harusmenghampiri lokasi yang yang menyediakan jaringankomputer dan akses internet untuk dapat terhubung kejaringan internet. Lokasi-lokasi tersebut biasanya adalahwarung internet (warnet), dan instansi atau perkantoranyang di dalamnya mempunyai sebuah sistem jaringankomputer terpadu.
  • 15. Contoh LAN Card (NIC):
  • 16. Perangkat keras internet ke-3 Wireless adapter(Wi-Fi)Perangkat keras internet berupa wireless adapteratau biasa di sebut dengan Wi-Fi penggunaannyasaat ini sedang ngetrend di kalangan para netter.Kepraktisan pemakaiannya dan semakin banyaknyapenyedia hotspot gratis menjadi penyebabnya.Biasanya peralatan elektronik dan gadget terbaru didalamnya sudah tertanam dan terpasang perangkatWi-Fi ini, hal ini mengakibatkan jaringan komputerdan akses internet dengan menggunakan kabelmulai ditinggalkan. Perangkat keras internet berupaWi-Fi ini bisa anda gunakan jika di sekitar anda adafasilitas hotspot yang dipancarkan melalui peralatanaccess point yang terkoneksi dengan internet.Biasanya di lingkungan kantor, sekolah, kampus
  • 17. Contoh Wireless Adapter (WIFI):
  • 18. Perangkat keras internet ke-4 RouterRouter adalah perangkat jaringan yang digunakan untukmembagi protocol kepada anggota jaringan yanglainnya, dengan adanya router maka sebuah protocoldapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain. Routerberfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebihjaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan kejaringan lainnya.
  • 19. Contoh Router:
  • 20. Perangkat keras internet ke-5 HUBHUB adalah alat penghubung atar komputer, semuajenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub. HUBdigunakan untuk sebuah bentuk jaringan yangsederhana (misal hanya untuk menyambungkanbeberapa komputer di satu group IP lokal). Hubmenguatkan signal,Hub mempropagasi signal melaluijaringan,Hub tidak melakukan filterisasi,Hub tidakmemerlukan penentuan path ataupun switching,dan Hubdigunakan sebagai titik konsentrasi jaringan.