Suardi Hasjum-Kuis Kepribadian
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Suardi Hasjum-Kuis Kepribadian

on

  • 934 views

Meninggikan Keinginan dengan sejuta Potensi yang ada

Meninggikan Keinginan dengan sejuta Potensi yang ada

Statistics

Views

Total Views
934
Views on SlideShare
934
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
53
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Suardi Hasjum-Kuis Kepribadian Suardi Hasjum-Kuis Kepribadian Document Transcript

  • KUIS KEPRIBADIAN Petunjuk : Berikan penilaian untuk masing-masing pernyataan di setiap bagian sesuai dengan diri Anda sendiri untuk menjelaskan karakter dan perilaku Anda. Penilaian mulai dari point 4 (paling mendekati/sangat sesuai), point 3 (mendekati/sesuai), point 2 (kurang mendekati/kadang sesuai) atau point 1 (paling tidak mendekati/tidak sesuai) Bagian 1 a. Saya memiliki kemauan yang sangat kuat dan keras kepala. Saya akan melakukan apa saja untuk mendapatkan apa yang Saya inginkan. ( Nilai Anda ) b. Saya tidak pernah santai/rileks. Saya selalu ingin bekerja walaupun waktunya sudah selesai. (___) c. Saya lebih sering menunjukkan perilaku yang menyenangkan. Saya lebih banyak tertawa dan tersenyum daripada berwajah muram. (___) d. Saya jika pertama kali bertemu dengan orang yang asing, biasanya Saya akan merasa agak sungkan. Saya lambat menerima orang baru. Mula-mula saya akan menarik diri dan kemudian akan menyesuaikan diri dengan perlahan-lahan. (___) Bagian 2 a. Saya bertindak dengan cepat dan mandiri dan suka mengerjakan sesuatu sendiri. (___) b. Saya menunjukkan perubahan emosi yang jelas. Saya bertindak berdasarkan perasaannya dan memiliki bakat untuk mengerjakan sesuatu dengan dramatis. (___) c. Saya sering tampak tenang dan ramah. Saya umumnya memiliki reaksi yang tenang dan lembut terhadap suatu keadaan. (___) d. Saya menyukai privasi dan kadang kala menyendiri dan jarang bergaul. (___) Bagian 3 a. Saya umumnya tidak memberikan tanggapan yang berlebihan atas kasih sayang yang ditujukan kepada Saya. (___) b. Saya umumnya optimis dan antusias dalam dalam hampir setiap situasi. (___) c. Saya kurang aktif dalam mencoba hal-hal baru dan biasanya lebih suka melakukan hal yang telah saya ketahui dan saya kenal. (___) d. Saya mengajukan banyak pertanyaan dan lebih suka memikirkan sesuatu secara mendalam sebelum mengambil keputusan. (___)
  • Bagian 4 a. Saya seringkali sangat aktif. Saya suka menjelajah mencoba hal baru, dan suka mengambil risiko. (___) b. Saya mudah bergaul dengan orang dan suka berada di keramaian. (___) c. Saya mudah bekerjasama dengan orang lain dan biasanya mudah cocok dengan orang lain. (___) d. Saya seringkali mengambil suatu pendekatan yang berhati-hati terhadap suatu hal atau keadaan yang baru. (___) Bagian 5 a. Saya terkadang sulit dipimpin dan sangat memilih terhadap siapa saya akan mengikuti. (___) b. Saya kerap berpindah dari suatu kegiatan ke kegiatan lain, sering tanpa menyelesaikan kegiatan itu. (___) c. Saya terkadang segera menyerah bila mendapat tekanan dan mungkin meniru perilaku, aturan dan sifat orang lain secara berlebihan. (___) d. Level kegiatan fisik (tingkat aktivitas) Saya biasanya terlihat rendah atau rata-rata. (___) Bagian 6 a. Saya mudah marah dan memaksa untuk bisa mendapatkan yang Saya inginkan. (___) b. Saya tampil kurang rapi, berantakan, dan/atau pelupa bila diminta mengerjakan sesuatu. (___) c. Saya mengalami kesulitan untuk bisa menerima perubahan yang bersifat mendadak. Saya bisa bersikeras untuk mempertahankan keadaan agar tidak berubah. Saya menginginkan segalanya tenang dan damai. (___) d. Emosi Saya umumnya terlihat lembut sehingga reaksi awalnya (yang tampak/eksternal) terhadap suatu keadaan yang tidak menyenangkan adalah dengan berdiam diri dan terkendali. Reaksi internalnya jauh lebih kuat. (___) Bagian 7 a. Saya sangat menyukai persaingan (___) b. Saya sangat peduli dengan apa yang dikerjakan oleh orang lain. (___) c. Saya tidak suka berkelahi dan menghindari pertentangan. (___) d. Saya sering terlihat serius dan/atau sedih. (___) Bagian 8 a. Saya mengatakan apa yang saya pikirkan dan memberi tahu apa yang Saya inginkan. Saya bisa sangat kasar dalam mengatakan pada orang lain tentang siapa atau apa yang tidak Saya suka. (___) b. Saya sangat gemar bercerita. Saya sangat suka menceritakan kepada orang lain mengenai prestasi Saya dan kawan-kawan Saya. Saya bisa agak manipulatif dengan kemampuan Saya meyakinkan orang lain untuk melakukan apa yang Saya inginkan. (___) c. Saya biasanya lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. (___) d. Saya mengajukan banyak pertanyaan (sering yang rumit) mengenai hal-hal yang khusus dan meminta penjelasan atau jawaban yang detail atas pertanyaan Saya. (___) Nah, kalau sudah diisi dengan poin-poin antara 4-1 jumlahkan nilai tersebut berdasarkan pernyataan dari huruf yang sama sehingga didapat jumlah nilai dari tiap pernyataan a-d.
  • Misalnya poin untuk pernyataan "a" berapa aja dari atas sampai bawah dijumlah semua (jumlah nilai dari pernyataan "a" dari bagian 1-8 ), lalu yang "b" sendiri, yang "c" dan "d" juga sendiri. Nah, huruf apa yang paling tinggi? ambil dua yang tertinggi, itulah jenis kepribadian yang dominan dalam diri Anda. So, udah tau kan sekarang? :D Jenis Kepribadian Anda : dominan a = Koleris dominan b = Sanguinis dominan c = Phlegmatis dominan d = Melankolis *** Lalu untuk selanjutnya mengenai pola pribadi yang telah kalian dapatkan dari test itu. Selama ini kita mengenal orang dari kepribadian mereka. Ada orang yang mudah bersahabat, pendiam, keras, pemarah, pendendam, penyabar, santai, perfeksionis (menuntut kesempurnaan), penggembira, optimis, pesimis, dan masih banyak istilah lain yang menggambarkan diri seseorang. Kalau diamati sekilas, kelihatannya akan cukup sulit untuk bisa mempelajari dan memahami kepribadian seseorang. Dulu kita selalu kagum dengan kemampuan orang dalam “membaca” kepribadian seorang. Setelah selidik punya selidik ternyata kepribadian itu mempunyai suatu pola. Pola yang akan sulit dimengerti bagi orang yang tidak mengerti cara membacanya, tetapi bagi mereka yang telah belajar dan mengerti cara membaca pola ini, mereka juga dapat “membaca” orang lain. Berikut adalah beberapa ciri dari pola kepribadian tersebut. Termasuk kelompok manakah Anda? A) Koleris Ciri Umum: cenderung untuk berpikiran keras dan percaya diri; mudah bosan dengan terlalu banyak hal yang bersifat detail; menyukai ide yang baru dan inovatif Kekuatan: keinginan sangat kuat sangat yakin pada kemampuan diri sangat mandiri tidak suka diperintah orang lain suka memberikan perintah jika menjadi pemimpin paling tidak suka orang yang plinplan, banyak bicara, tetapi tidak produktif Kelemahan: jika kelebihan digunakan berlebihan, sering terlihat bangga dan menunjukkan kekuasaannya, terkadang kurang bijaksana, kalau sudah marah bisa sangat kasar (sarkastis), dapat menghancurkan orang lain hanya dengan kata-kata penuh temperamen, mudah marah dan mudah memaafkan orang lain bisa juga mudah melupakan kemarahannya.
  • B) Sanguinis Ciri Umum: sangat mudah bergaul people-oriented kurang perhatian dengan yang detail dan cepat bosan dengan yang detail; suka bersenang-senang dan banyak bicara Kekuatan: dapat bersahabat dengan siapa saja; sangat peduli dengan orang lain; tampak tidak memiliki beban; selalu terlihat gembira dan bahagia; sangat menyenangkan untuk dijadikan kawan Kelemahan: sering tidak disiplin dan tidak menepati janji; rentang fokus pendek; sulit untuk mendengarkan orang lain; terlihat tidak stabil dan tidak disiplin; cenderung membesar-besarkan sesuatu; cenderung bertindak sebelum berpikir dan terkadang kurang tegas sehingga sering diperalat orang lain C) Phlegmatis Ciri Umum: sangat dapat diandalkan tetapi membutuhkan lebih banyak rasa percaya diri; jika ditempatkan di posisi baru akan sangat mudah down; terlalu mudah menerima kata "tidak", anda perlu sedikit lebih memaksa Kekuatan: mudah bergaul dan dapat diandalkan teratur, efisien, menyukai rutinitas, praktis tidak suka kejutan,konservatif; tipe diplomat, dapat melihat dari berbagai sudut pandang orang lain, bisa sangat sabar dan sangat humoris; bisa menjadi pemimpin hebat yang disenangi bawahan Kelemahan: bisa sangat takut dengan hal baru yang belum dikenal; bisa sangat plinplan; tipe penonton - kurang inisiatif dan kurang aktif; lebih suka di belakang layar; kadangkala kurang bersemangat dan diam; jika tidak diberi penghargaan dan pengarahan
  • maka mereka menjadi frustasi dan menyerah. D) Melankolis Ciri Umum: rapi dan efisien, lebih suka hal yang terencana daripada yang spontan; suka berpegang teguh pada ide/produk yang telah terbukti berhasil; berorientasi pada data,fakta, dan angka,serta lebih menggunakan alasan daripada emosi Kekuatan: sangat berbakat dan cerdas penemu/pengembang gagasan sangat analitis perfeksionis dan idealis tak kenal lelah menghasilkan pekerjaan yang baik dan tekun dalam mengejar cita-citanya Kelemahan: sering terpusat pada diri mereka sendiri sering murung/berubah-ubah temperamennya dikenal dengan sebutan "pencari kesalahan" suka berteori dan cenderung tidak bersosialisasi sangat pendendam CARA MENYESUAIKAN DIRI: AGAR TERJALIN HUBUNGAN YANG LEBIH BAIK DENGAN TIPE KEPRIBADIAN YANG LAIN Ingat rahasianya : sesuaikan kepribadian Anda saat berhubungan dengan tipe kepribadian lainnya. Jika jadi seorang KOLERIS. Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang: a. Koleris – Jangan terlalu keras atau menuntut. Rileks sajalah. Berikan kesempatan pada orang koleris lainnya untuk memegang kendali/control. b. Sanguin – Tunjukkan rasa persahabatan dan keramahan yang ekstra. Biarkan mereka bercerita mengenai diri mereka, pengalaman mereka, dan lain-lainnya. Berlakulah lebih santai dan rileks. c. Phlegmatis – Slowdown, sedikit lebih santai dan jangan membuat mereka takut. Gaya anda yang keras dan agresif akan menakutkan mereka. Berlakulah ramah. Berikan mereka kesempatan untuk mengolah fakta yang anda berikan. Jangan terlalu menekankan hal yang “baru” karena mereka lebih suka hal yang rutin dan telah teruji berhasil. d. Melankolis – Jawab semua pertanyaan mereka. Berikan angka, data, perbandingan, gambar, grafik, dan lain-lainnya. Mereka suka dengan bukti. Berlakulah agak santai. Jangan mendesak. Berikan mereka waktu untuk berpikir. Jawab penolakan mereka dan jangan berpura-pura (berlaku tidak jujur). Jika jadi seorang MELANKOLIS, Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang:
  • a. Koleris – Segera ceritakan pokok permasalahannya (bicara to the point). Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Berikan ide pokoknya. Tunjukkan keyakinan atas apa yang sedang Anda kerjakan. Tunjukkan hasil, tujuan, dan prestasi. b. Sanguin – Berikan mereka sedikit lebih banyak kesempatan untuk berbicara. Tertawalah bila cerita mereka itu lucu. Tunjukkan antusiasme. Jangan membuat mereka bosan dengan angka dan fakta-fakta. Bila memungkinkan, berikan mereka pengalaman dan kesenangan dengan mencoba produk atau ide yang Anda tawarkan kepada mereka agar mereka mencobanya sendiri. c. Phlegmatis – Tunjukkan keramahan dan sikap bersahabat, jangan terlalu business-like . Berikan mereka “ruang dan waktu” untuk menerima presentasi Anda. Berceritalah tentang keluarga. Jangan mendesak. Bersikap sedikit lebih rileks. d. Melankolis – Anda cocok bertemu dengan orang ini. Presentasi Anda yang menyeluruh dan terperinci akan sangat dihargai. Anda merlihat dengan cara yang sama dan ini akan menjadi presentasi terbaik Anda. Jika jadi seorang SANGUIN, Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang: a. Koleris – Jangan bergurau dan buanglah basa-basi Anda. Segera ke pokok permasalahan. Berlakulah seperti seorang pebisnis (business-like). Tekankan hasil yang bisa dicapai dan jangan membuang-buang waktu (bertele-tele). b. Sanguin – Ingatlah bahwa Anda ke sana bukan untuk bertamu. Berhati-hatilah untuk tidak terjebak dalam pembicaraan yang panjang. Ingat untuk meminta waktu untuk tindak lanjut. c. Phlegmatis – Berbicaralah dengan topic orang atau berceritalah sambil memasukkan fakta dan data. Berikan stabilitas melalui pelatihan dasar dan pengetahuan produk. Dapatkan kepercayaan mereka. Berhati-hati untuk tidak terlalu memaksa/mendesak agar cepat akrab dalam waktu yang terlalu singkat. d. Melankolis – Buang basa-basi sebagai pembuka pembicaraan. Tidak usah cerita macammacam. Jangan menyia-nyiakan waktu mereka. Berikan data dan angka. Jawab pertanyaan mereka dan jangan berlaku bodoh. Berikan bukti. Naikkan kadar “melankolis” Anda. Ini akan menjadi hal yang sangat menantang bagi Anda. Konsentrasilah! Jika jadi seorang PHLEGMATIS, Jadi jika Anda berhubungan dengan seorang: a. Koleris – Usahakan untuk lebih percaya diri. Sedikit lebih assertive (mendesak/tegas). Sadarilah bahwa mereka mungkin akan “ menentang” Anda. Jangan takut dengan orang koleris yang punya keinginan kuat. b. Sanguin – Jangan kehilangan kendali dengan membiarkan mereka bercerita ngalor-ngidul. Tetap fokus pada tujuan pertemuan. Anda berdua adalah people-oriented, jadi pasti dapat bergaul dengan mudah. Hati-hati dengan sikap mereka yang terlalu bersahabat. c. Phlegmatis – Mereka sama seperti Anda, butuh penegasan ulang. Berlakulah sedikit lebih percaya diri daripada biasanya. Jangan lupa untuk berlaku berani dan close the deal. d. Melankolis – Jawablah pertanyaan mereka. Yakinlah pada produk atau rencana Anda. Ingat, orang melankolis akan “menentang” Anda dengan sikap mereka yang skeptis dan pesimis. Ini normal saja. Sampaikan data dan angka dengan tegas. Cara pendekatan Anda yang lebih lambat akan sangat menguntungkan Anda. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat ^_^