Kelompok
8
Wahyu
Adzimah
Andhika
Pratama
Ari
Sulistyo
Dalam proses komunikasi terjadi interaksi sosial antara dua
orang atau lebih yang saling mempengaruhi. Media massa
yang di...
Apa yang dimaksud dengan tayangan acara
televisi, perilaku dan masyarakat?
Apa dampak pengaruh tayangan televisi terhadap
...
Menjelaskan
maksud tayangan
acara
telivis, perilaku
dan masyarakat.
Menjelaskan
dampak pengaruh
tayangan acara
televisi te...
Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang
berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta
suara,...
Ketergantungan terhadap televisi
terjadi pada masyarakat pada semua
kalangan usia, baik usia masih anak-
anak, remaja bahk...
hal ini merupakan bentuk perubahan
psikologis pada remaja yang sedang
dalam masa transisi dari masa anak-anak
menuju masa ...
Dampak kognitif, yaitu kemampuan
pemirsa untuk menyerap dan memahami
acara yang ditayangkan televisi yang
melahirkan penge...
televisi banyak memberi pengaruh
positif sebagai hiburan tersendiri bagi
masyarakat luas. Pengaruh tersebut
berkaitan deng...
Dampak negatif dari siaran televisi yang tidak
layak ditonton dapat mempengaruhi kondisi
psikologis anak-anak. Siaran ters...
Melakukan pendampingan saat anak
menonton tayangan televisi,
dengan menjelaskan berbagai
dampak negatifnya.
Membuat aturan...
Televisi merupakan media komunikasi yang dapat
menampilkan gambar dalam bentuk gerak, suara dan
bunyi, televisi merupakan ...
Saran yang dapat diberikan oleh
penulis dengan adanya pembahasan
diatas adalah masyarakat lebih cermat
dalam memilih infor...
Ppt.pengaruih tayangan acara tv terhadap perilaku masyarakat
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Ppt.pengaruih tayangan acara tv terhadap perilaku masyarakat

6,023

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
6,023
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
193
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt.pengaruih tayangan acara tv terhadap perilaku masyarakat

  1. 1. Kelompok 8 Wahyu Adzimah Andhika Pratama Ari Sulistyo
  2. 2. Dalam proses komunikasi terjadi interaksi sosial antara dua orang atau lebih yang saling mempengaruhi. Media massa yang dianggap paling mempengaruhi khalayaknya dalam hal penyampaian informasi adalah televisi program siaran di televisi meliputi acara seperti berita, dialog interaktif, program pedesaan, periklanan, kesenian dan budaya, film, sinetron, pendidikan, kuis, komedi, dan lain-lain Tayangan acara televisi dapat merangsang seluruh alat indra manusia dan merubah persepsi sehingga pada akhirnya mempengaruhi perilaku masyarakat
  3. 3. Apa yang dimaksud dengan tayangan acara televisi, perilaku dan masyarakat? Apa dampak pengaruh tayangan televisi terhadap perilaku masyarakat? Bagaimana upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya perilaku menyimpang akibat adanya tayangan acara televisi terhadap masyarakat ?
  4. 4. Menjelaskan maksud tayangan acara telivis, perilaku dan masyarakat. Menjelaskan dampak pengaruh tayangan acara televisi terhadap perilaku masyarakat. Menjelaskan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mencegah terjadinya perilaku menyimpang akibat adanya tayangan acara televisi terhadap masyarakat.
  5. 5. Televisi adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putuih) maupun berwarna. Kata “televisi” merupakan gabungan dari kata tele (“jauh”) dari bahasa Yunani dan visio (“penglihatan”) dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan “alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan”. perilaku menurut Heri Purwanto adalah pandangan-pandangan atau perasaan yang disertai kecenderungan untuk bertindak sesuai sikap objek tadi. masyarakat sendiri adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial.
  6. 6. Ketergantungan terhadap televisi terjadi pada masyarakat pada semua kalangan usia, baik usia masih anak- anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun, pada usia anak yang belum terlalu banyak referensi yang cenderung berimitasi dan mengidentifikasi apa yang dilihatnya yang akan berdampak pada pola pikir dan perkembangannya, sedangkan pada kalangan remaja. menonton televisi didorong oleh motif rasa keingintahuan yang kuat akan segala sesuatu hal yang baru.
  7. 7. hal ini merupakan bentuk perubahan psikologis pada remaja yang sedang dalam masa transisi dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Selain itu, faktor lain yang juga mempengaruhi ketertarikan remaja untuk menonton televisi adalah lingkungan sosial disekelilingnya. Menurut Valentine (2009) pengaruh televisi terhadap remaja yakni: (1) pengaruh pada sikap yaitu tokoh pada televisi biasanya digambarkan dengan berbagai stereotip. (2) pengaruh pada perilaku yaitu keinginan anak untuk meniru.
  8. 8. Dampak kognitif, yaitu kemampuan pemirsa untuk menyerap dan memahami acara yang ditayangkan televisi yang melahirkan pengetahuan bagi pemirsa. Dampak peniruan, yaitu pemirsa dihadapkan pada model yang sedang aktual sehingga pemirsa ikut-ikutan untuk mencontohnya. Dampak perilaku, yaitu proses tertanamnya nilai-nilai sosial budaya yang telah ditayangkan acara televisi yang diterapkan dalam kehidupan sehari- hari para pemirsa.
  9. 9. televisi banyak memberi pengaruh positif sebagai hiburan tersendiri bagi masyarakat luas. Pengaruh tersebut berkaitan dengan kemampuan untuk menyebarkan informasi yang cepat dan dapat diterima dalam wilayah yang sangat luas pada waktu yang singkat serta dapat menambah wawasan dan informasi. Mengetahui fakta bahwa siaran televisi memberikan dampak positif bagi penonton, tentu saja merupakan sebuah nilai tambah bagi siaran televisi tersebut
  10. 10. Dampak negatif dari siaran televisi yang tidak layak ditonton dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak-anak. Siaran tersebut juga mempengaruhi kondisi psikologis masyarakat secara umum. Sejumlah masyarakat merasa waswas, khawatir, cemas dan takut, jika adegan akan dicontoh seseorang untuk melakukan tindak kriminal.
  11. 11. Melakukan pendampingan saat anak menonton tayangan televisi, dengan menjelaskan berbagai dampak negatifnya. Membuat aturan yang disepakati bersama dalam menonton televisi, menyangkut pembatasan jam tontonan dan jenis tayangan yang boleh dan yang tidak boleh ditonton. Stasiun televisi diwajibkan membuat program acara untuk anak yang kids friendly Stasiun televisi memberikan panduan, berupa informasi, misalnya dalam running text atau pengkodean yang jelas, yang bisa membedakan tayangan untuk anak dan dewasa. KPI (Komisi Penayangan Indonesia) perlu proaktif, memberikan advokasi kepada stasiun televisi maupun masyarakat, agar masyarakat menjadi kritis atau melek media (media literasi).
  12. 12. Televisi merupakan media komunikasi yang dapat menampilkan gambar dalam bentuk gerak, suara dan bunyi, televisi merupakan media massa yang paling diminati oleh masyarakat karena mendapatkan informasi, pengetahuan dan hiburan. Akan tetapi, kemajuan tersebut terkadang tidak diimbangi dengan tayangan-tayangan yang baik. Banyak tayangan- tayangan televisi yang tidak mendidik, tetapi justru menjerumuskan khalayak pada perbuatan-perbuatan yang tidak baik.Salah satu upaya untuk meminimalisir dampak negatif tayangan televisi, yaitu tidak hanya dapat dilakukan oleh pihak orang tua. Akan tetapi sebaiknya, dari pihak KPI (Komisi Penayangan Indonesia) juga berusaha untuk meminimalkan tayangan televisi yang berdampak negatif pada masyarakat.
  13. 13. Saran yang dapat diberikan oleh penulis dengan adanya pembahasan diatas adalah masyarakat lebih cermat dalam memilih informasi yang bermanfaat dan berdampak positif bagi dirinya sendiri. Disarankan agar masyarakat mencari kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat untuk mengurangi intensitas menonton televisi. Kemudian masyarakat harus pintar dalam memilih lingkungan bergaul yang dapat membawa pengaruh negatif atau positif.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×