Your SlideShare is downloading. ×
0
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Ppt cloud-computing-rully-amrizal-1102412020

261

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
261
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
13
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Pemanfaatan Cloud Computing dalam Keseharian
  • 2. Pengertian Clud Computing adalah komputasi berbasis internet, dimana server yang dibagi bersama menyediakan sumber daya, perangkat lunak, dan informasi untuk komputer dan perangkat lain sesuai permintaan. Cloud computing merupakan evolusi alami dari luas adopsi virtualisasi, arsitektur berorientasi layanan dan komputasi utilitas.
  • 3. Sejarah Perkembangan Cloud Computing Cloud computing adalah hasil dari evolusi bertahap di mana sebelumnya terjadi fenomena grid computing, virtualisasi, application service provision (ASP) dan Software as a Service (SaaS). Semenjak tahun ‘60-an, cloud computing telah berkembang berdampingan dengan perkembangan Internet dan Web. Namun karena terjadi perubahan teknologi bandwidth yang cukup besar pada tahun 1990-an, maka Internet lebih dulu berkembang dibanding cloud computing. Dan kini teryata terlihat bahwa pendorong utama cloud computing adalah karena adanya revolusi Internet.
  • 4. Cloud Computing beserta Aplikasinya Aplikasi cloud computing, melainkan” Jasfilin.com” , yaitu merupakan software akuntansi cloud computing pertama di Indonesia. Untuk sebagian besar orang yang tidak memiliki paham di bidang akuntansi pasti baru mengenal situs ini pertama kali sebagai salah satu bentuk dari cloud computing. Jadi, apa saja kelebihan dari jasfilin.com??     Jumlah user tidak terbatas Tidak memerlukan system requirement yang tinggi karena berbasis web Bisa support di semua sistem operasi yang memiliki browser Dapat digunakan di beberapa PC yang berbeda sekaligus tanpa khawatir lisensi  Data pengguna selalu aman dan koneksi terasa ringan karena saat pengguna akses, mereka akan diarahkan ke server terdekat
  • 5. Implementasi Cloud Computing dalam UKM Dengan memanfaatkan TI, UKM bisa menyamai akselerasi pertumbuhan usaha skala besar. Namun di sisi yang lain investasi di bidang IT bagi UKM memang terasa sangat berat, karena memerlukan biaya dan tenaga ahli bidang IT yang cukup mahal. Solusi murah dan efisien penerapan IT bagi UKM yang saat ini berkembang adalah Cloud Computing. Seberapa mahal layanan ini? Untuk skala bisnis, layanan cloud computing terbilang cukup murah karena layanan ini menggunakan mekanisme economies of scale, “Semakin banyak yang ikut menggunakan, semakin baik”.
  • 6. Jenis Layanan Cloud Computing
  • 7. Karakteristik Cloud Computing Ada lima karakteristik dari cloud computing agar sebuah sistem dapat disebut sebagai cloud computing, yaitu: - On-demand Self Service - Broad Network Access - Resource Pooling - Rapid Elasticity - Measured Service
  • 8. Keamanan Cloud Computing Selanjutnya sisi keamanan cloud computing juga dapat dilihat dari letaknya pada protokol yang mengatur komunikasi data tersebut di dalam jaringan. Protokol yang dijadikan referensi dalam paper ini yaitu protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol)
  • 9. Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing Keuntungan Cloud Computing antara lain:  bagi para pelaku bisnis adalah minimalisasi biaya investasi infrastruktur publik sehingga bisnis bisa lebih terfokus pada aspek fungsionalitasnya,  Bagi application developer, layanan PaaS memungkinkan pengembangan dan implementasi aplikasi dengan cepat sehingga meningkatkan produktivitas,  Bagi para praktisi yang bergerak di industri TI, hal ini berarti terbukanya pasar baru bagi industri jasa pengembangan teknologi informasi,  Bagi pebisnis di bidang infrastruktur, hal ini merupakan peluang yang besar karena dengan meningkatnya penggunaan layanan SaaS ini akan meningkatkan penggunaaan bandwidth internet,  Integrasi aplikasi dengan berbagai perangkat
  • 10. Kekurangannya :  Slevel, artinya kemungkinan service performance yang kurang     konsisten dari provider. Inkonsistensi cloud provider ini meliputi, data protection dan data recovery, Privacy, yang berarti adanya resiko data user akan diakses oleh orang lain karena hosting dilakukan secara bersama-sama, Compliance, yang mengacu pada resiko adanya penyimpangan level compliance dari provider terhadap regulasi yang diterapkan oleh user, Data ownership mengacu pada resiko kehilangan kepemilikan data begitu data disimpan dalam cloud, Data mobility, yang mengacu pada kemungkinan share data antar cloudservice dan cara memperoleh kembali data jika suatu saat usermelakukan proses terminasi terhadap layanan cloud Computing.
  • 11. Manfaat Cloud Computing dalam Dunia Bisnis Salah satu manfaat dari komputasi awan (cloud computing) adalah peningkatan efisiensi, layanan dengan cepat dapat tersedia dan siap digunakan dalam hitungan “menit” dibandingkan dengan berminggu-minggu atau berbulan-bulan jika menggunakan pendekatan tradisional ada lima manfaat bisnis utama yang dapat diperoleh diluar efisiensi tersebut. - Kelincahan Bisnis (business agility) - Model bisnis baru - Menekan permasalahan operasional - Penggunaan sumber daya yang lebih baik - Biaya modal yang lebih kecil
  • 12. Manfaat Cloud Computing dalam Dunia Pendidikan Kalau kita simak di Indonesia ada 3 kendala besar di bidang pendidikan:  Jumlah kursi yang tersedia atau daya tampung sekolah baik dari SD sampai perguruan tinggi adalah sangat jauh dari kebutuhan yang ada.  Kemampuan ekonomi yang sangat lemah karena masih banyak keluarga yang hidup berkekurangan sehingga tidak mampu menyekolahkan anak anak mereka di sekolah yang bermutu.  Kekurangan tenaga guru yang berkwalitas. Nah dengan cloud computing ketiga hal tersebut akan teratasi. Dengan Cloud Education atau Cloud Campus maka siswa bisa mengikuti pelajaran tanpa harus datang ke sekolah tetapi bisa secara remote lewat internet. Sehingga jumlah peserta per-satu kelas bisa menjadi tidak terbatas seperti umumnya pendidikan yang membutuhkan ruangan secara fisik.
  • 13. Dengan demikian untuk masalah yang kedua juga menjadi teratasi karena biaya penyelenggaraan pendidikan jadi jauh lebih murah. Cloud Computing juga memungkinkan instruktur untuk mengajar dari jarak jauh tanpa harus hadir ke satu lokasi tertentu atau kelas sehingga kita bisa mempunyai para instruktur berbobot dari manca negara.
  • 14. Contoh Lain Komputasi Awan - Google Drive Google Drive adalah layanan penyimpanan Online yang dimiliki Google. Google Drive diluncurkan pada tanggal 24 April 2012. Sebenarnya Google Drive merupakan pengembangan dari Google Docs. - Windows Azure Windows Azure adalah sistem operasi yang berbasis komputasi awan, dibuat oleh Microsoft untuk mengembangkan dan mengatur aplikasi serta melayani sebuah jaringan global dari Microsoft Data Centers.
  • 15. TERIMA KASIH

×