Cara membuat strum ikan

  • 62,992 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • oya saya juga suka buat speargun fishing bahan kayu jati ex penjajahan belanda jadi terbatas klo ada yg mau pesan hubungi no ini 08212-63-666-46 edwin.r
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • bro kebetulan sya sering ke pantai, ada gak strum ikan yg bisa berfungsi di air laut/ thanks
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
62,992
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
137
Comments
2
Likes
2

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. 1Assalamualaikum Hai teman teman saya mau bagi-bagi ilmu nih mudah-mudahan bermanfa, at untuk semuanya,khususnya di bidang cara membuat setrum ikan, kita langsung aja pada intinyauntuk membikin setrum ikan pertama-tama kita harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu diantaranya sbb;1. kawat email - +1 / 2 kg ukuran 0,4 / 0,6 m 1/2kg ukuran 0,8 / 0,9 m2.inti besi atau plat P = 12cm L = 2cm setelah di tumpuk tebalnya 2cm3.flatina motor vespa 1buah4.codensator 6-8 buah5.accu/aki 5amp 12Volt6.kabel biasa secukupnya7.sakelar ibuah8.kawat behl 1mtr9.seser/jaring ikan10. bok sebagai wadah jaringan setruman tersebutCara-cara pembuatan petama-tama tumpuklah pelat dengan ketebalan 2cm lalu bungkus dengan kertas serapih mungkinjangan sampai bocor karna untuk menghindari consleting arus pada lilitan kabel, setelah rapih mulailahmenggulung dari ujung ke ujung, setelah selesai lapis kembali hingga rapih dan mulailah menggulungkembali, untuk lapisan dalam (primer) sebanyak 3-5 lapis, setelah selesai menggulung lapisan primerbungkuslah sampai lebih rapih lagi agar tidak ada kontak langsung untuk lapisan berikutnya, setelah rapih di lanjutkanmelapis lapisan scdonder dan melapisnya lebih banyak yaitu 5-7 lapis, dengan kabel yang lebih kecil dari kabelprimer setelah semua penggulungan selesai rakitlah semua komponen yang sudah di siapkan sesuai dengan urutandang pungsinya. pengecekan gulungan setelah komponen terakit semua sebelum pengecekan siapkan lah terlebihdahulu lampu / bohlam yang 10-20wat, setelah siap mulailah pengecekan semua komponen hususnya gulungan yangpertama di buat, dengan mengkonekan dengan saklar dan pasang lampu ke salah satu ujung gulungan tersebut bila silampu nyalanya redup coba ganti ke salah satu ujung gulungan dan mulailah mengkonekan kembali sampai lampumenyala lebih terang bila terlihat lampu sama terangnya dengan lampu listrik berarti gulungan yg di buat tadi berhasil,selanjutnya tinggal merapihkan sesuai keterampilan Anda. mudah-mudahan bermanpaat buat semuanya.NB: hati-hati dalam menggunakan perangkat ini karna bisa2 bukan ikan yang ke setrum tapi Anda sendiri yangtersetrumsampaimematikan2010 2Cara membuat setruman ikanAssalamualaikum ........Hai kawan kawan saya mau bagi-bagi ilmu nih mudah-mudahan bermanfa, at untuk semuanya, khususnya dibidang cara membuat setrum ikan, kita langsung aja pada intinyauntuk membikin setrum ikan pertama-tama kita harus mempersiapkan peralatan terlebih dahulu di antaranyasbb;1 . kawat email - +1 / 2 kg ukuran 0,4 / 0,6 m 1/2kg ukuran 0,8 / 0,9 m2.inti besi atau plat P = 12cm L = 2cm setelah di tumpuk tebalnya 2cm3.flatina motor vespa 1buah4.codensator 6-8 buah5.accu/aki 5amp 12Volt6.kabel biasa secukupnya7.sakelar ibuah8.kawat behl 1mtr9.seser/jaring ikan10.bok sebagai wadah jaringan setruman tersebutCara-cara pembuatan Pertama-tama tumpuklah pelat dengan ketebalan 2cm lalu bungkus dengan kertas serapih mungkinjangan sampai bocor karna untuk menghindari consleting arus pada lilitan kabel, setelah rapih mulailahmenggulung dari ujung ke ujung, setelah selesai lapis kembali hingga rapih dan mulailah menggulung kembali,untuk lapisan dalam (primer) sebanyak 3-5 lapis, setelah selesai menggulung lapisan primer bungkuslah sampailebih rapih lagi agar tidak ada kontak langsung untuk lapisan berikutnya, setelah rapih di lanjutkan melapislapisan scdonder dan melapisnya lebih banyak yaitu 5-7 lapis, dengan kabel yang lebih kecil dari kabel primer
  • 2. setelah semua penggulungan selesai rakitlah semua komponen yang sudah di siapkan sesuai dengan urutan dangpungsinya. Pengecekan gulungan setelah komponen terakit semua sebelum pengecekan siapkan lah terlebih dahululampu / bohlam yang 10-20wat, setelah siap mulailah pengecekan semua komponen hususnya gulungan yangpertama di buat, dengan mengkonekan dengan saklar dan pasang lampu ke salah satu ujung gulungan tersebutbila si lampu nyalanya redup coba ganti ke salah satu ujung gulungan dan mulailah mengkonekan kembali sampailampu menyala lebih terang bila terlihat lampu sama terangnya dengan lampu listrik berarti gulungan yg di buattadi berhasil, selanjutnya tinggal merapihkan sesuai keterampilan Anda.mudah-mudahan bermanpa, at buat semuanyawasalam ....NB: hati-hati dalam menggunakan perangkat ini karna bisa2 bukan ikan yang ke setrum tapi Anda sendiri yangtersetrum sampai mematikan 3Sekema pengkejut setrum / ikangambar sekema pengkejut setrum ikan sbb: 4Jaringan setrum ikanSponsored Links: Berikut ini adalah contoh sederhana dari jaringan setrum ikan. Keberhasilan membuat setrum ikan initerletak dari coil / lilitan yang Anda buat, untuk itu di bagian bawah saya juga sertakan panduan cara membuatcoil. namun untuk hasil yang lebih baik Anda bisa mencoba-cobanya sendiri, dengan cara mengubah-ubahperbandingan jumlah llilitan atau besar kawat emailnya.Pendukungnya antara lain accu 10Ah (2 accu lebih baik lagi), platina sebagai pemicu timbulnya tegangan,condensor untuk meredam percikan pada platina, saklar sebagai penghubung accu ke spool, stick dan jaringsebagai output, dan capasitor untuk filter output agar tegangan bisa stabil.jangan lupa setting platinanya, karena hal itu sangat berpengaruh pada hasil tegangan yang di hasilkan.
  • 3. Jaringan setrum ikanCara pembuatan coil setrum ikan adalah sebagai berikut:Siapkan inti besi lunak, setelah itu dilapisi dengan prespan (plastik mika), atau bisa juga menggunakan kertassemen. Gulung kawat email secara rapi tanpa celah pada besi lunak yang telah di lapisi sebelumnya, setelahnyampai ujung lapisi hasil gulungan ini dengan prespan dan gulung di atasnya kembali, ulangi proses ini sampai didapat 3 lapis, dua ujung kawat tersebut akan menjadi terminal kumparan primer.Gulung dengan kawat email yang baru pada lilitan primer yang telah Anda buat sebelumnya, caranya samanamun jumlah lapisan di buat sebanyak 5-6 lapis, kedua ujung kumparan akan menjadi terminal coil sekunder.Ukuran kawat email ini akan mempengaruhi arus output, biasanya pada kumpara primer menggunakan emailberdiameter 0,6 mm dan email sekunder berdiameter 0,9 mm. Untuk mengubah daya keluaran kita dapatmengubah dengan cara mengubah perbandingan jumlah kumparan primer dan sekunder serta diameter kawatemail.Note:Nyetrum ikan adalah tindakan yang dapat merusak ekosistem dan di larangsumber=========================================== 5Cara merakit setrum ikan tawarassalamualaikuum,,,saya mau berbagi ilmu nih buat temen2 yang mau bikin setruman ikan yang gampang dan simpelperangkat/alat2 yang perlu di siapkan1. accu / aki 5-7 amper 12volt2. kabel email 2 ukuran 1mm dan 0,8 mm / 0,9 mm - +1 / 2 kg23. lepengan besi ukuran 12cm = panjang 2cm = lebar4. pelatina motor vespa5. codensator6. kabel secukupnya7. bok ukurannya di sesuaikan8. jaing / seser / sair9. kawat penghubung10. sakelar / swithcara pembuatan gulungan / colinya setrumsebelum memulai penggulungan kabel email sebagai kumparan / coilnya pada setruman ikan terlebih dahulusiapkan lempengan besi yang sudah di persiapkan dengan ukuran panjang 12cm lebar 2cm dan tumpuklah hingaketebalannya - +2 cm setelah itu bungkuslah lempengan besi tersebut sampai serapih mingkin karna untukmenjaga kemungkinan terjadinya konsleting pada kumparan dikala di operasikansetelah lempengan besi tersiapkan mulailah penggulungan kawat email, pada penggulungan ini ada dua macamlilitan yaitu lilitan primer dan sekunder dan yang terlebih dahulu di lilit adalah melilit primernya dahulu - +3 lapis/ tumpuk lilitan / - +100 lilitan dalam setiap tumpukya harus dikasih partisa / penghalang antara tumpukan satudengan tumpukan kedua dst penghalangnya bisa saj menggunakan ketas semen yang lebih mudah untuk dicarinyasetelah lilitan primer selesai mulailah di lanjutkan dengan melilit sekundernya - +5-7 lapis / tumpuk setlah selesaisemua rakitlah semua perangkat yang sesuai tempat dan pungsinya dari pelatina, kodensator dllcara pengujian kumparan / coil
  • 4. pada kumparan yang sudah di lilit kada 4 kabel yang keluar dari gulungan tersebut yaitu 2 sekonder da 2 primerterus gabungkanlah salah satu dari 2 ujung kumparan pungsinya untuk menemukan tegangangan yang manakahyang menghasil kan tegangan yang bagus, setelah ter gabung mulailah pengujiannya dengan cara menggunakalampu 220volt dengan 15-20 watt bila dalam pengujian, lampu keliahatan redup maka cari dan ganti ke salahsatu ujung kumparan yg satunya sampai menghasilkan tegangan yang bagus sampai lampu terlihat lebih terangdari sebelumnyaselamat mencoba,,,,,,,,,,, 6Bagaimana cara merakit alat setrum ikan(belut sawah) dengan aki motordan apa saja yg di butuhkan?Bahan-bahan yang dibutuhkan:1. kawat tembaga email -/+ 15m diameter kawat 0,6mm s/d 0,8mm2. keping inti besi lunak ukuran 2,5x10 cm tebal 10-12 lapis (biasanya pakai bekas gergaji besi atau kepingtrafo)3. kapasitor motor (bekas atau baru), biasanya kapasitor motor atau mobil yang masih menggunakanplatina. 10 biji,4. platina motor atau mobil sebagai swit relay, kalau menggunakan swit yang sudah jadi di toko elektronikpasti cepat rusak.5. aki basah 12volt /10amper, tentunya yang masih bagus.6. dua buah kawat untuk setrum dan ground -/+ 1,2m.7. kabel rambut yang kuat, merah untuk setrum dan hitam untuk ground secukupnya.8. pegas (biasanya dari bahan simpe)9. isolasi, dan lain lain bahan yang dibutuhkan sesuai selera, misalnya pakai box dari papan atau bekasjirigen, baut sekrup, colokan dan lain lain.10.swit atau saklar tangan.CARA MERAKIT1. liltkan kawat tembaga email pada inti besi lunak 3 sampai 4 lapis dengan spasi penuh (ingat inti besi harusdilapisi isolasi yang kuat agar tidak konslet).2. kapasitor dipasang paralel semua lebih dulu, lalu dipasang paralel pada lilitan kawat tembaga email tadi.3 pasang swit relay buatan sendiri yang dari bahan platina motor tadi sedemikian rupa sehingga bisa bekerjasebagai relay, pegas(per) menggunakan bahan dari simpe, ujung yang satu disambungkan pada lilitan (kitasebut saja ujung lilitan 1) yang satunya pada aki kutub - (negatif).4 ujung lilitan yang lainnya (kita sebut saja ujung 2) disambungkan pada aki kutub + (positif), melalui saklartangan yang dipasang seri.5. kabel hitam disambungkan dengan kawat yang buat ground dan ujungnya disambungkan ke aki negatif (-).6. kabel merah disambungkan dengan kawat yang buat setrum dan ujungnya di sambungkan ke lilitan(ujung lilitan 1).demikian cara merakitnya dan mohon maaf bila anda kurang puas karena saya tidak bisa menggambarskemanya.materi referensi:pernah merakit sendiripanduan cara membuat strum ikan atau merangkai srtum ikan yang bagus untuk berbagi pengalamandengan sobat yang hobi mencarikan dengan setrum ikan.lansung saja sesuai dengan judul panduan cara membuat setrum ikan yang bagus.dalam pembuatan setrum ikan di butuh kan bahan-bahan.1.siap kan kawat imael 7on, ukuran 1,9mm, catatan bila kawat imail nya lebih besar lagi misal kan 2mmkawat imael nya 1kg dan kawat imael nya lebih kecil misal kan 1mm kawat imel nya di bsa 4on atau lebihdikit lagi.2.kondesor motor 10 biji lebih banyak lebih bagus paling sedikit 5 biji. menurut pengalaman saya kita harus menyesuaikan arus aki.3.siap kan keren/ inti besi trafo.panjang nya kira 13-15 cm.4. kertas isolator .kertas pembungkus semen juga bs.5.aki 10A. 12v6. platina / motor atau mobil. yg bagus lg pake baja media yg biasa di buat gigi graji.7. untuk stik biasanya yg saya gunakan besi stenlis. biassa di beli di toko bangunan.8.plat atau tangkai palatina bs mengunakan ensel pintu.panduan cara buat strum ikan yang bagus.setelah bahan2 terkumpul mulailah tahab merangkai. pembuatan strum ikan.1.susunlan inti besi / keren kira 1,5mm atau 2mm.dan belit dengan kertas semen, kira2 5-6 belit lalu di
  • 5. solasi dengan lakban, catatan fungsi kertas semen dan lakban ini untuk menjaga kawat imael yg akan kitagulung agar tidak tergores inti besi / keren.biar gak terjadi konslet.2.mulailah menggulung kawat imael di inti besi yg kita belit kertas semen tadi.dengan se,arah jarum jam.catatan: untuk menghasilkan tegangan strum yang kuat. gulunglah atau melilitnya dengan kencang dan ratajangan sampai ada celah.lilitlah sampai 5 sab. dan setiap 1 sab belit lah kertas semen 2 belit.dan yg terakhir belitlah dengan isolasiatau lakban biar kalau terkena air gak sampai kekawat imael.panduan membuat strum ikan yang bagus.tahab merangkai alat strum ikan lihat gambar sekema strum ikan di bawah ini. skema rangkaian strum ikanini sudah terbukti keberhasilanya dalam meyetrum ikan. ini adalah gambar skema dari blog sbelah dan sayamerubahnya untuk mendapat hasil yang lebih sempurna. sesuai uji coba, dan hasilnya sobat bisa buktikansdri.rangkailah seperti skema strum ikan di atas.sederhana, hemat biayaya sekitar 200rb udah jadi. dan hasilnyabagus banget.catatan: untuk mendapat kan tengangan yang kuat untuk alat strum ikan seperti rangkaian seperti ini. otakatik lah tangkai platina sehingga dapat menghasil kan suara yang bersih, kira2 bunyinya tiiiiiiiiit bila stik danjaring stik di taruh di dalam air. keberhasialan rangkaian seperti ini tergantung sobat dalam mengotak atikplatina, usahakan suara bunyi strum ikan berbunyi tiiiiiiit dengan suara yang nyaring bersih bila kedua stikdidalam air.rangkaian strum ikan atau penggejut ikan seperti ini udah cukup melumpuhkan semua ikan di airtawarkedalaman 2 meter lebih. dan di air campuran air tawar dan asin di butuh kan 2 aki 10A untukmelumpuhkan ikan.catatan: ukuran kawat imael sangat berpengaruh, usahakan memakai ukuran 1,9mm 7on kawat imael danuntuk cara pakai alat strum ikan bisa klik di sinipanduan membuat strum ikan yang bagus. kalau sobat masih binggung bs sobat kotak sms ke no08995722656 atau sobat tdk mau repot untuk membuat sendiri dan mau beli setrum ikan klik di sini.catatan: untuk melestarikan ikan jangan di ambil semua tingalkan kan yg masih kecil biar berkembang biaklagi. terimakasih kunjungannya dan maaf gambar setrum ikannya udah jelek di sebab kan sering terendamair sewaktu saya nyari ikan di sungai2 yg dalam.