tugas aplikom

  • 513 views
Uploaded on

 

More in: Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
513
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
14
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. DAMPAK NARKOBA DIKALANGAN REMAJA MAKALAH oleh ROMADANI RAJAB 02609/2008PROGRAM STUDI EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2012
  • 2. Latar belakang Narkoba merupakan suatu bahan/zat yang apabiladimasukkan ke dalam tubuh seseorang melalui mediaapapun dapat mengubah perasaan,pikiran dan emosional.zat dalam narkoba sebenarnya digunakan untukpengobatan dan penelitiannarkoba kemudian banyak disalahgunakan yaitu mulaidari keinginan untuk coba-coba, ikut trend/gaya, lambangstatus sosial, ingin melupakan persoalan, dll.Bila narkoba digunakan secara terus menerus ataumelebihi takaran yang telah ditentukan akanmengakibatkan ketergantungan atau kecanduan.
  • 3. PerumusanBagaimana dampak narkoba terhadap remajasaat sekarang ini ?Dan bagaimanaa upaya pencegahanpenggunaan narkoba tersebut?
  • 4. pembahasanPengertian Bahaya, Narkoba, dan RemajaMenurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia karangan AliSaukah, M.A., bahaya artinya yang ( mungkin ) mendatangkankecelakaan ( bencana, kesengsaraan, kerugian, dan sebagainya ).Narkoba menurut pengertian farmakologi medis adalah obat yangdapat menghilangkan rasa nyeri dan dapat menimbulkan penurunantingkat kesadaran serta mengandung zat adiktif yang dapatmenimbulkan kecanduan. Narkoba berasal dari tanaman kokain dantanaman ganja. Dalam dunia kedokteran, bahan ini diperlukan untukpengobatan penyakit tertentu, tetapi jika dikonsumsi secara bebasatau berlebihan akan berbahaya. Narkoba pada zaman sekarang inimenjadi masalah diberbagi negara, termasuk Indonesia, mengingatakibat yang ditimbulkan karena penyalahgunaannya dapatmembahayakan kehidupan bangsa dan negara.
  • 5. lanjutan Menurut WHO (1982) narkoba adalah semua zatpadat, cair maupun gas yang dimasukan kedalamtubuh yang dapat merubah fungsi dan strukturtubuh secara fisik maupun psikis tidak termasukmakanan, air dan oksigen dimana dibutuhkanuntuk mempertahankan fungsi tubuh normalRemajaMenurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesiakarangan Ali Saukah, M.A., remaja dapat diartikanpemuda atau pemudi yang muda belia.
  • 6. Bahaya narkoba terhadap remajaBahaya narkoba terhadap remaja, antara lain : Menimbulkan gangguan kesehatan jasmani danrohani, merusak fungsi organ vital tubuh :otak, jantung, ginjal, hati, dan paru – paru, sampai kepadakematian sia – sia yang tidak patut ditangisi. Memerlukanbiaya yang sangat besar baik untuk membeli narkoba yangharganya sangat mahal, maupun untuk biayapengobatannya yang juga sangat mahal, sehingga dapatmembuat keluarga bangkrut dan menderita.Menimbulkan gangguan terhadapketertiban, ketentraman, dan keamanan masyarakat.Menimbulkan kecelakaan diri yang bersangkutandengan orang lain.
  • 7. lanjutanMemicu tindakan tidak bermoral, tindakan kekerasandan tindakan kejahatan.Menurunkan sampai membunuh semangat belajaradalah perbuatan yangmenghancurkan masa depan.Merusak keimanan dan ketakwaan, membatalkanibadah agama karena hilangnya akal sehat.Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah,Sering menguap, mengantuk, dan malas,Tidak memedulikan kesehatan diri,Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian,Perbuatan melanggar hokum yang dapat menyeretpelakunya ke penjara.
  • 8. Upaya pencegahan narkobaAdapun upaya-upaya yang lebih kongkret yang dapat kitalakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenanguntuk melakukan penyuluhan tentang bahayanarkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadaksecara rutin.Kemudian pendampingan dari orang tua siswa itu sendiridengan memberikan perhatian dan kasih sayangPihak sekolah harus melakukan pengawasan yang ketatterhadap gerak-gerik anak didiknya, karena biasanyapenyebaran (transaksi) narkoba sering terjadi di sekitarlingkungan sekolah. pendidikan moral dan keagamaan harus lebihditekankan kepada siswa
  • 9. Lanjutan.....Oleh sebab itu, mulai saat ini, kita selakupendidik, pengajar, dan sebagai orang tua, harussigap dan waspada, akan bahaya narkoba yangsewaktu-waktu dapat menjerat anak-anak kitasendiri. Dengan berbagai upaya tersebut diatas, mari kita jaga dan awasi anak didik kita, daribahaya narkoba tersebut, sehingga harapan kitauntuk menelurkan generasi yang cerdas dantangguh di masa yang akan ating dapatterealisasikan dengan baik
  • 10. kesimpulan1)Narkoba adalah barang yang sangat berbahaya dan bisa merusak susunan syaraf yang bisa merubah sebuah kepribadian seseorang menjadi semakin buruk2) Narkoba adalah sumber dari tindakan kriminalitas yang bisa merusak norma dan ketentraman umum.3)Menimbulkan dampak negative yang mempengaruhi pada tubuh baik secara fisik maupun psikologis
  • 11. Terima Kasih…. 