Protokol ip

  • 1,352 views
Uploaded on

 

More in: Education , Technology
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
1,352
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
69
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PROTOKOL IP protokol lapisan yang digunakan oleh protokol TCP/IP untuk melakukanpengalamatan dan routing paket data antar host-host di jaringan komputer berbasis TCP/IP
  • 2. IP Protokol IP merupakan salah satu protokol kunci di dalam kumpulan protokol TCP/IP Sebuah paket IP akan membawa data aktual yang dikirimkan melalui jaringan dari satu titik ke titik lainnya dengan menggunakan metode “Connectionless” Connectionless berarti tidak perlu membuat dan menjaga sebuah koneksi tetap ada Unreliable, berarti IP akan mengirimkan paket tanpa proses pengurutan dan tanpa acknowledgment ketika pihak yang dituju telah dapat diraih Protokol ini tidak menjamin penyampaian data, sehingga diserahkan kepada protokol pada lapisan yang lebih tinggi, yakni protokol Transmission Control Protocol (TCP). IP juga sering disebut sebagai protokol yang bersifat routable
  • 3.  Header IP mengandung informasi yang mencakup alamat IP sumber (source IP address) dan alamat IP tujuan (destination IP address) IP address terbagi menjadi dua bagian, yakni network address dan node address/host address IP membolehkan pembuatan sebuah jaringan yang cukup besar yang disebut IP internetwork, yang terdiri atas dua jaringan atau lebih yang dihubungkan denganmenggunakan router berbasis IP
  • 4.  IP merupakan “kurir” pembawa data yang dikirimkan oleh protokol-protokol lapisan yang lebih tinggi dibandingkan dengannya sehingga mendukung banyak protokol klien Tapi dalam satu paket IP hanya dapat mengandung data dari satu protokol dari beberapa protokol tersebut dalam satu waktu. (satu paket = satu protokol/satu waktu)
  • 5. Contoh dari protokol-protokol lapisanyang lebih tinggi dibandingkan IP adalah :  Internet Control Management Protocol (ICMP)  Internet Group Management Protocol (IGMP)  User Datagram Protocol (UDP)  Transmission Control Protocol (TCP).
  • 6.  IP hanya akan melakukan pengiriman sekali kirim saja untuk menyampaikan paket-paket kepada hop selanjutnya atau tujuan akhir (teknik seperti ini disebut sebagai “best effort delivery”) IP didesain agar mendukung banyak komputer dan antarmuka jaringan IP menggunakan skema pengalamatannya sendiri, yang disebut “IP address“, yang terdiri dari bilangan 32-bit IP dapat diperluas dengan menggunakan fitur IP Options dalam header IP
  • 7. Fungsi dari IP antara lain: mendefinisikan cara penggunaan alamat di Internet (Internet addressing scheme) mendefinisikan datagram ({basic unit} dari sebuah transmisi di Internet) memindahkan data antara {Network Access Layer} dan {host-to-Host Transport Layer} melakukan {routing} dari datagram antar komputer melakukan fragmentasi (pemecahan paket) dan re- assembly dari datagram
  • 8. Paket IP berisi data-data untuk TCP/IPprotocol suite. Setiap paket memiliki32-bit alamat sumber (sourceaddress) dan tujuan (destinationaddress), beberapa bit untuk option,sebuah header checksum, danpayload of data. Umumnya paket IPmemiliki ukuran beberapa ratusbytes.
  • 9. ADDRESS RESOLUTION PROTOCOL (ARP)
  • 10. ADDRESS RESOLUTION PROTOCOL (ARP) ARP berasosiasi antara alamat fisik dan alamat IP
  • 11. Format Paket
  • 12. Format Paket Hardware Type : banyak bit dalam field ini adalah 16 bit. Sebagai contoh untuk Ethernet mempunyai tipe 1. Protocol Type banyaknya bit dalam field ini 16 bit. Contohnya, untuk protokol IPv4 adalah 080016. Hardware Length : field berisi 8 bit yang mendefinisikan panjang alamat fisik. Contohnya, untuk Ethernet, panjang alamat fisik adalah 6 byte. Protocol Length : field berisi 8 bit yang mendefinisikan panjang alamat logika dalam satuan byte. Contoh : untuk protokol IPv4 panjangnya adalah 4 byte.
  • 13. Format Paket Operation Request & Reply: field berisi 16 bit ini mendefinisikan jenis paket untuk ARP apakah itu berjenis ARP request atau ARP reply. Sender Hardware Address : banyaknya field adalah variabel yang mendefinisikan alamat fisik dari pengirim. Untuk Ethernet panjang nya 6 byte. Sender Protocol Address : field ini panjangnya juga variabel dan untuk mendefiniskan alamat logika (alamat IP) dari pengirim. Target Hardware Address : field ini panjangnya juga variabel yang mendefiniskan alamat fisik daripada target. Pada paket ARP request, field ini isinya 0 semua. Target Protocol Address : field ini panjangnya juga variabel dan mendefinisikan alamat logika (IP) dari target.
  • 14. Enkapsulasi (pembungkusan) Sebuah paket ARP dienkapsulasi langsung ke frame data link. Berikut gambarnya :
  • 15. INTERNET CONTROL MESSAGEPROTOCOL ICMP (Internet Control Message Protocol) adalah protocol yang bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan dan kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan / paket ICMP dikirim jika terjadi masalah pada layer IP dan layer diatasnya(TCP/UDP).
  • 16. Karakteristik dari ICMP adalah : Bagian internal dari IP dan diimplementasikan disetiap module IP Digunakan untuk menyediakan feedback tentang beberapa error pada sebuah proses datagram. Tidak mendukung kehandalan pengiriman paket IP.
  • 17. Kondisi dimana koneksi IP terganggu router yang crash putusnya kabel atau matinya host tujuan. Pada saat ini Peran ICMPICMP berperan membantu menstabilkan kondisijaringan. Dengan cara memberikan pesan-pesantertentu, sebagai respons atas kondisi tertentuyang terjadi pada jaringan tersebut.
  • 18. Ada dua tipe pesan yang dapat dihasilkanoleh ICMP yaitu ICMP Error Message : dihasilkan jika terjadi kesalahan pada jaringan. ICMP Error Message dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya : Network Unreachable, Host Unreachable, Protocol at Destination is Unreachable, Port is Unreachable, Destination Network is Unknown dan Destination Host is Unknown. ICMP Query Message : jenis pesan yang dihasilkan oleh protocol ICMP jika pengirim paket menginginkan informasi tertentu yang berkaitan dengan kondisi jaringan. ICMP Query Message terdiri dari : Echo dan Echo Reply, Timestamp dan Timestamp Reply , Address mask.
  • 19. ICMP Error Message ICMP error message tidak pernah dikirimkan sebagai respon sebuah datagram untuk tujuan broadcast atau multicast. Setiap ICMP error message terdiri dari Internet Header (IP) dan sekurangnya 8 data octet (byte) pada datagram.Paket ICMP tidak boleh dikirim saatterjadi problem yang disebabkan oleh:•Kegagalan pengiriman paket ICMP•Kegagalan pengiriman paket broadcast ataumulticast
  • 20. Ada beberapa jenis paket yang dikirimsebagai error message : Time exceeded, Paket ICMP jenis ini dikirimkan jika isi field TTL dalam paket IP sudah habis dan paket belum juga sampai ke tujuannya. Parameter Problem, paket ini dikirimkan jika terdapat kesalahan parameter pada header paket IP Source Quench. Redirect, paket ini dikirimkan jika router merasa host mengirimkan paket IP melalui router yang salah. Paket ini seharusnya dikirimkan melalui router lain.