Kelompok 7

659 views

Published on

Published in: Education, Technology
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
659
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
23
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kelompok 7

  1. 1. Kelompok 7 Adimas Lutfi Rita HayatiZainnudin Kaisar
  2. 2. Apa itu CodeIgniter ?CodeIgniter adalah aplikasi open source yang berupaframework dengan model MVC (Model, View,Controller) untuk membangun website dinamisdengan menggunakan PHP. CodeIgnitermemudahkan developer untuk membuat aplikasi webdengan cepat dan mudah dibandingkan denganmembuatnya dari awal. CodeIgniter dirilis pertama kalipada 28 Februari 2006. Versi stabil terakhir 2.1.0 yangdirilis pada 28 November 2011.
  3. 3. Framework secara sederhana dapat diartikankumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuantertentu yang sudah siap digunakan sehinggabisa lebih mempermudah dan mempercepatpekerjaan seorang pemrograman, tanpaharus membuat fungsi atau class dari awal.
  4. 4. CodeIgniter sendiri dibangun menggunkan konsepmodel-view-controller(MVC). MVC memisahkanpengembangan aplikasi berdasarkan komponenutama yang membangun sebuah aplikasi sepertimanipulasi data, user interface, dan bagian yangmenjadi kontrol aplikasi.
  5. 5. 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu :• View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model.• Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view.• Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
  6. 6. CodeIgniter mendukung banyak jenis databasemisalnya mySql, Postgre sql, oracle dan lain-lain.Dukungan database dari CodeIgniter berupapenyediaan dari beberapa driver, security, cachingdan active record .
  7. 7. Membuat Database pada Code Igniter Pada pembuatan database maka kita akan bermain-main pada konsep model . Model bisa dibilang khusus digunakan untuk melakukan koneksi ke basis data oleh karena itu logika-logika pemrograman yang berada didalam model juga harus yang berhubungan dengan basis data.Step 1 : Konfigurasi CI 1. Buka file config.php yang berada dalam folder system-application- config-config.php Ubah base url, sesuaikan dengan lokasi dimana folder CI-mu berada (tempat ekstrak-an tadi). Contoh : $config[base_url] = http://localhost/codeIgniter/
  8. 8. 2. Setting autoloadnya$autoload[libraries] = array(database);$autoload[helper] = array(url);
  9. 9. 4. Setting database. Buka file database.php yang berada dalam folder yang sama dengan config.php. Ubah hostname, username, password, dan nama database. Sesuaikan dengan pengaturan mysql anda. Contoh : $db[default][hostname] = "localhost"; $db[default][username] = "root"; $db[default][password] = ""; $db[default][‘blablabla] = “nama database"; >> diisi dengan nama database
  10. 10. 5. Menyiapkan data base, dengan nama Tabel yang kita mau .
  11. 11. 6. Membuat Model dari buku .Kemudian, file ini di disimpan application-model-(nama file)
  12. 12. Step 4 : Membuat View disimpan di folder (application-view)Pertama-tama kita membuat form dulu agar mudah menginputkan data
  13. 13. Setelah membuat form, kita harus mengatur view bukunya .
  14. 14. 5. Kita harus mengatur controller, karena Controller, merupakan bagianyang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi.
  15. 15. Tetsting , Mengisi form
  16. 16. Mengahapus File
  17. 17. Sekian dan Terimakasih ^_^

×