Presentation1

122 views
65 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
122
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentation1

  1. 1. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya. Makalah ini berisikan tentang materi perbandingan Linux dengan Windows. Oleh karena itu, diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang pemahaman linux dan windows. Tujuan penulisam ini yaitu untuk memenuhi nilai tugas mata kuliah Sistem Operasi serta sebagai bahan dasar bagi kami untuk pembelajaran kami selanjutnya.
  2. 2. Saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini. Akhir kata, Saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
  3. 3. PEMBAHASAN PERBANDINGAN LINUX DENGAN WINDOWS VS LINUX WINDOWS
  4. 4. Sistem Operasi merupakan program yang bertindak atau berfungsi sebagai perantara antara pengguna komputer atau user dengan perangkat keras komputer. perbandingan system operasi linux dengan windows adalaha sebagai berikut : Secara spesifikasi: 1. User Interface : Ø Linux : Banyak memiliki user interface, bisa memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer. Ø Windows : Sistem operasi yang user-friendly.
  5. 5. 2. Keamanan dan virus : Ø Linux : virus bagi linux bukanlah sesuatu hal yang menakutkan bagi pengguna system operasi linux, karena keamanan linux lebih kuat dari pada windows. Walaupun virus bisa saja masuk dan berkembang biak di linux, namun tetapi tidak membawa kerusakan yang besar. Ø Windows : Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalu mengancam system operasi windows, sehingga dapat merusak data yang ada pada windows. Dengan begitu keamanan system operasi windows tidak sekuat dengan operasi linux.
  6. 6. 3. Spyware : Ø Linux : Linux sangat memperhatingkan pengumpulan, pengiriman data ke server khususnya di dunia marketing. Ø Windows : Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia windows. Biasanya program spywaremengemati, mengumpulkan dan mengirimkan data anda ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing. Sayangnya, ada juga yang berniat buruknya yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negative lainnya.
  7. 7. 4. Instalasi dan Kelengkapan Program : Ø Linux : Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux didistribusikan dengan setelah instal, anda akan menemui banyak aplikasi. Sebut saja kategori officesuite, multimedia, internet, 3D dan games. Ø Windows : Windows tidak menyediakan banyak program setelah di instal. Kalau pun ada ada mungkin anda hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
  8. 8. 5. Konfigurasi Sistem : Ø Linux : Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya Mempelajari perintah-perintah secara manual di command line. belakangan linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hamper semua hal juga bias anda lakukan sama mudahnya seperti di windows. Ø Windows : Windows di kenal kemudahan dalam pemakaianya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan system point n’ click yang sudah berbasis grafis
  9. 9. 6. Hardware support: Ø Linux : Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux. Ø Windows : Di windows, hardware yang ada sudah menyertakan drivernya.
  10. 10. 7. System File : Ø Linux : Linux memiliki beberapa macam file system, diantaranya reiser FS atau ext3. System file ini mengimplementasikan suatu teknik yang di sebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan system file. Ø Windows : Windows mempunyai dua system file yaitu FAT dan NTFS. Dengan dua system file seperti di atas anda bias membaca dan bahkan melihat menyimpan file di system FAT atau NTFS milik windows.
  11. 11. 8. Defrag Ø Linux : Di linux tidak akan menemukan program untuk men-defrag hardisk namun jika hardisk sudah terisi sampai 99%, akan mendapatkan masalah kecepatan. Ø Windows : Mungkin sering mengalami masalah menurunya kecepatan windows. Salah satu penyebabnya biasanya adalah file-file harddisk yang sudah tidak tersusun rapi lagi. Itu sebabnya anda di sarankan untuk menggunakan program defrag.
  12. 12. 9. Penamaan File Ø Linux : Linux menggunakan “/ ” untuk memisahkan folder dan linux juga bersifat case-sensitive. Ø Windows : Untuk memisahkan folder windows menggunkaan “ ”.
  13. 13. 10. 3D Desktop Ø Linux : Linux mampu menjalankan fitur 3D desktop yang lebih lengkap pada computer dengan spesifikasi yang sangat rendah. Ø Windows : Windows menyediakan vitur 3D desktop akan tetapi harus dengan computer yang mempunyai spesifikasi yang sangat tinggi.
  14. 14. PENUTUP KESIMPULAN Linux atau Windows itu punya target user sendiri-sendiri, punya kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Pasar Windows dikhususkan untuk user yang berorientasi pada user interface, tampilan, kemudahan akses di komputer. Karena, Sistem Operasinya yang bersifat Close Source. Artinya hanya bisa dikembangkan oleh perusahan Sistem Operasinya saja, alias terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Windows.
  15. 15. Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. Linux pada dasarnya diciptakan untuk kalangan mereka yang ingin mempelajari lebih jauh soal komputer, biasanya kalangan developer, karena Sistem Operasinya yang bersifat terbuka alias Open Source. SARAN Dalam makalah singkat ini Saya ingin menyarankan kepada rekan mahasiswa untuk terus belajar mengembangkan Sistem Operasi Linux yang open Source, mendistribusikannya secara grtatis dan tidak memakai produk –produk bajakan, khususnya software-software komersil yang di bajak.
  16. 16. TERIMA KASIH SALAM

×