Yuk, belajar nasyid!!!

3,828 views
3,606 views

Published on

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
3,828
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
42
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Yuk, belajar nasyid!!!

  1. 1. Yuk, Belajar Nasyid!!! By: Raudatul Jannah
  2. 2. Kenal dengan mereka?Raihan
  3. 3. Atau yang ini… Gradasi
  4. 4. Mari kenalan ma nasyid…Seni Islam nasyid sudah sejakpertengahan tahun 80-an masuk keIndonesia. Meskipun masa itumerupakan hiburan yang baru danhanya berkembang di sekolah tinggidan universitas, namun nasyidmenjadi ikon bagi para intelektualdan perlahan berkembang ke luarkampus.
  5. 5.  Bukan hal baru lagi kalau nasyid mendapat julukan musik ‘kolakan’, musik ramadhan, karena memang munculnya nasyid sampai saat ini identik dengan bulan puasa. Sedangkan bulan-bulan lain nasyid sangat jarang terdengar. Nasyid sampai saat ini baru berhasil menunjukkan eksistensinya ‘hanya’ di bulan ramadhan atau paling maksimal pada hari besar keagamaan islam saja. Di satu sisi ini memang menguntungkan karena mudah mengidentikkan mana yang jenis musiknya nasyid mana yang bukan. Banyak hal-hal kurang menguntungkan yang terpaksa harus dialami oleh tim nasyid: sebutan musik kolak, identik dengan hanya pantas untuk segmen khusus, musik pinggiran dan lain sebagainya.
  6. 6. But, you have to know… • Nasyid adalah sebuah bentuk seni islami yang dibawakan oleh para munsyid untuk menyiarkan Islam dan dalam rangka mendekatkan dirinya dan masyarakat kepada Allah. • Nasyid bisa digolongkan ke dalam musik Islami, tapi musik Islami bukan nasyid. • Mari luruskan motivasi untuk ikut bidang NASYID…. Setuju???
  7. 7. AccapellaAcapella adalah suatu teknik bernyanyi yang biasanya dilakukansecara berkelompok tanpa diiringi oleh alat musik.Perkembangan acapella dimulai dari para imigran afrika. Olehkarena mereka tidak mampu membeli atau bahkan tidak diberikesempatan untuk memainkan alat musik itu, mereka menirukansuara berbagai alat musik untuk mengiringi nyanyian-nyanyian ditenda-tenda tempat mereka berkumpul. Acapella bagi orangkaukasia tadinya hanya dianggap bernyanyi dengan pembagiansuara tanpa alat musik dan tanpa menirukan suara alat musik.Tetapi bagi orang Afrika lain, mereka menyanyi sekaligusmenirukan suara alat musik, jadi lebih lengkap. Hal ini akhirnyaditiru oleh bangsa-bangsa lain terutama Spanyol yang akhirnyameninggalkan warisan teknik bernyanyi ini sampai di Filipina.
  8. 8. Pembagian accapella Susunan teknik acapella model ini : 1. Lead I 2. Vocal iringan I 3. Vocal Iringan II 4. Vocal Iringan III 5. Barithon 6. Bass 7. Perkusi(jika perlu
  9. 9. Teknik aransemen : 1. Tentukan lagu dengan cara dinyanyikan oleh lead vocal 2. Tentukan chord dengan bass 3. Tentukan jenis aliran musik. 4. Tentukan pembagian suara rhythm 5. Aransemen lagu dengan : Intro - Lagu lengkap - Reff - Interlude - Lagu dan atau Reff - Coda pengantar untuk penutup - Penutup.
  10. 10. Untuk memperkaya ide, sebaiknyaperbanyak mendengarkan berbagaijenis aliran musik dan teknik acapelladari berbagai macam kelompok. Dansebaiknya pelajari cara beracapellayang paling mudah denganmenirukan suara alat musik dulu.Karena penekanan acapella modelsekarang adalah musiknya.

×