psikologi pendidikan

1,420 views

Published on

intelegensi, bakat dan kreativitas

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,420
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
27
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

psikologi pendidikan

  1. 1. KELOMPOK III 1.FACHRUDINSYAH 2.RETNO YUSDIANI 3.AAN HAIRUL 4.FEBRINA SANTRI
  2. 2. INTELEGENSI Intelegensi adalah kemampuan untuk memperoleh berbagai informasi abstrak, menalar serta bertindak secara efisien dan efektif. Intelegensi juga bisa diartikan sebagai kemampuan untuk menyelesaikan masalah atau produk yang dinilai di dalam satu atau lebih latar budaya.
  3. 3. KATEGORISASI IQ Intelligence Quotient (IQ) merupakan sebuah ukuran tingkatan kecerdasan yang berkaitan dengan usia, bukan kecerdasan itu sendiri. Secara harfiah, IQ berarti hasil bagi intelegensi (skor yang dihasilkan dari pembagian sebuah skor dengan skor lainnya yang berhubungan dengan kemampuan mental seseorang).
  4. 4. PENGERTIAN BAKAT MENURUT PARA AHLI Brigham Crow Guilford
  5. 5. B A K A T Adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus.
  6. 6. ♪ Bakat umum merupakan kemampuan yang berupa potensi dasar yang bersifat umum artinya setiap orang memiliki. ♪ Bakat khusus merupakan kemampuan yang berupa potensi khusus, artinya tidak semua orang memiliki. Misalnya bakat seni, pemimpin, penceramah dan olahraga.
  7. 7. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN BAKAT 1.GENETIK 2.LATIHAN 3.STRUKTUR TUBUH
  8. 8. KREATIVITAS
  9. 9. KARAKTERISTIK INDIVIDU KREATIF Munandar (1999), menjelaskan ciri-ciri pribadi kreatif meliputi ciri-ciri aptitude dan non-aptitude. Ciri-ciri aptitude yaitu ciri yang berhubungan dengan kognisi atau proses berfikir. Sedangkan, Ciri-ciri non- aptitude, yaitu ciri-ciri yang lebih berkaitan dengan sikap atau perasaan.
  10. 10. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN KREATIVITAS 1. LINGKUNGAN KELUARGA 3. LINGKUNGAN MASYARAKAT 2. LINGKUNGAN SEKOLAH
  11. 11. IMPLIKASI INTELEGENSI, BAKAT DAN KREATIVITAS DALAM PEMBELAJARAN Dalam proses pembelajaran Kecerdasan sangatlah berkaitan dengan proses belajar, yang mana dalam proses pembelajaran faktor yang sangat dominan adalah pribadi individu yang cerdas yang mampu berfikir kritis, sehingga keduannya saling mendominasi suksesnya proses pembelajaran karena terciptanya pemikir- pemikir cerdas baik intelektual, emosional, maupun spiritual dengan berdasarkan dan sesuai dengan kondisi- kondisi siswa dalam proses pembelajaran.
  12. 12. TERIMA KASIH

×