Emansipasi wanita dalam pandangan islam
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Emansipasi wanita dalam pandangan islam

on

  • 10,332 views

 

Statistics

Views

Total Views
10,332
Views on SlideShare
10,300
Embed Views
32

Actions

Likes
1
Downloads
182
Comments
0

4 Embeds 32

http://plannersjourney.blogspot.com 28
http://plannersjourney.blogspot.com.tr 2
http://bakulgratis.com 1
https://twitter.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Emansipasi wanita dalam pandangan islam Emansipasi wanita dalam pandangan islam Presentation Transcript

  • EMANSIPASI WANITA DALAM PANDANGAN ISLAM SAFIRA C. PINGKAN E. DWI LARAS DWITANTRI FAKHRI A.
  • OUTLINE DEFINISI EMANSIPASI WANITA WANITA PADA ZAMAN DAHULU SOSOK WANITA INSPIRATIF DALAM ISLAM EMANSIPASI WANITA YANG BENAR PENAFSIRANYANG SALAH MENGENAI EMANSIPASIWANITA KEDUDUKAN WANITA DALAM ISLAM
  • DEFINISI EMANSIPASI WANITA Emansipasi berasal dari bahasa latin“emancipatio” yang artinya pembebasan dari tangan kekuasaan. Emansipasi wanita adalah memperjuangkan agar wanita bisa memilih dan menentukan nasib sendiri dan mampu membuat keputusan sendiri.
  • WANITA PADA ZAMAN DAHULU Nabi Muhammad SAW lahir. Beliau mengangkat derajat kaum wanita. Di jazirah Arab, pada 570 M, wanita berada pasa strata sosial terendah, bayi perempuan dianggap sebagai aib, dan dikubur hidup-hidup. Di Romawi dan Persia, wanita dijadikan budak, persembahan dan pemuas nafsu. Pada tahun 586 M, di Prancis, diadakan sidang membahas apakah wanita itu manusia atau bukan.
  • KEDUDUKAN WANITA DALAM ISLAM “Perbedaan yang dijadikan ukuran untuk meninggikan dan merendahkan hanyalah nilai pengabdian dan ketakwaannya kepada Allah SWT” (QS. Al Hujurat:13) “Barangsiapa yang mengerjakan amalan shalih, baik pria maupun wanita dalam keadaan beriman. Maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan akan kami beri balasan pula kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl: 97). “Sesungguhnya pria dan wanita muslim, pria dan wanita yang mukmin, pria dan wanita dalam ketaatannya, pria dan wanita yang benar, pria dan wanita yang sabar, pria dan wanita yang khusuk, pria dan wanita yang bersedekah, pria dan wanita yang berpuasa, pria dan wanita yang memelihara kehormatannya, pria dan wanita yang banyak menyebut Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (QS. Al-Ahzab: 35).
  • KEDUDUKAN WANITA DALAM ISLAM “Salah satu ciri laki-laki terhormat adalah yang paling dan bersikap lemah lembut terhadap istrinya”. ( HR Ibnu Ahmad bin Hambal) “Dan orang laki-laki tidaklah sama seperti orang perempuan” (Ali Imron:36) “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita) (An-Nisa’:34)
  • KEDUDUKAN WANITA DALAM ISLAM “Wahai seluruh manusia, sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu dari pria dan wanita. Dan Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar Kami jadikan kamu saling mengenal, sesungguhnya yang termulia diantara kamu adalah yang paling bertakwa.” (QS. Al- Hujurat:13).
  • PENAFSIRAN YANG SALAH MENGENAI EMANSIPASI WANITA Persamaan = kesederajatan, kesebandingan Keidentikan =keduanya harus persis sama. Persamaan ≠ Keidentikan
  • PENAFSIRAN YANG SALAH MENGENAI EMANSIPASI WANITA Menelantarkan pekerjaan rumah tangga. Meghilangkan nilai agama dari kehidupan. Emansipasi yang dipengaruhi oleh kepentingan materi.
  • EMANSIPASI WANITA YANG BENAR Emansipasi yang bermuara pada tujuan “li I’lai kalimatillah”. Meninggikan kalimat Allah, bahwa kebebasan yang diperjuangkan adalah kebebasan yang berada dalam koridor ketakwaan.
  • SOSOK WANITA INSPIRATIF DALAM ISLAM Khodijah binti Khuwalid. sosok yang paling baik dalam hal kesalehan, kemurahan hati, kedermawanannya dan suka mementingkan orang lain. Ummul Mukminin Aisyah binti Abu Bakar Ash Shidiq, dikenal dengan zuhud dan dermawan dan sebagai orang yang paling dalam ilmunya. Fatimah binti Muhammad, dikenal sangat perhatian terhadap ayahnya dan selalu mendukung perjuangan ayahnya dalam menegakkan islam.
  • SOSOK WANITA INSPIRATIF DALAM ISLAM Ummul Mukminin Zainab binti Jahsy, dikenal paling suka menyambung tali silaturahim. Beliau berkarya dengan keterampilan tangannya sendiri menyamak dan menjahit kulit. Dan dari hasil itu dia bersedekah di jalan Allah. Ummu Athiyyah Al Anshariyyah, salah satu perempuan yang ikut berbaiat kepada Rosulullah, telah mengikuti perang bersama Rosulullah sebanyak 7 kali.
  • ADA PERTANYAAN?
  • PERTANYAAN No. Nama Kelompok Pertanyaan Jawaban 1 Mila 12 Berbaiat artinya apa? Berbaiat/baiat artinya perjanjian atau janji setia. 2 Januarta 12 Bagaimana menyikapi wanita yang berperan sebagai pemimpin? Hal tersebut termasuk emansipasi. Namun, pemimpin lebih baik laku-laki. 3 Ayunda 3 Bagaimana Islam menempatkan wanita? Setingi-tingginya wanita tetap berada di bawah pria. Tapi wanita juga dimuliakan 
  • KESIMPULAN Kedudukan wanita dimuliakan dalam Islam. Jangan salah menafsirkan emansipasi wanita 
  • TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA 