INTEGRATED MARKETING COMM. DJARUM BLACK

7,678
-1

Published on

my final exam,

0 Comments
4 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
7,678
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
786
Comments
0
Likes
4
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

INTEGRATED MARKETING COMM. DJARUM BLACK

  1. 1. INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION OLEH : REZKA JUDITTYA (44110010131)
  2. 3. Djarum BL A CK merupakan merek sebuah produk rokok kretek yang diproduksi oleh Djarum. Produk ini dijual dalam kemasan yang direnggangkan, dua rokok lebar, dan sepuluh rokok panjang. Sementara, batang rokoknya sendiri digulung dengan kertas berwarna hitam. Rokok tersebut diartikan sebagai kayu manis yang mempunyai selera yang baik pada bau dan rasanya. Rokok ini dibuat dari tembakau alami yang berasal dari Indonesia dan secara luas diekspor ke seluruh penjuru dunia
  3. 4. <ul><li>DJARUM BLACK ORIGINAL </li></ul><ul><li>DJARUM BLACK MENTHOL </li></ul><ul><li>DJARUM BLACK CAPPUCICINO </li></ul><ul><li>DJARUM BLACK TEA </li></ul><ul><li>DJARUM BLACK SLIMZ </li></ul>VARIAN DJARUM BLACK
  4. 5. PRAKTEK ADVERTISING Iklan adalah bentuk komunikasi yang digunakan untuk membujuk audiens (pemirsa, pembaca atau pendengar) untuk mengambil beberapa tindakan sehubungan dengan produk, ide, atau jasa. Paling umum, hasil yang diinginkan adalah untuk mengarahkan perilaku konsumen sehubungan dengan suatu penawaran komersial, walaupun iklan politik dan ideologi juga umum. Pesan iklan biasanya dibayar oleh sponsor dan dilihat melalui berbagai media tradisional; termasuk media massa seperti surat kabar, majalah, televisi komersial, iklan radio, iklan outdoor atau surat langsung, atau media baru seperti website dan pesan teks.
  5. 6. TV COMMERCIALS DJARUM BLACK <ul><li>Dari video commercial djarum black versi fotografer, sangat terlihat kreatifitas dari produk ini, dimana seperti iklan rokok biasanya yang tidak boleh memperlihatkan kegiatan merokok,atau bentuk produk secara langsung,mereka semua memilih cara lain untuk memperkenalkan produk nya. </li></ul>
  6. 7. ANALISIS PRAKTEK ADVRERTISING Commercial unik juga di perlihatkan oleh djarum black dari versi pantainya,dengan seorang laki-laki yang terperanga melihat wanita dengan arsiran garis hitam yang menyelimuti tubuhnya. Dari hal itu mungkin para pemirsa iklan tersebut banyak memiliki persepsi masing- masing tentang adegan tersebut. CLIK DISINI. Seperti pada umumnya juga djarum black mengiklankan produknya di pinggir jalan melalui baleho,spanduk dan sebagainya untuk memperkenalkan produk mereka,dengan melaui media luar ruangan Namun cara yang paling berhasil dalam mengenalkan produk djarum black ini adalah dengan menggandeng komunitas- komunitas seperti para pemakai kendaraan berwarna hitam,serta komunitas lainnya untuk mendukung pemasaran produk djarum black ini. Dengan di bantu dengan mengadakan event - event besar baik di tingkat nasional atau internasional.
  7. 8. Advertising model baru yang di lakukan oleh djarum black, dengan cara membuat ruang tunggu kendaraan umum, atau halte di kota pekanbaru. Hal ini mungkin di anggap unik oleh produsen,dan berfikir bahwa pastilah banyak orang yang berkunjung ke tempat itu setiap harinya. Setidaknya brand awarenes tentang produk ini merupakan target utama dari produsen terhadap produk ini dalam membangun halte tersebut..
  8. 9. ANALISIS PRAKTEK ADVRERTISING Menurut analisis saya pribadi mengenai perikalanan,atau advertising yang di lakukan oleh Djarum Black, mungkin hampir sama dengan merek dagang rokok lain seperti : 1. Melakukan iklan melalui media massa, seperti koran, majalah, televisi, radio 2. Melakukan iklan melalui media luar ruangan, seperti spanduk, baleho,poster,dll, Tehnik pemasaran melalui media,atau disebut juga dengan vertical approaches advertising juga terlihat sangat kreatif dengan desain yang inovatif pula,hal ini juga karena Djarum Black mengusung positioning “Kreatif,dan Inovatif”. Yang menjadi pembeda dari cara advertising Djarum Black Ini adalah cara mereka mensosialisasikan produknya secara tidak langsung atau dengan Horizontal Approaches advertising,atau dengan merangkul para perokok pasif dan juga komunitas dalam mempromosikan citra Djarum Blak di tengah masyarakat dengan berbagai kegiatan dari para komunitas tersebut. Sehingga, hal ini menjadikan Djarum Black sebagai pemasar yang mengusung prinsip New Wave Marketing, dimana terjadi pergeseran yang mendasar, integrasi antara offline dan online serta low budget high impact.
  9. 10. DIRECT MARKETING It is a direct communications with individual to obtain an immediate response ( Mksudnya adalah komunikasi langsung yang terjadi dengan para individu atau target iklan, untuk mendapatkan respon yang cepat pula ). Direct marketing ini biasanya menggunakan media online. Memanfaatkan search engine google untuk komunikasi pemasaran. Membuat website : djarumblack.com www.blackxperience.com www.blackinnovationawards.com
  10. 11. DIRECT MARKETING Memanfaatkan social media seperti facebook dan juga youtube untuk lebih dekat kepada masyarakat agar mengenal lebih jauh tentang produk djarum black ini. Mereka membuat sebuah komuniitas secara online melaui media sosial tersebut juga KOMUNITAS DJARUM BLACK :
  11. 12. DIRECT MARKETING Penggunaan direct marketing yang mungkin paling berhasil dalam membangun merek djarum black ini adalah dengan menggunakan blog. Dengan cara membuat perlombaan mendesain serta membuat blog dengan nama djarum black blog competition.
  12. 13. PERSONAL SELLING Bussiness to Bussiness Untuk lebih mengembangkan bisnis nya djarum black juga menggandeng beberapa usaha lainnya dalam menjual image dari djarum black itu sendiri melalui store seperti:
  13. 14. PERSONAL SELLING Selain melalui store, djarum black juga menjadi sponsor dalam beberapa event, dengan dukungan dari perusahaan lain seperti terlihat di gambar berikut : Jika kita analisis, acara ini di buat oleh PC Club & Lounge di Princess Hotel Palembang,untuk acara valentine. Dimana djarum black sebagai salah satu sponsor dalam acara tersebut bersama beberapa perusahaan lain seperti : GSM 3, Radio OZ Palembang, J’CO, Agen wisata NLC Tour, dan Helneken Beer
  14. 15. Begitu pula dengan 2 even Djarum black ini, yang juga bekerja sama dengan beberapa perusahaan yang bergerak di dalam dunia otomotif. Yang berbeda adalah di sini Djarum Black sebagai penyelenggara acara tersebut.
  15. 16. Atau juga yang paling sederhana , djarum black membantu dalam mensponsori sebuah cafe kecil di wilayah madiun,seperti gambar di bawah ini Semua cara personal selling dengan metode bussines to bussines ini tidak hanya mensponsori atau bekerja sama dengan berbagai perusahaan atau juga usaha, tetapi tujuan dari itu semua juga untuk menumbuhkan images djarum black itu sendiri agar masyarakat tahu,hingga mencapai level kepedulian terhadap merk djarum black.
  16. 17. Personal Selling Bussiness to Costumer Adalah strategi pemasaran produk dari produsen langsung menyasar kepada konsumen. Hal ini biasanya di lakukan oleh produsen rokok dengan mengerahkan para sales promotion di tempat tempat strategis, atau juga bisa melalui stand yang di bangun dalam acara atau event yang di adakan oleh produsen tersebut, seperti contohnya sebagai berikut :
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×