Tourist attraction in Central Java

6,566 views
6,267 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
6,566
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
46
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tourist attraction in Central Java

  1. 1. PROVINSI JAWA TENGAH Disusun Oleh : Resti Mey Yana
  2. 2. LAMBANG JAWA TENGAH Cupu manik berbidang dasar lima. Di dalam ada gambar candi Borobudur , gunung, ombak, laut, bambu runcing, padi dan kapas. Arti lambang menunjukan kekayaan alam dan budaya jawa Tengah.Semboyan Prasetya Ulah sakti bhakti berarti bekerjakeras membangun bangsa dan negara.
  3. 3. PETA PROVINSI JAWA TENGAH
  4. 4. Batas Provinsi Jawa TengahSebelah Utara jawa tengah berbatasan dengan lautjawaSebelah selatan jawa tengah berbatasan dengansamudra indonesiaSebelah barat berbatasan dengan Jawa BaratSebelah Timur berbatasan dengan Jawa Timur
  5. 5. IKLIMJawa Tengah mempunyai 2 musim Musim Kemarau Musim kemarau terjadi antara bulan Mei – September Musim Hujan Terjadi antara bulan oktober - April.Diantara ke-2 musim tersebut terdapat musim peralihanatau pancaroba. Dan suhunya berkisar antara 20° C – 35° C.dengan suhu rata-rata 27° C.
  6. 6. FLORA DAN FAUNAFlora : Jati, Bambu, bakau, dan tumbuhan tropis lainya.Fauna : Binatang mamalia, reptilia, dan berbagai jenis burung lainya.
  7. 7. TRANSPORTASIDarat - Bus - Kereta Api - Atau kendaraan pribadiLaut - KapalUdara - Pesawat
  8. 8. PELABUHANPelabuhan Tanjung Emas Jl. Coaster No. 10 A SemarangPelabuhan Tanjung Intan Jl. Laut Jawa CilacapPelabuhan Tegal Jl. L.R.E Martadinata no.9
  9. 9. BANDARA•Achmad Yani Airport SRG•Adi Sumarmo Wiryokusuma AirportSurakarta (Solo) SOC•Tunggul Wulung Airport Cilacap CXP
  10. 10. Rumah Adat Jawa Tengah “JOGLO”
  11. 11. Masyarakat jawa dulu menganggap bahwarumah joglo tidak boleh dimiliki oleh sembarangorang, oleh orang kebanyakan, tapi hanyadiperkenankan bagi kaum bangsawan, raja, danpangeran, serta mereka yang terhormat danterpandang. Namun dewasa ini rumah joglodigunakan pula oleh segenap lapisanmasyarakat dan juga untuk berbagai fungsi lain,seperti gedung pertemuan serta perkantoran.
  12. 12. Pakaian Adat Pernikahan Jawa Tengah
  13. 13. Tari gambyong
  14. 14. Tarian ini merupakan tarian pergaluan di masyarakat. Cirikhas selalu di buka dengan gending pangkur. Tarigambyong biasanya di pentaskan sebagai tarian selamatdatang bagi para tamu undangan yang resmi hadir dalamadat jawa.
  15. 15. Tarian Tradisioanl EBLEG
  16. 16. Ebleg atau kuda lumping merupakan kesenian khas dariKabupaten Kebumen. Yang menceritakan sepasukan pemudamemakai kostum warna-warni etnik naik kuda melawan 2ular raksasa yang di dalamnya mengandung unsur mistis
  17. 17. TARI MERAK
  18. 18. Tari merak merupakan tarian kreasi baru dari tanahpasundan yang diciptakan oleh Raden Tjetjep pada tahun1950. yang bercerita pesona merak jantan untuk menarikhati sang betina
  19. 19. OBYEK WISATA DI SEMARANG
  20. 20. PETA SEMARANG Kota Semarang adalah ibukota ProvinsiJawa Tengah Indonesia. Kota ini terletak sekitar 466 km sebelah timur Jakarta, atau 312 km sebelah barat Surabaya, atau 624 km sebelah barat daya Banjarmasin (via udara).Semarang berbatasan dengan Laut Jawadi utara, Kabupaten Demak di timur, Kabupaten Semarang di selatan, dan Kabupaten Kendal di barat.
  21. 21. PAGODA BUDDHAGAYA WATUGONG Diresmikantahun 2006. memiliki tinggi 45m pagoda ini dibangun 7 tingkat yang bermakna bahwa seorang akan mencapai kesucian dalam tingkat. Dari kota semarang cukup menempuh waktu 45 menit. Bagian dalam pagoda berbentuk segi 8 dengan ukuran 15x15m. Mulai tingkat ke-2 hingga ke-6 dipasang patung dewi kwam Im (Dewi Welas Asih )yang menghadap penjuru angin bertujuan agar sang dewi memancarkan kasih sayangnya ke segala arah mata angin.
  22. 22. Tingkat ke-7 terdapat patung AMITABA, Amitaba adalh guru besar dewa danmanusia. Bagian Puncak pagoda terdapat Stupa untuk menyimpan relik (butir-butir mutiara) yang keluar dari sang Budha. Bagian depan juga terdapat patungDewi Welas Asih serta sang buddha untuk Sang Buddha yang duduk dibawahpohon BODI.
  23. 23. Pantai Tirang Terletak di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang. Kurang lebih 5km jarak udara dari pantai marina.
  24. 24. Masjid Agung Jawa Tengah
  25. 25. Terletak di jalan Gajah Raya,Kelurahan Sambirejo,kecamatan Gayamsari menempati tanah badha masjidAgung Semarang seluas 10ha dan mampu menampungjamaah kurang lebih 13.000 orang. Dibangun pada hari jum’at 6 september 2002. Diresmikan tanggal 14 november 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
  26. 26. Lawang sewu
  27. 27. Sejarah Bangunan Lawang Sewuadalah salah satu bangunanbersejarah yang dibangun olehpemerintahan kolonial Belanda,pada 27 Februari 1904. Awalnyabangunan tersebut didirikan untukdigunakan sebagai HetHoofdkantoor van de NederlanschIndische Spoorweg Maatscappij(NIS) atau Kantor Pusat PerusahanKereta Api Swasta NIS.
  28. 28. Klenteng Sam Poo Kang
  29. 29. Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalahsebuah petilasan, yaitu bekas tempatpersinggahan dan pendaratan pertama seorangLaksamana Tiongkok beragama islam yangbernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak didaerah Simongan, sebelah barat daya KotaSemarang.Disebut Gedung Batu karena bentuknyamerupakan sebuah Gua Batu besar yang terletakpada sebuah bukit batu
  30. 30. CANDI GEDONG SONGO
  31. 31. Candi ini berada di lereng gunung unggaran tepatnya diCandi Gedongsongo, Dusun darum, Desa Candi kecamatanAmbarawa, kabupaten Semarang. Kompleks Candi ini dibangun pada abad ke-9 M. Candi Gedong Songo adalahnama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budayaJawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran.Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi.Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 danmerupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman WangsaSyailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).
  32. 32. Makanan Khas Semarang Lumpia
  33. 33. Wingko Babat
  34. 34. OBJEK WISATA DI BREBES
  35. 35. Peta Kabupaten Brebes
  36. 36. Arah Timur Kabupaten Tegal Arah Barat Kabupaten Brebes Arah Utara Laut Jawa Arah Selatan Kabupaten Tegal
  37. 37. Kebun Teh Kaligua
  38. 38. Perkebunan teh Kaligua merupakan kawasan wisataagro dataran tinggi yang terletak Kaligua di DesaPandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes,Jawa Tengah. Tepatnya di wilayah Brebes bagian Selatan.Wisata agro Kaligua dikelola oleh PT. PerkebunanNusantara IX (Persero) Jawa Tengah. Lokasi wisata agroKaligua terletak sekitar 10 kilometer dari arah kotaKecamatan Paguyangan, atau sekitar 15 kilometer dariBumiayu Perkebunan teh Kaligua berada pada ketinggian1200 - 2050 m dpl. Kondisi udara sangat dingin, berkisar 8° -22° C pada musim penghujan dan mencapai 4° -12° C padamusim kemarau
  39. 39. TELAGA RENJENG
  40. 40. Obyek wisata Telaga Renjeng berlokasi di DesaPandansari Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebessekitar 15 Km dari Bumiayu. Disekitar telaga dapat dinikmatipanorama alam hutan lindung, cagar alam dan udara yangsejuk serta hamparan kebun teh. Selain itu di telaga dapatdisaksikan beribu ribu ikan lele yang jinak dan dianggapkeramat.
  41. 41. BENDUNGAN WADUK MALAHAYU
  42. 42. Waduk Malahayu terletak di Desa Malahayu,Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes,JawaTengah± 6 km dari Banjarharjo atau 17 km dariTanjung. Luas kawasan ini sekitar 944 hektare dandibangun pada tahun 1930 oleh Kolonial Belanda.Fungsi waduk ini disamping sebagai sarana irigasilahan pertanian wilayah Kecamatan Banjarharjo,Kersana, Ketanggungan, Losari, Tanjung danBulalakamba juga sebagai pengontrol banjir sertadimanfaatkan untuk rekreasi.
  43. 43. WADUK PENJALIN
  44. 44. Waduk Penjalin memiliki luas 1,25 km2 dan isi 9,5 juta m3,terletak di tengah-tengah Desa Winduaji , 2,4 km arah selatan ibukota Kecamatan Paguyangan . Dari ibu kota kecamatan ke arahselatan jurusan Purwokerto , kemudian sampai Desa Winduajibelok kanan ke lokasi waduk. Dari kota Paguyangan jaraknya 6km, dari kota Bumiayu 12 km. Sedangkan dari Purwokerto 30 km.Waduk Penjalin terletak perbatasan Kab Banyumas dan Kab.Brebes.Waduk PenjalinWaduk ini dibangun tahun 1930 oleh pemerintah kolonial Belandabersamaan dengan Waduk Malahayu. Air waduk ini dipersiapkanuntuk menyuplai irigasi Sungai Pemali bawah dan arealpersawahan. Mungguhan, Keser Kulon, Kali Garung, KedungAgung, Soka, Karangsempu, Pecikalan, dan Karangnangka.
  45. 45. CURUG PUTRI
  46. 46. Curug Putri memiliki ketinggian lebih kurang 35 meter dandihiasi dengan tebing batu yang sisi-sisinya membentukukiran alami.Terletak di Dukuh Padanama, Desa Mendala, KecamatanSirampog, Kabupaten Brebes, Propinsi Jawa Tengah. Dapatditempuh selama 30 menit perjalanan dengan kendaraandari pertigaan Kalisalak Desa Benda ruas jalan utamaTegal-Purwokerto.
  47. 47. PAP CIPANAS BUARAN
  48. 48. Obyek wisata PAP Cipanas merupakan pemandian air panasyang ada di Desa Bauaran, Kecamatan Bumiayu.berjaraksekitar 6 kilometer sebelah barat Kecamatan Bumiayu dandapat ditempuh dengan menggunakan sepada motor danmobil.Dari Cerita rakyat, obyek wisata pemandian ini dapatmenyembuhkan bagi pengunjung yang sekedar ingin mandi.
  49. 49. MAKANAN KHAS BREBES
  50. 50. OBJEK WISATA DI KABUPATEN TEGAL
  51. 51. PANTAI PURWAHAMPA
  52. 52. Jarak tempuh dengan terminal bus Kota Tegal kurang lebih 14 kmkearah timur jurusan ke semarang Kawasan wisata ini beralamat Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.
  53. 53. PEMANDIAN AIR PANAS GUCI
  54. 54. Untuk mencapai tempat ini membutuhkan waktu perjalanan kira-kira 3jam untuk sampai di Guci dari kota Cirebon. Lokasi Obyek Wisata Guciadalah sekitar 30 km dari Slawi atau 40 km dari Kota Tegal menuju keselatan. Guci berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa yaitukecamatan paling selatan di Kabupaten Tegal yang berada tepat dibawah kaki gunung Slamet(3.428 M).
  55. 55. TIRTA WADUK CACABAN
  56. 56. Kawasan pantai yang membujur dari utara(Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (PulauNusakambangan) dengan panorama gelombang laut yangcukup besar, kapal-kapal tanker yang keluar masukPelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayantradisional yang berlalu lalang di sepanjang pantai TelukPenyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan PulauNusakambangan menambah indahnya suasana pantai.
  57. 57. TEMPAT WISATA DIKABUPATEN CILACAP
  58. 58. PANTAI TELUK PENYU
  59. 59. Pantai Teluk Penyu terletak di kecamatan Cilacap Selatandengan jarak 2 km ke arah timur dari pusat kota KabupatenCilacap dan dapat dijangkau dengan kendaraan umum danpribadi. Kawasan pantai yang membujur dari utara (PelabuhanPerikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan)dengan panorama gelombang laut yang cukup besar, kapal-kapaltanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjangpantai Teluk Penyu serta tegarnya Kilang Pertamina dan PulauNusakambangan menambah indahnya suasana pantai.
  60. 60. HUTAN PAYAU/MANGROVE
  61. 61. Kondisi objek wisata Hutan Payau di KelurahanTritih Kulon, Cilacap, Jawa Tengah, sangatmemprihatinkan. Obyek wisata yang pernah jaya di tahun90-an ini kini terancam tutup…Selain kondisinya sudah rusak, jumlah pengunjung keobjek wisata hutan payau satu-satunya di Pulau Jawa itumenurun drastis. Namun biasanya hutan ini banyakdigunakan sebagai tempat peneliatian oleh mahasiswaperguruan tinggi
  62. 62. PANTAI WIDORO PAYUNG DAN JETIS
  63. 63. Terletak di Desa Widarapayung, KecamatanBinangun, Kabupaten Cilacap, JawaTengah, Indonesia. Dinamakan demikian, sebabterletak di wilayah desa Widarapayung, yaitusekitar 35 km ke arah timur Cilacap. Satuobyek pariwisata di kabupaten Cilacap inimenawarkan panorama yang indah dan sangatbaik untuk bermain selancar.
  64. 64. PANTAI NUSA KAMBANGAN
  65. 65. Nusa Kambangan adalah nama sebuah pulau diJawa Tengah yang lebih dikenal sebagai tempatterletaknya beberapa Lembaga Pemasyarakatan (LP)berkeamanan tinggi di Indonesia. Pulau ini masuk dalamwilayah administratif Kabupaten Cilacap dan tercatatdalam daftar pulau terluaR Indonesia. Untuk mencapaipulau ini orang harus menyeberang dengan kapal feridari pelabuhan Pulau Kambangan, yang berstatussebagai cagar alam, selain sering digunakan untuklatihan militer, juga merupakan habitat bagi pohon-pohon langka, namun banyak yang telah ditebang secaraliar. Saat ini yang tersisa kebanyakan adalahtumbuhan perdu, nipah, dan belukar.Kayuplahlar (Dipterocarpus litoralis yang hanya dapatditemukan di pulau ini banyak dicuri karena setelahdikeringkan, mempunyai kualitas yang setara dengankayu meranti dari Kalimantan
  66. 66. BENTENG PENDEM
  67. 67. Benteng PendemCilacap (Belanda:Kustbatterij op deLandtong te Cilacap),dibangun 1861, adalahbenteng peninggalanBelanda di pesisir pantaiTeluk Penyu kabupatenCilacap, Jawa Tengah..
  68. 68. Benteng pendem Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986.
  69. 69. Benteng Pendem dahulunya merupakan markaspertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengahyang didesain oleh arsitek Belanda. Benteng inidifungsikan untuk menahan serangan yang datang dariarah laut bersama dengan BentenG Karang Bolong,Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring. Benteng Pendem difungsikan hingga tahun1942. Ketika perang melawan Pasukan Jepang, bentengini berhasil dikuasai Jepang. Tahun 1941, Jepangmeninggalkan benteng ini karena kota Hiroshima danNagasaki dibom oleh sekutu; sehingga, benteng inidiambil alih oleh TNI Banteng Loreng Kesatuan JawaTengah. Dalam penguasaan TNI, benteng ini digunakanpara pejuang kemerdekaan berlatih perang danpendaratan laut.
  70. 70. TEMPAT WISATA DIKABUPATEN PURWOKERTO
  71. 71. BATURADENBaturraden terletak di sebelah utarakota Purwokerto tepat di lerengsebelah selatan Gunung Slamet.Baturraden karena letaknya dilereng gunung menjadikan kawasanini memiliki hawa yang sejuk dancenderung sangat dingin terutamadi malam hari. Jarak dari kotaPurwokerto sekitar 15 km dandapat ditempuh dalam waktu 15menit dengan lalu lintas yang tidakterlalu padat
  72. 72. Baturraden adalah keindahanyang memancar dari lerengGunung Slamet. Lokasi wisatayang berjarak hanya sekitar 15km dari kota Purwokerto, JawaTengah ini, tak hanyamenyimpan panorama alamyang molek, tetapi juga ceritarakyat tentang RadenKamandaka, atau LutungKasarung yang cukup akrab dimasyarakat Indonesia.
  73. 73. LOKASI WISATA BATURADENPancuran Telu Baturraden Pemandian air panas yang yang mengandung belerang.Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak disebelah bawah Pancuran pitu . TERLETAK di kota Purwokerto,kurang lebih 15 kilometer kearah utara kota. Berada dikaki GunungSlameT. Di dalamnya, terdapat pula petilasan mbah tapa angin yangkonon dipercayai sebagai penemu pertama kawasan ini. PetilasanMbah Tapa Angin ini berupa sebuah ceruk kecil mirip gua denganbagian dalamnya sudah dilapisi dengan keramik putih. Bau dupa danwangi bunga sesaji mendominasi ruangan ini, menghadirkan nuansamistik yang tidak semua orang menyukainya. Nampaknya petilasanini masih sering digunakan oleh penduduk sekitar atau pengunjung,untuk bersemedi atau "ngelap berkah".
  74. 74. PANCURAN PITUPancuran Pitu Baturraden Pemandian air panas yang yang mengandung belerang.Dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Terletak disebelah atas Pancuran Telu. Pancuran Pitu, atau Pancuran Tujuh,merupakan salah satu lokawisata yang terletak dalam lingkunganLokawisata Baturaden. Merupakan sumber air panas bumi yangterpancar langsung dari kaki Gunung Slamet yang keluar melaluitujuh pancuran. Dalam lokawisata Pancuran tujuh terdapat GuaSarabadak, namun saat ini gua tersebut telah ditutup dikarenakanlongsor.
  75. 75. GOA SARABADAK
  76. 76. OBJEK WISATA DIKABUPATEN KEBUMEN
  77. 77. GOA PETRUK Gua Petruk merupakan salah Obyek wisata di KabupatenKebumen. Obwis (obyek dan Pantai Logending, dimana lokasinya beradadi dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupatenKebumen, atau sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan. Perludiketahui, bahwa di dalam Goa yang mungkin terlihat cukupmenakutkan, karena tak ada pijaran atau nyala lampu seperti di GoaJatijajar, atau Goa lain yang ada di Indonesia. Namun Goa Petruk ini menurut catatan Doktor Koo, seorangpakar Goa dari luar negeri mengatakan, bahwa Goa Petruk ini merupakanGoa terindah di seantero Nusantara. Untuk itu, pakar Goa ini memintapada Pemda Kebumen, agar Gua tersebut tetap dijaga kealamiannnya.Bahkan, untuk diterangi dengan listrik, juga tak diperkenankan. Namunpengunjung jangan khawatir, di sini tersedia Guide atau pemandu yangselalu siap mengantar disertai dengan peralatan lampu yang memadai.
  78. 78. Tiga Goa Goa Petruk ini sebetulnyaterbagimenjadi tiga bagian. Bagian Tapi bukan itu sebetulnya yangpertama atau di lantai I hanya ditawarkan oleh goa tersebut, diterdapat kelelawar dengan bau mana keindahan goa tersebutkurang sedap dan beterbangan ke bukan dari hidung Petruk yangsana kemari. Sedang untuk Goa sangat mancung, tetapikedua dalam lokasi tersebut diberi panoramanya yang memangnama Goa Semar. Dalam Goa inilah cukup indah. Untuk itu tidak adakita akan disuguhi dengan salahnya kalau wisatawan bahkanpemandangan dari bebatuan yang memerlukan waktu berjam-jamcukup indah dan mempesona. berada di Goa Petruk ini.Bahkan ada yang mengatakan, masukGua Petruk laksana melihat alamyang tiada taranya karena terdapatbatu stalaktit dan stalagmit yangmempesona dan menyerupaiberbagai bentuk.
  79. 79. BATU PAYUDARA
  80. 80. GOA JATIJAJAR Gua Jatijajar adalah sebuah tempat wisata berupa guaalam yang terletak di desa JatijajAr, Kecamatan Ayah, KabupatenKebumen. Gua ini terbentuk dari batu kapur. Gua Jatijajarmempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang250 meter. Lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12meter sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, danketingian dari permukaan laut 50 meter. Diorama yang di pasang dan dalam Gua Jatijajar ada 8(delapan) deorama, yang patung-patungnya ada 32 buah.Keseluruhannya mengisahkan cerita Legenda dari "RadenKamandaka- Lutung Kasarung. Adapun kaitannya dengan GuaJatijajar ialah, dahulu kala Gua Jatijajar pernah digunakan untukbertapa oleh Raden Kamandaka Putera Mahkota dari KerajaanPajajaran, yang bernama aslinya Banyak Cokro atau BanyakCakra.
  81. 81. Sendang kantil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita- citanya akan mudah tercapai.Sendang Mawar.Air dari sendang ini apabiladipakai untuk mandi ataumencuci muka dipercayaberkhasiat bisa awet muda.
  82. 82. PANTAI AYAH ( LOGENDING )Pantai Logending, 8 kmselatan Gua Jatijajar, atau 53km dari kota KabupatenKebumen, tepatnya diDesa/Kecamatan Ayah,merupakan obyek wisatapantai yang memilikikeindahan alam sangatmenawan
  83. 83. PANTAI MENGANTI Pantai Menganti memiliki karang terjal dengan bukit yangkeperak-perakan, Pantai Menganti memiliki pasir putih menawanyang terhampar sepanjang pinggir pantai . Terletak di 7 kilometersebelah timur pantai ayah kebumen.
  84. 84. BENTENG VAN DER WIJCK Benteng yang dibangun pada 1818 ini memiliki luas sekira 3.606 meterpersegi dengan tinggi 9,67 meter sebagai pertahanan bangsa Belanda pada zamanpenjajahan dahulu. Terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah, bentengini merupakan benteng terbesar di Jawa bagian selatan pada masanya danbentuknya yang persegi delapan konon hanya ada dua di dunia. Uniknya, nama Van Der Wijck pun diambil dari seorang perwiraBelanda yang menjadi komandan dan dinilai cukup berjasa karena berhasilmengalahkan pejuang Aceh. Saat pendudukan Jepang, benteng ini juga sempatdijadikan tempat pelatihan tentara PETA. ―Benteng ini memiliki 16 barak yangdulunya digunakan sebagai asrama tentara Belanda. Di zaman pendudukan Jepang,benteng ini dipakai untuk melatih prajurit PETA (Pembela Tanah Air). Merekaditempatkan di barak-barak di sekitar bentang, sedangkan bagian utama bentengdigunakan sebagai gudang penyimpanan bahan makanan, senjata, dan amunisi,‖Benteng yang didominasi warna merah ini berjarak 140 km atau 3 jam dariKota Yogyakarta
  85. 85. OBJEK WISATA DIKAB. PURWOREJO
  86. 86. MUSIUM TOSAN AJI Museum yang berada dibekas gedung pengadilanPurworejo tepatnya di jalan Mayjen Sutoyo No. 10Purworejo ini dibuat dengan gaya arsitektur dari ―Eropa‖karena bangunan ini tidak lain adalah bekas pengadilan tempodulu.Disana kita bisa melihat beRmacam-macam koleksi Tosan Aji.Diantaranya seperti : Keris, Tombak, Cundrik, Pedang, Kudi,Payung Berujung Tombak dan Alat-alat perawatan pembuatanTosan Aji dari Bahan sampai Jadi.Di setiap koleksi Tosan Aji itu ada penjelasan singkatnya.Kurang lebih setahun yang lalu, Tosan Aji bertambah 1penghuni.
  87. 87. Beberapa koleksi di musium tosan aji
  88. 88. Pantai Jatimalang Pantai Jatimalang yang terletak di KecamatanPurwodadi, Kabupaten Purworejo, Jateng dan memilikikeindahan alam pantai dipadu dengan asrinya alampegunungan dijadikan andalan objek wisata bagi kabupatenitu. lokasi objek wisata ini sekitar 18 km selatan kotaPurworejo dengan luas areal sekitar 200 hektare.
  89. 89. Pantai Jatimalang
  90. 90. OBJEK WISATA DIKAB. PURBALINGGA
  91. 91. OWABONG
  92. 92. Obyek wisata air Bojongsari atau lebih dikenal sebagaiOwabong adalah tempat wisata keluarga yang memiliki wahanapermainan berupa kolam renang, arena gokart, waterboom danwahana air lainnya. Terletak di desa Bojongsari kecamatanBojongsari Kabupaten Purbalingga propinsi Jawa Tengah. Wahana Permainan Kolam Olympic Papan luncur, WaterBoom Flying Fox Kolam sesat Pantai BebasTsunami Kolam Pesta Air Kolam Akhir Kanal Arus Kolam Terapi Ikan Arena Gokart
  93. 93. Agrowisata Strawbery Agrowisata Strawbery ini merupakan kawasan obyek wisatapotensial yang berbasis masyarakat. Keberadaannya masih secaratradisional dikelola oleh kelompok tani setempat yang menawarkanhamparan kebun sayur-mayur dan buah strawbery segar. Wisatawan yang berkunjung akan diantar ke kebun untukmemetik sendiri baik sayur-mayur maupun buah strawbery.Wisatawan bisa beristirahat di tempat yang disediakan untukmenikmati pemandangan yang indah sejuk dan menawan sambilmenikmati jenang dodol strawbery dan minum juice strawbery.Tempat ini terletak di desa Serang dan Kutabawa, KecamatanKarangreja ± 25km. dari pusat kota Purbalingga.
  94. 94. OBJEK WISATA DIKABUPATEN PEMALANG
  95. 95. Pantai Widuri berLokasi diDesa Widuri KabupatenPemalang,Jawa Tengah, atauberjarak sekitar + 3 km Pantai Widuri merupakan obyek Wisata Pantai berhawa sejuk, pohon-pohon besar dan rindang berusia ratusan tahun yang berjajar rapi sepanjang bibir pantai.
  96. 96. OBJEK WISATA DI KAB.BANJARNEGARA
  97. 97. DATARAN TINGGI DIENG Dieng adalah kawasan dataran tinggi di JawaTengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara danKabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah baratkompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapatdikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapakepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar2.000m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari.
  98. 98. Telaga Warna, sebuahtelaga yang seringmemunculkan nuansawarna merah, hijau,biru, putih, danlembayung
  99. 99. TELAGA MERDADA
  100. 100. OBJEK WISATA DI PEKALONGAN
  101. 101. PEKALONGAN Kota Pekalongan, adalah salah satu kota diProvinsi Jawa Tengah. Kota ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, Kabupaten Batang di timur, serta Kabupaten Pekalongan di sebelah selatan dan barat.
  102. 102. MUSEUM BATIK PEKALONGAN Museum Batik Pekalongan berada di Jalan Jetayu Pekalongandan diresmikan pada 2006 oleh Presiden Susilo BambangYudhoyono. Museum Batik Nasional di Kota Pekalongan yang berdiripada tanggal 12 Juli tahun 2006,sebenarnya sudah cukup lama berdiri,yakni tahun 1972. Pada tanggal 12 Juli 1972 museum itupun diwujudkanpendiriannya, tepatnya diujung jalan sebelah selatan kawasan TamanHiburan Rakyat (THR) Gedung Bintang Merdeka yang sekarang lokasinyadikawasan Pos penjaga polisi Jalan Resimen XVII. Karena letak museumyang rawan akan kejahatan. Maka pada tahun 1990 pemerintah daerahmengambil langkah melakukan pembenahan dengan memindahkanMuseum Batik ke Jalan Majapahit No. 7A yang berada di kompleksperkantoran baru Pemda Kota Pekalongan. Pemrakarsa awal pendiriannya waktu itu masyarakat pembatik diPekalongan yang menginginkan agar ada sebuah museum sebagaipenunjang kota, alasannya karena banyaknya hasil produksi batik denganragam corak sekaligus batik menjadi salah satu mata pencaharianmasyarakat.
  103. 103. PANTAI PASIR KENCANAPantai Pasir Kencana tepatnya terletak di dekatPelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan (PPNO) diKelurahan Panjang Wetan – Kecamatan KotaPekalongan Utara – Kota Pekalongan.Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana merupakan ObyekWisata Utama yang dimiliki Pemerintah KotaPekalongan. Terletak berbatasan dengan TempatPelelangan Ikan atau Pelabuhan Perikanan Nusantara diPantai Utara Jawa, dengan jarak tempuh 4,5 Km darikota / stasiun kereta api, luas lahan pantai ini adalah 3,5Ha.
  104. 104. PANTAI PASIR KENCANA
  105. 105. PANTAI SLAMARAN Obyek wisata SLAMARAN INDAH merupakan Daerahpesisir yang bisa memberikan rasa sejuk dan nyaman. Denganlegenda DEWI LANJAR sebagai RATU PANTAI UTARAPekalongan,Jawa Tengah. konon memiliki paras yang cantik jelitatiada bandingan.Terletak disebelah timur Pantai Pasir Kencanadibatasi oleh muara Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan(PPNP); dapat dicapai lewat muara pelabuhan dengan perahu pesiardan lewat darat 5 Km dari kota/terminal bus.
  106. 106. PANTAI SLAMARAN
  107. 107. OBJEK WISATA DI KENDAL
  108. 108. AIR TERJUN CURUG SEWU Nama air terjun tersebut diambilkan dari nama desa tempatair terjun berada, yaitu Desa Curug Sewu tepatnya di KecamatanPatean, berjarak 40 km dari kota Kendal dengan melewati kotaWeleri dan Sukorejo terlebih dahulu. Air terjun Curug Sewumemiliki keistimewaan dan keunikan sendiri dibandingkan air terjunlainnya, dengan total ketinggian 45 meter yang terdiri dari 3terjunan, masing-masing memiliki ketinggian 45 meter, 15 meterdan 20 meter. Untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan kepadapengunjung, di sekitar lokasi Air terjun Curug Sewu telahdilengkapi dengan taman rekreasi, kebun binatang dengan koleksisatwa beragam, fasilitas pelengkap lainnya seperti panggung hiburan,taman bermain anak serta berbagai fasilitas lainnya seperti keretamini, jet coaster, dan kolam renang dengan standar nasional.
  109. 109. AIR TERJUN CURUG SEWU
  110. 110. KAMPUNG JOWO SEKATUL LIMBANGAN Merupakan tempat wisata alam yang cukup lengkap dengan berbagai arena permainan ketangkasan, seperti Flying Fox, Outbond, Kampung Wisata danlain-lain. Pengunjung juga disediakan penginapan yang cukup nyaman sambil menikmati udara yang cukup sejuk. Terletak di Desa Margosari wilayah Kecamatan Limbangan atau sekitar 38 ke arah selatan dari kota Kendal, melewati kecamatan Kaliwungu dan Boja. Dari arah Semarang lewat Ngaliyan ke arah Boja - Limbangan.Selain sebagai tempat rekreasi permainan, restoran, wisata alam juga sebagai tempat olah roso, nglaras dan roso yang menep, penyatuan agar dekat dengan alam.Dari interaksi tersebut smoga membuka nurani kita dan menemukan jadidiri/identitas diri menuju jalan selamat. " Memayu Hayuning Bawono". Juga menambah wawasan tentang jenis-jenis rumah Jawa, Katuranggan hewan, Pethungan Dina dan lain-lain.Rumah dibuat apa adanya, asli dengan tetap bersejarah masih lebih baik, daripada indah tapi kehilangan keasliannya.
  111. 111. WERSUT SEGUNI INDONESIA Wersut Seguni Indonesia sebuah Perusahaan Konservasi Lumba-Lumba dan Penangkaran Satwa Langka Di Kabupaten Kendal. Yangtepatnya berada di Kawasan Wisata Pantai Cahaya Desa Sendang sikucingKecamatan Rowosari Kabupaten Kendal. Yang disebut dengan nama"THE SEA PANTAI CAHAYA" yang berkibar dengan bendera"WERSUT SEGUNI INDONESIA" merupakan salah satu LembagaKonservasi Mammalia Air yang di Pimpin Oleh Bapak H. DENNYCHARSO", di lengkapi dengan berbagai satwa langka dan yang MenarikDengan adanya Pertunjukan Pentas Lumba-Lumba dan Aneka Satwa disana. Juga dilengkapi dengan adanya DHOLPHIN TERAPI denganmedia LUMBA-LUMBA.Diantaranya dapat mengobati antara lain :AUTIS,PENDERITA STROKE, SINDROME, TERAPI IBU HAMIL,MIGREN, PENYAKIT GANGGUAN SARAF MOTORIK DANUNTUK KESENANGAN.Itulah potensi yang ada di THE SEA PANTAI CAHAYA Desa Sendangsikucing dengan Wisata Pantainya.
  112. 112. GOA KISKANDO Goa ini terletak di Desa Trayu, Kecamatan Singorojo, 15 km ke arah selatan dari kota Kendal lewat kota Kaliwungu. Setelah menyusuri jalansetapak yang berbatu, pengunjung mulai memasu kimulut goa yang cukup curam. Di dalamnya terdapat goa-goa kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, Goa Tulangan, Goa Kempul, dan Goa Kampret.
  113. 113. OBJEK WISATA DI TEMANGGUNG
  114. 114. Jumprit (PENGAMBILAN AIR SUCI WAISAK) Jumprit (PENGAMBILAN AIR SUCI WAISAK) merupakanobyek wisata spiritual di lereng gunung Sindoro dengan panoramaalam pegunungan dan bumi perkemahan berhawa sejuk. Tempat inierat hubungannya dengan legenda Kyai Nujum Majapahit yangtertulis dalam serat Chentini. Didekat mata air jumprit terdapatmakam Ki Jumprit. JUMPRIT (PENGAMBILAN AIR SUCI WAISAK)) peziarahmelakukan semedi yang biasanya dilanjutkan dengan mandi kungkum,membuang celana dalam, BH sebagai perlambang menghilangkanSial. Air jumprit juga digunakan sebagai Air Berkah untuk upacaraTri Suci Waisak setiap tahunya. Terletak disebelah barat kecamatanNgadirjo,Temanggung, jawa tengah jarak dari kota Temanggung 28km.
  115. 115. CANDI PRINGAPUS CANDI PRINGAPUS terletak di desa PringapusKecamatan Ngadirejo berjarak 22 km arah barat laut darikota Temanggung,Jawa Tengah. Arca-arca berartistikHindu yang erat kaitanya dengan Dewa Ciwamenandakan bahwa Candi Pringapus bersifat Hindu SekteCiwaistis. Dibangun pada tahun 850 Masehi danmerupakan Replika Mahameru sebagai perlambangtempat tinggal para dewata. Hal ini terbukti denganadanya adanya hiasan Antefiq dan Relief Hapsara-hapsariyang menggambarkan makhluk setengah dewa.
  116. 116. CURUG TROCOH Dikenal juga dengan CURUG TROCOH Terletak di desaTawangsari kecamatan Tretep berjarak 38 km arah barat laut darikota Temanggung,Jawa Tengah. Kawasan ini berhawa sejuk denganpanorama pemandangan alam pedesaan. Tempat ini ibarat saksi bisukilasan sejarah perjuangan Pangeran Diponegoro ketika membuatstrategi gerilya melawan Belanda. CURUG SURODIPURO memiliki keistimewaan yaitu ada 5terjunan bertingkat, airnya bersih dan segar, tak pernah surut.Disekitarnya terdapat berbatuan alam untuk duduk santai sambilmenikmati indahnya air terjun dengan ketinggian sangat terjaltersebut.
  117. 117. OBJEK WISATA DI MAGELANG
  118. 118. CANDI BOROBUDUR Borobudur merupakan candi terbesar di Indonesia. Candi Borobudur yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, selain menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi, juga menjadi pusat ibadat bagi penganut Buddha di Indonesia khususnya pada setiap perayaan Waisak. Hal ini sesuai dengan arti namanya yaitu "biara di perbukitan". Saat ini Borobudur ditetapkan sebagai salah satu Warisan Dunia UNESCO.
  119. 119. Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah,sekitar 40 km dari Yogyakarta. Candi Borobudur memiliki 10tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3tingkat berbentuk bundar melingkar dan sebuah stupa utamasebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa.Seluruhnya terdapat 72 stupa selain stupa utama. Di setiap stupaterdapat patung Buddha. Sepuluh tingkat menggambarkanfilsafat Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harusdilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha dinirwana. Kesempurnaan ini dilambangkan oleh stupa utama ditingkat paling atas. Struktur Borobudur bila dilihat dari atasmembentuk struktur mandala yang menggambarkan kosmologiBuddha dan cara berpikir manusia.
  120. 120. Di keempat sisi candi terdapat pintu gerbang dan tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Hal ini menggambarkan filosofiBuddha yaitu semua kehidupan berasal dari bebatuan. Batu kemudian menjadi pasir, lalu menjadi tumbuhan, lalu menjadi serangga, kemudian menjadi binatang liar, lalu binatang peliharaan, dan terakhir menjadi manusia. Proses ini disebut sebagai reinkarnasi.Proses terakhir adalah menjadi jiwa dan akhirnya masuk ke nirwana. Setiap tahapan pencerahan pada proses kehidupan ini berdasarkan filosofi Buddha digambarkan pada relief dan patung pada seluruh Candi Borobudur.
  121. 121. CANDI MENDUT Candi Mendut terletak 3 km ke arahtimur dari Candi Borobudur, merupakan candiBudha yang dibangun tahun 824 Masehi olehRaja Indera dari wangsa Syailendra. Di dalamCandi Mendut terdapat 3 (tiga) patung besar. 1. Cakyamuni yang sedang duduk bersila dengan posisi tangan memutar roda dharma. 2. Awalokiteswara sebagai Bodhi Satwa membantu umat manusia Awalokiteswara merupakan patung amitabha yang berada di atas mahkotanya, Vajrapani. Ia sedang memegang bunga teratai merah yang diletakkan di atas telapak tangan. 3. Maitreya sebagai penyelamat manusia di masa depan
  122. 122. Ada cerita untuk anak-anak padadinding-dindingnya. Candi inisering dipergunakan untukmerayakan upacara Waisak setiapMei pada malam bulan purnamadan dikunjungi para peziarah dariIndonesia maupun manca negara.Candi ini lebih tua dari CandiBorobudur. Arsitekturnya persegiempat dan mempunyai pintumasuk di atas tangganya. Atapnyajuga persegi empat dan bertingkat-tingkat, ada stupa di atasnya.
  123. 123. CANDI PAWON Candi Pawon adalah sebuah candi Budha, peninggalan kerajaanMataram, Candi Pawon terletak di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur,Kabupaten Magelang, Propinsi Jawa Tengah. Candi Pawon dipugar tahun1903. Nama Candi Pawon tidak dapat diketahui secara pasti asal-usulnya. J.G.de Casparis menafsirkan bahwa Pawon berasal dari bahasa Jawa Awu yangberarti abu, mendapat awalan pa dan akhiran an yang menunjukkan suatutempat. Dalam bahasa Jawa sehari-hari kata pawon berarti dapur, akan tetapiDe Casparis mengartikan perabuan. Penduduk setempat juga menyebutkancandi Pawon dengan nama Bajranalan. Kata ini mungkin berasal dari kataSansekerta vajra = "halilintar" dan anala = "api". Di dalam bilik candi ini sudah tidak ditemukan lagi arca sehinggasulit untuk mengidentifikasikannya lebih jauh. Suatu hal yang menarik dariCandi Pawon ini adalah ragam hiasnya. Dinding-dinding luar candi dihiasdengan relief pohon hayati (kalpataru) yang diapit pundi-pundi dan kinara-kinari (mahluk setengah manusia setengah burung/berkepala manusiaberbadan burung). Letak Candi Pawon ini berada di antara candi Mendutdan candi Borobudur, tepat berjarak 1750 meter dari candi Borobudur dan1150 m dari Candi Mendut.
  124. 124. Dahulu candi ini sering digunakan sebagaitempat acara ritual. Candi ini memiliki 2 Kemungkinan candi inibuah jendela kecil di dinding dibangun untuk kubera.belakangnya, yang menghubungkan Candi ini berada di atas terasdengan dunia luar. Keberadaan jendela inimenguatkan dugaan dan menjadi bukti dan tangga yang agak lebar.bahwa pada zaman dahulu kala, candi Semua bagian-bagiannyatersebut dipakai untuk berbagai acara dihiasi dengan stupa (dagoba)ritual dengan memakai api. Jendela inidibuat untuk memudahkan pembuangan dan dinding-dinding luarnyaasap keluar dari dalam candi. dengan gambar-gambarLetak Candi Mendut, Candi Pawon dan simbolis, sehinggaCandi Borobudur yang berada pada satugaris lurus mendasari dugaan bahwa memberikan kesan agung.ketiga candi Buddha tersebut mempunyaikaitan yang erat. Selainletaknya, kemiripan motif pahatan diketiga candi tersebut juga mendasariadanya keterkaitan di antara ketiganya.Poerbatjaraka, bahkan berpendapat bahwacandi Pawon merupakan upa angga(bagian dari) Candi Borobudour.
  125. 125. OBJEK WISATA DI UNGGARAN
  126. 126. GEDONG SONGO Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplekbangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak diDesa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, JawaTengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Dikompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman WangsaSyailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Candi ini memiliki persamaan dengan kompleks CandiDieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disinicukup dingin (berkisar antara 19-27 °C) Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng GunungUngaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Di sekitarlokasi juga terdapat hutan pinus yang tertata rapi serta mata airyang mengandung belerang.
  127. 127. RAWA PENING Rawa Pening ("pening" berasal dari "bening") adalah danausekaligus tempat wisata air di Kabupaten Semarang,/Ungaran JawaTengah. Dengan luas 2.670 hektare ia menempati wilayahKecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. RawaPening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu,Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Danau ini mengalamipendangkalan yang pesat. Pernah menjadi tempat mencari ikan, kinihampir seluruh permukaan rawa ini tertutup eceng gondok. Gulmaini juga sudah menutupi Sungai Tuntang, terutama di bagian hulu.Usaha mengatasi spesies invasif ini dilakukan dengan melakukanpembersihan serta pelatihan pemanfaatan eceng gondok dalamkerajinan, namun tekanan populasi tumbuhan ini sangat tinggi.
  128. 128. Menurut legenda, Rawa Pening terbentuk dari muntahan airyang mengalir dari bekas cabutan lidi yang dilakukan oleh BaruKlinthing. cerita baru klinting yang berubah menjadi anak kecil yangpenuh luka dan berbau amis sehingga tidak diterima masyarakat danakhirnya ditolong janda tua ini sudah berlalu.
  129. 129. MUSEUM KERETA API AMBARAWA Museum Kereta Api terletak di kota Ambarawa, Jawa Tengah.Museum ini dahulu adalah sebuah stasiun kereta api yang diresmikanpada 21 Mei 1873 yaitu pada jaman pemerintahan kolonial Koningen Willem I sehingga dahulu disebut juga stasiun Willem I.Begitu memasuki bangunan bekas Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij atau Perusahaan Kereta Api Hindia-Belanda ini, kitadapat melihat suasana stasiun seperti tempo doeloe. Disana terdapat loket peron, kantor kepala stasiun, ruang tunggu, dan juga segala peralatan yang digunakan saat itu seperti alat komunikasi, alat pembolong tiket, topi masinis, stempel, mesin tik, jam kuno dan barang-barang lainnya dapat kita temui disana.
  130. 130. OBJEK WISATA DI BOYOLALI
  131. 131. UMBUL TLATAR Terletak di Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali, JawaTengah. Tempat tersebut terletak sekitar 1 kilomoter dariarah timur kota Boyolali. Pada area Umbul Tlatar ini, airnyamengalir dari sumber mata air dari kawasan PegununganMerapi-Merbabu sehingga airnya mengalir terus menerusselama 24 jam. Terdapat tiga sumber mata air pada wahanaPakecehan tersebut. Kemudian dari sumber mata iar tersebutmengalir memasuki memasuki kolam wahana yang terdiridari empat
  132. 132. OBJEK WISATA DI KLATEN
  133. 133. CANDI PRAMBANAN Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yangterletak di Prambanan adalah kompleks candi Hinduterbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa,kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km baratSurakarta dan 120 km selatan Semarang, persis diperbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan DaerahIstimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak didesa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupatenSleman dan Klaten. Komplek candi yang dibangun pada abad9 M ini memiliki tiga bangunan utama berarsitektur indahsetinggi 47 meter
  134. 134. Ada sebuah legenda yang selalu diceritakan masyarakat Jawa tentang candi ini. Alkisah,lelaki bernama Bandung Bondowoso mencintai Roro Jonggrang. Karena tak mencintai, Jonggrang meminta Bondowoso membuat candi dengan 1000 arca dalam semalam. Permintaan itu hampir terpenuhi sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke- 1000 karena merasa dicurangi.
  135. 135. Komplek candi yang dibangun pada abad 9 M ini memilikitiga bangunan utama berarsitektur indah setinggi 47 meter. Ketigabangunan tersebut melambangkan Trimurti, yaitu ajaran tentangtiga dewa utama yang terdiri dari Candi Siwa (Dewa Pelebur) ditengah, Candi Brahma (Dewa Penjaga) di selatan, dan Candi Wisnu(Dewa Pencipta) di utara. Kemudian di depan bangunan utama initerdapat tiga candi yang lebih kecil sebagai perlambang Wahana(kendaraan) dari Trimurti. Ketiga candi tersebut adalah CandiNandi (kerbau) yang merupakan kendaraan Siwa, Candi Angsakendaraannya Brahma, dan Candi Garuda kendaraan Wisnu.Para wisatawan juga dapat melihat dan mengikuti kisah ceritaRamayana yang reliefnya dipahatkan searah jarum jam pada dindingpagar langkan Candi Siwa dan bersambung di Candi Brahma.Sedangkan pada pagar langkan Candi Wisnu dipahatkan relief ceritaKrisnayana.
  136. 136. MUSEUM GULA Museum Gula didirikan atas prakarsa Gubernur Jawa Tengah pada waktu itu (Bapak Soepardjo Roestam) dan segera ditindaklanjuti oleh Direktur Utama PTP XV-XVI pada waktuitu (Bapak Ir. Waryatmo). Museum ini diresmikan pada tanggal 11 September 1982 oleh Bapak Soepardjo Roestam untuk menyambut diadakannya Kongres International Society of Sugar Cane Technologists (ISSCT) XIX yang anggotanya terdiri dari para ahli gula sedunia di Pasuruan, Jawa Timur 22 Agustus 1986. Museum ini menempati salah satu bangunan bekas tempat tinggal yang berada di kompleks Pabrik Gula Gondang Baru, Jogonalan, Klaten. Koleksi yang dimiliki terdiri dari peralatanuntuk menanam tebu sampai dengan peralatan pengolahan tebu menjadi gula pasir seperti: peralatan tanam tebu tradisional, macam-macam bibit dan penyakit tanaman tebu, alat-alatperawatan tanaman tebu, alat-alat pengolah tebu menjadi gula pasir, miniatur pabrik gula, alat-alat administrasi pada pabrikgula, sarana pengangkut tebu, dan sebagainya. Museum ini juga dilengkapi dengan perpustakaan, mushola, ruang pertemuan, dan cafe kecil untuk bersantai.
  137. 137. OBJEK WISATA DI SURAKARTA
  138. 138. KRATON SUKARTA Keraton Surakarta atau dalam bahasa Jawa disebut KaratonSurakarta Hadiningrat, merupakan bekas Istana Kerajaan Kasunanan Surakarta Hadiningrat (1755-1946). Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II (Sunan PB II) pada tahun 1744 sebagai pengganti Istana/Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat Geger Pecinan 1743. Istana terakhir Kerajaan Mataram didirikan di desa Sala (Solo), sebuah pelabuhan kecil di tepi barat Bengawan (sungai) Beton/Sala. Setelah resmi istana Kerajaan Mataram selesai dibangun, nama desa itu diubah menjadi Surakarta Hadiningrat. Istana ini pula menjadi saksi bisu penyerahan kedaulatan Kerajaan Mataram oleh Sunan PB II kepada VOC di tahun 1749. SetelahPerjanjian Giyanti tahun 1755, keraton ini kemudian dijadikan istana resmi bagi Kasunanan Surakarta sampai dengan tahun 1946, ketika Pemerintah Indonesia secara resmi menghapus KasunananSurakarta dan menjadikannya sebuah karesidenan langsung di bawah Presiden Indonesia.
  139. 139. ISTANA MANGKUNEGARANPuro Mangkunegaran dibangun oleh Raden Mas Said, yang sering dikenal dengan Pangeran Sambernyawa. Yang Dibangun pada saat Perjanjian Salatiga, 13 Maret 1757. Raden Mas Said kemudian dinobatkan sebagai Pangeran Mangkunegoro I. Mangkunegaran Palace dibagi menjadi dua bangunan utama, yaitupendopo dan dalem. Yang paling menarik dari Istana adalah bahwa hal itu terbuat dari kayu jati utuh. Karaton indah yang terawat ini (Puro = Karaton) terletak di pusat kota Solo, diantara JalanRonggo Warsito, Jalan Kartini, Jalan Siswa dan Jalan Teuku Umar. Konstruksi Puro ditanggal ulang pada tahun 1757 oleh KanjengGusti Pangeran Adipati Aryo (K.G.P.A.A) - Mangkoenagoro I (1757-1795). Mangkunegaran pertama-tama didirikan setelah pertarungan pahit keluarganya dengan V.O.C Belanda (East India Company).
  140. 140. Istana Mangkunegaran adalah tempat penyimpanan kesenian dan budaya yanglain. Tanah milik kerajaan itu diisi banyak harta pusaka yang tak ternilai dankoleksi yang sangat indah, sebagian besar berasal dari Majapahit (1293 - 1478) dan Mataram (1586 - 1755) masa kekaisaran, tarian topeng klasik, wayang orang(tarian drama), pakaian, wayang kulit dan wayang kayu, patung-patung religius, perhiasan dan benda-benda antik serta pusaka- pusaka yang tidak terhitung nilainya. Istana ini terdiri atas dua bagian utama, yaitu Pendopo ( Balairung Istana, tempat menerima tamu ) dan Dalem ( Balairung Utama ) yang dikelilingi oleh tempat tinggal para keluarga Raja. Bagian timur, disebut Bale Peni, digunakan untuk tempat tinggal putra / pangeran. Bagian barat dinamakan Bale Warni, digunakan untuk tempat tinggal putri - putri. Di dalam tempat istana yang sangat indah ini juga terdapat perpustakaan Reksopustoko, dimana naskah yang jarang didapat, keagamaan dan filsafat ditulis dalam gaya tulisan Jawa.
  141. 141. TAMAN JURUG Taman Satwa Taru Jurug atau Kebun Binatang Jurugmerupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta yangdibangun pada tahun 1878[1]. Taman Jurug menawarkan lokasiyang indah untuk beristirahat, di dalamnya terdapat berbagaispesies hewan dan tumbuhan. Dengan konsep wisata alam,jalan-jalan di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar danrindang. Di dalam lokasi taman, kita akan sering menjumpaikawanan monyet dan berbagai jenis spesies burung.Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berlokasi di timur kota Solo,dekat perbatasan dengan Karanganyar. Taman wisata yangdahulu sempat menjadi primadona pariwisata di kota Solo ini,kini seakan kehilangan pamornya karena kurangnyapengelolaan selama bertahun-tahun
  142. 142. SUNGAI BENGAWAN SOLOBengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan dua hulu sungai yaitu dari daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri dan Ponorogo, selanjutnya bermuara di daerah Gresik."Bengawan" dalam bahasa Jawa berarti "sungai yang besar". Di masa lalu, sungai ini pernah dinamakan Wuluyu. Sungai ini panjangnya sekitar 548,53 km dan mengaliri dua provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur
  143. 143. CANDI SUKUH CANDI Sukuh terletak di lereng barat Gunung Lawu pada ketinggian 910 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Mberjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Berdiri di atas ngarai, di antara sawah dan pepohonan cengkeh, inilah candi yang sering di sebut sebagai The LastTemple. Selepas Majapahit runtuh pada abad XV memang tak lagi ditemui pembangunan candi. Tak berlebihan jika kemudian banyak yang menyebut candi inisebagai saksi terakhir kejayaan Hindu di Jawa. Pada sisi kanan dankiri gapura terpampang relief yang menggambarkan seorang yang tengah berlari dengan menggigit ekor ular naga yang sedang melingkar. Sementara di atasnya terdapat relief yang menggambarkan makhluk mirip manusia yang sedang melayang dan relief seekor binatang melata..
  144. 144. TAWANGMANGUTawangmangu, sebuah daerah di kaki gunung Lawu, sekitar 30 kilometer arah Timur kota Solo. Sebuah daerah wisata alamyang lumayan banyak dikunjungi para turis baik lokal maupun internasional, serta menjadi tempat transit bagi para pecinta alam yang hendak melakukan pendakian ke gunung Lawu.
  145. 145. OBJEK WISATA DI WONOGIRI
  146. 146. PANTAI NAMPU WONOGIRI Pantai Nampu berada di kabupaten Wonogiri. Tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito. Pantai ini berjarak kurang lebih 70 KM selatan kota Wonogiri. Pantai Nampu adalah pantai pasir putih dengan ombak yang cukup besar.Jika air laut sedang surut, pantai ini menjadi pantai pasir putih yang berkarang. Jadi pasir putih hanya berada di bagian tepi pantai dan dasar dari pantai itu yang berupa karang.Pantai Nampu adalah pantai di daerah pesisir selatan jawa, yakni dikawasan samudera Indonesia. Pantai Nampu belum banyak di kenal masyarakat dari kuar daerah. Hal ini menjadikan pantai Nampu menjadi pantai yang bisa dikatakan masih alami dan perawan dibanding pantai laut selatan lainnya.
  147. 147. Waduk Gajah mungkur Waduk Gajah mungkur terletak di Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri. Waduk gajah Mungkur merupakan Tempat Wisata andalan Kabupaten Wonogiri. Taman rekreasi Waduk Gajah Mungkur dibuatsetelah pembangunan Waduk Gajah Mungkur selesai. Dikawasan obyek wisata ini juga dikembangkan Agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan tawar, taman satwa, Mainan anak-anak, Jet Sky, Perahu, Sepeda air, Sarana olah raga gantole, karamba, Kereta kelinci, naik gajah, dan yang paling terbaru yaitu Water Boom.
  148. 148. OBJEK WISATA DI SRAGEN
  149. 149. Museum Purbakala Saringan Salah satu obyek wisata yang menjadi andalan di KabupatenSragen adalah Museum Sangiran yang berada di dalam kawasan KubahSangiran. Kubah tersebut terletak di Depresi Solo, di kaki Gunung Lawu(kurang lebih 17 km dari Kota Solo). Kehadiran Sangiran merupakancontoh gambaran kehidupan manusia masa lampau karena situs inimerupakan situs fosil manusia purba paling lengkap di dunia. Museum Purbakala Sangiran terletak di Desa Krikilan KecamatanKalijambe, Kabupaten Sragen kurang lebih 3 Kilometer dari Jalan Solo –Purwodadi. Museum ini dibangun pada tahun 1980 yang menempati arealseluas 16.675 meter persegi. Bangunan tersebut bergaya Joglo yang terdiriatas : Ruang Pameran yaitu ruang utama tempat koleksi terdisplay; RuangLaboraturium yaitu tempat dilakukannya proses konservasi terhadap fosil-fosil yang ditemukan; Ruang Pertemuan yaitu ruang yang digunakan segalakegiatan yang diadakan di museum;Ruang display bawah tanah; Ruangaudio visual; Ruang Penyimpanan koleksi fosil-fosil, Mushola dan Toilet.
  150. 150. Sangiran merupakan situs terpenting untuk ilmu pengetahuan terutama untuk penelitian di bidang antropologi, arkeologi, biologi,paleoanthropologi, geologi dan tentu saja untuk bidang kepariwisataan. Keberadaan Situs Sangiran sangat bermanfaat dalam mempelajarikehidupan manusia prasejarah karena situs ini dilengkapi dengan koleksifosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia prasejarah, fosil-fosil flora fauna prasejarah beserta gambaran stratigrafinya.
  151. 151. OBJEK WISATA DI PURWODADI
  152. 152. Bledug Kuwu TERLETAK DI DESA KUWU KECAMATAN KRADENAN 28KM. KEARAH TIMUR DARI KOTA PURWODADI GROBOGAN. OBYEK WISATABLEDUG KUWU MERUPAKAN PESONAKEINDAHAN ALAM. KEANEHAN YANG ADA DI OBYEK WISATA INIADALAH ADANYA LETUPAN - LETUPAN LUMPUR YANG AIRNYA MENGANDUNG GARAM DAN ITUBERLANGSUNG TERUS MENERUS SEHINGGA MENIMBULKANPEMANDANGAN ALAM YANG SANGATMENAKJUBKAN, PADAHAL TEMPAT ITU LETAKNYA CUKUPJAUH DARI LAUT. KONON MENURUT CERITA RAKYAT, KEANEHAN ITU DISEBABKAN ADANYA LUBANG YANG MENGHUBUNGKAN TEMPAT ITU DENGAN LAUT SELATAN. LUBANG ITU SENDIRI TERJADI DARI PERJALANANPULANG JOKO LINGLUNG DARI LAUT SELATAN MENUJU KERAJAAN MEDANG KAMOLAN SETELAHMELAKSANAKAN TUGASNYA UNTUK MENANGANI PRABU DEWATACENGKAR YANG TELAH BERUBAH MENJADIBUAYA PUTIH DI LAUT SELATAN. DAN HAL ITU DILAKUKAN JOKOLINGLUNG YANG BERUJUD ULAR NAGA SEBAGAI SYARAT AGAR JOKOLINGLUNG DIAKUI SEBAGAI ANAKNYA AJI SAKA .
  153. 153. ADANYA KANDUNGAN GARAM DITEMPAT ITU OLEH MASYARAKAT SETEMPAT DI MANFAATKAN UNTUK MEMBUAT GARAM SECARA TRADISIONAL DENGAN CARAAIRNYA DIKERINGKAN DI GLAGAH (BAMBU YANG DIBELAH JADI DUA) , ADA JUGAYANG MEMBAWA LUMPUR BLEDUG UNTUK DIBAWA PULANG KONON LUMPUR ITU BUAT LULUR DI KULIT AGAR KULIT TERHINDAR DARI PENYAKIT KULIT
  154. 154. OBJEK WISATA DI DEMAK
  155. 155. Masjid Agung Demak Masjid Agung Demak adalah salah satu mesjid tertua yang ada di Indonesia. Masjid ini terletak di desa Kauman,Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini dipercayai pernah menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam ditanah Jawayang disebut denganWalisongo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah,yaitu raja pertama dari Kesultanan Demak sekitar abad ke-15 Masehi. Masjid Agung Demak juga telah dicalonkan untuk menjadiSitus Warisan Dunia UNESCO semenjak tahun 1995. Sekitar1,5 Km dari Masjid Agung Demak ke arah Tenggara terdapatMakam Sunan Kalijaga yang banyak dikunjungi oleh peziarah.
  156. 156. Objek Wisata di Jepara
  157. 157. Museum Kartini Museum Kartini terletak di Desa Panggang, Kecamatan Jepara, tepatnya di Alun-alun No.1, Jepara, di sebelah utara Pendopo Kabupaten Jepara. Museum R.A.Kartini sendiri didirikan pada tanggal 30 Maret 1975 atas usulan wakil-wakil rakyat Jepara dan didukung bantuan dari mantan Presiden Soeharto, pada era Jeparadipimpin oleh Bupati Suwarno Djojo Mardowo, S.H. dan diresmikanpada tanggal 21 April 1977 tepat seabad peringatan R.A.Kartini oleh Bupati Jepara, Sudikto S.H. Museum ini didirikan sebagai penghargaan terhadap R.A.Kartini perintis emansipasi Wanita Indonesia
  158. 158. Pantai Kartini Obyek Wisata Pantai Kartini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kabupaten Jepara. Obyek wisata ini berada di kelurahan Bulu kecamatan Jepara dan merupakan obyek wisata alam yangmenjadi dambaan wisatawan. Kawasan dengan luas lahan 3,5 ha inimerupakan kawasan yang strategis, karena sebagai jalur transportasi laut menuju obyek wisata Taman laut Nasional Karimunjawa danPulau Panjang. Sekarang juga sudah tersedia sarana transportasi ke Karimunjawa dari dermaga Pantai Kartini yaitu KMP. MURIA(waktu tempuh 6 jam) dan Kapal Cepat KARTINI I (waktu tempuh 2,5 jam).
  159. 159. PULAU KARIMUN JAWAKarimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dengan luas daratan ±1.500 hektare dan perairan ±110.000 hektare, Karimunjawa kini dikembangkan menjadi pesona wisata Taman Laut yang mulai banyak digemari wisatawan lokal maupun mancanegara.
  160. 160. Objek wisata di Kudus
  161. 161. Museum Kretek Museum Kretek adalah sebuah museum yang terletak di Kudus, Jawa Tengah, Indonesia. Museum kretek didirikan bertujuan untuk menunjukan bahwa kretek berkembang sangat pesat di tanah jawa khususnya di kota kudus. Di museum ini diperkenalkan mulai dari sejarah tentang kretek hingga proses produksi rokok kretek, mulai dari pembuatan secara manual sampai menggunakan teknologi modern. Museum Kretek merupakan satu-satunya museum rokok di Indonesia. Di sana juga bisa ditemukan siapa saja tokoh-tokohyang berperan besar dalam memajukan bisnis rokok di Indonesia.
  162. 162. Objek Wisata di Pati
  163. 163. Pintu Gerbang Majapahitpeninggalan Gerbang Majapahit, Peninggalan sejarah berupa Pintu Gerbang terbuat dari kayu jati. Terletak di Desa Rendole, Kecamatan Margorejo, jarak dari kota Pati 4 Km. Berdekatan dengan obyek wisata Sendang Tirta Sani. Pintu gerbang ini merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit yang diangkat oleh Kebo Nyabrang sebagai persyaratan untuk diakui sebagai Putra Sunan Muria. Namun setelah tiba di Desa Rondole, Kebo Nyabrang tidak mampu lagi mengangkat dan tidak mampu melanjutkan perjalanan kemudian menunggui pintu gerbang tersebut sampai meninggal dunia.
  164. 164. Objek Wisata di Rembang
  165. 165. Taman Rekreasi Pantai KartiniTaman Rekreasi Pantai Kartini berada di kawasan kota pada jalur jalan raya Semarang-Surabaya, yg merupakan tempat menarik dengan latar belakangpemandangan laut. Salah satu daya tarik yang memikatmasyarakat untuk datang ke tempat itu adalah jangkar raksasa yang oleh masyarakat dikenal sebagai jangkarDampo Awang. Konon ceritanya, pada saat Sam PhooKhong berlayar di laut Jawa dalam rangka ekspedisi ke Selatan, kapalnya di terjang gelombang besar hingga rusak berat. Rantai jangkar kapal itu terlepas dan terdampar di Rembang, sedangkan layarnya tertiup angin topan yang akhirnya jatuh di pantai Bonang yang sekarang terkenal sebagai batu layar.
  166. 166. Demi mengingat peristiwa itu selanjutnya Kabupaten Rembang mengabadikan jangkar tersebut sebagaisimbol semangat bahari. Bahkan, jangkar yang dulunyaberada di tengah-tengah Pantai Kartini itu pada 2003 dipindahkan ke tempat yang aman. Jangkar itu sekarang berada di monumen megah yang dilengkapi dengan pelindung kaca dan lampu yang dibangun diatas perairan tepi pantai, tepatnya 20 meter dari garis pantai.
  167. 167. Objek Wisata di Blora
  168. 168. Wisata Loco Tour di Cepu Rute menuju Loko Tour Untuk menuju Loko Tour, para wisatawan dapat menempuhnya dengan kendaraan roda empat atau bus melalui jalur Surakarta–Ngawi-Cepu (122km),Surakarta-Purwodadi-Blora-Cepu (161 km), Semarang-Purwodadi-Blora- Cepu (162 km),Semarang-Kudus-Rembang-Cepu (182 km),dan Surabaya- Bojonegoro-Cepu (149 km). Atraksi Wisata Loco TourObyek utama perjalanan ini adalah melihat hutan jati (tectoca grandis) yang dikelola dengan memperhatikan azas kelestarian hutan. Loko Tour yang dipersiapkan khusus untuk kaum wisatawan, rutenya sangat panjang.Dengan melintasi hutan jati di wilayah BKPH Ledok, Kendilan, Pasar Sore, Blungun, Nglobo. Cabak, dan Nglebur. Dalam ketataprajaan, lokasi-lokasi tersebut berada di wilayah Kecamatan Cepu, Sambong, Jepon, Jiken, Kabupaten Blora. Sedang dua wilayah lainnya, masuk wilayah Kecamatan Kasiman, Bojonegoro, Jatim. Sejumlah obyek wisata yang bisa disaksikan dalam paket Loko Tour tadi selain lokomotif tua buatan tahun1928, juga ada Bengkel Traksi, TPK Batokan, Bergojo, Kegiatan Pengelolaan Huta Jati berprinsip pada azas kelestarian hutan
  169. 169. Goa Terawang Lokasi Goa Terawang Lokasinya berjarak 32 kilometer arah barat Kota Blora atau 107 kilometer dari Kota Semarang.Untuk mencapai Goa Terawang sudah tersedia jalan desa yang mulus, dapat ditempuh dari Semarang-Purwodadi-Wirosari menuju ke Kunduran Kabupaten Blora. TepatKawasan wisata Goa Terawang merupakan kompleks goa yang memiliki enam goa dalam satu kawasan, ini terbanyak di Jateng. Di dalam kawasan seluas 13 hektar itu terdapat satu goainduk, satu sendang, dan lima goa kecil lainnya. Goa ini merupakan satu-satunya goa yang di dalamnya terang di siang hari karena terkena sinar matahari.
  170. 170. Terima KasihResti Mey Yana

×