Sistem operasi 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sistem operasi 2

on

  • 359 views

tugas MK Sistem Operasi

tugas MK Sistem Operasi

Statistics

Views

Total Views
359
Views on SlideShare
359
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
14
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Sistem operasi 2 Sistem operasi 2 Document Transcript

    • DOS Era Sebelum Windows, MS-DOS, singkatan dari Microsoft Disk Operating System, adalah sebuah sistem operasi yang sangat banyak digunakan oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengannya. Microsoft membuat MS-DOS sebagai sebuah sistem operasi mainstream, sebelum pada akhirnya menghentikan dukungan MS-DOS secara perlahan ketika mereka membuat sebuah sistem operasi berbasis antarmuka grafis (dikenal juga dengan sebutan GUI) untuk pasar mainstream, yang disebut sebagai Microsoft Windows.Ciri khasnya yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam.Kalau mau mencobanya bisa lewat Start Windows - Run, lalu ketik cmd. Kelebihan Menggunakan DOS + Dapat lebih mudah membuat folder bersama subfolder nya. + Dapat melihat file di suatu harddisk atau folder secara keseluruhan maupun yang di hidden. + Dapat mengcopy file lebih cepat dibandingkan sistem operasi berbasis GUI (Graphic Unit Interface). Kekurangan Menggunakan DOS - Resiko Kehilangan file lebih besar jika kita sedang ceroboh atau tidak fokus. - Tempilan kurang menarik. - Pengoperasian nya masih berbasis teks.
    • WINDOWS Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface). Kelebihan dari windows: + Instalasi software masih mudah dibandingkan dengan instalasi di sistem operasi yang lain + Banyak software berbasis Windows + Dukungan driver yang lebih banyak + Banyak orang pakai Windows sehingga banyak perusahan membuat aplikasinya menggunakan dasar Windows. Ada beberapa aplikasi yang hanya ada di Windows dan tidak di OS yang lainnya. Bahkan beberapa aplikasi vital dunia kerja. + Karena systemnya sudah dishare untuk bisa dikembangkan (bukan di open lho), maka semakin mudah siapa saja membuat software untuk dijalankan di Mircosoft Windows. Terutama dunia usaha yang membutuhkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhannya. + Perkembangan paling cepat dibanding software lainnya karena banyak perusahaan software yang konsisten menciptakan kemajuan pada sistem operasi Windows. + Banyak gratisan GPL dan Freeware ditawarkan untuk Windows. + Kalau ada masalah mudah menyelesaikannya sebab hampir semua orang bisa, dan mencari ahlinya juga tidak sulit disekitar kita. Kekurangan dari system operasi ini adalah : - Harga licensi mahal - Komunitas terlalu sedikit, karena bersifat closed-source - Banyaknya virus yang sering menyerang Windows - Sistem keamanan yang masih dibilang kurang - Sistem yang kurang stabil - Banyak orang tahu bahasa pemrogamannya dan banyak orang pakai karena itu banyak juga yang buat virus untuk Windows dibanding yang lainnya
    • Perkembangan windows dari generasi ke generasi : 1. Windows 1 2. Windows 2 3. Windows 2.1 4. Windows 3.0 5. Windows 3.1 6. Windows 95 7. Windows 98 8. Windows 2000 9. Windows ME (Millennium Edition) 10. Windows XP 11. Windows Vista 12. Windows 7 Windows 7 dirilis mulai 22 Oktober 2009, kurang dari 3 tahun setelah Vista dirilis. Windows 7 hadir dengan berbagai perbaikan dari Windows Vista, antara lain peningkatan performa, kebutuhan spesifikasi yang lebih ringan, dukungan penuh terhadap komputer dengan multi-core processor, dll. Mirip dengan Windows XP, Windows 7 juga memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia. 13. Windows 8 Inilah sistem operasi Windows terbaru yang baru dirilis 26 Oktober 2012 lalu. Namun demikian, kamu sudah bisa mendapatkan versi trialnya dengan masa aktif selama 3 bulan disini. Microsoft melakukan perombakan besar-besaran pada tampilan Windows 8, antara lain: memiliki start screen dan tampilan yang berbeda dengan versi Windows sebelumnya. Di Windows 8 ini juga diperkenalkan Windows Store yang akan menjadi market jual beli aplikasi untuk Windows 8.
    • APPLE MACITHOS Machintosh Operating System (MAC OS) merupakan system operasi komputer yang dibuat oleh Apple. Apple yang sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. adalah sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino, California, yang bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an dengan produknya Apple II dan memajukannya sejak tahun 1980-an hingga sekarang dengan Macintosh. Macintosh Operating System merupakan OS yang pertama mengunakan sistem GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yang sangat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tidak perlu banyak menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yang ada, maka dengan cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yang ditunjuk. Kelebihan Mac OS : + Lebih stabil karena menggunakan UNIX. + Multitasking. + Bisa mengenal file format windows. + Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia. + Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya „generik‟ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut. + Jarang terkena virus dan worm. + Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak. + Ada „Time Machine‟ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data + Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword. Kekurangan Mac OS : - Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal. - Hanya cocok untuk graphic designer.
    • - Kurang cocok untuk aplikasi server dan game. Kurang baik untuk dijadikan server dan belum banyak game bagus seperti game-game windows yang dibuat untuk mac. - Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license untuk perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS. - Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS. - Secara teknis, MacOS tertinggal dengan sistem operasi yang lainnya. Karena hanya pihak MacOs saja yang mengembangkannya. - Software di Mac OS tidak begitu lengkap. Perkembangan dari Masa ke masa Mac OS : 1. System 1 2. System 2 3. System 3 4. System 4 5. System Software 5 (System 5) 6. System 6 7. System 7 8. Mac OS 7.6 9. Mac OS 8 10. Mac OS 9 11. Mac OS X v10 (Cheetah) 12. Mac OS X v10.1 (Puma) 13. Mac OS X v10.2 (Jaguar) 14. Mac OS X v10.3 (Panther) 15. Mac OS X v10.4 (Tiger) 16. Mac OS X v10.5 (Leopard) 17. Mac OS X v10.6 (Snow Leopard) 18. Mac OS X v10.7 (Lion) 19. Mac OS X v10.8 (Mountain Lion) Ini dia versi OS X paling gress saat ini, Mountain Lion! Baru saja dirilis pada 25 Juli 2012 kemarin, Mountain Lion hadir dengan berbagai fitur, misalnya saja digantinya iChat dengan Messages yang support iMessages. Dengan fitur ini setiap pengguna bisa mengirimkan pesan secara tak terbatas ke seluruh pengguna Mac, iPhone, iPad, iPod Touch. Selain itu Mountain Lion juga dilengkapi dengan browser Safari 6 terbaru yang belum bisa dinikmati oleh Mac OS versi sebelumnya.
    • LINUX Linux merupakan salah satu Operating System Open Source turunan UNIX yang berlisensi GPL (GNUGeneral Public Lisence) diamana pendistribusian dan pengembanganya dapat dilakukan secara bebas. Linux memiliki kemampuan true- multitasking, virtual memory, shared libraries, demand-loading, prorper memory managament, dan multi user. Linux juga dapat difungsikan sebagai sistem operasi server dan ini terbukti dari banyaknya perusahaan web server serta perusahaan-perusahaan maju lainnya yang telah menggunakan teknologi jaringan komputer. KelebihanLinux : + Linux bisa berinteraksi dengan operating system lain dengan cara : kompabilitas file system, kompabilitas network, dan emulasi (simulasi) operating system. + Virtual memory membuat linux mempunyai kemampuan untuk menjalankan program – program yang lebih dari seharusnya karena penggunaan swap memori. + Skalabilitas artinya linux bisa berjalan dari komputer 286 XT sampai dengan mesin sebesar Beowulf clusters dengan multi prosesor 16 buah. + Stabilitas, Linux sangat luar biasa stabil, jika dikonfigurasi dengan benar, system linux akan hidup terus menerus hingga hardwarenya tidak memadai (rusak), lain dengan windows yang memerlukan reboot berkala untuk menjaga stabilitas. Salah satu yang mendasari stabilitas ini adalah penomoran versi dari shared libraries, kebanyakan aplikasi windows menginstall versi-versi baru dari dynamic link libraries (DLL), yang mengakibatkan aplikasi lain yang menimpa versi lain dari DLL tersebut tidak berfungsi dengan semestinya. Linux juga mewarisi tradisi UNIX dengan mendukung adanya file permission (izin file), yang dapat mencegah pengubahan atau penghapusan file tanpa izin dari pemiliknya, karena itu, virus pada dasarnya tidak dikenal di dunia linux. + Didukung oleh ribuan programmer di seluruh dunia, jadi kalau ditemukan bug cepat untuk mendapatkan solusinya, bahkan dalam hitungan jam kalau ditemukan bug, workaround sudah tersedia untuk di download. + Paket Linux merupakan satu kesatuan artinya, saat instalasi tergantung keinginan pemakai. + Sudah mulai banyak didukung oleh vendor hardware maupun software dunia meskipun masih kalah dengan windows. Kekurangan Linux: - Operating system yang agak sulit untuk dipelajari terutama bagi yang tidak mempunyai dasar komputer yang kuat. - Aplikasi yang tersedia belum sebanyak windows.
    • - Operating system yang tidak sepenuhnya GUI(Graphical User Interface) meskipun sudah menggunakan X-windows seperti GNOME dan KDE. - Nama-nama paket program antara distro satu dengan distro lainnya berbeda beda. Seperti - paket Yaz.tar.gz.rpm.krpm.deb dan lain -lain. Distribusi linux : 1. Debian Linux 2. Redhat Linux 3. Mandrake Linux 4. Caldera Linux 5. Slackware 6. SuSE Linux 7. Corel Linux 8. BLANKON (Versi Indonesia) 9. IGOS (Versi Indonesia 10. Turbo Linux Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besar. 11. Ubuntu Linux Linux Ubuntu adalah salah satu dari jenis Linux yang ada di dunia. Ubuntu Linux merupakan sebuah distro baru yang langsung mendapatkan tempat dihati para pengguna Linux khususnya bagi para Debian mania. Fedora
    • FEDORA Fedora adalah Sistem Operasi berbasis Linux, kumpulan perangkat lunak yang membuat komputer Anda dapat berjalan.Anda dapat menggunakan Fedora sebagai tambahan, atau sebagai pengganti, sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows™ atau Mac OS X™.Sistem operasi Fedora sepenuhnya bebas biaya untuk Anda nikmati dan bagikan. Kelebihan fedora antara lain: + Distro yang banyak fiture, mapan dan aman + Tampilan desktop yang memukau + Populer di Amerika, dan sekitar 50% digunakan oleh para pencinta linux + Fitur keamanan yang baik, dengan adanya SElinux (Scurity- Enchanced Linux) + Tidak mundah terkena virus seperti di windows + Sudah terdapatnya libreoffice yang siap digunakan untuk perkantoran Kekurangan fedora antara lain : - Multimedia masih kurang baik seperti MP3 dan Video - Masih banyak aplikasi - aplikasi yang belum ada dan harus di intsall sendiri
    • UNIX UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini. UNIX sendiri ditulis dalam bahasa C sehingga UNIX pun mirip dengan DOS yaitu Line/Text Command Based selain itu UNIX pun merupakan Sistem Operasi yang secure dibanding dengan Sistem Operasi lain, karena setiap file, direktori, user dan group memiliki set izin tersendiri untuk diakses. Karena adanya dukungan Proyek GNU, maka selanjutnya UNIX berkembang menjadi LINUX (Salah satu varian UNIX). Kelebihan menggunakan UNIX : + Portabilitas, sistem UNIX mudah diadaptasikan ke sistem komputer yang lain + Multiuser, sejumlah pemakai (user) dapat menggunakan sistem secara bersamaan dan berbagi sumber seperti penggunaa printer, disk, dll. + Multitasking, memungkinkan seseorang dapat melaksanakan beberapa tugas pada saat yang bersamaan + Sistem file hirarkikal, pengorganisasian informasi atau data dalam bentuk yang mudah untuk diingat dan diakses. + Sistem file stabil untuk database, server Internet, Intranet, file-server, Internet- client pengembangan Java. + Stabilitas yang terkenal dan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan Windows NT. + Telah tersedia sistem operasi Unix versi “hampir” gratis. Kelemahan menggunakan UNIX: - Visualisasinya tidak menarik. - Memori yang digunakan besar. - Masih belum banyaknya game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform ini. - Beberapa hardware sulit untuk menyediakan driver untuk Linux. - Lebih sulit mengoperasikannya dibandingkan Windows.
    • FREEBSD OS FreeBSD os adalah sebuah sistem operasi BSD Unix yang lebih maju untuk komputer jenis PC. OS ini dikembangkan oleh sekumpulan programmer individu. FreeBSD menawarkan sistem rangkaian yang lebih maju dan Berkemampuan tinggi. OS tersebut sesuai untuk dijadikan sistem server Internet atau Intranet. Dapat engendalikan sistem rangkaian yang sangat sibuk, dan mengatur penggunaan memori dengan baik untuk melayani beratus-ratus atau beribu-ribu pengguna secara serentak Perbedaan antara FreeBSD dengan Linux ialah Linux adalah aplikasi terbuka di mana kode program diberikan secara cuma-cuma dan aplikasi Linux bisa dikembangkan oleh siapa saja, sedangkan FreeBSD adalah aplikasi tertutup yang diprogramkan oleh rogrammer yang membuat sistem operasi BSD (Berkeley Software Distribution)
    • BE OS Be OS Adalah sebuah OS komersial baru yang menarik. Sistem operasi BeOS dibuat berdasarkan cip cpu PowerPC atau x86 (PC). Ia membolehkan anda berkerja dengan aplikasi audio, video, image, berdasar pada Internet dan menyunting file berukuran berjuta-juta gigabyte serentak dalam waktu yang singkat. BeOS adalah satu-satunya OS yang mengunakan kesemua kelebihan satu atau lebih pemproses dengan atomatis. SunSolaris menggunakan mikro pemproses Sparc atau x86. SunSolaris adalah sebuah sistem operasi Unix yang dibuat oleh Sun Microsystem untuk kegunaan stasiun kerja dan server UltraSparc dan juga ix86. Sistem operasi ini adalah sistem operasi 64 bit bagi platform UltraSparc dan 32bit bagi platform x86. Ia berkemampuan mengendalikan sistem komputer mainframe, server web, server enterprise dan pelbagai jenis server lain.
    • SOLARIS Solaris adalah salah satu UNIX yang paling dikenal dunia.Solaris dibuat oleh Sun Microsystem.Solaris berjalah pada high-end hardware yang dapat mendukung puluhan processor, GB RAM, serta harddisk.Ia banyak digunakan sebagai platform oleh aplikasi enterprise, seperti Oracle. Solaris didesain untuk berjalan pada processor SPARC yang diproduksi oleh SUN.Karena SUN mengontrol sendiri hardware dan software, mereka dapat mengembangkan system dengan fitur2 menarik, seperti, hot-swappable RAM, mainboard, harddisk, CPU.Solaris lebih banyak digunakan untuk perusahaan. Kelebihan lainnya dalam Solaris adalah : ZFS adalah fasilitas Restore mirip seperti feature Restrore di Windows Banyak tool observasi dan debugging Memiliki beberapa bentuk virtualisasi Mempunyai tingkat stabilitas yang tinggi Integrasi Apache, MySQL dan PHP untuk menjalankan Web Server Kekurangan dari sIstem solaris tersebut, antara lain : Harga sistem operasi komersil yang mahal Kepantasan inovasi linux lama yang sehingga member kesan unix menjadi komersil Driver hardware yang kurang baik
    • Google Chrome OS Pada tanggal 11 Mei 2011, Google mengumumkan bahwa mereka akan merilis Chrome OS secara komersial bekerja sama dengan dua produsen ternama yaitu Acer dan Samsung Electronics. Chrome OS diklaim dapat melakukan booting awal dalam waktu sekitar 8 detik dan lama pengoperasian sebanyak 8 jam jika mengugnakan baterai. Selain itu juga Chrome OS diklaim aman dari virus karena menggunakan penyimpanan data berbasis cloud yaitu Google Drive. Chrome OS juga sudah tertanam 3G seperti yang sering kita temukan pada tablet maupun ponsel. Google mengintegrasikan media player antara Chrome OS dan peramban web Chrome yang memungkinkan pengguna untuk memutar MP3, JPEG, dan menangani file multimedia lainnya saat offline. Chrome OS juga mengintegrasikan file manager yang mirip pada sistem operasi lain dengan kemampuan untuk menampilkan folder dan fileyang terkait serta pratinjau dan mengelola isi file menggunakan berbagai aplikasi web termasuk Google Docs dan Box.net Chrome OS dirancang juga dengan tujuan untuk menyimpan dokumen dan file pengguna di server online. Namun, Google belum keputusan mengenai penanganan jenis filetertentu secara offline baik Chrome OS dan peramban web Chrome. Dari segi keamanan sistem operasi ini terpercaya kemanannya karena memiliki berbagai macam fitur kemanan baik ketika ketika chromebook dalam proses booting maupun ketika sudah aktif. Dengan adanya Chrome OS ini, diharapkan mampu meraih kesuksesan yang diraih oleh sistem operasi Android yang sama-sama buatan Google.Sistem operasi ini pun dapat mengoptimalkan aplikasi yang berada di web untuk langsung dijalankan saat terkoneksi dengan Internet. Besar kemungkinan pengguna akan merasakan hal berbeda ketika mencoba sistem operasi ini, selain harus online untuk menjalankan aplikasi Chrome OS, mereka juga dapat memanfaatkan cloud storage sebesar 100 GB.