Biologi Evolusi

7,481 views
7,059 views

Published on

Powerpoint biologi tentang teori evolusi dari para ahli

Published in: Education
0 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,481
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
264
Actions
Shares
0
Downloads
471
Comments
0
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Biologi Evolusi

  1. 1. EVOLUSI
  2. 2. PENGERTIAN UMUM EVOLUSI TEORI – TEORI EVOLUSIBUKTI – BUKTI EVOLUSI
  3. 3. PENGERTIAN UMUM EVOLUSIEvolusi merupakan Evolusi dalam perkembangan biologi berarti mahkluk hidup proses kompleks secara bertahap pewarisan sifatdalam jangka waktu organisme yang lama dari bentuk berubah dari yang sederhana generasi ke generasimenuju bentuk yang dalam kurun waktu lebih kompleks jutaan tahun Evolusi Progresif EVOLUSI Evolusi Regresif
  4. 4. TEORI - TEORI EVOLUSIAnaximander Empedocles Aristoteles Count de Buffon Erasmus Darwin Jean Baptiste de Lamarck Thomas Robert Malthus Charles LeyllGeorges Cuvier Charles Darwin August Weismann
  5. 5. Anaximander (500 SM) Mempercayai bahwa manusia berevolusi dari makhluk akuatik mirip ikan yang pindah ke darat.
  6. 6. Empedocles (495-435) Menyatakan kehidupan muncul dari lumpur dan tumbuhan kemudian berubah menjadi hewan lalu berubah bentuk. Mahkluk hidup dengan bentuk paling baik yang mampu bertahan hidup (seleksi alam)
  7. 7. Aristoteles (384-322 SM) Mendasari gagasan evolusi dengan metafisika, yaitu alam mengalami perubahan dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang lebih kompleks dan sederhana.
  8. 8. Count de Buffon (1707-1788) Menyatakan bahwa hewan-hewan bersifat plastis. Variasi-variasi kecil yang dihasilkan lingkungan akan berakumulasi membentuk perbedaan-perbedaan yang lebih besar. Setiap hewan pada jalur tipe- tipe hewan berubah dari moyangnya, menjadi lebih sederhana.
  9. 9. Erasmus Darwin (1731-1802) Menyatakan kehidupan berawal dari asal mula yang sama dan respon fungsional akan diwariskan pada keturunannya.
  10. 10. Jean Baptiste de Lamarck(1744-1892) Menjelaskan evolusi berdasarkan suatu gagasan bahwa perubahan pada suatu individu disebabkan oleh lingkungan dan bersifat diturunkan. Contoh klasik yang digunakan untuk menggambarkan teori evolusi ini adalah jerapah memiliki leher yang panjang karena kebiasaannya memakan daun-daun dari pohon. Jerapah diduga memanjangkan lehernya agar dapat mencapai pohon yang semakin tinggi. Adaptasi dengan pemanjangan leher ini diwariskan pada generasi berikutnya, yang akan memiliki leher sedikit lebih panjang dan pada generasi berikutnya akan lebih panjang lagi.
  11. 11. Thomas Robert Malthus (1766- 1834) Menyatakan tidak adanya keseimbangan antara penduduk dan bahan makanan.
  12. 12. Charles Leyll Menyatakan bahwa bumi mengalami perubahan terus menerus . Dan fosil yang ditemukan dilapisan batuan muda berbeda dengan fosil yang ditemukan dilapisan batuan yang tua. Perbedaan ini menunjukan adanya perubahan mahkluk hidup secara perlahan-lahan.
  13. 13. Georges Cuvier (1769-1832) Menjelaskan bahwa tiap-tiap periode sejarah bumi mungkin selalu diakhiri dengan adanya bencana alam yang memusnahkan seluruh mahkluk hidup yang ada, lalu diciptakan kembali mahkluk yang baru.
  14. 14. Charles Darwin Berpendapat spesies yang hidup sekarang berasal dari spesies- spesies yang hidup pada masa lampau, dan juga evolusi terjadi melalui seleksi alam.
  15. 15. August Weismann (1834-1912) Weismann (1834-1912) adalah seorang ahli biologi berkebangsaan Jerman.Teori Weismann secara garis besar mengatakan bahwa evolusi terjadi karena adanya seleksi alam terhadap faktor genetis. Variasi yang diwariskan dari induk kepada anaknya bukan diperoleh dari lingkungan tetapi dengan perubahan diatur oleh faktor genetik atau gen
  16. 16. BUKTI – BUKTI EVOLUSI Variasi Mahkluk Hidup Bukti dari Paleontologi Anatomi Kompararatif Embriologi Perbandingan Petunjuk secara Biokimia Bukti Domestika Bukti Penyebaran GeografisPetunjuk alat Tubuh yang Tersisa Perbandingan Fisiologis Organisme
  17. 17. 1. Variasi Mahkluk Hidup Variasi adalah perbedaan yang ditemukan pada individu-individu yang masih satu spesies. Adanya variasi menunjukan adanya evolusi yang menuju ke arah terbentuknya spesies baru.
  18. 18. 2. Bukti dari Paleontologi Paleontology merupakan ilmu yang mempelajari mengenai fosil. Perbandingan struktur tubuh makhluk hidup yang menjadi fosil dengan makhluk hidup sekarang menunjukan bahwa keadaan lingkungan pada masa lampau berbeda dengan masa sekarang, hal inimenunjukan adanya perubahan makhluk hidup dari masa ke masa yang merupakan petunjuk adanya evolusi.
  19. 19. 3. Anatomi Komparatif Bukti adanya evolusi dapat diteliti dari adaanya persamaan struktur organ berbagai organisme. Homologi adalah organ-organ makhluk hidup yang mempunyai bentuk asal (dasar) yang sama, kemudian berubah strukturnya sehingga fungsinya berbeda, contoh sayap burung homolog dengan tangan manusia. Analogi adalah organ-organ tubuh yang mempuyai fungsi sama tetapi bentuk asalnya berbeda, contoh sayap serangga dengan sayap burung.
  20. 20. 4. Embriologi Perbandingan Semua vertebrata dalam perkembangan embrionya menunjukan persamaan. Perkembangan individu mulai dari ovum dibuahi hingga individu tersebut mati disebut ontogeni. Perkembangan ontogeni makhluk hidup merupakan ulangan filogeni (sejarah perkembangan evolusi makhluk hidup)
  21. 21. 5. Petunjuk Secara BiokimiaPersamaan biokimia suatu makhluk hidup merupakansalah satu ciri yang mencolok. Misalnya pada : Enzim sitrokom yang terdapat pada semua makhluk hidup Urutan asam amino pada hemoglobin pada beberapa mamalia Dan beberapa hormon yang dimiliki oleh vertebrata , walaupun fungsinya mungkin sedikit berbeda antara organisme yang satu dan yang lainnya.
  22. 22. 7. Bukti Penyebaran Geografis
  23. 23. Adanya alat-alat tubuh yang mengalami rudimenter,ini juga dianggap sebagai bukti adanya prosesevolusi . Contoh – contoh organ yang mengalamiRudimenter ada pada :

×