BAB7

TEKNIK PENGOLAHAN
HASIL EVALUASI
Teknik pengolahan hasil tes
Skor total
Konversi skor
Cara memeri skor untuk ska...
A .TEKNIK PENGOLAHAN HASIL TES
Pada umumnya, pengolahan data hasil tes
menggunakan bantuan statistik. Analisis
statistik d...
2. Cara memberi skor mentah untuk tes
objektif.
Ada dua cara untuk memberikan skor pada
soal tes bentuk objektif :
 Tanpa...
B. Skor total ( total score)
Adalah jumlah skor yang diperoleh dari
seluruh bentuk soal setelah diolah dengan
rumus tebaka...
C. Konversi skor
adalah proses transformasi skor mentah yang
dicapai peserta didik kedalm skor terjabar atau
skor standar ...
D. Cara memberi skor untuk skala
sikap
untuk mengukur sikap dan minat belajar, guru
dapat menggunakan alat penilaian model...
sedangkan dalam skala minat juga ada 5 skala
yaitu :
 SB
B
 SS
 KB
 TB

( sangant berminat )
( berminat )
( sangat be...
E. Cara memberi skor untuk domain
psikomotor
dalam domain psikomotor pada
umumnya yang diukur adalah
penempilan atau kiner...
F.Pengolahan data hasil tes: PAP dan PAN
Penilaian acuan patokan (PAP)
Pendekatan penilaian acuan patokan (PAP)
pada umum...
 Penilaian acuan norma (PAN)
pada dasarnya acuan penilaian norma (PAN)
digunakan untuk menafsirkan hasil tes
sumatif.
sed...
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Bab 7

509 views
388 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
509
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
26
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bab 7

  1. 1. BAB7 TEKNIK PENGOLAHAN HASIL EVALUASI Teknik pengolahan hasil tes Skor total Konversi skor Cara memeri skor untuk skala sikap Cara memberi skor untuk domain psikomotor Pengolahan data hasil tes:PAP danPAN
  2. 2. A .TEKNIK PENGOLAHAN HASIL TES Pada umumnya, pengolahan data hasil tes menggunakan bantuan statistik. Analisis statistik digunakan jika ada data kuantitatif, yaitu data-data yang berbentuk angka. 1.Cara memberi skor mentah untuk tes uraian. Dalam bentuk uraian biasanya skor mentah dicari dengan menggunakan sitem bobot.
  3. 3. 2. Cara memberi skor mentah untuk tes objektif. Ada dua cara untuk memberikan skor pada soal tes bentuk objektif :  Tanpa rumus tebakan ( non-guessing formula )  Menggunakan rumus tebakan ( guessing formula )
  4. 4. B. Skor total ( total score) Adalah jumlah skor yang diperoleh dari seluruh bentuk soal setelah diolah dengan rumus tebakan ( guessing formula ).
  5. 5. C. Konversi skor adalah proses transformasi skor mentah yang dicapai peserta didik kedalm skor terjabar atau skor standar untuk menetapkan nilai hasil belajar yang diperoleh. Rumus : nilai : ΣX 10 skala ( skala 0-10 ) ΣS Keterangan : ΣX = jumlah skor mentah ΣS = jumlah soal
  6. 6. D. Cara memberi skor untuk skala sikap untuk mengukur sikap dan minat belajar, guru dapat menggunakan alat penilaian model skala, seperti skala sikap dan skala minat. Skala sikap dapat menggunakan 5 skala yaitu :  SS S  TT  TS  STS ( sangat setuju ) ( setuju ) ( tidak tahu ) ( tidak setuju ) ( sangat tidak setuju )
  7. 7. sedangkan dalam skala minat juga ada 5 skala yaitu :  SB B  SS  KB  TB ( sangant berminat ) ( berminat ) ( sangat berminat ) ( kurang berminat ) ( tidak berminat )
  8. 8. E. Cara memberi skor untuk domain psikomotor dalam domain psikomotor pada umumnya yang diukur adalah penempilan atau kinerja. Untuk mengukurnya guru dapat menggunakan tes tindakan stimulasi, untuk kerja / tes identifikasi.
  9. 9. F.Pengolahan data hasil tes: PAP dan PAN Penilaian acuan patokan (PAP) Pendekatan penilaian acuan patokan (PAP) pada umumnya digunakan untuk menafsirkan hasil tes formatif,sedangkan Tujuan PAP adalah untuk mengukur secara pasti tujuan atau kompetensi yang ditetapkan sebagai kriteria keberhasilannya
  10. 10.  Penilaian acuan norma (PAN) pada dasarnya acuan penilaian norma (PAN) digunakan untuk menafsirkan hasil tes sumatif. sedangkanTujuan dari PAN adalah untuk membedakan peserta didik atas kelompokkelompok tingkat kemampuan,mulai dari yang terendah sampai yang tertinggi.

×