Kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan indonesia ppkn

18,551 views
18,192 views

Published on

1 Comment
3 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
18,551
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
4
Actions
Shares
0
Downloads
193
Comments
1
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan indonesia ppkn

  1. 1. KEDAULATAN RAKYAT DANSISTEM PEMERINTAHAN
  2. 2. Berdaulat artinya mempunyai kekuasaan tertinggi atas suatupemerintahan negara. Jadi, apabila dikatakan bahwa Indonesia adalahnegara yang berdaulat, artinya rakyat Indonesia sendiri yang mempunyaikekuasaan tertinggi untuk menentukan perjalanan negara Indonesia.Pada dasarnya, kedaulatan rakyat mempunyai empat sifat, yaitu:1) Permanen2) Asli3) Bulat4) Tidak terbatasSecara teori, ada empat macam kedaulatan, yaitu :1) Teori Kedaulatan Tuhan2) Teori Kedaulatan Rakyat (Demokrasi)3) Teori Kedaulatan Negara4) Teori Kedaulatan Hukum
  3. 3. Negara Negara adalah satu organisasi kekuasaan. Unsur-unsurnegara dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu UnsurKonstitutif dan Unsur Deklaratif. Pengakuan negara ada duamacam yaitu, pengakuan de facto dan de jure Kewenangan Negara1. Dalam lingkungan warga (RW/RT)2. Kepala daerah provinsi (Gubernur)3. Kepala daerah kabupaten (Bupati)4. Kepala daerah kota (Walikota)5. Kepala negara (Presiden)
  4. 4. PEMERINTAHAN DI INDONESIAAda dua macam sistem pemerintahan, berikut dengan ciri-cirinya : Pemerintahan Parlementer Pemerintahan Presidensial1) Kekuasaan legislatif(DPR) lebih 1) Dikepalai oleh seorang presiden kuat daripada keuasaan sebagai pemegang kekuasaan eksekutif. eksekutif. 2) Menteri-menteri hanya2) Menteri-menteri bertanggung bertanggung jawab kepada jawab kepada DPR presiden, bukan kepada DPR.3) Kedudukan presiden hanya 3) Presiden mempunyai hak sebagai lambang yang prerogratif untuk mengangkat dan menjalankan kegiatan-kegiatan di memberhentikan menteri, baik luar pengelolaan kebijakan yang memimpin departemen pemerintah maupun non-departemen.
  5. 5. PELAKSANA KEDAULATAN RAKYATKedaulatan rakyat dijalankan oleh lembaga negara, yakni :1) Legislatif, yang termasuk dalam lembaga ini adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat(MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah(DPD);2) Eksekutif, yang termasuk dalam lembaga ini adalah Presiden dan Wakil Presiden;3) Yudikatif, yakni kekuasaan kehakiman. Yang termasuk dalam lembaga ini adalah Mahkamah Agung(MA), Mahkamah Konstitusi(MK), dan Komisi Yudisial(KY)
  6. 6. STRUKTUR KETATANEGARAAN1) MPR terdiri dari : Seluruh anggota DPR Seluruh anggota DPD2) DPR memiliki ; Tiga Fungsi : Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran, dan Fungsi Pengawasan. Tiga Hak : Hak interpelasi, Hak angket, dan hak menyatakan pendapat.3) DPD4) Presiden memiliki ; Tiga Kekuasaan : Kekuasaan Presiden dalam bidang eksekutif. Kekuasaan Presiden dalam bidang legislatif. Kekuasaan Presiden sebagai kepala negara.5) BPK6) Kekuasaan Kehakiman terdiri dari : Mahkamah Agung(MA) Mahkamah Konstitusi(MK) Komisi Yudisial(KY)

×