Teknologi Informasi Komunikasi Kelas IX Bab III

1,184 views
1,043 views

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,184
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
96
Actions
Shares
0
Downloads
81
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Teknologi Informasi Komunikasi Kelas IX Bab III

  1. 1. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang MEMPROSES…
  2. 2. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang
  3. 3. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang MENU MICROSOFT POWER POINT 2007 KELAS IX SEMESTER 1 SK & KD Kelompok 7 : INDIKATOR Indah Kurnia Sari (10) Nurul Ramadhani (17) Okta Aulia Mustagfiroh (18) Qonita Lutfi Fatimah (20) PETA KONSEP MATERI LATIHAN SOAL KUNCI JAWABAN
  4. 4. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang STANDAR KOMPETENSI MENGENAL PERANGKAT KERAS DAN SYSTEM YANG DIGUNAKAN DALAM PROGRAM PRESENTASI. KOMPETENSI DASAR MENGIDENTIFIKASI MENU DAN IKON PADA PERANGKAT LUNAK PENGOLAH PRESENTASI.
  5. 5. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI I N D I K AT O R SMP N 18 Semarang 1. Siswa mampu membuat tabel 2. Siswa mampu membuat grafik 3. Siswa dapat menambahkan animasi pada slide 4. Siswa mampu mengatur animasi dalam presentasi berjalan secara otomatis 5. Siswa dapat mengatur efek perpindahan Slide 6. Siswa dapat membuat Hyperlink 7. Siswa mampu menambahkan File video ke dalam Slide 8. Siswa mampu menambahkan File sound ke dalam Slide 9. Siswa mampu mempresentasikan presentasi
  6. 6. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang MEMBUAT TABEL MEMBUAT GRAFIK MENAMBAHKAN DIAGRAM ORGANISASI MENAMBAHKAN ANIMASI MENGATUR ANIMASI SECARA OTOMATIS MENGATUR EFEK PERPINDAHAN SLIDE MENAMBAHKAN HYPERLINK MENAMBAHKAN FILE VIDEO MENAMBAHKAN FILE SOUND
  7. 7. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Membuat Tabel Slide yang menampilkan data dalam bentuk tabel dapat dibuat dengan cara sebagai berikut : Klik Insert – Klik Table. Pada kotak dialog yang muncul , isikan Number Of Columns: 6, Number Of rows: 8, kemudian klik tombol OK, jika ingin membuat tabel 6 kolom dan 8 baris.
  8. 8. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Membuat Grafik SMP N 18 Semarang Untuk menambahkan grafik yang dibuat dapat dilakukan dengan cara: Klik Insert – Klik Chart – Pilih Grafik sesuai selera Anda – Klik OK.
  9. 9. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Membuat Diagram Organisasi Untuk membuat diagram organisasi pada Ms. PowerPoin dapat dilakukan dengan cara: 1. Klik ribbon tab Insert SmartArt 2. Pada kotak dialog SmartArt Graphic 3. Pilih Grafik sesuai selera Anda 4. Klik OK.
  10. 10. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Menambahkan Animasi Dalam Presentasi Cara menambahkan animasi bergerak pada Ms. Power Point adalah sebagai berikut : 1. Pilih / seleksi gambar atau tulisan yang akan diberi animasi bergerak. 2. Buka tab Animations kemudian pilih Custom Animation 3. Akan muncul panel custom animation di sebelah kanan lembar kerja power point anda. 4. Klik Add Effect dan pilih Entrance, Emphasis, exit dan atau motion paths. 5. Dari keempat pilihan diatas pilih salah satu effect yang diinginkan dengan cara klik More effects.Untuk melihat hasilnya silahkan klik Play
  11. 11. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Mengatur Animasi dalam Presentasi Berjalan Secara Otomatis SMP N 18 Semarang Langkah-langkah : 1. Klik ribbon tabs Animation, kemudian hilangkan centang pada pilihan On Mouse Click dan centanglah pilihan Automaticaly After 2. Isikan waktu yang akan digunakan 00:00 (menit:detik)
  12. 12. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Mengatur Efek Perpindahan Slide Cara Memberi Efek Slide Transition: Klik pada slide thumbnail yang ingin diberi efek Slide Transition.Pada Animations tab, Transition To This Slide group, klik efek yang diinginkan.Klik tombol More untuk menampilkan galeri Slide Transition. Untuk mengatur kecepatan transisi ke slide berikutnya, pada bagian TransitionSpeed, pilih kecepatan yang diinginkan (Slow, Medium, Fast).Ulangi langkah 1-3 di atas untuk slide yang lain.Bila ingin menerapkan efek yang sama pada semua slide, pada Transition To ThisSlide group, klik Apply to All.
  13. 13. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Hyperlink Hyperlink dapat dibuat lewat sebuah kata ataupun dari sebuah button (tombol). Misalkan di sini akan kita coba untuk membuat link pada slide 2 ke slide 3 dan slide 4. Pertama blok kata-kata yang akankita link-kan, misalnya seperti berikut:pada gambar di atas, kita akan mencoba mentautkan (nge-link-kan) tulisan “Pengenalan perangkatkeras komputer” ke slide ke 3 dengan cara: Pilih menu bar Insert –> Hyperlink sehingga muncul kotak dialog seperti berikut:pilih menu bar
  14. 14. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang Menambah file video ke dalam slide Dalam membuat sebuah presentasi yang paling sering disisipkan adalah file gambar dan video. Menyisipkan file yang berformat video . Berikut ini langkahlangkahnya : 1. Klik ribbon Insert pada group Media Clips 2. Klik Movie dan pilih Movie From File. 3. 4. Cari file video di harddisk anda, jika sudah ketemu klik OK. Muncul jendela confirmasi Pilih Automatically jika anda menginginkan video langsung terbuka secara otomatis atau When Clicked jika anda ingin video terbuka jika diklik. Pilih sajaautomatically (tapi hal ini disesuaikan dengan kebutuhan)
  15. 15. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MENAMBAHKAN SOUND SMP N 18 Semarang pilih slide yang akan Anda tambahkan sound. Klik “Insert” lalu pilih “Sound”. Dan pilih suara yang akan Anda tambahkan dalam slide, tentunya di folder yang sama dengan file PowerPoint Anda .Anda diminta untuk memutuskan bagaimana Anda akan memulai sound tersebut pada saat presentasi.- Automatically tentunya dengan otomatis, yaitu saat Anda memasuki slide yang Anda beri sound maka secara otomatis sound tersebut akan berbunyi.- When Clicked artinya sound tersebut akan berbunyi ketika Anda klik pada slidetersebut.
  16. 16. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI LATIHAN SOAL SMP N 18 Semarang 1. Icon untuk memasukkan tabel ke dalam slide ditunjukan oleh . . . a. b. c. d. 2. Agar tampilan tabel lebih menarik dapat kita format dengan bantuan tool group . . . a. Draw Border 3 b. WordArt Styles c. Table Styles d. Document View Gambar di samping merupakan grafik jenis . ... a. Bar b. Columns c. Lines d. Pie .
  17. 17. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang 4. Pada jendela insert table terdapat tulisan number of rows yang artinya . . . . a. baris ke b. nomor baris c. jumlah baris d. baris nomor 5. Pada jendela insert table terdapat tulisan number of columns yang artinya . . . . a. nomor kolom b. jumlah kolom c. kolom ke d. kolom nomor 6. Untuk membuat grafik dapat dilakukan dengan menggunakan icon . . . . a. b. c. d. 7. Gambar disamping merupakan struktur organisasi jenis . . . . a. Cycle b. List c. Hierarchy d. Pyramyd
  18. 18. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang 8. Untuk menyisipakn objek diagram menggunakan icon . . . . a. b. c. d. 9. Tabel di atas memiliki jumlah baris dan kolom sebanyak. . . . . a. 3. baris, 3 kolom c. 3 baris, 4 kolom b. 4 baris, 3 kolom d. 4 baris,4 kolom 10. Di bawah ini yang termasuk jenis SmartArt, kecuali . . . . a. Cycle b. List c. Pyramid d. Pie
  19. 19. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang 1. Sebutkan 7 model / jenis diagram organisasi! 2. Sebutkan 5 macam bentuk grafik! 3. Jelaskan cara menambahkan shape pada saat membuat diagram organisasi ! 4. Apa yang harus kita lakukan agar tampilan diagram lebih menarik ? 5. Jelaskan cara menghapus shape !
  20. 20. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang 1.C 2.C 3.B 4.C 5.B 6.A 7.C 8.A 9.C 10.D
  21. 21. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang 3. Untuk menambahkan shape, dapat dilakukan dengan cara klik ribbon tab design > add shape > pilih add shape after atau add shape before sesuai kebutuhan.
  22. 22. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang
  23. 23. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang
  24. 24. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SMP N 18 Semarang

×