Seminar Linux Poltek Telkom Bandung

695 views
650 views

Published on

Seminar Linux Poltek Telkom Bandung 20 Mei 2013

Published in: Technology, News & Politics
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
695
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
37
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Seminar Linux Poltek Telkom Bandung

  1. 1. Seminar Linux dan Open Source Poltek Telkom Bandung20 Mei 2013Ubuntu Party 13.04 (desktop, server,mobile) serta Pengenalan Linux danOpen Source Untuk PendidikanOleh :I Putu Agus Eka Pratama, ST MTPOSS Linux ITBhttp://www.slideshare.net/PutuShinodahttp://bytescode.wordpress.com/
  2. 2. Apa Itu Linux? Apa Itu Open Source?Linux adalah sebuah kernel open source yang diciptakan oleh Linus Torvald.Kernel adalah inti sistem operasi. Setiap sistem operasi (umumnya) memilikikernel di dalamnya.Open source (OSS/FOSS) adalah metode pengembangan perangkat lunak dimana kode sumber terbuka, dengan beragam lisensi, salah satunya GNU GPL.Keterbukaan kode ini menyebabkan mudah dikembangkan bersama – sama,mudah dimodidikasi/kostumisasi sesuai keperluan, bebas disebarluaskan,bebas diperbanyak, dijual, dengan tetap mengacu pada aturan yangditentukan.Sering disebut dengan OSS/FOSS (Open Source Software/Free and OpenSource Source Software). Free = bebas/merdeka.Open source IS NOT freeware.
  3. 3. Mengapa Harus Linux? Mengapa Harus OpenSource?Ada banyak alasan dan manfaat mengapa anda harus (atau disarankan)menggunakan Linux dan Open Source :1. Relatif lebih aman dari virus.2. Relatif lebih stabil bahkan kuat dihidupkan berbulan/bertahun tanpadimatikan.3. Biaya menjadi relatif lebih murah/hemat.4. Kode sumber yang terbuka dapat mudah dipelajari, sehingga meningkatkanpengetahuan, kemandirian, kualitas SDM.5. Kode sumber yang terbuka dan ditangani oleh komunitas dan professional,menjadikan sistem lebih aman, update, stabil, terdepan, mudah dikostumisasisesuai keperluan.6. Menyediakan banyak sekali sumber daya untuk semua kegiatanberkomputer oleh semua tingkatan dan usia pengguna.
  4. 4. Mari Mengenal Linux UbuntuLinux Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang dikembangkan denganberbasiskan distribusi Linux Debian. Saat ini Ubuntu sudah mencapai versi13.04 dengan berbagai fitur terdepan dalam dunia IT.Ubuntu berasal dari bahasa Afrika yang berarti untuk kemanusiaan (linux forhuman being).Linux Ubuntu akan selalu menyajikan layanan cuma – cuma untuk komunitasserta layanan berbayar untuk fitur tambahan maupun untuk enterprise(perusahaan(.Ubuntu banyak dipakai sebagai sistem operasi terbuka di lingkungan desktop(PC, laptop, netbook), server/workstation, hingga di perangkat mobile (tablet,smartphone, rasperry phi).Ubuntu juga banyak dikembangkan/kostumisasi sesuai keperluan.
  5. 5. Linux dan Open Source di Dunia PendidikanLinux dan open source menyediakan banyak sekali sumber daya untukmenunjang kegiatan belajar mengajar, baik di lingkungan sekolah maupunkampus, pada bidang ilmu apapun.Untuk cakupan ilmu komputer/informatika, termasuk juga di Poltek Telkom ini,Linux dan open source sangat banyak membantu bagi dosen dan mahasiswa/i.Antara lain :1. Sistem operasi : keterbukaan kode linux sebagai sistem operasi, kernel, fiturdi dalamnya, konfigurasi sistem, dan lainnya.2. Pemrograman : berbagai compiler dan IDE untuk berbagai bahasapemrograman.3. Database : MySQL, PostgreSQL, Maria DB, Oracle (bersama Red HatLinux), dll.4. Kecerdasan buatan, keamanan sistem, jaringan komputer, grafis, animasi,dll.
  6. 6. Linux Ubuntu : Server, Desktop, MobileUntuk server, Linux Ubuntu menyediakan versi Ubuntu server yang dilengkapisejumlah aplikasi open source untuk server (DNS server, web server, FTPserver, cloud server, dll).Untuk desktop, Linux Ubuntu menyediakan sejumlah aplikasi open sourceuntuk berkomputer sehari – hari. Mulai dari office, internet, permainan,programing, database, grafis, animasi, dan lain – lain.Sejumlah aplikasi berbasis Windows (.exe) bisa dijalankan dengan baik viaWine di Linux.Untuk platform mobile (PDA, smartphone, tablet) Linux Ubuntu sudahmerambah dengan merilis versi mobile. Ini berarti menambah deretan OSmobile selain Android, Tizen, Firefox OS, Windows Mobile, Symbian,Blackberry, dan lainnya.
  7. 7. Instalasi Linux? Menggunakan Linux?Ada banyak cara untuk menggunakan linux :)1. Jalankan langsung dari CD/DVD tanpa instalasi.2. Jalankan langsung dari USB flashdisk tanpa instalasi.3. Instalasi ke komputer (menggunakan CD/DVD/US flashdisk) denganmenghapus OS sebelumnya (misal Windows).4. Seperti poin 3, dengan tetap ada OS sebelumnya (misal Windows).5. Install via jaringan (intranet, internet).6. Install ke smartphone/tablet (jika mendukung ARM).
  8. 8. Demo Video Linux Ubuntu 13.04 dan UbuntuMobileVideo dapat diunduh/streaming di Youtube dengan mengetikkan keyword :Ubuntu 13.04Ubuntu mobileYang disajikan di video :Fitur Linux Ubuntu 13.04Fitur Linux Ubuntu mobile di beberapa smartphone/tablet
  9. 9. Daftar Pustakahttp://kernel.org/http://www.linuxlinks.com/article/20080803104017665/Scientific.htmlWww.google.com → ketik di sini semua yang ingin anda ketahui :)

×